Beranda Bisnis CARA CEK INSTRUMEN BANK BG SKBDN

CARA CEK INSTRUMEN BANK BG SKBDN

CARA CEK INSTRUMEN BANK BG SKBDN

Cara Cek Instrumen Bank BG SKBDN – Ahir-ahir ini marak komplotan yang membuat instrumen bank palsu untuk memberi harapan palsu bahkan penipuan. Tak jarang juga komplotan ini meminta uang provisi ataupun uang DP. Dengan alasan Instrumen Bank akan cair di ahir masa perjanjian ataupun bisa di Diskonto untuk mendapatkan uang cash.

Biasanya instrumen bank berupa BG, SKBDN, LC, SBLC, SDB beredar di kalangan Mediator Funder dan Mediator Pemilik Proyek. Mereka mengedarkan instrumen ini dari wa ke wa, dari email ke email dan dari pertemuan ke pertemuan bisnis. Semua mengaku punya warkat asli istrumen bank ini ataupun ingin melakukan walk in di bank yang ujung-ujungnya minta bukti tabungan funder. Bukti tabungan funder maupun bukti instrumen bank ini sangat cepat beredar dikalangan mereka.

Untuk menerbitkan Bank Garansi haruslah memenuhi persyaratan yang di inginkan oleh pihak perbankan. Jadi harus ada dasar penerbitan Bank Garansi adalah : Collateral, uang cash atau Save Keeping Receipth (SKR). Setelah mengajukan permohonan Bank Garansi maka pihak bank mengeluarkan Surat Perintah Setor (SPS) :

Surat Perintah Setor SPS BG

Jadi setelah semua persyaratan administrasi seperti : Biaya penerbitan bank garansi sebesar 0,25% dari nilai Bank Garansi (BG) dan Biaya sewa Collateral sebesar 15 % dari Nilai Bank Garansi maka bank akan menerbitkan Bank Garansi seperti di bawah ini :

Contoh Bank Garansi BG

Adapun trik mereka yang punya instrumen adalah :

  1. Minta Diskonto
  2. Minta Kerjasama Pembiayaan Proyek
  3. Funder minta menyiapkan uang cash untuk biaya penerbitan instrumen sebesar 2 persen ataupun minta uang 10 persen malah ada yang minta uang 100 % di transfer dulu setelah walk in di bank.

Yang paling kasihan adalah pihak mediator atau konon katanya tangan ke dua (A2) dari pihak funder dan pihak pemilik instrumen. Terkadang pihak ke tiga yang menyiapkan dana 2 % untuk biaya provisi atau penerbitan bank instrumen. Pihak ketiga sangat semangat karena melihat print warna SKB (Surat Keterangan Bank) ataupun SPS (Surat Perintah Setor).

Mereka gelap mata dan mengeluarkan uang ke A2 tapi setelah di transfer, tidak ada kabar beritanya dan menghilang begitu saja atau bahkan beralasan Funder tidak valid ataupun Pemilik Instrumen tidak valid sehingga uang tersebut hangus untuk pengurusan instrumen bank. Pihak ketiga kehilangan waktu, uang operasional serta uang pembayaran provisi untuk menerbitkan instrumen bank bodong.

Contoh Block Of Fund (BOF)

Contoh Block of Fund BOF

Contoh Verifikasi Konfirmasi Block Of Fund

verifikasi konfirmasi keabsahan block of fund

Bagaimanakah celah penipuan instrumen bank ini ?

  1. Penipuan pembuatan kontrak kerjasama antara Funder Bodong dan Pemilik Instrumen Bodong. Kontrak kerjasama ini di edarkan kemana-mana untuk menipu orang lain dengan alasan sudah ada kontrak kerjasama dan butuh pendana sementara untuk eksekusi perjanjian ini
  2. Pemilik Instrumen Palsu mengedarkan dokumen bank palsu ke mana-mana dengan alasan sudah terbit instrumen bank dan butuh funder untuk mencairkan dana tersebut dan mereka membutuhkan uang operasional
  3. Pemilik Cash Fund mengedarkan dokumen statemen bank / bukti rekening untuk mencari instrumen yang akan di diskonto ataupun untuk di kerjasamakan.
  4. Mediator atau pihak penghubung membubuhi cerita palsu dan bahkan adu pinalti alias berjudi kalau palsu dia bayar dan jika palsu maka funder harus bayar pinalti.

Bagaimanakah proses transaksi ?

  1. Pihak Pemilik Instrumen Bank mengajak Walk In Di Bank yang bersangkutan
  2. Membayar biaya Meeting Room Di Bank
  3. Datanglah oknum bank ataupun pihak lain yang mengatas namakan bank di meeting room bank.
  4. Pemeriksaan dokumen dan oknum bank bilang itu dokumen bank itu valid
  5. Funder di suruh transfer sejumlah uang ke rekening pemilik instrumen bank
  6. Kalau Funder tidak bisa membuktikan dana maka uang pinalti harus di bayar ke rekening pemilik instrumen. Begitu pula sebaliknya jika pemilik instrumen datanya palsu maka pemilik instrumen harus bayar pinalti ke pemilik dana.

Inilah permainan oknum bank dengan pemilik instrumen ataupun permainan oknum bank dengan funder sehingga ada pihak yang di rugikan dengan adanya pinalty ini. Sudah banyak jatuh korban akibat permainan perjudian Walk in di bank.

Contoh Permohonan Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN)

Permohonan SKBDN

Contoh Safe Keeping Receipt SKR

Contoh Safe Keeping Receipt SKR

Contoh Surat Pembuktian Konfirmasi

Konfirmasi Safe keeping Receipt SKR

Contoh Surat Keterangan Bank SKB

Contoh Surat Keterangan Bank SKB

Contoh Ready Willing and Able RWA

Contoh Ready Willing and Able RWA

Contoh Surat Keterangan Deposito Bank

Surat keterangan deposito bank

Contoh Surat Keterangan SDB

Contoh Surat Keterangan Bank SDB

Contoh Deposito BNI

Contoh Sertifikat Deposito Bank BNI

Cara Cek Instrumen Bank BG SKBDN

Cara pengecekan instrumen bank yang benar :

  1. Cek terlebih dahulu instrumen bank ini terbit dari bank mana dan alamat bank penerbit instrumen bank tersebut.  Contoh : Instrumen bank di terbitkan oleh Bank Mandiri cabang Plaza Mandiri maka pengecekannya harus di Plaza mandiri, bukan di cabang bank mandiri lainnya misalkan minta di cek di bank mandiri indramayu.
  2. Kalau instrumen bank di terbitkan atas nama pribadi maka yang bersangkutan yang ada namanya di instrumen bank harus hadir. Kalau pemilik instrumen bank atas nama PT maka Direktur Utama PT tersebut harus hadir di bank sambil membawa bukti warkat asli dan dokumen pendukung lainnya.
  3. Kontrak Kerja asli antara pemilik warkat asli dengan Funder.
  4. Mintalah Kartu nama petugas bank ataupun cek ID Card petugas bank untuk memastikan dia bukan oknum yang berseragam bank. Pastikan nama yang tercantum di instrumen bank adalah petugas resmi yang memberikan kartu nama atau sama persis seperti di ID Card Bank.

Biasanya kalau yang tanda tangan di instrumen bank adalah Treasury Bank maka anda harus menghadap bersama pemilik warkat aslinya ke Treasury Bank, Jika yang tanda tangan di warkat asli Instrumen Bank adalah Kepala Cabang Bank tersebut maka yang hadir harus kepala cabang bank tersebut. Resiko inilah yang sering di salah gunakan oleh oknum bank sehingga seolah-olah resmi karena transaksi di bank.

Bagaimana menghindari penipuan ?

  1. Ketika tanda tangan kerjasama, pastikan dia direktur utama ataupun pemilik nama yang ada di warkat asli di lampirikan bukti legalitas usaha dan ktp owner.
  2. Proses di lakukan Bank Officer To Bank Officer karena semua telp masuk secara otomatis akan di rekam oleh mesin perekam telp pihak bank, jadi menutup peluang adanya penipuan oleh oknum bank.
  3. Jangan melakukan transaksi uang cash karena kalau kita melakukan transaksi non cash akan terecord dalam sistem bank dan bisa di jadikan barang bukti ketika memenuhi unsur penipuan.
  4. Cek alamat emailnya apakah menggunakan email resmi bank ataukah email palsu (biasanya email hoax ataupun email bank tapi dibuat-buat alias membuat email asal-asalan) ketika kita kirim email maka emailnya tidak sampai atau return to sender.

Bisnis merupakan bentuk saling kepercayaan, kalau masing-masing pihak meributkan mana bukti dana dan mana warkat asli maka sebaiknya di batalkan saja. Anda akan kehabisan waktu, kehabisan ongkos dan kehabisan uang karena segala bentuk tipu menipu sangat terbuka lebar di karenakan nilai instrument bank bernilai milyaran bahkan trilyunan rupiah.

Modus yang biasa di gunakan

Modus sindikat Instrumen Bank ini biasanya di lakukan dengan cara :

1. Dengan membuat Instrumen Bank Fiktif alias palsu.

Biasanya instrumen bank ini di buat oleh orang di luar bank, mereka membuat surat bank garansi palsu, di cetak dengan menggunakan percetakan non bank sehingga ketika kita cek ke bagian legal bank tersebut maka Dokumen tersebut dinyatakan PALSU/Fiktif.

2. Instrumen Bank Fiktif yang di sekenario oleh sindikat

Biasanya di dalam Instrumen bank tersebut ada nomer telp bank palsu milik sindikat atau alamat email palsu yang ketika di telp atau di email akan menjawab emailnya dengan jawaban Instrumen Bank tersebut asli tapi ketika jatuh tempo, Instrumen bank tersebut tidak bisa di cairkan karena palsu.

3. Modus Instrumen Bank Fiktif Kerjasama

Instrumen Bank M diserahkan oleh Mr H ke Mr A yang mempunyai dana di Bank B. Kemudian Mr A transfer uang ke rekening Mr H di Bank M. Kemudian Mr H menyerahkan warkat aslinya ke Mr A akan tetapi ketika jatuh tempo, Instrumen Bank tersebut tidak bisa di cairkan oleh Bank M dikarenakan warkat tersebut Palsu.

4. Modus Instrumen Bank Perencanaan Floating.

Modus ini biasanya di gunakan oleh orang dalam Bank tersebut. Pihak Bank biasanya memberikan Copy Instrumen Bank dengan nomer sementara dengan nomer Instrumen bank yang asli. Jika Funder mengirimkan Uang senilai Instrumen Bank tersebut maka Warkat Instrumen Bank Aslinya akan terbit. Akan tetapi jika uang tidak di transfer, maka instrumen Bank tersebut tidak di keluarkan dan nomer aslinya di sistem akan di hapus oleh orang dalam Bank (unregister/tidak terdaftar)

Jadi tetaplah waspada dan lakukan pengecekan langsung di Bank Penerbit Instrumen Bank tersebut dengan yang bersangkutan (Nama yang ada di dalam warkat aslinya). Berhati-hatilah karena sindikat pemalsuan Instrumen Bank berupa BG, SKBDN, SDB, LC, SBLC ini ada di sekitar kita dan melakukan tipu daya dengan manis berupa dokumen berwarna yang seolah-olah asli tapi palsu dengan mencantumkan logo Bank Indonesia maupun Bank yang ada di Indonesia maupun Bank Luar Negeri.

Instrumen Bank Luar Negeri

Contoh Bank Guarantee Luar Negeri :

Contoh bank guarantee HSBC

Contoh Proof Of Fund

Contoh Prof Of Fund HSBC

Contoh Konfirmasi Proof Of Gold

Contoh prof of gold HSBC

Hati-hatilah bermain instrument Bank karena banyak sindikat yang memalsukan dokumen bank, memalsukan stempel bank, memalsukan tanda tangan pejabat bank untuk menipu. Pastikan nama yang tercantum di warkat itu adalah yang bersangkutan. Waspadalah orang-orang yang mengaku A2 Funder dan yang mengaku A2 Pemilik Warkat Instrumen Bank karena kejahatan timbul dari sindikat warkat instrumen bank

Pengacara Pidana

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai Cara Cek Instrumen Bank BG SKBDN bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan Cara Cek Instrumen Bank BG SKBDN atau mengalami masalah :

financial engineering untuk mendanai proyek investasi

mengenal apa itu lc dan sblc

funder proyek kerja sama operasional

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi SH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad SH HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Customer Service Lukman Azis SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Customer Service ABDURI SH HP/Whatsapp Simpati : +6281281247293

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here