X
    Categories: Legalisir / Legalisasi Dokumen

BUKU NIKAH ASLI TAPI TIDAK DIAKUI KEMENAG

buku nikah asli tapi tidak diakui kemenag
Tidak aneh apabila kita mendapatkan buku nikah asli tapi palsu (aspal) yang memang dibikin oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dikarenakan pasangan yang hendak menikah itu tidak memiliki surat izin menikah dari daerah asalnya atau akibat kecelakaan (hamil duluan) sehingga dapat buku nikah asli tapi tidak diakui kemenag.
Kali ini saya mendapatkan pengalaman yang menarik dan saya share karena buku nikah ini asli dan ditanda tangani oleh KEPALA KUA BEKASI SELATAN.

buku nikah asli tapi tidak diakui kemenag

Begini ceritanya :
Client saya seorang pramugari saudi airlines dan anaknya yang berusia 4,5 tahun akan mengunjungi mertuanya yang sedang sakit di Cairo Mesir maka saya applay visa kunjungan keluarga ke kedutaan mesir. Pihak kedutaan minta persyaratan seperti buku nikah, akte kelahiran anak, kartu keluarga, ktp, surat izin suami (warga negara mesir) dan pasport suami, rekomendasi dari perusahaan.
Pihak kedutaan memeriksa buku nikah dan menyarankan agar buku nikah tersebut di terjemahkan kedalam bahasa arab dan dilegalisir di KUA, Kemenag, Kemenkumham dan Kemenlu karena persyaratan untuk menerbitkan visa untuk anak kecil ke luar negeri adalah buku nikah dan akte kelahiran anaknya harus ada legalisir dari kemenag.
Mau tidak mau saya urus legalisir buku nikah di KUA Setempat yaitu di KUA BEKASI SELATAN. Setelah melalui pengecekan, buku nikah ini asli dan terdaftar di KUA BEKASI SELATAN pada tanggal 19-07-2010 yang di tanda tangani oleh Drs. H Ahmad Sumroni, MM (NIP 196504041989031001) dan pada tanggal 22-10-2015 Kepala KUA, Drs. H. MAHDUM (NIP 196703011988031001) yang menjabat tahun 2015 itu memberi tanda tangan dan stempel asli legalisir yang menyatakan bahwa buku nikah itu ASLI.
Saya dan client saya pun mendatangi kantor kemenag sambil membawa surat pengantar nikah dari embassy mesir di jeddah saudi arabia.
Dan terjemahan surat pengantar nikah tersebut
Akan tetapi oleh pihak kemenag berkas permohonan legalisir 2 buku nikah dan copy legalisir buku nikah tidak bisa di proses karena belum ada surat pengantar nikah dari kedutaan mesir di Jakarta. Berkas kami pun di tahan kemenag dengan alasan akan memanggil mantan kepala KUA yang menerbitkan buku nikah tersebut dengan alasan non prosedural alias buku nikah asli tapi tidak diakui kemenag.

Bolak Balik kemenag

Kami pun balik lagi ke kedutaan dan meminta surat pengantar nikah dari embassy dan pihak embassy minta ikrar (surat pernyataan) dari suaminya bahwa dia dulu menikah masih status singel dan tidak dalam keadaan beristri.
Alhamdulillah, pihak kedutaan masih berbaik hati memberikan visa kepada client saya dan anaknya sehingga mereka bisa berangkat ke mesir untuk menengok mertuanya yang sakit. Oh iya, khusus untuk anak dan istrinya yang menikah dengan warga mesir tidak dikenakan biaya visa alias gratis.
Senang rasanya saya bisa membantu client saya sehingga bisa terbang tepat pada waktunya ke mesir dan sayangnya sang suami seorang pilot yang bertugas di jeddah saudi sehingga tidak bisa langsung tanda tangan ikrar (surat pernyataan belum menikah). Sehingga harus menunggu tugas jadwal penerbangan ke jeddah. Alhamdulillah surat ikrar ahirnya bisa di tanda tangani dan dibawa pulang langsung ke indonesia.
Setelah pihak embassy mesir menerima surat ikrar, saya dikenakan biaya Rp. 450.000 untuk mengurus surat izin menikah. Jangan lupa bawa KTP yang bersangkutan dan prosesnya 1 hari kerja.
Inilah surat pengantar menikah dari kedutaan mesir di jakarta :
Setelah semua dokumen lengkap, saya pun kembali mengajukan permohonan legalisir di kantor kemenag dan berkas saya pun kembali di tahan dan sampai satu minggu tidak ada keputusan apapun dari kementrian agama. Janji dari kementrian agama akan memanggil pejabatnya hanyalah tinggal janji karena sampai tulisan ini dibuat, tidak ada tanda-tanda kehadiran pejabat tersebut. Padahal nomer HP: 081280452430 yang di pegang oleh Kepala KUA, Drs. H Nahdum masih aktif.

Ditolak lagi sama Kemenag

Alangkah kagetnya saya setelah mendengar pernyataan dari staff kemenag, bapak edi bahwa kemenag tidak akan memberikan legalisir karena buku nikah sudah terbit tahun 2010, akan tetapi surat pengantar dari kedutaan mesir baru terbit tahun 2015 dan harus nikah isbat di pengadilan agama bekasi. pak edi mengatakan bahwa buku nikah yang kami dapatkan dari KUA adalah : buku nikah asli tapi tidak diakui kemenag
Saya pun protes karena dulu bapak edi bilang bahwa harus minta dulu surat pengantar dari kedutaan mesir. Setelah saya bersusah payah mengurus surat pengantar dari mesir ahirnya tetap di tolak dengan alasan sudah kadaluarsa. Lantas bagaimana dengan tanggung jawab KEPALA KUA yang sudah mengeluarkan BUKU NIKAH ASLI tapi tidak diakui oleh KEMENAG ? Pernikahan tidak akan terjadi apabila KEPALA KUA meminta surat pengantar dari kedutaan mesir di jakarta. Kalau di bilang KEPALA KUA BODOH, sekolahnya saja S2 dan menyandang titel MM.
Kalau saja suaminya ada di indonesia, mereka bisa nikah lagi di pengadilan agama. Lantas bagaimana hak anaknya yang apabila mau berangkat lagi ke mesir atau pindah ke negara mesir untuk sekolah atau pindah rumah ? Bagaimana cara bikin visanya lagi tanpa ada pengakuan buku nikah ?

Oknum KUA

Kasihan rakyat kecil yang tidak tau prosedur menikah dengan warga negara asing. Apalah artinya KUA kalau di isi oleh OKNUM yang telah merugikan Hak Warga Negara Indonesia, mereka tidak mendapatkan sangsi hukum dan masih berkeliaran di dalam lingkungan pegawai negeri. Mengerikan dan menyedihkan sekali negara indonesia tercinta ini.
Berhati-hatilah apabila ada anak, saudara, handai taulan yang akan menikah dengan warga negara asing. Pastikan ada surat pengantar dari kedutaannya di jakarta. Jangan sampai anda menyesal nanti dan di repotkan oleh birokrasi Indonesia yang ribet apalagi dapet buku nikah asli tapi tidak diakui kemenag .

Apabila anda memerlukan bantuan biro jasa untuk mengurus buku nikah asli tapi tidak diakui kemenag,


Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Bagaimana caranya ?

Cara kirim dokumen buku nikah asli tapi tidak diakui kemenag bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client. Untuk update perkembangan proses dokumen bisa menghubungi Ibu Ida melalui sms/wa : 081282474443

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups untuk buku nikah asli tapi tidak diakui kemenag:

Biro jasa resmi dan terpercaya

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk meyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi fauzi PT. Jangkar Global Groups: di no hp/whatsapp xl: +6287727688883 hp/whatsapp simpati : +6281290434111 Telp kantor : +622122008353

Bagikan yuk!

View Comments (2)

  • Selama sore
    Saya Dan suami wna pada saat melangsungkan Pernikahan tahun 2014 tidak meminta ijin dari kedutaan prancis
    Saat ini saya sedang mencari info syarat akte nikah dapat di legalisir oleh kedutaan.
    Mohon infonya
    Terimakasih

    • Kalau tidak mendapat izin dari kedutaan maka akte nikah ibu dian tidak bisa di legalisir oleh kedutaan karena syarat sebelum menikah adalah meminta surat izin dari kedutaan setempat