Beranda Hukum CARA MENANGANI PERMASALAHAN TANAH DENGAN TETANGGA

CARA MENANGANI PERMASALAHAN TANAH DENGAN TETANGGA

CARA MENANGANI PERMASALAHAN TANAH DENGAN TETANGGA

CARA MENANGANI PERMASALAHAN TANAH DENGAN TETANGGA – Berkaitan perselisihan tanah, ada ketentuan paling baru berkaitan masalah pertanahan yakni Ketentuan Menteri Agraria serta Tata Ruangan/Kepala Tubuh Pertanahan Nasional Nomer 11 Tahun 2016 mengenai Penyelesaian Masalah Pertanahan (“Permen Agraria 11/2016”).

Dalam Permen Agraria 11/2016, yang disebutkan dengan masalah pertanahan ialah Perselisihan, Perselisihan, atau Masalah Pertanahan untuk memperoleh perlakuan penyelesaian sesuai ketetapan ketentuan perundang-undangan serta/atau kebijaksanaan pertanahan.

Masalah pertanahan

Jadi, cara menangani permasalahan tanah dengan tetangga dibagi jadi 3 (tiga) seperti berikut:

  1. Perselisihan Tanah yang seterusnya disebutkan Perselisihan ialah konflik pertanahan di antara orang perorangan, tubuh hukum, atau instansi yang tidak berefek luas.
  2. Perselisihan Tanah yang seterusnya disebutkan Perselisihan ialah konflik pertanahan di antara orang perorangan, barisan, kelompok, organisasi, tubuh hukum, atau instansi yang memiliki cenderung atau telah berefek luas.
  3. Masalah Tanah yang seterusnya disebutkan Masalah ialah konflik pertanahan yang perlakuan serta penyelesaiannya lewat instansi peradilan.

Bila masalah Anda belum sampai ke instansi peradilan, karena itu masalah Anda ialah perselisihan tanah. cara menangani permasalahan tanah dengan tetangga dan  perselisihan tanah dikerjakan berdasar:

  1. Ide dari Kementerian Agraria serta Tata Ruangan/Tubuh Pertanahan Nasional (“Kementerian”); atau
  2. Pengaduan warga.

Karena itu, Anda dapat lakukan pengaduan bila berlangsung perselisihan tanah. Pengaduan dikatakan pada Kepala Kantor Pertanahan dengan tercatat, lewat loket pengaduan, kotak surat atau web Kementerian. Pengaduan paling dikit berisi jati diri pengadu serta rincian singkat masalah.

Pengaduan yang sudah penuhi ketentuan yang diterima langsung lewat loket Pengaduan, pada pihak pengadu diberi Surat Sinyal Penerimaan Pengaduan. Pengaduan itu diadministrasikan ke Daftar Penerimaan Pengaduan.

Cara menangani permasalahan tanah dengan tetangga

Tiap perubahan dari perselisihan tanah dicatat dalam Daftar Penyelesaian Perselisihan, Perselisihan, serta Masalah dengan menyertakan bukti perkembangan serta diadukan pada Kepala Kantor Daerah BPN tiap 4 (empat) bulan sekali serta ditembuskan pada Menteri Agraria serta Tata Ruangan/Kepala Tubuh Pertanahan Nasional (“Menteri”).

Berdasar pengaduan itu, petinggi yang bertanggungjawab dalam mengatasi Perselisihan, Perselisihan serta Masalah pada Kantor Pertanahan (“Pejabat”) lakukan pekerjaan pengumpulan data. Data yang disatukan bisa berbentuk:

  1. data fisik serta data yuridis;
  2. keputusan peradilan, berita acara kontrol dari Kepolisian Negara RI, Kejaksaan RI, Komisi Pembasmian Korupsi atau dokumen yang lain yang dikeluarkan oleh instansi/lembaga penegak hukum;
  3. data yang dikeluarkan atau diedarkan oleh petinggi yang berkuasa;
  4. data yang lain yang berkaitan serta bisa memengaruhi dan menegaskan duduk masalah Perselisihan serta Perselisihan; serta/atau
  5. info saksi.

Sesudah penerapan pekerjaan pengumpulan data, Petinggi lakukan analisa.[14] Analisa itu dikerjakan untuk tahu pengaduan itu adalah wewenang Kementerian ataulah bukan wewenang Kementerian.

Wewenang Kementrian

Perselisihan atau Perselisihan sebagai wewenang Kementerian mencakup:

  1. kekeliruan mekanisme dalam proses pengukuran, pemetaan serta/atau penghitungan luas;
  2. kekeliruan mekanisme dalam proses pendaftaran penegasan serta/atau pernyataan hak atas tanah sisa punya tradisi;
  3. kekeliruan mekanisme dalam proses penentuan serta/atau pendaftaran hak tanah;
  4. kekeliruan mekanisme dalam proses penentuan tanah terlantar;
  5. tumpang tindih hak atau sertifikat hak atas tanah yang satu diantara alas haknya jelas ada kekeliruan;
  6. kekeliruan mekanisme dalam proses perawatan data pendaftaran tanah;
  7. kekeliruan mekanisme dalam proses penerbitan sertifikat alternatif;
  8. kekeliruan dalam memberi info data pertanahan;
  9. kekeliruan mekanisme dalam proses pemberian izin;
  10. penyimpangan pemakaian ruangan; atau
  11. kekeliruan lain dalam aplikasi ketentuan perundang-undangan.

Bila memang permasalahan yang Anda serta tetangga Anda mengmelawan terhitung dalam wewenang Kementerian, maka dikerjakan proses selanjutnya yakni penyelesaian perselisihan. Dalam mengatasi perselisihan ini, akan dikerjakan pengkajian pada urutan Perselisihan atau Perselisihan; serta data yuridis, data fisik, serta data simpatisan yang lain.

Pengkajian perselisihan

Dalam melakukan pengkajian, dikerjakan kontrol lapangan yang mencakup:

  1. riset atas keselarasan data dengan keadaan lapangan;
  2. penelusuran info dari saksi-saksi serta/atau beberapa pihak yang berkaitan;
  3. riset batas bagian tanah, gambar ukur, peta bagian tanah, gambar kondisi/surat ukur, peta gagasan tata ruangan; serta/atau
  4. pekerjaan yang lain yang dibutuhkan.

Dalam mengakhiri perselisihan, Kepala Kantor Daerah BPN atau Menteri akan menerbitkan:

  1. Ketetapan Penangguhan Hak Atas Tanah, yakni penangguhan pada hak atas tanah, sinyal bukti hak serta daftar umum yang lain yang terkait dengan hak itu.
  2. Ketetapan Penangguhan Sertifikat, yakni penangguhan pada sinyal bukti hak serta daftar umum yang lain yang terkait dengan hak itu, serta bukan penangguhan pada hak atas tanahnya.
  3. Ketetapan Pergantian Data pada Sertifikat, Surat Ukur, Buku Tanah serta/atau Daftar Umum yang lain; atau
  4. Surat Pemberitahuan jika tidak ada kekeliruan administrasi.

Dalam soal di atas satu bagian tanah ada tumpang tindih sertifikat hak atas tanah, Menteri atau Kepala Kantor Daerah BPN sesuai dengan kewenangannya menerbitkan Ketetapan penangguhan sertifikat yang tumpang tindih, hingga di atas bagian tanah itu cuma ada 1 (satu) sertifikat hak atas tanah yang resmi.

Penangguan hak atas tanah

Butuh diingat jika penerbitan ketetapan penangguhan hak atas tanah atau sertifikat tidak bermakna hilangkan/memunculkan hak atas tanah atau hak keperdataan yang lain pada beberapa faksi. Ketetapan penyelesaian Perselisihan atau Perselisihan dikerjakan oleh Kepala Kantor Pertanahan.

Dalam soal Ketetapan berbentuk Penangguhan Hak Atas Tanah, Penangguhan Sertifikat atau Pergantian Data, Kepala Kantor Pertanahan memerintah petinggi yang berkuasa untuk memberitahu pada beberapa faksi supaya menyerahkan sertifikat hak atas tanah serta/atau faksi lain yang berkaitan dalam periode waktu paling lama 5 (lima) hari kerja.

Sesudah pemberitahuan atau pengumuman, Kepala Kantor Pertanahan memerintah petinggi yang berkuasa menindaklanjuti ketetapan seperti berikut:

  1. Dalam soal Ketetapan berbentuk penangguhan hak atas tanah: petinggi yang berkuasa lakukan pendataan tentang hapusnya ketetapan pemberian hak, sertifikat, surat ukur, buku tanah serta Daftar Umum yang lain, pada Sertifikat hak atas tanah, Buku Tanah serta Daftar Umum yang lain.
  2. Dalam soal Ketetapan berbentuk penangguhan sertifikat: petinggi yang berkuasa lakukan pendataan tentang hapusnya hak pada Sertifikat, Buku Tanah serta Daftar Umum yang lain.
  3. Dalam soal Ketetapan berbentuk pergantian data: petinggi yang berkuasa lakukan perbaikan pada Sertifikat, Surat Ukur, Buku Tanah atau Daftar Umum yang lain. Sesudah dikerjakan perbaikan, sertifikat diberi kembali pada pemegang hak atau diedarkan sertifikat alternatif.

Fakta Resmi

Ketetapan Kepala Kantor Daerah BPN atau Menteri harus dikerjakan terkecuali ada fakta yang resmi untuk tunda realisasinya. Fakta yang resmi itu diantaranya:

  1. sertifikat yang akan diurungkan sedang dalam status dikunci atau diambil alih oleh kepolisian, kejaksaan, pengadilan serta/atau instansi penegak hukum yang lain; atau
  2. tanah sebagai object penangguhan jadi object hak tanggungan; atau
  3. tanah sudah diarahkan pada pihak lain.

Penangguhan penerapan harus diadukan oleh Kepala Kantor Pertanahan pada Kepala Kantor Daerah BPN atau Menteri dalam tempo paling lama 5 (lima) hari kerja semenjak diterimanya Ketetapan itu.

Status ketetapan

Bila tanah sebagai object penangguhan sedang dalam status dikunci atau diambil alih oleh kepolisian, kejaksaan, pengadilan serta/atau instansi penegak hukum yang lain, karena itu penerapan penangguhan dipending.Penangguhan dikerjakan dengan ketetapan:

  1. jika status blokir serta tidak dilakukan tindakan dengan penentuan sita dari pengadilan, karena itu penangguhan dikerjakan s/d periode waktu 30 (tiga puluh) hari semenjak dikerjakan pendataan blokir atau sampai terdapatnya pencabutan blokir dari faksi kepolisian, kejaksaan, pengadilan serta/atau instansi penegak hukum yang lain sebelum tenggang waktu 30 (tiga puluh) hari; atau
  2. jika status blokir serta ada penentuan sita dari pengadilan, penangguhan dikerjakan sampai terdapatnya ketetapan pencabutan sita dari faksi kepolisian, kejaksaan, pengadilan serta/atau instansi penegak hukum yang lain.

Faksi Lain

Bila tanah adalah object hak tanggungan atau tanah sudah diarahkan pada pihak lain, karena itu dikerjakan pemberitahuan pada pemegang hak tanggungan atau faksi lain itu.  Faksi lain adalah:

  1. Faksi lain yang tidak tahu jika tanah dalam kondisi perselisihan atau perselisihan;
  2. tanah itu ditawarkan dengan terbuka; serta
  3. faksi lain yang mendapatkan hak dengan jelas serta tunai.

Pemberitahuan dikerjakan oleh Kepala Kantor Pertanahan pada pemegang hak tanggungan atau faksi lain tentang gagasan penerapan ketetapan dalam periode waktu 30 (tiga puluh) hari.

Sesudah periode waktu 30 (tiga puluh) hari selesai, Kepala Kantor Pertanahan meneruskan proses pengerjaan Perselisihan serta Perselisihan, terkecuali ada sita oleh kepolisian, kejaksaan, pengadilan serta/atau instansi penegak hukum yang lain.

Proses pengerjaan Perselisihan serta Perselisihan itu dikerjakan sesudah terdapatnya keputusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.

Bila nyatanya perselisihan tanah yang berlangsung di antara Anda serta tetangga Anda tidak terhitung perselisihan yang disebut wewenang Kementerian, penyelesaian perselisihan bisa dikerjakan lewat perantaraan.

Dalam soal perantaraan temukan persetujuan, dibikin Kesepakatan Perdamaian yang didaftarkan pada Kepaniteraan Pengadilan Negeri ditempat hingga memiliki kemampuan hukum mengikat.

Pengacara Pertanahan

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai CARA MENANGANI PERMASALAHAN TANAH DENGAN TETANGGA bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan CARA MENANGANI PERMASALAHAN TANAH DENGAN TETANGGA atau mengalami masalah :

hibah orang tua terhadap anak

jasa legalisir kemenkumham

jasa legalisir kementrian luar negeri kemenlu

jasa legalisir kedutaan besar

jasa pengurusan visa

jasa penerjemah tersumpah resmi

jasa kartu kredit untuk medical gamca

jasa lulus sensor film lsf

legalitas pt jangkar

pengurusan rptka imta kitas

perkawinan campuran wni wna

Hubungi Kami Untuk Info Dan Pemesanan

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi SH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad SH HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Customer Service Lukman Azis SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Customer Service ABDURI SH HP/Whatsapp Simpati : +6281281247293

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Kunjungi Media Sosial Kami :

Email: jangkargroups@gmail.com

Telegram : t.me/jangkargroups

Linkedin : Akhmad Fauzi Manpower

Produk Layanan PT Jangkar Global Groups :

Jasa Penerjemah Tersumpah :

  1. Penerjemah Tersumpah Arab
  2. Penerjemah Tersumpah Australia
  3. Penerjemah Tersumpah Austria
  4. Penerjemah Tersumpah Argentina
  5. Penerjemah Tersumpah Algeria
  6. Penerjemah Tersumpah Afganistan
  7. Penerjemah Tersumpah Belanda
  8. Penerjemah Tersumpah Bahrain
  9. Penerjemah Tersumpah Bulgaria
  10. Penerjemah Tersumpah Brazil
  11. Penerjemah Tersumpah Bosnia
  12. Penerjemah Tersumpah Bangladesh
  13. Penerjemah Tersumpah Belgia
  14. Penerjemah Tersumpah Colombia
  15. Penerjemah Tersumpah China
  16. Penerjemah Tersumpah Dominique
  17. Penerjemah Tersumpah English
  18. Penerjemah Tersumpah Egypth
  19. Penerjemah Tersumpah Ecuador
  20. Penerjemah Tersumpah Hungaria
  21. Penerjemah Tersumpah Italia
  22. Penerjemah Tersumpah Irlandia
  23. Penerjemah Tersumpah Irak
  24. Penerjemah Tersumpah India
  25. Penerjemah Tersumpah Iran
  26. Penerjemah Tersumpah Jepang
  27. Penerjemah Tersumpah Jerman
  28. Penerjemah Tersumpah Kuwait
  29. Penerjemah Tersumpah Kazhakstan
  30. Penerjemah Tersumpah Korea
  31. Penerjemah Tersumpah Libanon
  32. Penerjemah Tersumpah lithuania
  33. Penerjemah Tersumpah Mandarin
  34. Penerjemah Tersumpah Polandia
  35. Penerjemah Tersumpah Philipina
  36. Penerjemah Tersumpah Peru
  37. Penerjemah Tersumpah Panama
  38. Penerjemah Tersumpah Pakistan
  39. Penerjemah Tersumpah Qatar
  40. Penerjemah Tersumpah Rusia
  41. Penerjemah Tersumpah Rumania / Romania
  42. Penerjemah Tersumpah Spanyol
  43. Penerjemah Tersumpah Taiwan
  44. Penerjemah Tersumpah Turki
  45. Penerjemah Tersumpah Vietnam
  46. Penerjemah Tersumpah Zimbabwe

Biro Jasa Legalisir Dokumen :

  1. Legalisir Di Notaris
  2. Legalisir Dokumen Kemenag
  3. Legalisir Dokumen Kemenlu
  4. Legalisir Dokumen Kemenkumham
  5. Legalisir Dokumen Dikti
  6. Legalisir Di kedutaan UAE
  7. Legalisir di kedutaan Kuwait
  8. Legalisir di kedutaan Kazakhstan
  9. Legalisir di Kedutaan Australia
  10. Legalisir di Kedutaan Afrika Selatan
  11. Legalisir di Kedutaan aljazair
  12. Legalisir di kedutaan Austria
  13. Legalisir di Kedutaan Argentina
  14. Legalisir di Kedutaan Bahrain
  15. Legalisir di Kedutaan Bangladesh
  16. Legalisir di Kedutaan Brazil
  17. Legalisir di Kedutaan Bulgaria
  18. Legalisir Kedutaan Ceko
  19. Legalisir Kedutaan Canada
  20. Legalisir Kedutaan China
  21. Legalisir Kedutaan Denmark
  22. Legalisir kedutaan Ecuador
  23. Legalisir Kedutaan Hungary
  24. Legalisir Kedutaan India
  25. Legalisir Kedutaan Italia
  26. Legalisir Kedutaan Jerman
  27. Legalisir Kedutaan Jepang
  28. Legalisir Kedutaan Korea Selatan
  29. Legalisir Kedutaan Kroasia
  30. Legalisir Kedutaan Laos
  31. Legalisir Kedutaan Kamboja
  32. Legalisir Kedutaan Arab Saudi
  33. Legalisir Kedutaan Qatar
  34. Legalisir Kedutaan Brunei Darussalam
  35. Legalisir Kedutaan Belanda
  36. Legalisir kedutaan Belgia
  37. Legalisir Kedutaan Bolivia
  38. Legalisir Kedutaan Chille
  39. Legalisir Kedutaan Colombia
  40. Legalisir di Kedutaan Filipina
  41. Legalisir di Kedutaan Finlandia
  42. Legalisir di Kedutaan Iran
  43. Legalisir di Kedutaan Iraq
  44. Legalisir di Kedutaan Jordania
  45. Legalisir di Kedutaan Lebanon
  46. Legalisir di Kedutaan Maroko
  47. Legalisir di kedutaan malaysia
  48. Legalisir di Kedutaan mesir
  49. Legalisir di Kedutaan Mongolia
  50. Legalisir di Kedutaan Nigeria
  51. Legalisir di Kedutaan Oman
  52. Legalisir di Kedutaan Polandia
  53. Legalisir di Kedutaan Paraguay
  54. Legalisir di Kedutaan Peru
  55. Legalisir di Kedutaan Rumania
  56. Legalisir di Kedutaan Serbia
  57. Legalisir Kedutaan Srilanka
  58. Legalisir Kedutaan Swedia
  59. Legalisir Kedutaan Suriname
  60. Legalisir Kedutaan Tunisia
  61. Legalisir Kedutaan Turki
  62. Legalisir Kedutaan Taiwan
  63. Legalisir Kedutaan Uruguay
  64. Legalisir Kedutaan Ukraina
  65. Legalisir Kedutaan Uzbekistan
  66. Legalisir Kedutaan Venezuela
  67. Legalisir kedutaan vietnam
  68. Legalisir Kedutaan vatikan
  69. Legalisir Kedutaan Yaman
  70. Legalisir Kedutaan Zimbabwe

Biro jasa keimigrasian

PT Jangkar Global Groups juga mengurus jasa urus visa turisjasa urus visa bisnis jasa urus visa kerjajasa urus visa belajarjasa urus visa family . jasa urus visa pelautjasa urus visa transitjasa urus visa sosial budayajasa urus alih status visajasa urus kitasjasa urus kitap . jasa urus rptkajasa urus imtajasa urus telex visajasa kitas lansiajasa kitas pengajar agama . jasa urus dokumen expatriate/tenaga kerja asingjasa cabut blacklist warga negara asing , medical gamca dan jasa perpanjangan visa.

Jenis Pelayanan Jasa Urus Visa seperti :

Biro jasa visa Schengen , biro jasa visa afghanisthan , biro jasa visa algeriabiro jasa visa argentinabiro jasa visa australia . Biro jasa visa austria , biro jasa visa bangladeshbiro jasa visa belgiabiro jasa visa bosnia , biro jasa visa brazil . Biro jasa visa brunai darussalambiro jasa visa bulgariabiro jasa visa bahrainbiro jasa visa belanda . Biro jasa visa cambodiabiro jasa visa canadabiro jasa visa chilebiro jasa visa china . Biro jasa visa colombia, biro jasa visa croatiabiro jasa visa cuba .

Biro jasa visa cekobiro jasa visa costarikabiro jasa visa denmarkbiro jasa visa dominiquebiro jasa visa ecuador . Biro jasa visa eghyptbiro jasa visa finlandbiro jasa visa prancisbiro jasa visa hungaria . Biro jasa visa india, biro jasa visa iranbiro jasa visa iraqbiro jasa visa irlandia . Biro jasa visa italybiro jasa visa jepangbiro jasa visa jordaniabiro jasa visa kazaksthanbiro jasa visa korea . Biro jasa visa kuwaitbiro jasa visa libanonbiro jasa visa libyabiro jasa visa lithuania .

Biro jasa visa

Biro jasa visa malaysiabiro jasa visa malibiro jasa visa maltabiro jasa visa marshall islandbiro jasa visa mexico Biro jasa visa maroccobiro jasa visa mongoliabiro jasa visa mozambiquebiro jasa visa myanmar . Biro jasa visa neherlandbiro jasa visa new zealandbiro jasa visa nigeria . Biro jasa visa norwegiabiro jasa visa omanbiro jasa visa pakistanbiro jasa visa palestina . Biro jasa visa panamabiro jasa visa papua new guinea . biro jasa perubiro jasa visa philipinabiro jasa polandia.

Biro jasa visa portugalbiro jasa visa prancisbiro jasa visa qatarbiro jasa visa romaniabiro jasa visa rusia . biro jasa visa saudi arabiabiro jasa visa serbiabiro jasa visa singaporebiro jasa visa slovakia . Biro jasa visa somaliabiro jasa visa afrika selatanbiro jasa visa spanyol , biro jasa visa srilangka . Biro jasa visa sudanbiro jasa visa swediabiro jasa visa switzerlandbiro jasa visa syria Biro jasa visa taiwanbiro jasa visa thailandbiro jasa visa tunisiabiro jasa visa turki.

Biro jasa visa ukrainabiro jasa visa UAEbiro jasa visa UKbiro jasa visa amerikabiro jasa visa uzbekisthan . Biro jasa visa vatikanbiro jasa visa venezuelabiro jasa visa vietnam . Biro jasa visa yemeniabiro jasa visa yunanibiro jasa visa zimbabwe dan negara lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here