Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran –
Biro Jasa Pembuatan Visa – Legalisir Dokument – Perkawinan Campuran -Dan Penerjemah Tersumpah

Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran

Apostille akta kelahiran kemenkumham

Apostille kutipan akta kelahiran Kemenkumham adalah dokumen legalitas yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan, terutama urusan yang menyangkut kependudukan. Dalam pelayanan sertifikat tersebut, tanda tangan pejabat dalam berkas di cocokkan dengan database yang di miliki Ditjen AHU.

Model legalisir seperti ini memudahkan cara sebelumnya. Sebab prosesnya yang awalnya di tiga instansi, hanya menjadi di Kemenkumham saja. Lain hal dengan legalisasi model stiker yang memerlukan appointment ke kedutaan.

 

Apostille akta kelahiran

 

Prosedur untuk mengurusnya juga lebih simpel karena Anda dapat mengajukannya secara online. Meski begitu, ada beberapa kendala yang harus Anda pahami terkait pembuatan sertifikat tersebut. Berikut penjelasan lebih jauh tentang proses legalisasi ini.

 

Kegunaan Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran

Apostille kemenkumham merupakan sertifikat resmi yang dapat di terima di berbagai negara. Banyak dokumen yang bisa di legalisir menggunakan model seperti ini. Termasuk dokumen kependudukan, yakni kutipan akta kelahiran.

 

Apostille kutipan akta kelahiran Kemenkumham, Memerlukan sebagai persyaratan di negara yang menerimanya. Seperti saat ingin menikah dengan warga asing yang memerlukan syarat akta tersebut. Begitu pula melangsungkan pernikahan di luar negeri.

 

Kutipan akta kelahiran juga perlu di mintakan apostille kalau berencana untuk tinggal di luar negeri. Agar proses dan persyaratan terpenuhi, maka memerlukan dokumen tersebut. Apalagi akta kelahiran menjadi salah satu rujukan penetapan identitas dalam berkas-berkas lainnya.

 

Prosedur Mengajukan Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran

Mengajukan apostille kutipan akta kelahiran Kemenkumham memang cukup di satu instansi saja. Tapi ada prosedur yang ternyata tidak mudah. Berikut tahapan yang harus Anda ikuti:

 

1. Menerjemahkan Kutipan Akta Kelahiran

Urutan pertama dalam prosedur pembuatan sertifikat ini adalah menerjemahkan dokumen yang hendak di mintakan apostille. Alih bahasa di lakukan oleh penerjemah tersumpah (sworn translator) sudah di akui. Sebab itu, menunjukkan kalau akta memiliki kekuatan hukum.

 

Menerjemahkan Kutipan Akta Kelahiran

 

Untuk selanjutnya, sesuai ketentuan dari Kemenkumham, dokumen juga harus di legalisir oleh notaris dulu. Siapa saja notaris yang berhak memberikannya bisa dapat di lihat pada daftar yang di buat ATR-BPN. Legalisir di berikan kepada depan dokumen. Kemudian, seluruhnya di-scan sebelum diajukan.

 

2. Mengajukan Permohonan Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran Secara Online

Apabila dokumen sudah di siapkan, berikutnya dapat mengajukannya ke sistem alegtron Kemenkumham secara online. Pengajuan dimulai dengan mengakses aplikasi Legalisasi pada alamat https://apostille.ahu.go.id. Kemudian melakukan registrasi dengan cara berikut:

 

  • Pada halaman awal, pilih menu Daftar.
  • Lalu masukkan data sesuai panduan yang ada pada halaman registrasi.
  • Setelah data benar, klik Daftar Sekarang.
  • Buka email masuk untuk melakukan verifikasi akun.
  • Tutup email dan kembali ke situs AHU.

 

Setelah akun terbuat, maka bisa login dan mengajukan pembuatan apostille pada menu Buat Permohonan. Akan ada instruksi pengisian data yang harus diikuti. Pastikan form diisi dengan benar, karena jika ditolak harus mengulang dari awal. Selanjutnya unggah dokumen yang sudah di-scan.

 

3. Membayar dan Mengambil Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran

Proses pembuatan apostille biasanya memerlukan waktu tiga hari kerja dan dihitung setelah permohonan diterima. Apabila sudah mendapatkan konfirmasi lewat email, maka itu tandanya sudah selesai. Akan ada voucher pembayaran yang harus dilunasi.

 

Membayar dan Mengambil Apostille

Pembayaran cukup dilakukan lewat bank. Tapi kalau di luar bank persepsi, yakni selain Mandiri, BNI, serta BJB harus melakukan konfirmasi pada halaman Permohonan Konfirmasi Pembayaran. Setelah itu bisa mengambil apostille.

 

Sertifikat dapat diambil oleh pemohon di gedung layanan Ditjen AHU yang ada di Jakarta. Sebab pencetakan hanya dilakukan di instansi tersebut. Apabila diambil oleh orang lain, maka wajib melampirkan surat kuasa yang template-nya sudah ada di Data Pemohon.

 

Biaya Mengajukan Apostille Kutipan Akta Kelahiran

Tentunya perlu dipahami kalau pembuatan apostille kutipan Akta kelahiran Kemenkumham itu memerlukan biaya. Untuk pengajuan sertifikat sendiri, biayanya Rp150.000. Itu sesuai yang disebutkan dalam sistem resmi Ditjen AHU.

 

Tapi selain itu, ada pula biaya lainnya. Mulai dari pembiayaan untuk meminta legalisir ke notaris yang kisarannya Rp 300.000. Ada pula pembayaran untuk jasa penerjemah tersumpah.

 

Biaya Mengajukan Apostille Kutipan Akta Kelahiran

 

Menggunakan sworn translator biasanya dihitung per lembar, seperti menerjemahkan dokumen pribadi. Perbedaannya terletak pada bahasa yang menjadi tujuan. Kalau Bahasa Inggris sekitar Rp100.000/lembar dan Bahasa Belanda Rp500.000/lembar.

 

Kendala Saat Mengajukan Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran

Dalam proses pengajuan apostille kutipan akta kelahiran Kemenkumham mungkin saja Anda menemukan kendala. Yang mana itu bisa menjadi penyebab penolakanĀ  permohonan dan harus mengulang dari awal. Inilah beberapa kendala yang kerap muncul:

 

1. Tidak Ada Tanda Tangan Pejabat di Database

Apostille merupakan tindakan untuk pengesahan tanda tangan atau cap yang tertera pada dokumen dan di cocokkan dengan database Kemenkumham. Kalau tanda tangan tersebut tidak masuk dalam data, maka dokumen menyatakan tidak valid. Itulah yang membuat pengajuan di tolak.

 

Tidak Ada TTD Pejabat di Database

 

Apabila belum masuk database, maka harus meminta spesimen TTD. Caranya dengan menuliskan nama pejabat tersebut dalam bagian isi data, lalu men-download Surat Elektronik Permohonan Spesimen. Surat tersebut harus di isi oleh pejabat terkait, kemudian diunggah ke sistem.

 

2. Ditolak Oleh Sistem Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran

Kendala selanjutnya yang mungkin Anda temukan saat mengajukan apostille yaitu penolakan sistem. Ini biasa terjadi kalau situs alegtron Kemenkumham sedang error atau down. Bisa juga menyebabkan karena kualitas jaringan Anda buruk.

 

Tapi penolakan sistem yang paling sering terjadi yaitu kesalahan dalam pengisian data, baik pejabat atau instansi yang menerbitkan dokumen. Bahkan keliru satu huruf pun membuat pengajuan di tolak dan mengulang lagi. Biasanya ada email yang berisi alasan penolakan.

 

3. Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran Tidak Digunakan di Semua Negara

Harus Anda pahami juga kalau apostille itu tidak di terima oleh semua negara. Hanya negara-negara yang tergabung dalam Konvensi Apostille saja yang mengakui sertifikat tersebut. Totalnya saat ini ada 124 anggota, seperti Eropa dan Australia.

 

Ada negara, seperti Malaysia dan timur tengah yang masih mengakui legalisir dengan stiker saja. Karena itulah, Anda perlu mengecek apakah dokumen dan negara tujuan bisa menggunakan sertifikat legalisasi tersebut. Pengecekan bisa di lakukan lewat situs apostille.ahu.go.id pada menu Simulasi.

 

Jasa Pengurusan Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran

Meskipun proses pengajuan legalisasi ini sudah dipangkas lewat satu instansi saja, tapi tetap saja prosedurnya tidak mudah. Terlebih belum banyak penjelasan terkait pembuatan apostille. Karena itulah, Anda dapat menggunakan jasa terpercaya yang kami tawarkan.

 

Jasa Pengurusan Apostille Kutipan Akta Kelahiran

Perusahaan ini berdiri sejak 2008 dan menangani banyak klien. Anda tidak perlu pusing lagi mengajukannya ke Kemenkumham, karena bisa mempercayakan kepada kami. Cukup kirim dokumen lengkap ke perusahaan dan biarkan kami yang menyelesaikan.

 

Biro jasa Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran

Selama pengurusan ini, ada staf yang akan mendampingi hingga sertifikat jadi. Anda dapat melakukan konsultasi mengenai dokumen yang di-apostille. Kami menjamin ketepatan dan kecepatan pembuatan.

 

Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan biaya pengajuan apostille. Sebab jasa kami menawarkan harga yang murah. Pembayaran tidak menggunakan sistem DP, tapi di lunasi setelah dokumen selesai di urus.

 

Jadi, jika Anda memerlukan apostille kutipan akta kelahiran Kemenkumham untuk berbagai keperluan di luar negara, bisa menggunakan jasa kami. Terlebih bagi Anda yang ingin sekolah di luar negeri. Akta juga memerlukan dalam pernikahan lintas negara.

 

Kami sangat mengerti permasalahan Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran yang sedang anda hadapi adalah:

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

 

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Karena Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa menghubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat, akurat dan terjaminkeasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Apa saja persyaratan Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran ?

Cara kirim dokumen Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

 

Garansi Apostille Kemenkumham Akta Kelahiran yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan karena pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan di kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : Jangkargroups@gmail.com

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Translate Ā»