E-layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

E-layanan Penyetaraan Ijazah Luar NegeriPenyetaraan IjazahE-layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dan Prosedur Pengajuannya

Bagi para peserta didik yang bersekolah di luar negeri dan ingin menyetarakan ijazahnya bisa dengan mudah menggunakan aplikasi e-layanan. E-layanan penyetaraan ijazah luar negeri yang diciptakan oleh Dirjen Dikdasmen atau Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah ini bisa memudahkan para peserta didik yang ingin menyertakan ijazah sehingga dapat menempuh pendidikan dengan sistem kurikulum nasional di Indonesia.

E-layanan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dan Prosedur Pengajuannya

Apa Itu Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Penyetaraan ijazah adalah proses penilaian atau penyesuaian bagi peserta didik yang mengikuti pendidikan internasional agar bisa mengikuti sistem pendidikan nasional yang ada di Indonesia. Lebih singkatnya menyetarakan ijazah dari luar negeri agar setara dengan ijazah di Indonesia.

Penyetaraan ijazah ini bertujuan untuk pengajuan kualifikasi ijazah dari luar negeri agar setara dengan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Karena ada perbedaan antara sistem pendidikan di luar negeri atau sistem kurikulum asing dengan sistem pendidikan yang dipakai di Indonesia.

E-layanan Penyetaraan Ijazah SILN

Namun untuk peserta didik yang berasal dari SILN atau Sekolah Indonesia Luar Negeri tidak harus mengajukan untuk penyetaraan ijazah, karena sistem yang dipakai di SILN tersebut sama juga dengan yang diterapkan sekolah di Indonesia.

Dengan adanya aplikasi online yang diciptakan oleh Dikdasmen ini sangat membantu dan memudahkan para peserta didik yang ingin menyetarakan ijazah dari luar negeri. Melalui e-layanan penyetaraan ijazah luar negeri peserta didik bisa melakukan dimana saja tanpa ribet. Apa saja syarat untuk penyetaraan ijazah yang harus dilengkapi, simak ulasan di bawah ini.

  ALUMNI MTSN CIREBON I

Apa Itu Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Syarat dan Prosedur Penyetaraan Ijazah

Layanan penyetaraan ijazah bisa dilakukan melalui e layanan Dikdasmen Kemendikbud dengan melengkapi atau melakukan prosedur di bawah ini:

1. Anda bisa membuka laman layanan di website dikdasmen kemendikbud.go.id

2. Kemudian pilih layanan untuk perizinan siswa

3. Setelah itu Anda harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu dengan cara:

  • Klik pada menu pendaftaran
  • Lalu masukkan email yang aktif dan password untuk membuat akun e-layanan
  • Lalu verifikasi email yang didaftarkan
  • Setelah itu klik login di email yang sudah dikirimkan lalu melanjutkan ke sistem aplikasi tersebut.
  • Login dengan menggunakan email serta password yang sudah didaftarkan.

4. Setelah membuat akun e-layanan seperti di atas, klik “tambah data” untuk ajukan penyetaraan Ijazah lalu isi data seperti berikut:

  • Biodata peserta didik
  • Isi form daftar riwayat pendidikan
  • Lalu isi nilai setiap mata pelajaran
  • Setelah itu unggah berkas pendukung lain dalam bentuk jpeg, jpg dan ppdf. Lalu isi data persyaratan peserta didik dengan:
    • Pas photo berukuran 4 x 6 berwarna
    • Paspor
    • Surat keterangan perwakilan RI di Negera asal atau dari sekolah asal untuk WNA yang menempuh pendidikan sekolah asing yang ada di Indonesia.
    • Surat izin pelajar khusus bagi WNA, surat izin belajar ini juga bisa dibuat melalui e-layanan Dikdasmen Kemendik.
    • Ijazah atau sertifikat atau surat diploma
    • Transkip nilai
    • Struktur sistem kurikulum sekolah asal
    • Akta lahir
    • Rapot 3 tahun terakhir yang sesuai dengan tingkat yang akan disetarakan
    • Rapot kelas 9 bisa juga ijazah SMP khusus untuk tingkat SMA.

5. Apabila syarat pengajuan penyetaraan sudah sesuai dan lengkap, klik konfirmasi pada pengajuan penyertaan ijazah

  Jasa Akta Kematian Terpercaya

6. Cetak bukti untuk pendaftaran permohonan.

Proses tersebut sudah selesai, lalu data akan diinput dan diproses maksimal selama lima hari kerja setelah semua dokumen lengkap. Untuk lamanya proses verifikasi sendiri bisa cepat atau ditunda tergantung pada kelengkapan proses dokumen yang sudah diajukan. Jika dokumen sudah lengkap anda akan mendapat notifikasi dari email bahwa proses pengajuan sudah selesai diinput oleh e-layanan penyertaan ijazah luar negeri tersebut.

7. Lalu unduh surat keterangan dengan menekan tombol download SK.

Apabila data yang diajukan di atas kurang sesuai, anda akan mendapat pemberitahuan melalui email untuk edit data. Edit data bisa dilakukan sesuai dengan catatan yang diberikan petugas atau sekretariat verifikasi Kemendikbud. Misalnya data pada bagian nama tidak sesuai dengan akta kelahiran, maka anda hanya perlu mengedit pada kolom nama saja. Lalu jika semua data yang kurang sesuai sudah diperbaiki maka tinggal klik tombol perbaiki.

Status E-layanan Penyetaraan Ijazah

Lalu status pengajuan bisa dilihat di tombol “status” yang berwarna hijau di tabel penyajian data kolom opsi. Selain itu anda juga dapat mengganti bahasa di aplikasi e-layanan melalui menu “ganti bahasa”, bahkan anda juga bisa ganti password yang sebelumnya sudah dibuat dengan kata sandi yang baru.

Syarat dan Prosedur Penyetaraan Ijazah

Keuntungan Penyetaraan Ijazah Melalui Aplikasi E-layanan

Aplikasi e-layanan ini sudah diciptakan oleh Dikdasmen Kemendikbud sejak tahun 2010. Sebelum ada aplikasi ini, untuk pelajar atau mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar negeri harus menyetarakan ijazah mereka dengan datang langsung ke Kemendikbud. Namun tidak semua lulusan sekolah atau universitas luar negeri membutuhkan penyetaraan ijazah. Hanya mereka saja yang membutuhkan untuk keperluan pekerjaan atau lanjut ke tingkat pendidikan selanjutnya yang menyetarakan ijazah mereka.

  Pelatihan Satpam Gada Pratama

Keuntungan menggunakan e-layanan ini selain mempercepat proses,  e-layanan Penyetaraan ijazah luar negeri juga dinilai lebih praktis karena anda  tidak harus datang langsung ke kantor Kemdikbud. Sebelum mengurus hak tersebut ada beberapa tips dari kami yang perlu anda diperhatikan, seperti;

  • Pahami Alurnya

Tips pertama untuk mengurus penyetaraan ijazah online adalah dengan memahami alur atau proses pengajuan syarat-syaratnya.

  • Melakukan registrasi

Setelah memahami alur atau proses pengajuan, anda juga harus melakukan registrasi pada menu yang sudah tersedia di laman e-layanan

  • Lengkapi Persyaratan

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan seperti dokumen ijazah, raport, paspor, dan dokumen lain yang dibutuhkan secara lengkap dan benar.

Di atas tadi sudah kami bahas beberapa hal terkait penyetaraan ijazah luar negeri melalui e-layanan penyetaraan ijazah luar negeri. Terlihat mudah dan tidak ribet bukan, karena mulai dari proses pendaftaran sampai selesai anda hanya perlu menggunggah syarat yang sudah disiapkan.

Keuntungan Penyetaraan Ijazah Melalui Aplikasi E-layanan

Jasa Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Namun jika anda ingin lebih praktis dan cepat, bisa menggunakan jasa layanan PT Jangkar Global Group untuk menyetarakan ijazah luar negeri anda. Keuntungan apa saja yang kami tawarkan?

  • Proses cepat dan tepat
  • Biaya terjangkau
  • Didampingi tenaga ahli profesional
  • Garansi uang kembali apabila dokumen yang kami urus tidak anda terima dengan baik
  • Tidak ada sistem DP, sehingga minum terkena penipuan
  • Terhindar dari surat palsu

Kami adalah salah satu perusahaan yang menangani berbagai permasalahan seperti pembuatan dokumen, akta kelahiran, akta perceraian, visa kunjungan atau visa jenis lain dan permasalahan lainnya.

Jasa Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Dari penjelasan di atas, menggunakan e-layanan penyetaraan ijazah luar negeri tidaklah sulit selama dokumen atau syarat yang diperlukan lengkap dan benar. Hasil penyetaraan ijazah akan semakin cepat selesai jika dokumen atau syarat yang diunggah pada laman e-kayanan sudah sesuai dengan ketentuan Kemendikbud. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ya.

Adi