Beranda Hukum Efek negatif narkoba terhadap bayi dalam kandungan

Efek negatif narkoba terhadap bayi dalam kandungan

Efek negatif narkoba terhadap bayi dalam kandungan

Efek Narkoba terhadap bayi, manusia sebagai mahkluk sosial cenderung untuk berkumpul dan melakukan kegiatan secara bersama-sama.  Mereka akan mencari hal-hal yang  sama atau yang mempunyai hobby sama. Begitupun dengan kehidupan manusia itu sendiri, hal yang natural bahwa di ciptakan manusia salah satu tujuannya untuk hidup secara berpasangan, berkeluarga, mempunyai anak dan mempunyai cucu nantinya.

Dikala seorang pria sudah menemukan wanita idamannya, akan melanjutkan ke proses yang lebih tinggi lagi yaitu akan menikah. Melakukan secara sah menurut agama dan hukum Negara.  Tahapan berikutnya setelah melalui proses pernikahan, pihak wanita akan mengalami proses mengandung bayi di dalam perutnya dan ini merupakan cikal bakal keluarga baru atau menanti proses lahirnya sang anak.

Proses bayi dalam kandungan

Proses pembentukan bayi dalam kandungan sang ibu akan berjalan selama 9 bulan, dimulai dari bentuk kecil sampai dengan berbentuk bayi. Dalam proses pembentukan bayi selama 9 bulan ini merupakan fase yang sangat penting, karena sang ibu harus dapat memberikan nutrisi, gizi dan kandungan makanan bagi sang bayi.

Apapun yang ibu konsumsi maka akan sampai kepada bayi yang di kandungnya. Semakin baik makanan yang di konsumsi  ibu maka bayi yang dikandung nya akan sehat dan lahir dengan sempurna. Bagaimana dengan seorang yang sedang hamil dan menggunakan narkoba ? Tentunya ini akan memberikan dampak yang sangat serius pada perkembangan bayi mulai dari dalam kandungan sampai sudah besar nanti.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa apapun yang kita makan dan minum maka akan mengalir melalui plasenta darah kemudian mengalir lagi ke bayi. Jadi melalui plasenta bayi akan mendapatkan makanan agar bisa tumbuh dan berkembang.  Apabila kita mengkonsumsi obat-obatan terlarang dengan kadar sedikit atau banyak akan mempengaruhi kondisi bayi dalam kandungan dan pada saat dia dilahirkan.

Bahaya konsumsi Narkoba

Mengkonsumsi narkoba pada saat kehamilan juga mempunyai potensi terjadinya gangguan pada plasenta yang dapat membahayakan ibu dan janin. Mungkin kalau kita amati perkembangan yang sedang terjadi di Indonesia, kehamilan yang terjadi pada kasus ini akibat seks bebas yang di lakukan oleh sesama pengguna narkoba.

Dalam kasus ini tentu saja kondisi  kesehatan ibu dan janin dalam kandung  memiliki resiko tinggi dalam kesehatannya, di sinilah perlu support dari keluarga, sahabat, masyarakat, tenaga medis dan lsm yang di perlukan untuk mendampingi  kasus kecanduan narkoba pada wanita hamil.

Option yang ke 2 , melihat pergaulan yang semakin bebas maka tidak tertutup pula kemungkinan kehamilan dari ibu pecandu narkoba dari pasangan suami istri yang sah. Mengkonsumsi narkoba pada saat mengalami kehamilan tentunya hanya akan merugikan bagi tubuh kita sendiri.

Dampak Bagi Ibu Hamil

Timbul pertanyaan apa sih resiko atau dampak buruk narkoba terhadap ibu hamil ?

  1. Perubahan hormonal

Di dalam wanita yang hamil akan mengalami perubahan hormonal yang akan mempengaruhi semua system pertahanan tubuhnya. Yang di butuhkan oleh ibu hamil adalah semua kebutuhan baik makanan bergizi, kesemibangan yang balance dan istirahat cukup.

  1. Semakin lengah

Bagi ibu hamil pengguna narkoba akan menjadi lengah, beliau tidak akan memperhatikan asupan makanan bergizi bagi si bayi, jadwal tidur jadi tidak teratur bahkan sampai kepada gangguan insomnia. Kecemasan dan emosi yang tidak stabil. Dan ujungnya terjadi komplikasi yakni mual dan muntah berlebih, sehingga nantinya akan kekurangan cairan atau dehidrasi.

  1. Tanggung jawab yang berkurang

Pecandu narkoba ini akan kurang bertanggung jawab dalam memperhatikan aspek kebersihan diri maupun berusaha untuk latihan fisik yang sehat dan teratur sebagai seorang ibu hamil. Resiko cedera menghantui ibu hamil ini karena tidak bisa berkonsentrasi, sehingga ketidaksiapan fisik seorang wanita pengguna narkoba selama menjalani kehamilan akan semakin melemahkan daya tahan tubuh. Padahal tuntutan kondisi fisik yang prima menjadi hal utama dalam menjalani kehamilan.

  1. Komplikasi penyakit

Bagi ibu hamil yang menggunakan narkoba ini akan lebih mudah untuk mengalami komplikasi penyakit yang menyertai kehamilan, bisa jadi infeksi ataupun anemia selama kehamilan,  keguguran yang tidak diinginkan, kelahiran secara premature, pendarahan pasca bersalin, gangguan ginjal akibat sering mengkonsumsi obat-obatan secara bebas.

Fungsi Ginjal

Padahal kita sama sama mengetahui bahwa ginjal bertugas sebagai penyaring kotoran atau salah satu tempat eksresi di tubuh kita. Hypertensi atau kenaikan tekanan darah juga resiko terkena penyakit hepatitis B dan Virus HIV selama kehamilan karena sering menggunakan jarum suntik secara bergantian sesama pengguan narkoba.

Juga komplikasi resiko penularan penyakit seksual dari pasangan sesama pecandu narkoba semakin berpotensi tinggi dan tumbuh akibat penurunan daya tahan tubuh ibu hamil. Virus akan menyerang seseorang yang mempunyai daya tahan tubuh rendah.

Cacat Bawaan

Sekarang mari kita telaah apa sih bahayanya bagi janin bayi yang dikandung oleh pengguna narkoba:

Obat obat narkotika ini dapat menembus plasenta dan gangguan fungsi pada pembuluh darah plasenta di mana jaringan ini yang mensuplai zat nutrisi dan oksigen bagi janin. Akibatnya bayi akan tumbuh menjadi tidak normal atau tumbuh tidak sempurna akan mengalami cacat bawaan.

Janin juga akan mengalami gangguan pertumbuhan otak, beresiko lahir dengan berat badan kurang atau berat badan rendah meskipun melalaui proses yang cukup atau 9 bulan lamanya nantinya bayi akan lahir premature, janin meninggal dalam kandungan dan plasenta bisa terlepas bahkan sebelum lahir si bayi.

Disinilah pentingnya pendampingan bagi ibu hamil pecandu narkoba, diberikan perhatian khusus dan intensif. Kita tetep harus memberikan support dengan cara di tolong dan didampingi agar dapat memperbaiki kesehatan  diri sendiri, membangkitkan kembali rasa percaya diri dan membantu dengan membangkitkan kesadarannya.

Bahwa apa yang sedang di jalani ini adalah proses kehamilan yang setiap wanita mengalaminya dan menyadari bahwa siap tidak siap karena sudah hamil harus siap menjadi seorang ibu dari anaknya. Penting bagi kita untuk melibatkan pihak keluarga, masyarakat dan tenaga medis untuk memberikan perhatian khusus.

Perhatian untuk ibu hamil

Pertama-tama harus dilakukan oleh seorang ibu hamil pecandu narkoba adalah dengan penuh kesadaran menerima keadaan yang sekarang dan membimbing dalam konseling baik secara psikolog atau medis mengenai bahayanya Efek Narkoba terhadap bayi.

Pihak keluarga ikut terlibat dalam pengawasan kesehatan kehamilan secara teratur. Bagaimana pemenuhan kebutuhan gizi makanannya, apakah istirahatnya cukup dan pendampingan secara mental spiritual atau secara keagamaan.

Dalam menjalani proses pelepasan dari ketergantungan narkoba ini adalah memerlukan keinginan kuat untuk berhenti dan ini sesuatu bukan hal mudah. Karena selama kehamilan pecandu narkoba ini sudah berhenti maka efek yang timbul adalah akan mengalami sakau atau ketagihan saat sudah tidak mengkonsumsi lagi.

Sejenak kita renungkan bagaimana dahsyatnya kerugian materi dan non materi  penyalahgunaan narkoba terhadap janin ibu hamil. Khususnya remaja putri harus mampu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang menggunakan obat terlarang, minuman keras atau alcohol dan merokok.

Jauhi narkoba dalam bentuk apapun, jangan pernah mau mencoba sekalipun dan gratis mungkin, …. Selalu ingat wahai wanita, kalian adalah para penerus bangsa , cita cita masih panjang dan membutuhkan waktu untuk menjemputnya, tentunya kita juga tidak mau kehilangan dari orang orang yang kita cintai.

Pengacara Narkoba

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai hukum Efek Narkoba terhadap bayi  bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan Efek Narkoba terhadap bayi atau mengalami masalah :

asal usul di temukannya narkoba

bagaimana narkoba bekerja

efek narkoba terhadap badan

mengapa narkoba di butuhkan untuk kedokteran

mengenal efek narkoba terhadap otak kita

narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa

narkoba yg lagi move on

seks bebas dan narkoba

apa sih narkotika itu

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi SH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad SH HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Customer Service Lukman Azis SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Customer Service ABDURI SH HP/Whatsapp Simpati : +6281281247293

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here