Biaya Pertukaran Pelajar AFS

  • Bagikan
pertukaran pelajar afs turki

Biaya Pertukaran Pelajar AFS

Anda punya cita-cita ingin mengikuti program pertukaran pelajar? Maka jalur AFS bisa jadi incaran. Meski demikian, sebenarnya ada banyak lembaga pemerintah maupun non pemerintah yang biasanya mengadakan program pertukaran pelajar ini.

Namun, salah satu lembaga yang terbilang cukup terkenal karena sering mengadakan program pertukaran pelajar adalah AFS. Tentu saja Anda akan bertanya-tanya berapa biaya pertukaran pelajar AFS ini?

Sebelum membahas lebih jauh, biaya pertukaran pelajar AFS, kita berkenalan dulu dengan lembaga AFS. Berikut ini penjelasannya.

Biaya Pertukaran Pelajar AFS!

Nah, apa sih sebenarnya itu AFS? American Field Service atau AFS merupakan organisasi internasional, berbasis relawan, bersifat non-pemerintah, yang menjembatani pembelajaran antar budaya untuk membantu orang mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang diperlukan untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan damai.

Dengan adanya program pertukaran antarbudaya bagi para pelajar diharapkan bisa meningkatkan keahlian mereka apalagi program tersebut berlangsung selama satu tahun di negara lain. hal ini juga akan meningkatkan taraf keahlian bahasa mereka.

Program AFS ini bahkan sudah banyak dimanfaatkan oleh siswa-siswa dari penjuru daerah di seluruh Indonesia.

Biaya Pertukaran Pelajar di Setiap Chapter

Sekarang kita akan membahas biaya pertukaran pelajar AFS. Ternyata bagi mereka yang mendaftar di program AFS ini akan dipungut biaya sebesar Rp100.000,-. Biaya ini sebagai biaya pembelian PIN di chapter masing-masing.

Misalnya, Anda yang berdomisili di Jakarta, maka bisa daftar di chapter Jakarta.

Mendaftar di AFS harus membayar biaya registrasi berbeda dengan YES yang juga merupakan program milik Bina Antarbudaya, tetapi ikuti AFS  pasti akan mendapatkan banyak keuntungan.

Siapa saja yang bisa mengikuti program ini dengan biaya pertukaran pelajar AFS Rp100 ribu itu? Mereka yang bisa ikut tentu saja siswa kelas X dan XI SMA/SMK/MA/ pesantren sederajat.

 

BIAYA PERTUKARAN PELAJAR DI SETIAP CHAPTER

 

Mereka calon peserta pada intinya harus berkewarganegaraan Indonesia dan dibuktikan dengan akta kelahiran.

Lewat program ini, biaya pertukaran pelajar AFS senilai Rp100 ribu, peserta dapat mengikuti program pertukaran pelajar dengan pilihan negara tujuan dan durasi yang beragam.

Untuk saat ini, peserta dapat memilih beragam program yang disediakan AFS dengan tujuan 40 pilihan Negara. Lama waktu dari program tersebut kisaran tiga bulan (trimester), satu semester, dan satu tahun tergantung mana yang ingin anda ikuti.

Persyaratan Umum Pertukaran Pelajar AFS

Karena Anda sudah mengetahui biaya pertukaran pelajar AFS yang tidak terlalu banyak, maka sebaiknya Anda perlu tahu syarat ketika akan mengikuti program ini.

  1. Program tahun 2023-2024, kelahirannya itu 1 Agustus 2005 – 1 Agustus 2007.
  2. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan akte kelahiran.
  3. Mendapatkan izin dari sekolah tentunya anda juga membutuhkan persetujuan dari orangtua.
  4. Memiliki kegiatan non-akademis dan mengikutinya baik di sekolah maupun luar sekolah seperti seni, olahraga dan lainnya. tentu dalam waktu lima tahun terakhir dan dibuktikan dengan sertifikat, piagam, atau surat keterangan.
  5. Sehat jasmani dan rohani.
  6. Mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya tentunya semua kegiatannya wajib anda ikuti.

Persyaratan Akademis

  1. Siswa kelas X atau XI (SMA/SMK/MA).
  2. Memenuhi KKM untuk semua mata pelajaran dan memiliki nilai rapot minimum B

Pembelian PIN Pendaftaran

Bagi Anda pendaftar program AFS, maka biaya pertukaran pelajar AFS hanya Rp100 ribu saja. Biaya sebesar Rp100.000,- tersebut sebagai biaya pembelian PIN saja.

 

Setelah membeli PIN tersebut, panitia akan mengirim ke email yang telah didaftarkan melalui formulir sebelumnya..

Daftar

Tahap selanjutnya adalah pendaftaran. Proses ini membutuhkan kepemilikan PIN, anda butuh mengaktifkannya di situs seleksibinaantarbudaya.or.id untuk memulai proses pendaftarannya.

 

PERTUKARAN PELAJAR AFS

 

Sebelumnya, peserta harus membuat akun, Karena itu verifikasi akun Anda  terlebih dahulu melalui email yang telah anda daftarkan sebelumnya. Apabila email tidak terdapat di kotak masuk, biasanya berada di kotak spam.

Lengkapi Formulir

Pada saat mengisi formulir, ada 12 halaman formulir yang harus dilengkapi secara berurutan. Khusus untuk nilai rapor, masukkan nilai pengetahuan dari dua tahun terakhir.

Misalnya Anda yang duduk di kelas XI maka yang perlu dimasukkan adalah nilai kelas 3 SMP dan 1 SMA. Jika duduk di kelas X maka yang perlu dimasukkan adalah nilai kelas VIII dan IX SMP.

Peserta juga harus bisa menulis essay maksimal 4.500 karakter. Baiknya, essay yang ditulis setara dengan 1 – 1,5 halaman A4 dengan Times New Roman ukuran 12. .

Unduh dan Lengkapi Berkas

Langkah selanjutnya Surat Izin Orang Tua, Surat Izin Sekolah, dan tiga dokumen Surat Rekomendasi. Penting : semua dokumennya di isi.

Pihak panitia membolehkan pengisian surat itu menggunakan tulisan tangan atau bisa juga diketik. tapi pada bagian tanda tangan dan juga cap stempel diharuskan asli. Surat rekomendasi, penuhi kriteria yang diberikan oleh pemberi rekomendasi yakni sebagai berikut.

  1. Teman dekat — Teman yang dirasa mengenal Anda dengan baik.
  2. Lingkungan sekolah — Guru atau administrasi sekolah lainnya yang mengenal Anda dengan baik. Contohnya: guru, kepala sekolah, pembina ekskul, dsb. Anda bisa meminta rekomendasi dari guru SMP anda jika anda tidak terlalu mengenal guru-guru SMA itu jika kamu sudah berada di kelas IX misalnya.
  3. Lingkungan rumah dan atau organisasi luar sekolah — orang yang berusia 18 tahun ke atas tentunya mengenal Anda dengan baik. Contoh: tetangga, pelatih sanggar, ketua RT,  pembina karang taruna dsb.

Unggah Berkas

Setelah semua langkah selesai, maka selanjutnya dokumen-dokumen itu diunggah. Termasuk akta kelahiran, kopian rapor, sertifikat yang anda miliki, juga piagam dan ijazah juga diunggah di sini sesuai tempatnya.

Verifikasi Berkas

Selanjutnya akan masuk tahap verifikasi berkas. Tentu saja Anda menunggu dulu, sampai ada pemberitahuan. Karena panitia akan melakukan verifikasi berkas terlebih dhulu. Jika Anda dinyatakan lolos, maka akan muncul pemberitahuan di email.

Jika anda dinyatakan sudah lolos, di bagian Download Berkas Anda bisa kembali login dan mengunduh Kartu Tanda Peserta dan Berkas Pendaftaran.

Tahap Seleksi Berikutnya

Setelah dinyatakan lolos berkas, tahapan selanjutnya adalah  seleksi wawancara, dan seleksi dinamika kelompok. Semua pengumuman setiap tahap akan diumumkan via email.

Biaya Pertukaran Pelajar AFS.

Ternyata selain biaya PIN di chapter masing-masing, maka peserta harus menyiapkan sejumlah budget yang tidak sedikit, bukan hanya biaya hidup tettapi juga ragam keperluan lain yang butuh biaya.

Informasi yang dikumpulkan penulis, peserta bisa menyiapkan budget Rp100 juta persiswanya. Meski demikian, tergantung kesanggupan dari orangtua atau wali siswa.

Sementara itu, bukan hanya biaya pertukaran pelajar AFS yang perlu dipersiapkan. Tetapi, memiih Negara tujuan pertukaran pelajar juga penting. Di AFS sejumlah Negara ditawarkan seperti ke benua Eropa, Amerika (Utara, Selatan) dan juga ke benua Asia.

Tentu saja biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit, apalagi pengurusan berkas tidak hanya di tingkat chapter tetapi juga nasional hingga internasional.

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »