Menu Tutup

Bagaimanakah Status Kewarganegaraan Anak dari Perkawinan Campuran?

status anak perkawinan campuran

Maksimal dalam 3 (tiga) tahun setelah anak berusia 18 (delapan belas) tahun, atau dia secara resmi menikah sesuai dengan hukum pernikahan di Indonesia, anak harus memilih satu kewarganegaraan dan menyerahkan laporan tertulis resmi kepada Pemerintah Indonesia tentang keputusan mereka. Jika mereka gagal membuat laporan, Pemerintah Indonesia akan secara otomatis membatalkan dan menarik Kewarganegaraan Indonesia mereka.

Bagaimana status kewarganegaraan anak-anak pernikahan campuran sesuai dengan hukum di Indonesia? Apakah secara otomatis mereka memiliki hak untuk menjadi Warga Negara Indonesia? Atau, akankah mereka memiliki kewarganegaraan ganda?

Berdasarkan UU No. 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia, anak-anak yang lahir dari pasangan suami istri yang terdaftar dan sah, secara otomatis diakui sebagai Warga Negara Indonesia.

Pada prinsipnya, Warga Negara Indonesia tidak diperbolehkan memiliki kewarganegaraan ganda. Namun, ada pengecualian terbatas untuk anak-anak yang lahir dari pasangan pernikahan campuran yang sah. Pengecualian adalah bahwa mereka diizinkan untuk memegang kewarganegaraan ganda sampai mereka mencapai usia 18 (delapan belas) tahun, atau sampai mereka secara resmi menikah di bawah hukum perkawinan yang berlaku di Indonesia, mana yang lebih dulu.

Dengan kata lain, dalam waktu 3 (tiga) tahun setelah mereka mencapai usia 18 (delapan belas) tahun atau setelah mereka secara resmi menikah, mereka harus memilih salah satu kewarganegaraan dan menyerahkan laporan resmi tertulis kepada Pemerintah Indonesia mengenai keputusan mereka. Jika dalam kurun waktu tersebut mereka tidak menyerahkan laporan, Pemerintah Indonesia akan secara otomatis membatalkan dan menarik kewarganegaraan Indonesia anak tersebut.

Adapun dalam hal, di mana seorang anak telah memilih untuk tidak menjadi Warga Negara Indonesia tetapi masih ingin tinggal di Indonesia, mereka dapat segera mengajukan permohonan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).


BUTUH BANTUAN DAN PENDAMPINGAN?

HUBUNGI PT. JANGKAR GLOBAL GROUPS
AKHMAD FAUZI MELALUI
TELP/WA: +62 877 2768 8883

Bagikan yuk!
Posted in Pernikahan Campuran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »