Beranda Hukum KEUNGGULAN DARI SHM ATAU SERTIFIKAT HAK MILIK SENDIRI

KEUNGGULAN DARI SHM ATAU SERTIFIKAT HAK MILIK SENDIRI

KEUNGGULAN DARI SHM ATAU SERTIFIKAT HAK MILIK SENDIRI

KEUNGGULAN SHM ATAU SERTIFIKAT HAK MILIK – Keunggulan Sertifikat Hak Punya atau SHM ialah bukti pemilikan tanah yang tempati kelas paling tinggi di mata hukum serta mempunyai faedah terbesar buat pemiliknya. Bagi banyak orang memiliki rumah sendiri memang yang diimpikan, membuat hidup bertambah nyaman serta tenang. Tetapi punyai saja belum pasti membuat tenang bila surat tanahnya belum SHM atau Sertifikat Hak Punya.

Apa masalah? Sebab SHM atau Sertifikat Hak Punya dapat disebut jadi dokumen pemilikan tanah atau rumah yang menempati kelas paling tinggi serta paling kuat dari bagian hukum. Jadi saat Anda akan beli rumah atau sebidang tanah, penting untuk tahu status sertifikat tanahnya. Serta jika status tanahnya belum juga Sertifikat Hak Punya atau SHM, selekasnya urus sertifikat tanahnya. Tahu keunggulan SHM atau Sertifikat Hak Punya melalui beberapa point tersebut, misalnya:

  1. Pemahaman Sertifikat Hak Punya atau SHM
  2. Keunggulan Sertifikat Hak Punya atau SHM
  3. Langkah Membuat Sertifikat Hak Punya atau SHM

Pemahaman Sertifikat Hak Punya Atau SHM

Menurut ketentuan perundang-undangan yang mengendalikan permasalahan pertanahan di Indonesia yakni Undang-Undang Inti Agraria atau dipersingkat UUPA, ada bermacam status hak atas tanah. Hak atas tanah ini memerikan kuasa untuk menggunakan tanah yang berkaitan, bumi, air, serta ruangan yang ada di atasnya.

Pasal 16 UUPA memberi penjelasan, jika hak atas tanah bisa dibedakan antara lain : hak punya, hak untuk usaha, hak untuk bangunan, hak gunakan, hak sewa, hak gadai, hak usaha buat hasil, hak buka tanah, serta hak lain yang akan diputuskan dengan undang-undang.

Hak atas tanah ini bisa diberi serta dimiliki oleh orang, baik sendiri-sendiri atau bersama dengan orang, atau tubuh hukum. Walau semua hak atas tanah memberi wewenang buat pemegangnya untuk memakai tanah yang tertera dalam sertifikat, tetapi semasing hak mempunyai ciri spesial. Arah pemakaian tanah serta batas waktu pemakaian tanah juga berlainan di antara yang satu dengan lainnya.

Keunggulan Sertifikat Hak Punya Atau SHM

Disaksikan dari keleluasaan dalam pemakaiannya, dari semua hak atas tanah yang ada, hak punya yang dibuktikan dengan Sertifikat Hak Punya atau SHM tempati kelas paling tinggi serta mempunyai faedah terbesar buat pemiliknya. Kenapa demikian? Seperti yang tertera di dalam pasal  20 UUPA, hak punya atas tanah ialah hak turun-temurun, terkuat serta terpenuh yang bisa dimiliki orang atas tanah.

Serta berikut beberapa keunggulan Sertifikat hak Punya atau SHM. Hak punya atas tanah memberi wewenang untuk memakainya buat semua jenis kepentingan dengan periode waktu yang tidak hanya terbatas. Hak punya atas tanah bisa berjalan selama pemiliknya masih hidup.

Saat pemiliknya wafat, hak kepunyaannya bisa diteruskan oleh pakar warisnya selama penuhi ketentuan jadi subyek hak punya, dan tidak berlawanan dengan ketentuan-ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Mempunyai tanah dengan status hak punya jelas mempunyai nilai yang lebih dibandingkan dengan tanah berstatus Hak Untuk Usaha atau HGU, dimana Anda cuma mempunyai hak untuk mengupayakan tanah yang dikuasai langsung oleh negara dalam periode waktu tersendiri. Paling lama enampuluh tahun untuk kepentingan pertanian, perkebunan, perikanan, atau peternakan.

lebih bebas daripada mempunyai Hak Untuk Bangunan atau HGB. Dengan HGB hak Anda untuk membangun serta memiliki bangunan di atas tanah yang bukan punya Anda sendiri dengan periode waktu paling lama 30 tahun. Kenapa mempunyai tanah dengan status hak punya dikatakan sebagai asset? Ini sebab walau Anda tidak membangun bangunan atau berupaya di atas tanah yang mempunyai sertifikat hak punya atas nama Anda.

Tanah itu dapat memberikan Anda keuntungan. Tanah yang Anda punya tidak hanya bisa di jual untuk memperoleh dana fresh, dapat digadaikan sesaat, jadikan agunan untuk pinjam dana ke bank, disewakan, diwakafkan, serta tentunya bisa diwariskan pada anak cucu terkasih.

Langkah Membuat Sertifikat Hak Punya Atau SHM

Dengan kelebihannya itu, karena itu Presiden Joko Widodo juga turut menggerakkan pemda untuk mencatat tanah warga dengan sah ke Tubuh Pertanahan Nasional supaya bisa memberikan faedah ekonomi serta kemampuan hukum. Ketentuan penting untuk memperoleh Sertifikat Hak Milik atau SHM atas tanah buat subyek perseorangan ialah Masyarakat Negara Indonesia.

Sesuai dengan apa yang ada di dalam pasal 21 ayat 1 UUPA, cuma masyarakat Negara Indonesia yang bisa memiliki hak punya. Seterusnya yang dibutuhkan ialah mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan sesuai status tanah sekarang.

Tanah Warisan Atau Girik Yang Belum Disahkan Serta Dibuktikan Dengan Sertifikat Hak Punya

Lampirkan Surat Info Tidak Perselisihan yang menunjukkan jika tanah itu bukan tanah perselisihan, Surat Info Kisah Tanah yang menjelaskan kisah tanah girik yang barangkali sempat diarahkan beberapa atau semuanya, serta Surat Info Tanah dengan Sporadik yang memberikan tanggal pencapaian atau perebutan tanah.

Tanah Sertifikat Hak Untuk Bangunan

Bila ingin dirubah jadi tanah bersertifikat hak punya, karena itu sediakan sertifikat asli hak untuk bangunan (SHGB), foto copy Izin Membangun Bangunan (IMB). Seterusnya Anda dapat bawa semua dokumen itu ke kantor Tubuh Pertanahan Negara (BPN) sesuai dengan tempat daerah tanah ada dan jati diri diri berbentuk:

  1. Ktp
  2. Kartu keluarga,
  3. Foto copy bukti pembayaran Pajak Bumi serta Bangunan atau PBB tahun berjalan.

Ajukan Permintaan Sertifikat

1. Pada step ini BPN akan menunjuk petugas yang akan lakukan pengukuran ke tempat. Hasil pengukuran di tempat akan diciptakan serta dipetakan di BPN serta Surat Ukur disahkan atau tandatangani oleh petinggi yang berkuasa.

2. Seterusnya petugas BPN serta lurah ditempat akan lakukan penelitan, lalu data yuridis permintaan tanah itu akan dipublikasikan di kantor kelurahan serta PBN sepanjang enam puluh hari untuk jamin tidak ada keberatan dari faksi lain.

3. Bila ini tidak memiliki masalah, nanti akan keluar SK Hak Atas Tanah sesudah periode waktu pengumuman tercukupi, diteruskan dengan penerbitan SK hak atas tanah. Tanah dengan basic girik ini akan langsung keluar berbentuk Sertifikat Hak Punya (SHM).

4. Besarnya budget pengurusan sertifikat relatif bergantung tempat serta luas tanah. Makin strategis serta luas, akan makin tinggi biayanya. Selain budget pengurusan sertifikat, Anda pun akan ditanggung Bea Pencapaian Hak Atas Tanah (BPHTB).

Tidak hanya mengatur dengan mandiri ke BPN, Anda dapat membuat sertifikat lewat Petinggi Pembuat Akta Tanah (PPAT). Atau bila ingin prosedurnya lebih singkat, manfaatkan saja layanan agen property profesional yang daftarnya dapat diketemukan di Mencari Agen Rumah.com.

Mereka tidak cuma menolong transaksi jual beli property Anda, dan juga memandu Anda untuk masalah legalitasnya. Yang butuh diamati, hak punya dapat beralih status sebab beberapa karena. Diantaranya sebab pencabutan hak, diberikan dengan suka-rela oleh pemiliknya, atau sebab ditelantarkan atau bahkan juga hancur.

Hak punya dapat juga hilang bila subyek haknya tidak penuhi ketentuan jadi hak punya atas tanah, contohnya sebab beralih kewarganegaraan atau Hak punya dapat hilang sebab pengalihan hak yang menyebabkan tanahnya beralih pada pihak lain yang tidak penuhi ketentuan hak punya tanah, contohnya diwariskan pada pakar waris yang tidak berkewarganegaraan Indonesia.

Nah, dibanding menyesal di masa datang sebab nyatanya tanah yang Anda menempati belum mempunyai sertifikat hak punya atau tanah warisan dari orangtua telantar sampai pada akhirnya hilang, lebih baik selekasnya check berkas-berkas tanah Anda saat ini , serta rawat dan berdayakan tanah itu dengan sebaik-baiknya.

Pengacara Pertanahan

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai KEUNGGULAN SHM ATAU SERTIFIKAT HAK MILIK bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan KEUNGGULAN SHM ATAU SERTIFIKAT HAK MILIK atau mengalami masalah :

hibah orang tua terhadap anak

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Lukman Azis, SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

Linkedin : Akhmad Fauzi Manpower

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here