X
    Categories: Pernikahan Campuran

Izin Tinggal Tetap untuk Pasangan Perkawinan Campuran

Pasangan suami-istri campuran yang menikah secara sah dan diakui oleh Hukum Indonesia selama lebih dari dua (2) tahun berturut-turut, maka pasangan warga negara Indonesia dapat berlaku sebagai penjamin untuk mengajukan permohonan perubahan status dari Izin Tinggal Terbatas (ITAS) menjadi Izin Tinggal Tetap (ITAP) untuk pasangan asing mereka.

Satu hal yang sering ditanyakan oleh para pasangan perkawinan campuran: apakah bisa, untuk warga negara Indonesia yang menikah dengan orang asing mengajukan izin tinggal tetap (permanen) untuk pasangannya?

Menurut UU No. 6 tahun 2011 tentang Imigrasi, Izin Tinggal Tetap (ITAP) adalah izin yang diberikan kepada orang asing tertentu untuk tinggal dan berdomisili secara permanen di Indonesia dan diperlakukan sebagaimana layaknya Warga Negara Indonesia.

Salah satunya adalah bagi orang asing yang menikah dengan pasangan warga negara Indonesia atau pasangan suami-istri campuran, maka mereka berhak untuk mendapatkan izin tinggal di Indonesia melalui Izin Tinggal Terbatas (ITAS) atau pun Izin Tinggal Tetap (ITAP).

Jadi, pasangan suami-istri campuran yang menikah secara sah dan diakui oleh Hukum Indonesia selama lebih dari dua (2) tahun berturut-turut, pasangan warga negara Indonesia mereka sebagai penjamin dapat mengajukan permohonan perubahan status dari ITAS ke ITAP.

Namun, prosedur berbeda berlaku untuk ekspatriat yang harus secara berturut-turut mempertahankan izin tinggalnya selama 5 (lima) tahun pertama sebelum mereka dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan KITAP.

KITAP sendiri berlaku selama 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu yang tidak terbatas selama tidak dibatalkan atau dibatalkan berdasarkan Hukum dan Peraturan Indonesia yang berlaku.


BUTUH BANTUAN DAN PENDAMPINGAN?

HUBUNGI PT. JANGKAR GLOBAL GROUPS
AKHMAD FAUZI MELALUI
TELP/WA: +62 877 2768 8883

Bagikan yuk!