Export Licence untuk Komoditi Hasil Laut – Jangkar Global Groups
Pelaut  

Export Licence untuk Komoditi Hasil Laut

Export Licence untuk Komoditi Hasil Laut

Ekspor komoditi hasil laut di Indonesia sudah cukup banyak dilakukan dan memang berkontribusi pada perekonomian negara. Tentu dibutuhkan dokumen export licence untuk komoditi hasil laut agar proses tersebut bisa berjalan dengan lancar dan legal di bawah hukum.

 

Export Licence

Aktivitas ekspor itu sendiri memang menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki produktivitas yang tinggi. Hal ini terjadi di berbagai sektor, termasuk salah satunya untuk sektor hasil laut. Tujuan negara ekspor pun sangat beragam, tersebar di seluruh penjuru dunia.

Penting untuk diketahui bahwa aktivitas ekspor ini tidak bisa dilakukan tanpa perizinan yang lengkap. Supaya ekspor dianggap legal maka dibutuhkan persyaratan dokumen yang memadai sesuai dengan peraturan yang ada.

Pentingnya Export Licence bagi Eksportir Komoditi Hasil Laut

Mengapa dibutuhkan export licence untuk komoditi hasil laut? Export licence ini merupakan izin untuk mengirimkan barang dan menjualnya di negara asing. Peraturan mengenai izin untuk melakukan ekspor ini sudah diatur di Undang-Undang.

 

Pentingnya Export Licence bagi Eksportir Komoditi Hasil Laut

Peraturan yang digunakan dalam bidang ekspor ini adalah Peraturan Menteri Perdagangan RI No.18/M-DAG/PER/4/2013. Di dalamnya juga sudah tercantum pengelompokkan barang ekspor, termasuk salah satunya adalah komoditi hasil laut.

Izin ini dibutuhkan supaya eksportir bisa memastikan bahwa barang yang diekspor dilindungi secara hukum untuk sampai ke negara tujuan. Selain itu izin ini juga dibutuhkan sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu ada kendala dalam proses ekspor tersebut.

Itulah mengapa para pengusaha yang ingin mengirimkan atau menjual barang-barangnya ke luar negeri, harus punya izin ekspor terlebih dahulu. Ini sangat penting dan dibutuhkan supaya aktivitas ekspor dapat berjalan dengan lancar.

Export Licence yang Dibutuhkan

Ada beberapa bentuk surat izin yang dibutuhkan untuk melakukan ekspor. Kategori surat izin ini memang berbeda-beda, tergantung pada jenis pihak yang melakukan ekspor barang. Berikut adalah 3 jenis izin ekspor yang dikeluarkan oleh pemerintah:

1. Surat Izin Industri

Pertama ada surat izin industri dari Dinas Perindustrian. Ini merupakan surat izin ekspor yang dibutuhkan oleh pihak eksportir yang berperan sebagai produsen. Artinya barang yang dijual tadi merupakan hasil produksi sendiri.

 

Export Licence yang Dibutuhkan

Khusus untuk komoditi hasil laut, tinggal dilihat apakah hasil laut tersebut dikelola sendiri atau tidak. Jika iya, maka eksportir membutuhkan izin ini. Pengurusannya bisa dilakukan ke Dinas Perindustrian yang ada di wilayah masing-masing.

2. Izin Usaha Dagang

Dokumen izin berikutnya yaitu surat izin usaha dagang yang juga dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk melakukan ekspor. Ini merupakan surat izin yang dibutuhkan oleh eksportir tapi bukan produsen.

Dari namanya saja sudah bisa dipahami bahwa dokumen ini merupakan izin untuk menjalankan usaha dagang, jadi barang yang dijual berasal dari pihak lain. Surat izin ini diperoleh dari Dinas Perdagangan atau biasa juga disingkat dengan nama SIUP.

3. Surat Usaha PMDN atau PMA

Berikutnya ada dokumen izin usaha PMDN (penanaman modal dalam negeri) atau PMA (penanaman modal asing). Ini dibutuhkan bagi pihak eksportir yang melakukan penanaman modal di lingkungan dalam negeri dan di negara asing.

 

Surat Usaha PMDN atau PMA

Dokumen ini dikeluarkan oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Jadi pengurusannya bisa langsung dilakukan di lembaga terkait.

Ketiga jenis dokumen izin ini akan dibutuhkan selama mengurus export licence untuk komoditi hasil laut. Namun tidak semua dokumen harus dimiliki oleh satu eksportir. Eksportir membutuhkan satu jenis dokumen yang paling sesuai dengan kondisi sesuai penjelasan tadi.

Persyaratan Dokumen Ekspor

Ada banyak jenis dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus izin ekspor. Tentu saja sebelum melakukan ekspor, eksportir harus paham dulu apa saja dokumen izin yang dibutuhkan. Berikut adalah syarat dokumen yang dibutuhkan saat mengurus export licence untuk komoditi hasil laut:

1. Dokumen Internal

Pertama ada kelompok dokumen internal. Ini disebut juga sebagai dokumen utama yang terdiri dari beberapa jenis dokumen berikut:

  • Invoice atau faktur: bukti transaksi berupa penagihan yang berfungsi juga untuk mengurus masalah perpajakan.
  • Packing list: disebut juga sebagai dokumen surat jalan dimana di dalamnya ada rincian barang yang akan diekspor (harus sesuai dengan invoice).
  • Bill of lading: dokumen tanda terima yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan shipping.
  • Polis asuransi: dikeluarkan oleh pihak perusahaan asuransi yang akan menjamin keamanan semua barang-barang ekspor agar aman sampai di tujuan.
  • Shipping instruction: dokumen yang dikirim pihak eksportir ke perusahaan shipping yang akan bertugas, fungsinya untuk memesan ruang penyimpanan selama barang dikirim.
  • PEB: Pemberitahuan Ekspor Barang yang dibuat oleh pihak eksportir dan dikirimkan ke pihak bea cukai.

 

Persyaratan Dokumen Ekspor

2. Dokumen Eksternal

Berikutnya ada beberapa jenis dokumen yang masuk ke kelompok dokumen eksternal. Sama pentingnya dengan dokumen internal, semua dokumen ini juga harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa jenis dokumen yang masuk ke kategori ini:

  • Surat Keterangan Asal (SKA): dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang tujuannya untuk mengurangi biaya masuk jika negara tujuan sudah ada perjanjian Free Trade Agreement.
  • COA: Certificate of Analysis yang dikeluarkan oleh pihak laboratorium untuk membuktikan bahwa barang yang dikirim aman dan sesuai standar di negara tujuan.
  • Phytosanitary certificate: dibutuhkan untuk hasil produk pertanian dan peternakan (termasuk komoditi hasil laut) yang menyatakan bahwa produk bebas jamur kuman, dan bakteri.
  • Keterangan timbangan: dokumen yang berisi keterangan rinci mengenai berat barang ekspor.
  • Daftar ukuran: dokumen yang memuat dimensi rinci dari sebuah kemasan meliputi panjang, lebar, tinggi, juga volume-nya (biasanya dibutuhkan untuk menghitung biaya pengiriman barang).

Semua dokumen ini harus dipenuhi oleh pihak eksportir. Jadi syarat keseluruhan yang harus dipenuhi oleh eksportir adalah izin pemerintah (1 dari 3 jenis yang sudah dibahas tadi), dokumen internal dan eksternal, serta memiliki NPWP.

Jika semua syarat sudah dipenuhi maka tinggal ajukan saja export licence sesuai kebutuhan. Selama semua syarat dokumen terpenuhi dan barangnya memang layak untuk diekspor maka tidak akan ada banyak halangan.

Jasa Pengurusan Export Licence Komoditi Hasil Laut Tepercaya

Bagi Anda yang ingin mengurus export licence untuk komoditi hasil laut, kami siap memberikan penawaran terbaik. Kami bisa membantu Anda menyelesaikan prosedur pengurusan izin ekspor tersebut tanpa perlu ribet.

 

Jasa Pengurusan Export Licence Komoditi Hasil Laut Tepercaya

Proses pengurusan izin ekspor ini memang membutuhkan beberapa tahapan dan proses. Kami akan membuatnya jadi semakin ringkas dan praktis. Berbagai proses pengurusan setiap jenis dokumen yang dibutuhkan tadi akan kami bantu sampai selesai.

Kami telah memiliki banyak pengalaman dalam proses pengurusan export licence ini. Dari segi keamanan, kami akan memastikan semua dokumen yang Anda serahkan sebagai syarat selalu terjaga dengan baik. Prosesnya juga transparan dan bisa dikontrol kapan saja.

 

export licence untuk komoditi hasil laut

Proses pengurusan export licence untuk komoditi hasil laut akan jadi jauh lebih mudah dan cepat bersama kami. Langsung saja hubungi tim CS kami agar Anda memperoleh informasi lebih lengkap dan jelas.

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa menghubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan menjamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Bagaimana Cara Kirim Dokumen ?

Cara kirim dokumen  bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan karena pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan kembali apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups :

YUK KONSULTASIKAN DULU KE KAMI KEBUTUHAN ANDA

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

 

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : Jangkargroups@gmail.com

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : https://g.page/r/CfcbVXzVxnAWEB0/review

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »