CARA URUS DOMISILI PERUSAHAAN – Jangkar Global Groups

CARA URUS DOMISILI PERUSAHAAN

MENGURUS DOMISILI PERUSAHAAN

DOMISILI PERUSAAHAAN ITU APA ?

Cara urus domisili perusahaan – Dalam pendirian sebuah perusahaan baru, di beberapa daerah masih menteapkan adannya surat keterangan domsili perusahaan yang menjelaskan tentang status dari perusahaan yang akan didirikan, termasuk di dalamnya lokasi perusahaan berada, operasional perusahaan, dan lain-lain.

 
Sehingga setiap perusahaan yang berada dalam suatu wilayah harus mengurus domisili perusahaan tempatnya berada dalam artian harus memiliki SKDP.  

Informasi dalam SKDP



SKDP ini berisi tentang informasi alamat resmi perusahaan Anda serta informasi yang menjelaskan domisili sah perusahaan Anda.

Lalu apa yang anda butuhkan saat mengurus domisili perusahaan. Sangat simple ko’. Hampir sama dengan saat Anda mengurus tempat domisili harus anda buktikan dengan KTP atau Kartu Tanda Penduduk, maka mengurus domisili perusahaan juga harus melampirkan SKDP dari si pemilik tempat.


MENGURUS DOMISILI PERUSAHAAN

ATURAN DOMISILI PERUSAHAAN


Sama seperti orang perorangan yang memiliki tempat tinggal atau domisili yang anda buktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), perusahaan juga demikian, yakni memiliki tempat tetap dalam menjalankan usaha yang dapat anda buktikan dengan SKDP.

Memiliki tempat tetap perusahaan yang anda buktikan dengan akta pendirian. Sedangkan SKDP fungsinya sebagai legalitas perusahaan ini beroperasi.

 

NIB dalam cara urus domisili perusahaan



Meski demikian, jika Anda bertempat tinggal di DKI Jakarta saat ini untuk mengurus domisili perusahaan tidak lagi menggunakan SKDP, tetapi sejak 2019 sudah anda ganti menjadi Nomor Induk Berusaha (NIB).

Tidak hanya itu, aturan terbaru khusus Anda yang berada di kota Jakarta, SKDP tidak berlaku karena anda anggap memperlambat proses berkembanya suatu bisnis.  

 

Memiliki tempat tetap perusahaan sesuai domisili


YANG MENGELUARKAN DOMISILI PERUSAHAAN


Jika Anda berniat mengurus domisili perusahaan, Anda harus tahu lokasi pengurusan SKDP.  
Yah, SKDP diambil di kantor kelurahan sekitar lokasi perusahaan Anda berdiri. Sehingga sudah pasti anda tandatangani lurah dan camat. Tetapi, jika lokasi perusahaan Anda di desa, tentu di tandatangani kepala desa dan anda ketahui camat.  


Cara urus domisili perusahaan   


Untuk pembuatan SKDP di kelurahan atau di kantor desa, maka ada beberapa dokumen yang harus anda persiapkan sebagai syarat mengurus domisili perusahaan.  

Meski sebenarnya ada perbedaan syarat dokumen di setiap daerah, tergantung kebijakan pemerintah setempat. Sehingga Anda bisa menanyakan langsung ke kantor lurah terlebih dahulu mengenai apa saja dokumen yang perlu anda siapkan.  

 

SYARAT PEMBUATAN SKDP DOMISILI PERUSAHAAN


 
JIKA GEDUNG PERUSAHAAN MILIK SENDIRI  


Berikut ini syarat mengurus SKDP jika Anda memiliki perusahaan yang statusnya memiliki gedung atau ruko milik sendiri.  

1. Pertama Membuat surat permohonan untuk pembuatan SKDP. Di dalam surat itu sudah di tandatangani direktur perusahaan.  

2. Dalam surat juga berisi data dan info perusahaan Anda seperti bidang usaha yang Anda geluti, termasuk berapa jumlah karyawan Anda.  

3. Membuat surat pernyataan dengan materai bahwa perusahaan Anda sah dengan melampirkan dokumen keabsahannya.   Lengkap dengan tanda tangan direktur perusahaan atau yang di tunjuk sebagai penanggung jawab perusahaan.  

4. Sertakan akta notaris pendirian perusahaan Anda (asli dan copyan)  

5. Identitas pemilik perusahaan atau direktur atau penanggung jawabnya dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)    Tetapi jika yang mengurus perusahaan berkebangsaan asing, bisa menyertakan Kartu izin tinggal sementara atau pakai paspor.  

 

JIKA GEDUNG PERUSAHAAN MILIK SENDIRI  

Syarat lain 


6. Selain KTP, lampirkan juga KK dan NPWP sang direktur atau penanggung jawab perusahaan.   
Lampirkan bukti kepemilikan tanah, slip pembayaran PBB, termasuk IMB kantor bukan rumah tempat tinggal.  

7. Jika tanpa IMB, lampirkan saja surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani RT hingga lurah setempat.  

8.Jika termasuk badan usaha sertakan tanda daftar BPJS ketenagakerjaan.  

9. Persyaratan lain seperti retribusi, pajak, surat izin tempat usaha, surat izin dari tetangga terutama jika Anda berada di area padat penduduk.  

10. Jika Anda meyerahkan surat pengurusan kepada orang lain jangan lupa sertakan surat kuasa.  

Oleh karena itu, Tidak ingin repot dan tidak ada waktu untuk mengurus SKDP perusahaan Anda. Namun, serahkan pengurusan domisili perusahaan Anda kepada Jangkar Global Groups. Anda tinggal terima beres saja.  

 

syarat mengurus SKDP



JIKA GEDUNG PERUSAHAAN SEWA ATAU KONTRAK  


Jika Anda ingin mengurus domisili perusahaan tetapi kantor atau gedung perusahaan Anda hanya sewa atau kontrak saja, maka ada beberapa perbedaan pengajuan untuk mendapatkan SKDP dengan mereka yang memiliki kantor perusahaan milik sendiri.

 

Sejumlah persyaratan harus Anda penuhi antara lain sebagai berikut:
 


Sesuai dengan poin pengajuan SKDP jika kantor atau perusahaan Anda milik sendiri yang telah disebutkan sebelumnya, tetap harus dipenuhi dengan menambahkan sejumlah dokumen antara lain:  

Melampirkan surat keterangan pengelola gedung yang Anda sewa. Terutama jika letak kantor Anda di kompleks perkantoran. Lampirkan persuratan seperti IMB, surat pajak, sertifikat dari gedung yang Anda sewa.  

Badan usaha dalam cara urus domisili perusahaan


Namun demikian, jika Anda berkantor di wilayah DKI Jakarta maka ada sejumlah peraturan yang Anda harus tepati. Sesuai dengan perda nomor 1 tahun 2014 mengenai tata ruang, dijelaskan bahwa badan usaha wajib berlokasi atau berdomisili di zona yang telah ditentukan.

Yakni di zonasi yang peruntukannya untyk perkantoran. Sebab jika berada di luar zonasi yang telah ditetapkan pemerintah, maka SKDP yang Anda minta tidak akan diterbitkan.  

 

JIKA GEDUNG PERUSAHAAN SEWA ATAU KONTRAK UNTUK DOMISILI PERUSAHAAN

 

PENGURUSAN DOMISILI PERUSAHAAN

 
Pastikan bahwa semua yang dipersyaratkan untuk mendapatkan SKDP sudah Anda penuhi maka langkah selanjutnya adalah menjalani setiap tahapan pengurusan SKDP di kelurahan atau di kantor desa.  



Berikut ini tahap-tahap yang harus Anda lalui dalam pengurusan SKDP sebelum akhirnya sah untuk digunakan.  



Ambil Surat pengantar untuk mebuat SKDP dari RT/RW setempatDatang ke Kantor Kelurahan terdekat  Jika Anda sudah mengambil surat pengantar untuk membuat SKDP dari RT atau RW Anda dan sudah ditandatangani, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan semua berkas persayaratn untuk ke kantor lurah atau desa.  

Tahapan dalam cara urus domisili perusahaan


Biasanya Anda akan diminta mengissi formulir permohonan domisili perusahaan yang ditujukan kepada Kepala Satuan Pelaksana Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kelurahan dan serahkan semua dokumen persyaratan yang diminta untuk selanjutnya ditandatangani lurah dan camat.  

Proses Penerbitan SKDP   Setelah semua berkas lengkap maka Anda akan diminta menunggu hingga beberapa hari. Biasanya tiga sampai delapan hari adalah waktu menunggu penerbitan SKDP.

 

TAHAP-TAHAP PENGURUSAN DOMISILI SKDP



TUJUAN SURAT KETERANGAN DOMISILI PERUSAHAAN  


Oleh karena itu, Apa sih tujuan mengurus domisili perusahaan? Ternyata ada banyak manfaatnya loh, terutama jika Anda baru saja mendirikan perusahaan.

Pasalnya SKDP ini sangat dibutuhkan untuk mengurus berbagai surat-surat lainnya serta menjadi keabsahan domisili gedung atau kantor Anda.  

Biasanya SKDP dibutuhkan saat mengurus persuratan antara lain:

 

TUJUAN SURAT KETERANGAN DOMISILI PERUSAHAAN  

Surat izin usaha perdagangan


Surat Izin Usaha Perdagangan, Tanda Daftar Perusahaan, dan NPWP Badan usaha.   Mengenai aturan pembuatan SKDP ini perlu diketahui bahwa ada perbedaan di setiap daerah tergantung isi peraturan daerah atau perda di setiap daerah.  

Sehingga bisa saja informasi yang kami sampaikan berbeda dengan yang ada di kelurahan tempat Anda tinggal.  

Tidak ada salahnya Anda berkunjung langsung ke kantor kelurahan atau desa di sekitar Anda dan menanyakan langsung persayaratan atau dokumen apa saja yang perlu Anda persiapkan.    

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

 

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

 

Apa saja cara urus domisili perusahaan ?

Cara kirim dokumen cara urus domisili perusahaan bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

 

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan karena pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan kami kembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

 

 

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups cara urus domisili perusahaan:

YUK KONSULTASIKAN DULU KE KAMI KEBUTUHAN ANDA

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

 

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

 

 

Email : Jangkargroups@gmail.com

Telp kantor : +622122008353

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »