X
    Categories: Bisnis

INVESTASI POHON JABON I-GIST

Investasi menanam pohon adalah jenis usaha yang mulai populer dikarenakan bisnis ini menggerakan manusia untuk peduli terhadap bumi yang semakin panas, bumi yang semakin tidak bersahabat dikarenakan perubahan iklim yang sangat extrim, banjir, longsor dan global warming. Ada baiknya kita ikut program gerakan amankan bumi yaitu : investasi pohon jabon i-gist.

Investasi pohon jabon i-gist

Tahukah anda bahwa planet bumi kita dalam kondisi yang kian mengkhawatirkan. Kita sering melihat dan mendengar melalui media massa bahwa di bagian bumi lain terjadi bencana alam seperti : gempa, banjir, kekeringan, badai dan suhu udara yang kian meningkat serta cuaca yang sangat panas. Bahkan tidak sedikit yang menjadi korban akibat bencana tersebut. Hal ini menjadi keprihatinan kita bersama dengan apa yang di alami oleh saudara-saudara kita.

Disamping itu, pemakaian bahan bakar untuk kendaraan dan industri tidak dapat di hindarkan sehingga pencemaran karbon di udara semakin tinggi dan tidak terkendali. Lalu bagaimana dengan hutan-hutan kita yang berfungsi menyerap karbon di udara ? Sayangnya hutan-hutan di Bumi ini semakin berkurang akibat perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab.

Mereka menebang pohon-pohon dari hutan alam untuk tujuan keuntungan ekonomi mereka pribadi tanpa memperbaiki hutan alamnya kembali. Ahirnya hutan alam pun semakin rusak dan berkurang. Padahal planet bumi adalah tempat tinggal kita, maka kita jugalah yang harus bersama-sama menjaga dan merawatnya agar kita tetap aman dan nyaman tinggal di dalamnya.

Oleh karena itu lah GWOODS ikut peduli untuk memelihata dan menjaga planet bumi kita ini dengan cara investasi pohon jabon i-gist . GWOODS mewujudkannya dengan cara memperbanyak menanam pohon. Pohon-pohon sangat berperan penting dalam menjaga kestabilan suhu bumi karena dapat menyerap karbon. Selain itu pohon-pohon juga dapat menghasilkan oksigen agar kita bisa bernafas dan tetap hidup.

GWOODS short story

Kayu yang di gunakan GWOODS bukan berasal dari hutan alam tetapi dari Hutan Rakyat (HR) di Indonesia. Untuk mendapatkan bahan baku kayunya, GWOODS menanam pohon secara mandiri bersama masyarakat di lahan-lahan yang belum di tanami pohon atau lahan-lahan yang tidak produktif di Indonesia. Tentunya lahan-lahan tersebut telah memenuhi persyaratan legalitas dan terintegrasi perijinannya di pemerintah Republik Indonesia untuk dapat di gunakan GWOODS.

Dengan melalui pengembangan program Hutan Rakyat tersebut, sesuai dengan salah satu visinya GWOODS turut serta dalam menjaga kelestarian hutan alam, menghijaukan planet bumi ini dan membantu kesejahteraan masyarakat desa.

Pengembangan bibit unggul

Pohon yang ditanam oleh GWOODS adalah pohon jabon (anthocephalus cadamba Miq). Untuk hasil terbaik, GWOODS mengembangkan bibit unggul pohon jabon dari benih induk pohon pilihan. Pohon jabon memiliki banyak keunggulan yaitu :

  • Pohon jabon termasuk jenis pohon cepat tumbuh, dalam waktu kurang lebih 5 sampai 6 tahun sejak di tanam, pohon jabon sudah dapat di panen.
  • Pertumbuhan diameter pohon rata-rata mencapai 5-10 cm
  • Dalam jangka waktu 5-6 tahun, tinggi pohon berpotensi mencapai 25 meter, dapat mudah tumbuh dilahan terbuka, tanah liat, tanah lempung podsolik dan tanah berbatu.
  • Batang pohon jabon lurus dan silindris, tahan hama dan penyakit, tidak membutuhkan perawatan istimewa, berdaun lebar dan hijau sehingga lebih banyak menyerap CO2 dan menghasilkan O2 dibandingkan pohon lainnya.

Pada pengembangan bibit unggul ini dilakukan melalui beberapa tahapan.

  1. dilakukan pemilihan pohon induk terbaik ini diharapkan akan mendapatkan genetik dasar pohon yang unggul.
  2. Pemilihan benih dari biji terbaik sehingga nantinya ketika disemaikan bisa tumbuh.
  3. Hasil semaian dari benih biji tersebut dipilih kembali yang terbaik

Agar baik pertumbuhannya menjadi bibit yang berkualitas, bibit berkualitas inilah yang nantinya menjadi bibit unggul jabon untuk selanjutnya di tanam.

Pembinaan petani plasma dan pemeliharaan pohon

Dalam program penanaman pohon jabon, GWOODS membina para petani yaitu petani-petani yang bekerja sama dengan GWOODS dalam melakukan penanaman, perawatan dan pemeliharaan pohon-pohon jabon GWOODS. Dalam pelaksanaannya para petani tersebut diberikan panduan dan pendampingan yang sudah menjadi standart operasional GWOODS. Para petani tersebut disebut : petani plasma.

Mereka melakukan penanaman bibit pohon jabon, melakukan perawatan 3-6 bulan dan pemeliharaan hingga usia survive 1 tahun, Masa pemeliharaan dilakukan sejak pohon jabon di tanam sampai dengan siap panen yaitu 1 sampai 5 tahun. Dalam pemeliharaan ini, GWOODS menggunakan teknologi yang dinamakan teknologi organik.

Teknologi organik ini melibatkan micro organisme pengurai tanah. Teknologi ini berguna untuk memperbaiki jika ada struktur tanah yang rusak akibat penggunaak pupuk kimia dimasa lalu, sehingga tanah menjadi subur kembali secara alami.

Proses perekrutan petani plasma

Perekrutan calon petani plasma di pilih dan di seleksi dari warga daerah tempat lokasi lahan jabon berada

Proses pelatihan petani plasma

Petani yang telah terpilih dan terseleksi diberikan pelatihan cara penanaman dan perawatan.

Proses penanaman pohon jabon

Setelah diberikan pelatihan oleh tim I-Gist, petani mulai melakukan penanaman pohon jabon, sesuai prosedur standart yang telah di berikan oleh tim I-Gist.

Perawatan oleh petani plasma

Petani plasma akan rutin melakukan perawatan standar seperti pemupukan, penyiraman, pembersihan lahan pohon jabon dari usia 3-6 bulan.

Setelah usia 1 tahun, pohon jabon dapat dikatakan sudah survive. Dikatakan demikian karena pohon jabon sudah memiliki akar yang menjangkau kedalaman tanah hingga lima meter sehingga akar tersebut dapat menjangkau air tanah dan tempat cadangan unsur hara tanah.

Para petani mendapat banyak manfaat

Sejak awal penanaman pada tahun 2011, GWOODS dalam melaksanakan penanaman, perawatan sampai dengan masa panen telah banyak melibatkan petani-petani di daerah. Di beberapa lahan jabon, para petani juga diberi kesempatan menanam tanaman palawija dengan metode tumpang sari yaitu menanam palawija di sela-sela antara pohon jabon satu dengan pohon jabon lainnya. Hasilnya untuk para petani penggarap itu sendiri.

GWOODS memiliki misi agar petani-petani di daerah pun mendapatkan pekerjaan dan penghasilan untuk kehidupan mereka. Sampai dengan 2016 program ini telah dilaksanakan di beberapa pulau jawa, sebagian besar terpusat di wilayah Jawa Barat, Indonesia yaitu di 9 Kabupaten, 60 kecamatan, 115 Desa dengan melibatkan 934 petani dan terus bertambah.

Dengan adanya program ini, masyarakat dan para petani sangat terbantu ekonominya. Mereka mendapatkan pekerjaan dan penghasilan sehingga kehidupan mereka menjadi lebih baik. Bahkan program ini dapat membantu mereka yang hampir putus sekolah ke tingkat pendidikan yang lebih baik. Seiring perkembangannya, mereka pun dapat meningkatkan pertaniannya secara mandiri.

Legalisasi lahan dan pohon

Sesuai peraturan, setiap pohon harus memiliki legalitas. Termasuk legalitas untuk lahan dimana pohon tersebut di tanam. Proses legalisasi lahan dan pohon tersebut melalui beberapa tahapan yaitu pendataan lokasi titik koordinat GPS, Lingkar batang dan tinggi pohon, pemetaan lokasi dan luas lahan, setelah itu proses legalisasi lahan akuisisi pohon plasma yang melibatkan masyarakat pemilik dan pemerintah setempat.

Pengukuran spesifikasi dan Geo Tag (GPS)

Tim kami akan datang ke lokasi lahan yang usia pohon jabon telah mencapai usia 1 tahun, kemudian melakukan pendataan atau pengukuran lingkar batang dan tinggi pohon. Tim juga melakukan opname lokasi titik koordinat dan melakukan geo koordinat lokasi pohon satu persatu,

Akuisisi dan proses legal

Tim GWOODS melakukan kontrak dengan petani plasma, melakukan proses pembayaran petani plasma serta melakukan persetujuan dan perjanjian oleh pemerintah setempat.

PT. Global Agro Bisnis (I-Gist) sebagai grup perusahaan dari GWOODS telah mendapatkan izin prinsip dari BKPM dan semua cluster penanaman pohon PT Global Agro Bisnis (I-Gist) telah terdaftar secara resmi di BKPM.

Pemilik pohon memiliki sertifikat resmi dilegalisir notaris dengan denah lokasi pohon jabon miliknya

Pemeliharaan Tahunan

Selanjutnya tim kami akan melakukan proses pemeliharaan tahunan yaitu pemeliharaan pemupukan, pembersihan, pengecekan/inspeksi oleh tenaga ahli dan juga dilakukan pengukuran perkembangan pohon jabon setiap tahunnya sampai usia jabon siap untuk di panen.

Inspeksi/pengedekan pohon jabon oleh tenaga ahli dan bersertifikat ISO

Dalam masa pertumbuhan pohon 5-6 tahun, setiap lokasi lahan perkebunan pohon jabon akan mendapatkan inspeksi yang dilakukan tenaga ahli dari pihak I-Gist yang dilakukan 3 kali setiap tahun. Salah satu tenaga ahli kehutanan terbaik dari Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilitasi, kementrian kehutanan

PT Global Agro Bisnis dengan produk I-Gistnya telah mendapat sertifikat Internasional ISO 9001-2008

Proses Panen Pohon Jabon

Usia pohon jabon yang ideal untuk siap di panen adalah minimal usia 5-6 tahun

Penebangan pohon-pohon jabon pada saat panen dilakukan dengan memberdayakan petani sekitar.

Produk-produk kayu yang berkualitas dari GWoods

GWoods membuat produk-produk berkualitas yang terbuat dari kayu jabon dari hasil penanaman pohon sendiri dan investasi pohon jabon i-gist, bukan dari hutan alam. Selain pohonnya, kayu jabon pun memiliki karakter kayu dan keunikan tersendiri misalnya:

  • Kayu jabon termasuk kayu lunak dan mudah dikerjakan
  • Kayunya berwarna putih agak kekuningan dan berserat halus
  • Tidak disukai oleh rayap
  • Ketika di olah menjadi kayu keras/hardwoods, kekerasan
  • Dan kekuatan kayunya bisa setara kayu keras seperti kayu jati

Hasil investasi pohon jabon i-gist bisa dikembangkan produk lainnya : ada bermacam-macam produk kayu yang di buat oleh GWOODS diantaranya : jam tangan, hiasan interior dinding dan lantai (flooring), Flashdisk, tas, dasi dan sebagainya.

Produk-produk GWOODS dibuat dengan menggunakan perpaduan antara teknologi digital komputer dan sentuhan seni dari tangan-tangan pengrajin yang terlatih (digital computer technology handmade). Adapun hasil penjualan produk-produk GWOODS akan digunakan untuk mengembangkan kembali Hutan Rakyat (HR) dan investasi pohon jabon i-gist

Dalam membuat produk-produk kayunya, GWOODS melibatkan dan membina para pengrajin lokal di berbagai daerah di indonesia. GWOODS memiliki misi ikut serta mendukung dan membantu para pengrajin lokal/daerah sehingga mereka mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang lebih baik dan lebih layak.

Hingga saat ini (tahun 2016) dalam memproduksi jam tangan saja GWOODS telah melibatkan dan membina 400 orang tenaga pengrajin di berbagai daerah, yaitu : Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, Bali dan Sumatra. Bahkan diantara mereka ada dari para penyandang cacat tuna rungu dan tuna wicara.

Sumbangsih GWOODS untuk dunia

GWOODS bukan semata-mata menjual produk berkualitas dari kayu saja dan investasi pohon jabon i-gist. Disamping itu GWOODS memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu menghijaukan bumi dengan cara memperbanyak menanam pohon untuk Hutan Rakyat (HR). Pohon yang di tanam adalah pohon jabon. Sebelum dipanen selama 5-6 tahun pohon tersebut telah banyak berjasa yaitu :

  • Memberikan keteduhan
  • Menurunkan suhu
  • Menyimpan cadangan air
  • Meredam kebisingan
  • Menahan angin
  • Membari kenyamanan
  • Mencegah longsor (erosi)
  • Mencegah banjir
  • Menyerap Karbon
  • Menghasilkan oksigen dan lain sebagainya

Manfaat investasi pohon jabon i-gist : Pohon-pohon tersebut telah bermanfaat bagi manusia dan hewan-hewan yang hidup disekitarnya. Bahkan setelah di panen pun pohon tersebut akan tumbuh kembali dengan sendirinya. Sampai dengan 2016 ada : 1.204.921 pohon jabon yang telah ditanam dan akan terus bertambah. Selain itu sudah lebih dari 1.197 hektar lahan menjadi bermanfaat dan produktif.

Berdasarkan hasil penelitian dari Dr. Ir. Syaukat Ali, MSc menyebutkan bahwa setiap pohon jabon :

  • Menyerap rata-rata CO2 sebesar 1.235,8 Kg CO2/tahun
  • Menghasilkan rata-rata O2 sebesar 1.235 Kg O2/tahun
  • Menurut Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, M.B.A (mentri lingkungan hidup RI tahun 2011-2014) bahwa satu pohon dapat mencukupi kebutuhan oksigen untuk 3 orang
  • Dengan demikian, total sumbangsih GWOODS untuk dunia selama 5 tahun dari 1.204.921 pohon jabon GWOODS yang telah di tanam menyerap : Co2 sebanyak : 1.489.041.372 Kg CO2 atau 1.489.041,4 ton CO2
  • Menghasilkan O2 sebesar 1.488.077.435 Kg O2 atau 1.488.077,4 Ton O2
  • Mencukupi kebutuhan oksigen untuk 3.614.763 orang

Dengan investasi pohon jabon i-gist, membeli dan memiliki produk GWOODS ini, berarti sudah turut serta menjaga bumi, mencegah peningkatan global warming, mengurangi gejala climate change atau perubahan iklim ekstrem, menyerap karbon dan menyuplai oksigen.

Apabila anda ingin bekerjasama atau Investasi Pohon Jabon I-Gist :

BIRO JASA RESMI DAN TERPERCAYA

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk meyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi fauzi PT. Jangkar Global Groups: di no hp/whatsapp xl: +6287727688883 hp/whatsapp simpati : +6281290434111 Telp kantor : +622122008353

Bagikan yuk!