Cara Pengajuan V-legal – Jangkar Global Groups
Ekspor  

Cara Pengajuan V-legal

Cara Pengajuan V-legal

Cara Pengajuan V-legal

 

Pahami Cara Pengajuan V-legal Sebelum Mengekspor Kayu

Pernahkah Anda mendengar istilah v-legal? V-legal mungkin terdengar asing bagi kebanyakan orang, namun bagi mereka yang bekerja di industri impor dan ekspor, istilah tersebut sangat familiar. Apa itu v-legal, dan bagaimana cara pengajuan v-legal, apakah sulit? Dalam dunia industri ekspor impor, v-legal adalah dokumen yang wajib dimiliki sebagai syarat untuk mengekspor barang. Dokumen ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk ekspor produk kayu. Untuk penjelasan lebih detail, simak ulasan kami berikut ini.

 

Pengertian V-legal

Kayu adalah salah satu komoditas peyumbang devisa terbesar negara Indonesia sebagai salah satu produk yang diekspor. Sebagai penyumbang devisa terbesar Indonesia, ditambah luasnya lahan dan hutan produksi kayu, maka diperlukan regulasi untuk menjamin legalitas, kualitas hingga keberlangsungan produksi kayu dalam jangka panjang. Untuk membuktikan legalitas serta kualitas kayu yang akan diekspor tersebut, dibutuhkan sertifikat atau dokumen v-legal.

 

Pengertian V-legal

 

V-legal merupakan salah satu dokumen sebagai syarat untuk ekspor kayu yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha terkait. Aturan persyaratan v-legal sebenarnya sempat berubah sampai pada akhirnya tahun 2020, pihak pemerintah kembali mewajibkan v-legal sebagai syarat ekspor produk kayu. Lalu apa sebenarnya pengertian v-legal dan bagaimana cara pengajuan v-legal dan prosedurnya?

 

V-legal juga bisa diartikan dokumen perizinan yang dibutuhkan dalam bisnis ekspor produksi kayu. Dokumen ini biasanya dikhususkan dengan produk ekspor kategori 48-HS Code. Diantara produk yang termasuk dalam kode tersebut diantaranya adalah kertas dari kategori apapun yang dibuat menggunakan bahan kayu. Maka dari itu v-legal diperlukan untuk syarat ekspor untuk segala jenis olahan kayu maupun produk kayu itu sendiri. Adapun pihak yang melaksanakan proses verifikasi dokumen v-legal ini yaitu LVLK atau lembaga verifikasi legalitas kayu. Simak langkah dan cara pengajuan v-legal di bawah ini.

 

Pahami Cara Pengajuan V-legal Sebelum Mengekspor Kayu

 

Syarat dan Cara Pengajuan V-legal

Untuk mendapatkan sertifikat legalitas kayu yang berupa dokumen v-legal, ada tiga langkah yang harus dilalui oleh pihak pengekspor yaitu persiapan, kemudian verifikasi dan langkah terakhir penyusunan laporan. Untuk penjelasan lengkapnya, simak ulasan terkait langkah pengajuan v-legal di bawah ini

 

  • Persiapan

Langkah pertama untuk mendapatkan dokumen v-legal adalah mengajukan permohonan verifikasi ke lembaga berwenang dengan beberapa dokumen lengkapnya seperti Profil pelaku usaha, Bukti izin usaha terkait atau bisa izin penggunaan lahan yang disahkan kementerian LHK serta penjelasan mengenai verifikasi apa yang diperlukan atau yang harus dilaksanakan.

 

Begitu pengajuan tersebut diterima, pihak penilai akan menyiapkan beberapa hal diantaranya auditor yang bertugas untuk verifikasi data, kemudian persiapan dokumen kerja yang disiapkan pihak auditor, penyusunan jadwalnya serta rencana kegiatan verifikasi sesuai dengan yang diminta pemohon. Catatan penting untuk pemilik usaha sebelum mengajukan permohonan ke lembaga terkait, sebaiknya melakukan proses audit internal sehingga proses verifikasi pengajuan v-legal bisa cepat selesai dan lancar.

 

  • Tahap Verifikasi

Setelah tahap persiapan selesai, tahap selanjutnya adalah tahap verifikasi dokumen untuk memeriksa keabsahan dokumen tersebut. Dokumen diverifikasi selanjutnya akan ada observasi lapangan yang bertujuan untuk membandingkan kondisi riil yang ada di lapangan dengan indikator yang sudah ditentukan sebelumnya.

 

Pada akhir tahap verifikasi, akan ada informasi terkait penilaian yang sudah dilakukan sebelumnya oleh pihak verifikator. Jika ditemukan ada hal yang tidak sesuai dengan indikator, maka pihak eksportir akan mendapat kesempatan untuk menjelaskan hasil temuan tersebut.

 

Syarat dan Cara Pengajuan V-legal

 

  • Tahap Penyusunan Laporan

Langkah atau cara pengajuan v-legal tahap terakhir adalah adalah penyusunan laporan yang akan dilakukan tim verifikasi mengenai laporan yang berdasarkan data temuan di lapangan. Adapun batas maksimal penyelesaian ini dua Minggu sesudah pertemuan akhir dengan manajemen perusahaan atau pemohon.

 

Dokumen laporan bisa berbentuk digital atau fisik sesuai standar.  Laporan tersebut juga menjadi dasar keputusan dari lembaga verifikator untuk memberikan v-legal pada pemohon. Jika semua penilaian sesuai norma dan standar, maka v-legal akan diberikan, sebaliknya sertifikat tidak akan diberikan apabila hasil dari temuan tidak sesuai standar.

 

Untuk mengajukan permohonan sertifikat legalitas kayu, lengkapi dokumen syarat di bawah ini:

  • Akta pendirian usaha
  • SIUP atau surat izin usaha perdagangan
  • NPWP
  • TDP atau tanda daftar perusahaan
  • IUI, RPBBI, SKat serta dokumen penting yang terkait lainnya.

 

Jenis Kayu Yang Harus Menggunakan Dokumen V-legal

Secara umum, seperti yang sudah dirincikan pada Peraturan Menteri Perdagangan Indonesia No 19 THN 2021 terkait kebijakan serta pengaturan ekspor, adapun batasan produk kayu yang akan diekspor harus dilengkapi dokumen v-legal yaitu kayu yang termasuk bagian batang pohon, baik kayu yang memiliki kambium atau tidak seperti bambu, kayu sawit dan kayu kelapa.

 

Diantara jenis kayu beserta olahannya yang harus menggunakan v-legal yaitu kertas karton, koran, wallpaper, pulp, kertas tisu dan jenis kertas lain yang terbuat dari kayu. Baik produk yang berupa gulungan atau yang berupa lembaran. Selain itu jenis kayu yang diwajibkan menggunakan dokumen v-legal adalah kayu bakar, kayu berbentuk log, ranting, billet, ikatan cabang dan semacam itu seperti kayu yang berbentuk kepingan atau pecahan kayu misalnya sisa skrap kayu, serbuk gergaji, diaglomerasi atau yang tidak berbentuk log, pelet dan briket.

 

Jenis Kayu Yang Harus Menggunakan Dokumen V-legal

 

Adapun kayu simpai misalnya piles, tonggak dari kayu, tiang pancang, kayu runcing namun tidak digergaji bentuk memanjang, tongkat dari kayu, yang dipotong secara kasar namun tidak di bubut, dibengkokkan, cocok untuk dijadikan tongkat jalan, payung ataupun gagang perkakas dan semua jenis kayu maupun kayu yang sudah diolah menjadi berbagai macam produk.

 

Dalam hal ini pelaku eksportir harus sudah memenuhi standar yang berlaku berdasarkan sistem legalitas produk kayu serta memperoleh SLK atau sertifikat legalitas kayu. Ditetapkannya v-legal sebagai salah satu syarat dokumen yang harus dipenuhi diantaranya untuk mengurangi serta memerangi segala bentuk penebangan liar juga perdagangan kayu ilegal. V-legal ini juga yang menjadi bukti bahwa kayu yang diekspor ke luar negeri seperti Eropa, Amerika atau Jepang dan negara lainnya adalah kayu legal.

 

Biro Jasa Pembuatan V-legal

Untuk Anda yang belum berpengalaman mengurus pembuatan v-legal bisa menghubungi kami. Kami adalah perusahaan yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun menangani permasalahan terkait dokumen penting termasuk dokumen v-legal untuk bukti legalitas dan kualitas produk ekspor seperti kayu. Ketatnya standar dan proses verifikasi untuk memperoleh v-legal menuntut perusahaan ekspor kayu perlu menyiapkan semua persyaratan sebelum verifikasi dimulai. Oleh sebab itu, Anda perlu pendampingan oleh tenaga ahli profesional untuk pengurusan dokumen ini. PT Jangkar Global Group akan membantu Anda menyelesaikan pembuatan sertifikat v-legal tepat waktu.

 

Biro Jasa Pembuatan V-legal

 

Sebagai seorang pengusaha ekspor kayu, memiliki v-legal menjadi kewajiban untuk membantu kelancaran bisnis tersebut. Lalu memahami bagaimana alur atau cara pengajuan v-legal untuk Anda yang belum memiliki sertifikat tersebut adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Semoga pembahasan mengenai bagaimana dan syarat apa saja untuk pengajuan v-legal bermanfaat untuk Anda semua.

 

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  • Pertama Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  • Kedua Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  • Ketiga Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  • Selanjutnya Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  • Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  • Kemudian Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  • Selanjutnya Update informasi perkembangan order
  • Kemudian Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  • Selain itu Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  • Di sisi lain Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  • Terakhir Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

 

Apa Saja Persyaratan Pabrik Wood shaving block ?

Cara kirim dokumen persyaratan Pabrik Wood shaving block bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

 

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Pertama Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Kedua Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

 

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  • Pertama Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  • Kedua Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  • Ketiga Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  • Selanjutnya Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  • Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  • Kemudian Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  • Selanjutnya Update informasi perkembangan order
  • Kemudian Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  • Selain itu Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  • Di sisi lain Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  • Terakhir Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

 

Apa Saja Persyaratan Cara Pengajuan V-legal ?

Cara kirim dokumen persyaratan Cara Pengajuan V-legal bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

 

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Pertama Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Kedua Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

 

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : Jangkargroups@gmail.com

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »