X
    Categories: Job / Lowongan Kerja

Bepergian ke Luar Negeri, Jangan Lupa Siapkan Visa

Bepergian ke Luar Negeri, Jangan Lupa Siapkan Visa

Untuk bepergian ke luar negeri, mempunyai uang cukup tidak menjamin Anda dapat memilih tempat tujuan. Ada syarat utama yang harus dipenuhi sebelum berangkat. Syarat utama itu berupa dokumen penting yang harus dipersiapkan, diantaranya paspor, asuransi perjalanan, termasuk visa. Proses pembuatan visa menjadi pekerjaan menyita. Anda perlu mencari informasi mengenai syarat apa yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan visa.

Proses pembuatan visa antara satu negara dengan negara yang lain berbeda. Jika Anda ingin membuat visa ke luar negeri, ada beberapa dokumen umum yang perlu dilengkapi diantaranya: mengisi formulir online untuk mendapatkan jenis visa yang diinginkan, sudah memiliki paspor, menyiapkan pas foto, menunjukkan bukti keuangan untuk meyakinkan Kedutaan besar bahwa Anda memiliki biaya yang cukup untuk tinggal di negara yang bersangkutan, menunjukkan bukti pembayaran visa, melampirkan surat keterangan kerja

Dokumen di atas adalah dokumen umum yang harus dilengkapi, namun untuk membahas lebih jauh tata cara pembuatan visa di beberapa negara, simak beberapa informasi di bawah ini.

Mengajukan Visa Schengen

Jika Anda berniat untuk mengelilingi benua Eropa, maka Anda perlu mengurus visa Schengen. Visa ini adalah jenis visa yang berlaku dibanyak negara di Eropa, diantaranya Prancis, Spanyol, Italia, Portugal, Republik Ceko, Jerman, Swiss, Austria, Islandia, Denmark, Belgia, Yunani, Finlandia, Slovenia, Slovakia, Hungaria, Estonia, Malta, Luxemburg, Latvia, Norwegia, Polandia, Lichtenstein, Belanda dan Swedia.

Untuk mengurus visa Schengen, memerlukan biaya 6o euro untuk yang berusia 12 tahun ke atas dan 35 euro untuk yng berumur 6 hingga 12 tahun. Visa ini hanya bisa diurus 90 hari hingga 30 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Beberapa dokumen lainnya yang perlu dilengkapi antara lain mengisi formulir permohonan visa Schengen, tiket pesawat PP ke Indonesia, melampirkan pas foto ukuran 3,5×4,5 dengan latar belakang putih, memiliki asuransi perjalanan, surat keterangan dalam Bahasa Inggris dari perusahaan bahwa tujuan Anda pergi ke Eropa adalah tidak untuk mencari pekerjaan, memiliki asuransi perjalanan, melampirkan slip gaji selama 3 bulan terakhir, melampirkan Kartu Keluarga, dan melampirkan booking-an hotel selama tinggal di wilayah Schengen.

Mengajukan Visa Non-Imigran AS

Bagi rakyat Indonesia yang ingin bepergian ke Amerika Serikat bisa langsung meminta surat pengajuan visa non imigran AS di kantor Kedutaan Besar AS yang berada di Jakarta dan melakukan pembayaran untuk pembuatan visa non imigran AS sebesar Rp 1.500.000 yang bisa ditransfer ke Bank Permata atau Standard Chatered Bank.

Bagikan yuk!