Cara Menambahkan Nama Keluarga/Marga

  • Bagikan
CARA MENAMBAHKAN NAMA KELUARGA MARGA

Perubahan nama, biasanya dilakukan oleh seseorang jika dia tidak merasa nyaman dengan nama tersebut karena merasa malu atau mengakibatkan masalah. Tidak jarang juga ada yang merubah atau menambah namanya dengan nama keluarga atau marga saat menikah dengan seseorang. (Baca juga: persyaratan perubahan nama di paspor)

 

Berikut akan dijelaskan mengenai nama marga dan cara menambahkan nama keluarga/marga di belakang nama:

 

Mengenal Marga

Marga sendiri berarti nama yang dibawa dari keluarga seseorang dilahirkan atau berasal. Nama keluarga ini umum digunakan oleh banyak kebudayaan di dunia, tak terkecuali Indonesia. Dalam hal ini nama keluarga terkadang disebut dengan nama marga dan umumnya diletakkan bagian belakang nama. Tetapi ada juga yang menaruh nama marga di depan seperti pada kebudayaan asia timur. (Baca juga: cara ganti nama anak)

 

Pada sistematika biologis, marga dipakai sebagai pengganti takson atau genus. Nama ini menjadi identitas dari suatu masyarakat adat. Marga sendiri didapat dari ayah untuk diturunkan pada anak-anaknya. Setelah itu akan diwariskan turun-temurun dari bapak pada anak, pada cucu-cicit dan seterusnya. (Baca juga: jasa pengurusan tambah nama di pengadilan)

 

Untuk Indonesia sendiri, nama marga kurang sering ditemukan, khususnya pada keluarga yang ada di pulau jawa. Nama marga umumnya bisa ditemukan pada kebudayaan daerah sumatera, khususnya daerah Sumatera Utara. Disana terdapat suku batak yang sangat menjunjung tinggi nama marganya. Sampai ketika sesama suku mereka bertemu, pasti akan menanyakan dari marga mana dia berasal. (Baca juga: penambahan nama di akte kelahiran)

 

Pentingnya Nama Marga

Adanya marga bisa memiliki arti penting bagi seseorang ataupun suku. Seperti pada warga asal Batak yang sangat menjunjung dan melestarikan nama marga yang mereka miliki hingga saat ini. Tak heran jika sampai ada yang mencari cara menambahkan nama marga/keluarga mereka saat menikahi orang batak. (Baca juga: mengubah nama anak)

 

Berikut adalah beberapa poin mengenai pentingnya nama marga:

 

1. Bukti Silsilah

Menurut beberapa sumber, nama marga merupakan suatu informasi dari keluarga mana seseorang berasal. Silsilah keturunan dari kakek, ayah, ibu dari seseorang bisa diketahui dengan jelas dengan adanya marga. Untuk orang Batak, silsilah ini penting karena diperlukan dalam pergaulan mereka sehari-hari. (Baca juga: prosedur syarat dan cara tambah nama)

 

Adapun dengan silsilah keturunan yang jelas, orang Batak tahu bagaimana mereka harus membawa diri dalam pergaulannya. Asal silsilah yang jelas juga menjadi suatu kebanggan tersendiri untuk mereka yang tetap melestarikan silsilah dari keturunannya. (Baca juga: bagaimana proses tambah nama di pengadilan)

 

Pengenalan silsilah keluarga juga bisa membuka pengetahuan akan nilai-nilai kehidupan atau tradisi yang ditumbuhkan dalam keluarga. Nilai-nilai itulah yang akan dicerna dan dimaknai untuk kehidupan anggota keluarga kedepannya. (Baca juga: ingin tambah nama seperti ini prosedurnya)

 

2. Saling Mendekatkan

Nama keluarga atau marga pastinya memiliki suatu perjalanan panjang dibaliknya. Inilah salah satu dari sekian hal yang bisa saling mendekatkan antar keluarga. Ada baiknya untuk orang tua mengenalkan keluarga besarnya pada anak-anaknya agar mereka mengenal dan lebih dekat dengan keluarganya. (Baca juga: cara mengurus penambahan nama di pengadilan)

 

Minimnya pengetahuan akan silsilah keluarga bisa memberikan dampak bagi psikologis anak kedepannya. Ini merupakan akibat dari minim dan lemahnya relasi yang terjadi antar individu keluarga besar yang tidak saling mengenal satu sama lain. Padahal ikatan ini diperlukan untuk memperkaya kehidupan sosial seseorang dengan jaringan yang luas. (Baca juga: persyaratan penambahan nama di pengadilan)

 

3. Identitas Pribadi

Bagi seseorang adanya nama keluarga atau nama marga mungkin bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri baginya. Terlebih lagi jika orang tersebut berasal dari keluarga bangsawan atau minimal memiliki keluarga yang hebat di mata publik. Adanya nama keluarga dibelakang namanya bisa memberikan tingkat kepercayaan diri yang tinggi baginya. (Baca juga: tata cara perubahan atau ganti nama)

 

Namun hal sebaliknya juga bisa terjadi jika orang tersebut malah memberikan citra yang buruk bagi keluarga besar dengan menyandang nama tersebut. Saat seseorang yang memiliki nama keluarga kemudian bersikap buruk atau bahkan terkena suatu kasus, nama keluarga tersebutlah yang akan disorot oleh publik. Apalagi jika nama keluarga tersebut sudah tidak asing ditelinga publik. (Baca juga: ubah nama di akte kelahiran)

 

4. Jalan Kesuksesan

Pada poin yang satu ini, contoh nyatanya sudah cukup sering diterapkan oleh orang batak yang merantau. Dalam hal ini marga memiliki peranan penting pada jalan kesuksesannya dalam menemukan jalan di perantauan. Hal ini karena semasa perantauan orang batak bisa saling bertemu dengan sesama marganya di daerah perantauan sana. (Baca juga: bagaimana cara tambah nama suami)

 

Misalnya ada anak dari salah satu keluarga marga yang ada di Batak, dia akan disuruh pergi untuk bertemu dengan kerabat sesama marganya di tanah perantauan. Orang tuanya pun tak lupa untuk berbicara terlebih dahulu bahwa akan menitipkan anaknya disana. Hal ini dapat memberikan jalan hidup dan pengalaman baru bagi anak tersebut. Banyak yang akan didapatkan oleh anak saat merantau dan orang tua tidak perlu khawatir akan keselamatan anaknya. (Baca juga: persyaratan ganti nama di akta kelahiran)

 

5. Mengenal Saudara

Memang orang tua memiliki peran yang penting dalam mengenalkan generasi muda, atau anak-anaknya dengan silsilah keluarganya. Tujuannya antara lain agar anak tidak merasa terasingkan di tengah keluarga besar sendiri. Ini merupakan kendala bagi orang tua jaman sekarang yang lebih sibuk dengan pekerjaannya dengan minimnya waktu bersama anaknya. (Baca juga: jasa ganti nama terpercaya 100 konsumen puas)

 

Adanya nama keluarga atau marga bisa mempermudah jalan orang tua untuk mengenalkan silsilah keluarga besar pada anak-anak. Misalkan anak yang bertemu dengan nama akhiran yang mirip dengannya, ia dapat mudah mengenali bahwa itu adalah keluarganya.

 

Cara Menambah Nama Keluarga/ Marga

Untuk para pemilik nama tunggal yang sedang mencari cara menambahkan nama keluarga/marga dibelakang namanya ini merupakan tempat yang tepat. Disini akan dibahas dengan cukup singkat bagaimana menambahkan nama keluarga di belakang nama. Pastinya disini yang akan diubah adalah akta lahir dengan beberapa tahapan yang harus dilewati.

 

Namun sebelum menuju cara menambahkan nama keluarga/marga itu ada beberapa persyaratan berupa dokumen yang harus dilengkapi. Ini merupakan persyaratan yang menjadi bukti untuk memperlancar proses perubahan nama. Hal ini perubahan nama harus memiliki alasan yang pasti dan tidak bisa asal dirubah. Berikut adalah persyaratan lengkapnya:

 

  • akta lahir kakek/ayah fotocopy 
  • fotocopy akta lahir yang asli
  • fotocopy kartu keluarga
  • kartu tanda penduduk fotocopy 
  • fotocopy surat keterangan merupakan WNI (jika diperlukan)
  • Dokumen pendukung lain sebagai bukti jika layak menyandang nama marga atau memang keturunan dari suatu marga
  • Materai satu lembar

 

Saat semua kelengkapan berkas dikumpulkan jadi satu, saatnya pergi menuju ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Disana akan diurus soal pengubahan akta lahir, namun jika akta yang bersangkutan masih dibawah lima tahun, maka tidak perlu pergi ke pusat. Cukup dengan kantor pencatatan sipil yang ada di daerah masing-masing.

 

Setelah itu hanya tinggal mengambil nomor antrian dan menjelaskan keperluan. Akan ada formulir yang harus diisi dan surat pernyataan yang perlu ditandatangani dengan materai yang dibawa. Untuk prosesnya sendiri akan memakan kurang lebih 14 hari kerja. 

 

Pada saat itu akan ditanya apakah akan mencetak dokumen baru atau hanya menambahkan nama di belakang saja. Begitu saja kurang lebih untuk perguruan perubahan nama dengan cara menambahkan nama keluarga/marga dibelakang nama. 

 

Itu dia segala berbagai hal yang dibahas mengenai nama marga dan cara menambahkan nama keluarga/marga pada nama belakang. Sebenarnya untuk pengurusan perubahan nama ini bisa saja diurus sendiri jika memiliki waktu luang. Namun jika sibuk dan tidak sempat mengurus, pastinya ada jasa yang bisa diandalkan untuk hal semacam ini.

 

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

 

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Apa saja cara menambah nama keluarga/marga ?

Cara kirim dokumen menambahkan nama keluarga/marga bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

 

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

 

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups cara menambahkan nama keluarga/marga :

Hubungi Kami Untuk Info Dan Pemesanan

 

 

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi :

Customer Service Dr Fauzi, SH, MH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad SE, M.Esy HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Telp kantor : +622122008353 

 

Kunjungi Media Sosial Kami

 

 

Email: jangkargroups@gmail.com

Telegram : t.me/jangkargroups

Linkedin : Akhmad Fauzi Manpower

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »