Menu Tutup

Ingin Bekerja di Luar Negeri, Perhatikan Syarat Ini

Ingin Bekerja di Luar Negeri, Perhatikan Syarat Ini

Pada saat ini, bekerja di luar negeri merupakan pilihan. Bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) akan mendapatkan sejumlah keuntungan, mulai dari peningkatan keuangan hingga pengalaman di luar negeri. Untuk bekerja di luar negeri, Anda harus memenuhi sejumlah persyaratan yang diminta oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Upaya ini dilakukan agar Anda tidak masuk dalam kategori TKI yang tidak memenuhi prosedur alias TKI ilegal. Apabila berstatus TKI ilegal, maka pemerintah tidak akan melakukan pemantauan.

Untuk bekerja sebagai TKI, Anda harus memenuhi prosedur, seperti mencari PPTKIS yang terdaftar di Disnaker Kabupaten / Kota, mengkuti penyuluhan oleh petugas PPTKIS bersama Disnaker Kab/Kota, BP3TKI, LP3TKI, dan P4TKI, mendaftar di Disnaker Kab/Kota, ikuti proses seleksi yang dilakukan oleh PPTKIS dan Disnaker Kabupaten/kota.

Lalu, memahami isi dan tandatangani perjanjian kerja yang telah disahkan oleh Perwakilan RI, memastikan mendapat asuransi, pendidikan dan pelatihan, mendapat Paspor dan Visa Kerja, menandatangani perjanjian penempatan dengan PPTKIS yang disahkan oleh Disnaker Kabupaten/Kota, wajib mengikuti Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP) dari BP3TKI/LP3TKI/P4TKI.

Kemudian, wajib memiliki KTKLN yang berbentuk elektronik, setelah tiba di negara nenempatan, melapor ke Perwakilan RI, setelah kontrak kerja berakhir, kembali ke Tanah Air dan Lapor ke Petugas BP3TKI di Bandara/Pelabuhan.

Selain itu, sebelum mewujudkan keinginan bekerja di luar negeri, calon tenaga kerja harus memperhatikan sejumlah hal. Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum bekerja di luar negeri:

Niat Bekerja

Sebelum memutuskan mendaftar menjadi TKI, Anda harus memastikan niat untuk bekerja. Bukan hanya ikut-ikutan teman atau terlena gaji besar. Sebab, selama bekerja di luar negeri, Anda harus membiayai kehidupan sehari-hari, mulai dari biaya tempat tinggal, makan, dll.

Untuk itu, Anda harus berhati-hati untuk tidak tergiur gaji besar. Sebab, banyak calon TKI beranggapan tinggi kalau nanti ketika sudah di sana langsung dapat gaji belasan juta per bulan seperti. Tetapi setelah sampai sana dan bekerja, hasilnya tidak seperti yang dibayangkan.

Pada prinsipnya, bekerja di luar negeri itu sama saja dengan di tanah air. Masalah penggajian ada standard. Jadi kalau baru kerja beberapa bulan, mungkin dapatkan tidak langsung besar, bertahap dulu. Untuk itu, mempunyai niat sangat penting, terutama niat untuk bekerja bukan semata-mata mengejar hasilnya.

Manajemen Uang

Selama bekerja di luar negeri, Anda harus mempunyai target dan perancanaan keuangan. Gaji yang Anda dapatkan selama bekerja menjadi TKI, jangan digunakan untuk beli ini itu yang sifatnya tidak menguntungkan. Prioritaskan sebagian gaji untuk diinvestasikan.

Misalnya saja dikirim ke rumah untuk dibelikan tanah, atau justru suruh bangun usaha. Sehingga ketika nanti Anda sudah pulang, bisa meneruskan usaha tersebut. Karena banyak TKI yang bingung ketika sudah balik. Alhasil kembali melakukan rutinitas sebelum jadi TKI, kehidupan pun menjadi sulit lagi.

Perbanyak Informasi

Sebelum mendaftar sebagai TKI, Anda harus banyak-banyak mencari informasi tentang buruh migran. Seperti apa saja hak dan kewajiban TKI, keuntungan dan kerugiannya, dll. Anda bisa mencari tahu melalui internet, rekan/saudara yang pernah menjadi TKI, atau ke dinas ketenagakerjaan di daerah Anda.

Pastikan juga Anda mendaftar melalui jalur resmi. Karena sekarang ini banyak calo-calo atau oknum yang melakukan pendaftaran TKI melalui jalur tidak resmi. Alhasil kadang saat di luar negeri, banyak TKI yang mendapatkan siksaan dan lainnnya.

Ketahui Gaya Hidup Negara Tujuan

Anda harus mempunyai gambaran di negara mana akan bekerja. Meskipun nanti ketika training akan diinformasikan, tetapi dengan mengetahui sebelum mendaftar, Anda tidak kaget atau bahkan berubah pikiran. Intinya ketika Anda memutuskan untuk menjadi TKI, jangan sampai termakan informasi iklan-iklan yang ada.

Bekerja di luar negeri itu sama saja dengan bekerja di Indonesia. Hanya saja di luar negeri culture nya berbeda. Kalau tidak niat untuk bekerja di luar negeri menjadi TKI, lebih baik urungkan saja. Daripada ketika sudah berada di sana dan bekerja, malah tidak nyaman dan betah.

Bagikan yuk!
Posted in Job / Lowongan Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »