Beranda Ekonomi Syariah Akad Tijarah dalam Perbankan Syariah

Akad Tijarah dalam Perbankan Syariah

Akad Tijarah dalam Perbankan Syariah

Akad Tijarah dalam Perbankan Syariah 

Bank Syariah merupakan lembaga keuangan yang memiliki berbagai macam produk dalam  operasional Bank. Bank Syariah memiliki tiga macam produk operasional diantaranya adalah Produk Penghimpunan Dana, Produk Pembiayaan, dan Produk Layanan tambahan yang terdapat pada Bank Syariah.

Dari berbagai macam produk yang dimiliki oleh Bank Syariah, disetiap produk tersebut mengandung jenis akad yang digunakan sebagai landasan dalam proses pemenuhan kebutuhan dan layanan nasabah. Jenis akad tersebut yaitu Akad Tabbaru dan Akad Tijarah.

Akad Tabbaru merupakan akan sosial, yang dalam penerapannya tidak memperjanjikan  fee (keuntungan) didalam proses transaksi ini. Akad Tabbaru sendiri memiliki berbagai macam jenis didalamnya, sekitar 10 jenis akad termasuk dalam jenis akad tabbaru meliputi Akad Qard, Akad Rahn, Akad Ariyah, Akad Wakalah, Akad Wadiah, Akad Kafalah, Hiwalah, Zakat,  Infaq, dan akad Hibah.

Dari sepuluh akad yang  terkandung didalamya merupakan akad yang bersifat sosial. Akad Tabbaru sendiri memiliki tujuan sebagai akad yang dikhususkan kepada nasabah yang membutuhkan dana tanpa adanya tambahan pada saat pengembalian dana tersebut.

Akad Tijarah

Selain, Akad Tabbaru dalam produk operasional baik pada penghimpunan dana, pembiayaaan, dan layanan. Bank syariah juga menggunakan akad Tijarah dalam produk bank syariah. Akad Tijarah merupakan akad yang tunjukan untuk bisnis. Akad Tijarah sendiri memiliki dua  jenis didalamnya  yaitu berdasarkan  Natural Certaintly Contract dan Natural Uncertantly Contract.

Natural Certaintly Contract merupakan jenis akad tijarah yang dimana keuntungan atau kerugian  atas transaksi tersebut sudah pasti dan disepakati diawal. Sedangkan Natural Unceritainlty Contract merupakan jenis akad tijarah yang dimana kentungan dan kerugian belum dipastikan dikarenakan dalam Natural Certaintly Contract  butuh proses pengelolaan atas transaksi yang dilakukan.

Akad akad yang tergolong  dalam Akad Tijarah diantarnya adalah Mudarabah (Qiradh), Musyarakah (Syirkah), Mukharabah, Muzaraah, Akad Sewa ( Ijarah dan IMBT), Akad Jual Beli (Murabahah, Salam, Istishna), Akad Jualah, dan Akad Valuta Asing (Sharf). Dalam konsep pembiayaan besarnya keuntungaan (Fee) dari akad tijarah disepakati diawal kesepakatan antara Nasabah dan Pihak Bank.

Contohnya dalam proses Jual Beli yang menggunakan akad Jual Beli seperti akad murabahah, Akad Salam, dan Akad Istishna. Dalam konsep skema pelaksanaanya Bank akan memberitahukan harga dasar  pembiayaan Jual Beli  kepada Nasabah dan bank akan menyepakati  keuntungan atas pembiayaan tersebut (Harga Pokok + Margin) bersama nasabah.

Dalam pembiayaan yang menggunakan prinsip syariah tidak ada tambahan bunga didalamnya. Konsep syariah menjaga prinsip bahwa bunga (riba) itu adalah haram hukumnya.

Macam – Macam Akad Tijarah :

Akad Tijarah terbagi atas ( Natural Uncertaintly Contract ) dan Natural Certaintly Contract:

  • Natual Uncertaintly Contract merupakan akad Tijarah yang dalam proses pelaksanaan nya mulai keuntungan dan kerugiannya belum bisa dipastikan Karena terdapat proses pengeloaan atas bisnis tersebut. Akad yang terkandung didalamnya adalah Akad Mudharabah dan Akad Musyarakah.
  • Akad Mudharabah :

Merupakan akad yang kerjasama bagi hasil antara dua pihak ataupun lebih. Dimana pihak yang bekerjasama sebagai pemilik modal dan pengelola dana. Mudarabah ini memiliki tiga jenis didalamnya yaitu : Mudharabah Muqayadah, Mudarabah Mutlaqoh dan Mudarabah Mustaraqah.

  • Akad Musyarakah :

Merupakan akad  kerjasama antar dua belah pihak atau lebih yang saling bekerja sama dalam proyek kerjasama pengeloaan dengan saling memberikan dana dalam kerjasama tersebut. Musyarakah memiliki dua jenis didalamnya: Musyarakah dan Musyarakah Muntanaqisas.

  • Natural Certaintly Contract adalah jenis akad tijarah yang keuntungan dan kerugiannya telah ditetapkan diawal kesepakatan transaksi antara bank dan nasabah. Besarnya Fee atau keuntungan yang akan diberikan akan disepakati diawal. Akad yang terkandung dalam Natural Certaintly Contract yaitu: Akad Jual Beli, Akad Sewa, Akad Jualah, dan Akad Valuta Asing.
  • Akad Jual Beli.

Akad Jual beli yaitu akad yang diterapkan dalam proses transaksi jual beli. Dalam konsep syariah akad jual beli ini terdiri dari Murabahah, Istishna dan Salam.

Macam-macam Akad

  • Akad Murabahah. Murabahah merupakan akad pembiayaan yang terdapat pada Bank Syariah. Akad Murabahah adalah akad Jual beli di mana harga pokok diberitahukan kepada nasabah dan besarnya margin keuntungan disepakati diawal antara Bank dan Nasabah. Pembiayaan Murabahah diterapkan dalam proses Jual Beli Mobil dan Motor.
  • Akad Salam. Salam adalah akad pembiayaan pada Bank Syariah dimana pada prosesnya bank akan memberikan dana sedangkan barangnya akan diserahkan dikemudian hari sesuai perjanjian antara nasabah dan pihak bank. Pembiayaan Salam diterapkan dalam proses kerjasama pada sektor pertanian.
  • Akad Istishna. Istishna adalah akad pembiayaan dimana pada prosesnya nasabah akan meng-angsur pembiayaan yang diajukan dan barang akan diberikan setalah proses angsuran selesai. Akad Istishna diterapkan dalam pembiayaan Rumah KPR.

Akad Sewa. Akad Sewa merupakan akad yang diberikan dalam proses penyewaan peralatan, barang dan kebetuhan lainnya yang menggunakan akad Ijarah dan akad Ijarah Muntahiya Bit Thamliq (IMBT).

  • Akad Ijarah. Ijarah merupakan akad sewa dimana bank akan memberikan sewa atas peralatan, barang, atau kebutuhan lainnya dari nasabah tersebut dengan ditambahkan keuntungaan atas barang yang di sewakan. Akad Ijarah ini salah satu nya diterapkan pada produk Save Deposit Box.
  • Akad Ijarah Muntahiya Bit Thamliq . Ijarah Muntahiya Bit Thamliq merupakan  akad sewa atas peralatan, barang, atau kebutuhan lainnya nasabah dimana di akhir sewa tersebut adalah peralihan atas kepemilikan barang dari Bank kepada nasabah.
  • Akad Jualah. Akad Jualah merupakan akad memberikan upah (hadiah) atas keberhasilan pekerjaan (tugas) yang diberikan.
  • Akad Sharf. Akad Sharf merupakan akad yang digunakan dalam proses pertukaran mata uang asing.

Bank Syariah

Dalam proses Bank Syariah menjaga nilai kehalalan dan keridhoan  atas semua kegiatan transaksi yang dilakukan. Bank Syariah menerapkan prinsip keadilan atas semua proses transaksinya.  Pengajuan pembiayaan di Bank Syariah berdasarkan pada Akad yang disesuaikan pada kebutuhan nasabah dengan melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan Bank dalam proses pembiayaannya seperti KTP, NPWP, dan Syarat pembiyaan yang di perlukan oleh Pihak Bank.

Misalnya dalam penerapan  proses pembiayaan Jual beli Kendaraan, Bank Syariah akan menggunakan Akad Murabahah sebagai akad dasar dalam proses pembiayaan. Pada proses pembiayaan tersebut bank syariah tidak menggunakan sistem bunga didalamnya sehingga, Pembayaran yang dilakukan oleh nasabah akan tetap atau berubah.  Serta dalam proses akad–akad pembiyaan tersebut harus sesuai dalam  Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN MUI).

Ketetapan tersebut merupakan landasan dan prinsip dalam jual beli islam. Keberkahan dalam setiap proses tranksaksi menjadi tujuan utama dalam operasional yang dilakukan oleh Lembaga-Lembaga Keuangan Syariah (LKS) baik Bank ataupun Lembaga keuangan Non Bank.

Selain hal tersebut dalam proses Lembaga Keuangan Syariah (LKS) baik Bank ataupun Lembaga keuangan Non Bank diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) dalam sistem operasionalnya. Dewan Pengawas Syariah memiliki fungsi sebagai pengawas dalam jalannya aktivitas usaha yang dilakukan.

Pengacara Syariah

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan
  10. Butuh pendampingan dana pinjaman kerjasama operasional syariah

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai Akad Tijarah dalam Perbankan Syariah bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan Akad Tijarah dalam Perbankan Syariah atau mengalami masalah :

Jual Beli Kendaraan

Akad Mudharabah dan Musyarakah

Kerjasama Mikro Bank

Produk Operasional Bank Syariah

Pembiayaan Bank Syariah

perumahan kpr syariah dengan metode akad murabahah ijarah muntahiya bit thamliq dan istishna

akad rahn dan akad wadiah

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Lukman Azis, SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here