Mengurus Pernikahan Di Luar Negeri

Mengurus Pernikahan Di Luar Negeri

Cara Mengurus Pernikahan Di Luar Negeri

Mengurus Pernikahan Di Luar Negeri TerpercayaPernikahan merupakan momen sakral bagi setiap orang dengan harapan pernikahan tersebut bisa langgeng dan sekali seumur hidup. Karena alasan inilah banyak orang menggelar pernikahan di negara impian mereka agar momen pernikahan terasa lebih berkesan.

Namun agar pernikahan tersebut memiliki hukum yang sah dan jelas, mengetahui apa saja dan bagaimana cara mengurus pernikahan di luar negeri adalah hal yang utama. Jangan sampai sudah menikah tapi tidak di akui secara hukum apabila kembali ke Indonesia.

Cara Mengurus Pernikahan Di Luar Negeri dan Prosedurnya

Melangsungkan Mengurus Pernikahan Di Luar Negeri

Melangsungkan pernikahan di luar negeri adalah impian sebagian orang untuk membuat momen sekali seumur hidup lebih berkesan. Namun jika pernikahan tersebut asal di lakukan, momen yang justru indah dan berkesan, akan berakhir dengan ketidakjelasan akan legalitasnya dan di pertanyakan hukum sah tidaknya pernikahan tersebut. Dalam pernikahan ada akad serta hukum yang wajib di penuhi baik dari aturan agama maupun dari aturan negara.

Sebenarnya, menggelar pernikahan di luar negeri syarat atau dokumen yang di perlukan hampir sama dengan syarat atau ketentuan nikah di dalam negeri, namun ada tambahan syarat karena ini berhubungan antara dua negara jadi akan sedikit rumit dan panjang. Perbedaan atau tambahan syarat umumnya pada proses administrasi di Kedubes negara yang akan di pilih untuk menggelar pernikahan tersebut. Hal tersebut berlaku untuk semua yang akan menikah sesama WNI atau warga negara Indonesia maupun WNI dengan WNA atau warga negara asing.

Melakukan Pernikahan Di Luar Negeri, tidak perlu Capek

Cara Mengurus Pernikahan di Luar Negeri dan Prosedurnya

Bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahannya di luar negeri, beberapa persyaratan dan ketentuan harus di penuhi agar pernikahan bisa berjalan lancar, terutama bagi calon pasangan menikah yang sama-sama WNI atau warga negara Indonesia, apa saja syarat dan bagaimana cara mengurus pernikahan di luar negeri, simak ulasan berikut ini

Menyiapkan Dokumen Pernikahan Di Luar Negeri

Ada beberapa persyaratan dokumen yang wajib dilengkapi antara lain:

  • Asuransi SunLife
  • Visa dan paspor yang masih berlaku
  • Fotocopy identitas diri seperti KK dan KTP
  • Akta lahir yang sudah diterjemahkan ke bahasa negara yang akan dijadikan tempat menikah
  • SKCK atau surat keterangan catatan kepolisian
  • Surat pernyataan belum pernah menikah
  • Surat izin orang tua atau bisa dari walinya
  • Surat pengantar dari kepala desa yaitu ada N1 yang merupakan surat akan menikah, kemudian N2 yang merupakan surat asal usuk dan surat N4 keterangan dari orang tua.
  • Surat pengantar RT atau RW yang sesuai dengan KTP
  • Surat keterangan menyatakan bahwa dia belum menikah yang sudah di bubuhi materai 6.000 serta fotocopy akta cerai untuk yang berstatus duda atau janda
  • Fotocopy KTP orang tua
  • Foto berukuran 4×6, 2×3, dan foto ukuran 3×4 masing-masing sebanyak 3 lembar dengan background foto berwarna biru ke KUA kecamatan (bagi kedua calon mempelai yang beragama Islam)

Cara Mengurus Pernikahan di Luar Negeri dan Prosedurnya

Pendaftaran

Setelah menyiapkan beberapa dokumen di atas secara benar dan lengkap, Anda harus mendaftarkan pernikahan tersebut. Namun sebelum melangsungkan pernikahan di luar negeri, Anda harus memperoleh surat keterangan untuk numpang nikah dahulu dengan mendatangi kantor kelurahan. Setelah itu, untuk yang beragama Islam proses pendaftaran tersebut harus dilanjutkan ke kantor KUA tempat Anda tinggal. Sementara untuk yang non muslim, syarat dan dokumen yang sudah disiapkan dibawa ke Kantor Dukcapil untuk selanjutnya akan diproses sesuai dengan prosedurnya.

Kedutaan Besar

Jika pendaftaran sudah selesai, untuk proses selanjutnya Anda bisa datang ke Kedubes negara yang akan menjadi tempat melangsungkan pernikahan tersebut. Jangan lupa membawa berkas atau dokumen yang diperlukan dari kantor KUA atau Dukcapil. Karena semua persyaratan dokumen yang menjadi persyaratan pernikahan di negara tujuan harus dialihbahasakan.

apa itu Daftar Surat Bukti Perkawinan

Hal ini bertujuan agar pasangan yang akan menikah bisa memperoleh izin dari Kedubes untuk melangsungkan pernikahan di negara tersebut. Setelah izin menikah sudah diterbitkan, Kedubes akan segera memproses ke instansi pernikahan negara yang dipilih. Pastikan anda melaporkan diri kepada perwakilan Indonesia di tempat anda akan menggelar pesta pernikahan tersbeut.

Pencatatan

Selanjutnya anda harus melakukan pencatatan pernikahan jika sudah resmi menikah di instansi berwenang di mana anda melangsungkan pernikahan tersebut. Apabila negara yang dijadikan tempat pernikahan tersebut tidak mempunyai lembaga yang berwenang untuk pencatatan perkawinan, anda bisa melakukan pencatatan di perwakilan Indonesia di negara tersebut.

Seperti UU Adminduk Nomor 12 THN 2006 pasal 37 pada ayat 1 yang menjelaskan bahwa pasangan warga negara Indonesia yang melangsungkan pernikahan di luar negeri harus mencatatkan peristiwa pernikahan mereka ke instansi yang berwenang di negara yang menjadi tempat pernikahan tersebut berlangsung.

Daftar Surat Bukti Perkawinan

Setelah anda mendaftarkan peristiwa pernikahan ke instansi yang berwenang, anda akan mendapat sertifikat perkawinan. Sertifikat perkawinan ini harus di daftarkan ke instansi berwenang jika anda sudah kembali ke Indonesia sebagai bukti perkawinan. Hal ini juga sudah diatur UU perkawinan yang bertujuan agar semua pernikahan yang dilangsungkan di luar negeri sah serta di akui hukum di Indonesia.

Biro Jasa Pengurusan Dokumen Teraman

Aturan tersebut juga tertuang pada pasal 37 ayat empat UU Adminduk. Anda harus segera melaporkan catatan pernikahan di instansi pelaksana tempat anda tinggal paling lama 30 hari sejak anda kembali ke Indonesia. Lalu apa saja dokumen atau syarat yang harus di perlukan untuk membuat laporan ke instansi pelaksana agar mendapat bukti sah pernikahan berikut adalah berkas-berkas yang harus di bawa:

  • Akta pernikahan atau marriage certificate yang di peroleh dari negara yang menjadi tujuan tempat menikah. Akta ini harus sudah di terjemahkan ke bahasa Indonesia dan sudah disuper legalisasi perwakilan Indonesia di negara tersebut
  • Surat menikah yang di peroleh dari KBRI Negera tujuan
  • Fotocopy akta kelahiran dari suami istri, KTP, dan KTP serta paspor suami
  • Pas pto berukuran 4 x 6 dengan background warna merah sebanyak 3 lembar, pas photo ini berupa foto berdua atau foto suami istri berdampingan

Biro Jasa Melangsungkan Mengurus Pernikahan Di Luar Negeri Teraman

Setelah mengetahui apa saja syarat atau dokumen yang di perlukan dan bagaimana cara mengurus pernikahan di luar negeri. Sebaiknya lakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum tanggal pernikahan. Mempersiapkan semuan persyaratan dari jauh-jauh hari sebelum tanggal pernikahan akan menghindarkan dari hal yang tidak di inginkan, misalnya dokumen atau persyaratan belum lengkap tapi tanggal pernikahan sudah dekat. Nah untuk Anda yang tidak ingin repot dalam pengurusan dokumen pernikahan di luar negeri bisa menggunakan biro jasa yang sudah terpercaya dan aman. Salah satunya biro jasa kami PT Jangkar Global Group yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun.

cara mengurus pernikahan di luar negeri

Anda akan di dampingi ahli profesional sehingga semua syarat dan prosedur pernikahan di luar negeri bisa cepat di proses. Selain itu, kami juga selalu mengedepankan kepuasan klien dengan memberikan garansi apabila dokumen atau persyaratan yang sudah di tentukan tidak sesuai dengan kesepakatan maka uang akan di kembalikan. Tak hanya itu, kami juga merupakan perusahaan dengan alamat kantor jelas jadi jangan khawatir tertipu ya.

Pernikahan adalah momen atau peristiwa sekali seumur hidup. Di manapun Anda menggelar pernikahan tersebut, pastikan untuk mempersiapkan semuanya secara matang dan detail. Bukan hanya syarat dan bagaimana cara mengurus pernikahan di luar negeri saja yang harus di perhatikan, namun ada hal-hal yang perlu untuk dipertimbangkan misalnya tempat untuk Anda menginap bersama keluarga pastikan semuanya aman ya.

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah:

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

 

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan Mengurus Pernikahan Di Luar Negeri anda kepada kami karena :

  • Pertama Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  • Kedua Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  • Ketiga Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  • Selanjutnya Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  • Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  • Kemudian Bisa di hubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  • Selanjutnya Update informasi perkembangan order
  • Kemudian Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  • Selain itu Proses cepat dan akurat dan jamin keasliannya.
  • Di sisi lain Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  • Terakhir Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Apa Saja Cara Mengurus Pernikahan Di Luar Negeri ?

Cara kirim dokumen persyaratan Cara Mengurus Pernikahan Di Luar Negeri bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Pertama Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Kedua Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan karena pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan kembali apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : Jangkargroups@gmail.com

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Translate ¬Ľ