Bisnis  

BISNIS MODAL INTERNET BAGI PEMULA

CARA MEMBANGUN BISNIS MODAL INTERNET BAGI PEMULA

cara membangun bisnis modal internet

Kementerian komunikasi dan informatika merilis data yang menunjukkan adanya peningkatan dua kali lipat pengusaha UMKM yang memanfaatkan media online. UMKM yang masuk sector digital data per desember 2021 menunjukkan ada 16,4 juta orang.

Sedangkan dari segi pengguna layanan e-commerce, OJK atau Otoritas Jasa Keuangan menyampaikan hingga April 2021 ada 88,1 persen yang sudah menggunakan internet sebagai tempat belanja.

Internet menjadi lahan baru untuk membuka lapak dagangan karena kemudahan yang ditawarkan. Tidak hanya mudah dan praktis, harga juga biasanya lebih terjangkau. Terpenting, sangat memudahkan konsumen dalam berbelanja, tanpa harus membuang waktu dan tenaga.

Saatnya untuk Anda memanfaatkan peluang ini. Beriku akan diuraikan cara membangun bisnis modal internet bagi pemula.

 

 MEMBANGUN BISNIS MODAL INTERNET

 

MEMULAI BISNIS MODAL INTERNET

Tahapan-tahapan berikut ini bisa jadi referensi. Meski teori memang tidak semudah praktek, tidak ada salahnya menjadikannya pedoman.

  1. Melakukan Survey Pasar

Sama seperti jualan offline, sebelum berencana melakukan bisnis online survey terlebih dahulu produk apa yang sedang tren di pasaran. Survey pasar bisa dilakukan untuk menemukan ide bisnis sambil melihat tren yang sedang digemari.

Paling sederhananya, Anda bisa menjual apa yang menjadi hobby da keahlian Anda. Karena dengan hobby, Anda bisa bekerja maksimal. Misalnya dengan hoby masak, Anda bisa memulai memasarkan produk masakan Anda di internet. Minimal di media sosial.

  1. Menentukan Alat Promosi

Jika sudah tahu produk atau jasa apa yang ingin Anda jual, langkah selanjutnya menentukan alat atau media promosi. Jika berhubungan dengan hobby, media sosial bisa jadi salah satu alat promosi.

Ada media sosial facebook dan instagram bisa jadi pilihan. Selain itu, ada website, Youtube, dan Tiktok juga bisa digunakan. Hanya saja semua punya strategi pemasarannya masing-masing, tergantung target pasar Anda.

Baca juga : bisnis tanpa modal untung besar

 

pEDOMAN MEMULAI BISNIS ONLINE

 

  1. Menentukan produk yang ingin dipasarkan sambil lihat kompetitor

Melihat potensi dan inovasi produk competitor juga perlu dilakukan. Agar Anda bisa punya gambaran produk yang akan Anda pasarkan agar tidak kalah saing dengan kompetitor serta mampu menarik perhatian calon costumer Anda.

Harus diketahui bahwa ada tiga model kompetitor. Mulai dari competitor utama Anda. Dikatakan kompetitor utama karena jenis usahanya sama dengan Anda atau minimal hampir sama.

Kompetitor jenis kedua disebut competitor sekunder. Istilah sekunder ini maksudnya adalah pesaing Anda memiliki produk yang sama hanya saja memiliki target market yang berbeda.

Sedangkan jenis ketiga disebut, competitor tersier. Kompetitor ini secara tidak langsung juga ikut berkompetisi di pasar yang sama. Sehingga Anda punya saingan target pasar yang sama.

  1. Menentukan modal

Usaha bisa berjalan jika Anda punya modal. Modal untuk menyediakan produk yang akan dipasarkan. Saat ini ada banyak sumber modal bisa Anda gunakan. Baik menggunakan modal sendiri maupun bersama mitra bisnis hingga institusi keuangan seperti, bank, pembiayaan, atau pinjaman online.

Dengan bisnis online, tentu tidak perlu modal besar. Karena tidak perlu menyewa ruko atau lapak dagangan. Cukup pakai smartphone atau laptop.

 

 BISNIS MODAL INTERNET BAGI PEMULA

 

  1. Cari partner marketplace yang dianggap cocok

Saat ini, tersedia banyak marketplace yang bisa Anda jadikan sebagai tempat jualan. Sebelum memilih marketplace yang cocok pastikan budget dan aturan yang berlaku di marketplace sesuai dengan yang Anda inginkan.

Pasalnya, masing-masing marketplace memiliki kebijakan atau aturan penjualan serta bayaran yang harus diberikan. Bahkan ada marketplace yang uga memberikan modal awal dan juga memberikan pelatihan kepada UMKM.

Meski demikian, untuk marketplace mungkin tidak semua orang bisa melakukannya. Jadi jangan patah semangat. Manfaatkan saja semua media sosial Anda untuk berjualan.

BISNIS MODAL INTERNET UNTUK PEMULA

Mengenai cara membangun bisnis modal internet, berikut ini akan diuraikan gambaran membangun pondasi bisnis dengan modal internet. Terutama untuk pemula.

  1. Jual produk yang sedang dibutuhkan pasar

Salah satu ide bisnis bisa diwujudkan adalah melihat apa yang dibutuhkan pasar dalam hal ini konsumen. Dimana produk yang ditawarkan mampu menjawab masalah konsumen.

Hal ini penting, karena ada juga pebisnis yang gagal dalam menjual produk, karena produk yang ditawarkan tidak bisa menyelesaikan masalah konsumen dalam hal ini tidak dibutuhkan konsumen.

Langkah yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi konsumen. Ada banyak tempat survey bisa dilakukan. Misalnya dengan mengetik kata kunci apa yang sering dicari konsumen di beranda google atau di media sosial.

 

CARA MEMBANGUN BISNIS MODAL INTERNET UNTUK PEMULA

 

  1. Melakukan riset market

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sebelum memulai satu bisnis, lakukan riset terlebih dahulu. Setiap platform media sosial memiliki data tersendiri. Tidak ada salahnya mencari data-data valid soal kebutuhan pasar di Instagram, facebook, atau TikTok.

Saat melakukan riset pasar, sejumlah langkah-langkah yang bisa kamu tempuh. Antara lain diurai berikut ini.

a. Riset kata kunci

Jika Anda ingin menjual bisnis online, maka kunci awal menemukan ide bisnis adalah melakukan riset kata kunci. Jika Anda sudah tahu apa yang dibutuhkan konsumen, maka ide produk yang merupakan kebutuhan konsumen sudah bisa kamu pikirkan.

Caranya dengan mengecek tren pencarian, temasuk seberapa besar volume pencariannya. Lihat juga rincian seperti lokasi, serta keywoard apa saja yang terkait di dalamnya. Beberapa jenis tools bisa Anda gunakan, misalnya google, ahrefs. Bisa juga semrush atau ubersuggest.

 

Melakukan riset market

 

b. Mengikuti yang sedang tren di Medsos

Semua orang memiliki media sosial dan menumpahkan keluh kesahnya di sana. Kita juga akan dengan mudah beragam hal yang viral yang menjadi kebutuhan konsumen.

Anda tinggal mengetik kata kunci produk yang akan mejadi ide bisnis Anda, maka akan muncul ragam tren pencarian.

c. Gabung ke Forum Grup

Untuk menambah pengetahuan produk, Anda bisa memanfaatkan forum atau grup yang bekaitan dengan produk yang ingin Anda jual. Hampir semua jenis produk banyak didiskusikan bahkan direview konsumen di grupnya masing-masing.

Dengan begitu, Anda bisa lihat seperti apa respon mereka para penjual maupun pembeli. Ini akan menajdi pertimbangan ke depan soal bisnis Anda.

  1. Jangan lupakan ada competitor yang harus dipantau

Jika Anda ingin memulai sebuah usaha, jangan lupakan bahwa Anda punya banyak saingan yang perlu Anda pelajari.

Lihat competitor Anda dari segi competitor primer, seunder, dan tersier. Lalu kemudian kelompokkan semua itu. Tujuannya supaya kamu bisa focus. Misalnya, Anda baru akan memulai jualan baju lihat baju-baju serupa dari competitor Anda, lihat celahnya, lalu Anda lakukan inovasi. Agar And abisa unggul dari competitor Anda.

 

 Mengikuti yang sedang tren di Medsos

 

  1. Menemukan model bisnis

Semua riset sudah Anda lakukan, selanjutnya mewujudkannya. Tentu bagi pemula Anda bisa melakukan tes pasar terlebih dahulu. Tes produk yang akan Anda pasarkan. Ingat meski produk sama, tetapi ada banyak cara bisa Anda lakukan. Jualannya pun bisa dilakukan dimana saja, pilih marketplace ataupun e-commerce yang sesuai dengan budget Anda.

5. Menentukan Target pasar

Saat ingin menjual produk, pastikan dulu siapa target pasar Anda. Apakah laki-laki, perempuan, termasuk usianya, dan jangkauan wilayahnya.

6. Pelajari internet marketing

Anda perlu tahu, bahwa meski menjual di internet terbilang mudah, namun feedbacknya tergantung kemampuan promosi Anda. Promosi di internet ada caranya yang harus Anda pelajari.

Jadi, sangat penting juga mempelajari internet marketing agar produk Anda cepat dikenal. Jika Anda butuh agency untuk menemukan orang ahli di bidang internet marketing. PT Jangkar Global Groups siap membantu Anda.

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Apa saja persyaratan Jasa Sworn Translator Kedutaan Singapore ?

Cara kirim dokumen persyaratan Jasa Sworn Translator Kedutaan Singapore bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

 

 

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups untuk Jasa Sworn Translator Kedutaan Singapore:

Hubungi Kami Untuk Info Dan Pemesanan

 
 

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi :

Customer Service 1 HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service 2 HP/whatsapp Simpati: +62811872005

Customer Service 3 HP/Whatsapp XL : +6287724101975

Customer Service 4 HP/whatsapp XL: +6287809101981

Customer Service 5 HP/whatsapp XL: +6287716022005

Divisi Export Akhmad SE, M.Esy HP/whatsapp XL: +6287727688883

Divisi Hukum Dr Fauzi, SH, MH HP/whatsapp Simpati : +628118301975

Divisi Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Telp kantor : +622122008353 +628118301975

 

Kunjungi Media Sosial Kami

 
 
 
 

Email: jangkargroups@gmail.com

Telegram : t.me/jangkargroups

Linkedin : Akhmad Fauzi Manpower

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »