Beranda Legalisir / Legalisasi Dokumen Legalisir Kemenlu, Kupas Tuntas Perihal Tata Cara, Jenis Dokumen Legalisir dan Sistematika...

Legalisir Kemenlu, Kupas Tuntas Perihal Tata Cara, Jenis Dokumen Legalisir dan Sistematika Kerjanya!

Legalisir Kemenlu

Legalisir Kemenlu, Kupas Tuntas Perihal Tata Cara, Jenis Dokumen Legalisir dan Sistematika Kerjanya!

Adakah yang sudah pernah mendengar mengenai apa itu legalisir Kemenlu? Atau bahkan Kemenlu itu sendiri. Bagi yang akan pergi ke luar negeri agaknya tidak asing dengan kata Kemenlu. Dimana, Kemenlu sendiri merupakan singkatan dari Kementerian Luar Negeri yang membidangi kepengurusan luar negeri.

Legalisir Dokumen KemenluJadi bagi para WNI yang ingin melakukan kegiatan luar negara biasanya harus melakukan pengurusan legalisir Kemenlu terlebih dahulu. Sehingga tidak serta merta WNI atau warga negara Indonesia bisa keluar masuk keluar negeri tanpa peraturan. Hal ini pun berlaku bagi para WNA atau warga negara asing yang akan masuk ke wilayah NKRI.

Misalnya, WNI yang berkunjung ke luar negeri,tinggal di luar negeri, menikah, mengurus perceraian bahkan akta kematian beda negara perlu ke Kemenlu. Juga bagi para pebisnis yang ingin melebarkan sayap bisnisnya ke luar negeri juga wajib memperhatikan dokumen pada legalisir Kemenlu. Selain beberapa keperluan diatas untuk para pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri juga wajib melakukan legalisir dokumen pada Kemenlu.

Dokumen yang di legalisir Kemenlu ini sendiri memang bertujuan sebagai bentuk validasi para WNI yang akan ke luar negeri. Semacam bukti valid yang sah untuk bisa digunakan beraktifitas di luar negeri tanpa dipermasalahkan oleh pihak imigrasi. Apalagi biasanya orang-orang yang mengajukan legalisir ke Kemenlu ini memerlukan izin tinggal beberapa waktu lamanya.

Nah bagi yang ingin melakukan pengajuan ke Kemenlu namun masih bingung mengenai apa saja dokumen yang bisa dilegalisir disana. Atau bahkan tata cara pendaftarannya yang perlu diperhatikan, besaran biaya yang dikeluarkan atau tata cara pembayarannya jangan khawatir. Lewat ulasan berikut akan dibahas secara tuntas mengenai apa saja yang berkaitan dengan legalisir Kemenlu, apa saja informasinya? Berikut uraiannya.

Mengenal Apa Itu Kemenlu RI

Sebelum jauh membahas mengenai tata cara, dokumen terkait yang bisa dilegalisir, besaran biaya, pentingnya legalisir atau detail lainnya mengenai Kemenlu. Maka alangkah lebih baik untuk mengenal lebih dalam mengenai apa itu Kemenlu sendiri. Sesuai uraian singkat diatas, Kemenlu sendiri merupakan kependekan dari Kementerian Luar Negeri RI yang membidangi kepengurusan luar negeri negara.

Dimana Kemenlu masuk kedalam jajaran tiga kementerian yang tidak dapat dibubarkan paksa oleh presiden sesuai ketentuan UUD RI Tahun 1945. Kemenlu sendiri memiliki beberapa tugas dasar seperti merumuskan, menetapkan dan menjalankan urusan pemerintahan luar negeri. Kemudian bertugas mengelola barang milik atau kekayaan negara juga melakukan pengawasan kerja pada lingkungan Kemenlu.

Fungsi dan tugas dasar diatas sudah diatur resmi dan dianggap valid karena didasarkan pada UUD RI Tahun 1945. Selain beberapa fungsi dasar diatas, Kemenlu sendiri bertugas untuk melakukan legalisasi dokumen terkait kegiatan WNI di luar negeri.  Jadi Kemenlu bertindak sebagai instansi yang bisa memberikan pengesahan dokumen yang berkaitan dengan kegiatan luar negara.

Selain itu Kemenlu sendiri juga membidangi legalisasi dokumen WNA yang akan melakukan kerja dan kegiatan tinggal di dalam Indonesia. Kemenlu merupakan instansi yang bertugas untuk melegalisasi dokumen yang sudah teruji keabsahan isinya. Juga Kemenlu menjadi instansi resmi legalisir dokumen luar negeri yang diakui oleh Negara Indonesia.

Dasar Hukum Kerja Legalisasi Dokumen Kemenlu RI

Menilik pada pengertian, fungsi dasar Kemenlu maka kini untuk lebih memahami mengenai legalisir Kemenlu, mari beranjak pada point selanjutnya. Yaitu pokok bahasan mengenai dasar hukum kerja Kemenlu RI yang didasarkan pada beberapa point peraturan.  Staatsblad 1909 Nomor 291 tentang legalisasi tanda tangan menjadi dasar hukum kerja legalisasi dokumen Kemenlu yang pertama.

Selanjutnya adalah Vienna Convention on Consular Relations tahun 1963 mengenai legalisasi dokumen dan disahkan UU RI No 1 Tahun 1982. Ada juga peraturan Kemenlu nomor 09/A/KP/XII/2006/01 tentang panduan umum tata cara hubungan dan kerjasama luar negeri.  Peraturan yang terakhir ada PP No. 49 Tahun 2016 yang membahas perihal jenis dan tarif penerimaan negara bukan pajak pada Kemenlu.

Dimana berbagai peraturan dan UU diatas sudah diatur dan dibentuk sedemikian rupa untuk selanjutnya dijadikan pedoman kerja legalisasi dokumen Kemenlu. Oleh sebab itu WNI tidak perlu khawatir mengenai keabsahan legalisir dokumen Kemenlu karena sudah dijamin dalam UU. Kinerja yang diterapkannya pun mengenai tata cara legalisasi dokumen juga sudah sesuai dengan UU juga PP yang ada.

Apalagi bagaimana pun ketika akan melakukan kegiatan di luar negeri alias di luar negara Indonesia memang wajib untuk mengurus dokumen ke Kemenlu. Tidak ada lembaga lain atau instansi lain yang bisa memberikan legalisir resmi terkait dokumen kegiatan luar negara selain Kemenlu. Oleh sebab itu jika memang ingin melakukan pengajuan dokumen legalisir Kemenlu agaknya harus menyiapkan dokumen-dokumennya dengan baik.

Perlunya Legalisir Dokumen di Kemenlu RI

Nah setelah mengetahui lebih jauh mengenai Kemenlu bahkan juga mengetahui dasar hukum kerja dari legalisasi dokumen Kemenlu RI sendiri. Selanjutnya mari simak uraian mengenai pentingnya legalisir dokumen di Kemenlu bagi para WNI yang ingin melakukan kegiatan luar negara, sebagai berikut.

1. Sebagai Syarat Jika Ingin Melanjutkan Studi Luar Negeri

Legalisir dokumen menjadi penting ketika akan melakukan kegiatan luar negara seperti untuk melanjutkan studi luar negeri. Mengingat menjadi sangat penting untuk mengurus dokumen luar negeri ke Kemenlu jadi jangan sampai mengabaikannya berbagai tahapannya. Selain ijazah ada beberapa dokumen sipil terkait lainnya yang wajib dilegalisir untuk menunjang pendidikan di luar negeri.

Misalnya saja KK, KTP, Akta Lahir, Bukti Kongkrit Penerimaan Lembaga Pendidikan Negara Tujuan, Terjemahan Asing hingga Lisensi Kemampuan Bahasa Asing. Berbagai dokumen tersebut wajib untuk diajukan guna dilegalisir pada Kemenlu. Dimana standar isi dan keabsahan dokumen legalisirnya harus jelas dan bisa dibuktikan secara hukum.

Keaslian dokumen wajib diperhatikan dikarenakan untuk meminimalisir tindak kejahatan di luar negeri, penipuan atau penyimpangan dokumen yang ada. Apalagi jika tujuan berkunjung ke suatu negara di luar Indonesia adalah untuk melanjutkan pendidikan harus benar-benar teliti dalam kepengurusannya. Dikarenakan berkaitan dengan izin tinggal di suatu negara, sehingga jika butuh detail kebutuhannya bisa berkunjung ke kantor pelayanan terpadu Kemenlu.

Dimana untuk melakukan konsultasi pada pelayanan terpadu Kemenlu untuk alamat dan jam operasionalnya akan dibahas pada beberapa bab dibawah ini. Untuk catatan ketika akan mengajukan konsultasi wajib untuk setidaknya membawa surat keterangan diri dan sipil dasar juga ijazah. Sehingga tidak akan menyulitkan pegawai yang bertugas pada kantor pelayanan terpadu yang dimaksud.

2. Sebagai Syarat Pernikahan Beda Negara

Ketika akan menikah dengan WNA atau warga negara asing maka tentu saja WNI perlu pengurusan dokumen terkait untuk melegalkan pernikahan. Hal ini dikarenakan pernikahan tersebut melibatkan dua negara dan bersifat internasional, sehingga perlu melibatkan legalisasi Kemenlu. Adapun beberapa dokumen yang wajib untuk dilampirkan adalah dokumen sipil WNI seperti KK,KTP, Akta Lahir.

Kemudian wajib juga melampirkan legalisasi Surat Keterangan Belum Menikah dan Perjanjian Pra Nikah. Dimana nantinya dokumen-dokumen tersebut akan divalidasi pada Kemenlu untuk pengurusan legalisasi pernikahan. Seusai menikah pun biasanya mempelai dua negara itu akan mendapatkan Akta Pernikahan, itu juga wajib untuk legalisir di Kemenlu.

Dimana legalisir Kemenlu untuk urusan pernikahan beda negara menjadi sangat krusial dan penting untuk dilakoni bagi pasangan beda negara. Hal ini dikarenakan nantinya jika pasangan beda negara tersebut memiliki anak, maka perlu juga mengurus  Catatan Sipil Kelahiran Anak. Oleh sebab itu bagi yang memiliki pasangan WNA wajib dari sekarang untuk memperhatikan dokumen legalisasi pernikahannya ya!

Jangan sampai nantinya jika tidak mengurus legalisir dokumen pada Kemenlu status pernikahan yang sudah beda negara ini tidak sah dimata hukum. Jika sudah demikian tentu saja akan menyulitkan bagi anak yang lahir dari pernikahan tersebut. Tahapan yang harus dilalui memang cukup memakan waktu namun tentu setimpal jika menilik pada hal positif yang akan didapat.

3. Penunjang Dokumen Bisnis Luar Negeri

Perlunya legalisir dokumen di Kemenlu selanjutnya adalah sebagai penunjang dokumen kerja dan bisnis luar negeri alias yang berskala internasional. Dimana ketika sudah melebarkan sayap bisnis ke luar negeri menjadi sangat penting untuk memiliki dokumen pendukung untuk mendukung operasional bisnis yang ada. Misalnya saja bergerak pada bisnis ekspor dan impor barang maka menjadi perlu untuk melegalisir dokumen Certificate Of Origin.

Dimana dokumen COO itu sendiri didalamnya membidangi beberapa dokumen yang akan menunjukan keterangan mengenai barang ekspor dan impor. Dokumen COO ini menjadi penting agar penerima barang dari Indonesia bisa mengecek kesesuaian dan kelegalan barang yang ada. Selain itu jika berbisnis di luar negeri perlu juga memiliki legalisir Kemenlu untuk dokumen Surat Dagang dalam operasionalnya.

Kemudian jika memang bisnis yang dilakoni bergerak dalam bidang jasa perlu untuk memiliki sertifikat dokumen Bukti Sertifikat Cakap Kerja. Misalnya saja penyedia penyaluran pekerja industri maka wajib memiliki lisensi cakap kerja bidang K3 internasional. Dimana dokumen-dokumen tersebut sendiri wajib dan bisa dilegalisir pada Kemenlu RI.

Dengan melakukan pengajuan legalisir dokumen bisnis pada Kemenlu RI tentu saja itu akan memudahkan kinerja dalam berbisnis skala internasional. Pergerakan bisnis di luar negeri bisa menjadi semakin lancar dan tidak akan dicurigai oleh pihak keimigrasian. Jadi ketika akan mengajukan legalisir dokumen bisnis jangan lupa memberikan bukti keabsahan perusahaan dan dokumen sipil pendirinya ya!

4. Penunjang Dokumen Kunjungan Kerja Luar Negeri

Perlunya legalisir Kemenlu selanjutnya adalah sebagai penunjang dokumen kunjungan kerja luar negeri. Dimana misalnya saja ditugaskan sebagai diplomat bidang kebudayaan yang harus berkunjung ke Yunani maka wajib melegalisir dokumen perjalanan sebelumnya. Hal ini berkaitan sebagai dokumen penjamin untuk kegiatan selama berada dinegara yang dimaksud dan lolos dari masalah keimigrasian negara tujuan.

Selain itu misalnya ditugaskan perusahaan untuk mengunjungi cabang perusahaan di suatu negara atau mengurus kerjasama bisnis luar negeri perlu legalisir dokumen. Hal ini berkaitan sebagai penjamin pihak Kemenlu RI dalam melegalkan seseorang yang cakap dan tidak terlibat kriminalitas ke suatu negara. Selain itu legalisir dokumen untuk kunjungan  kerja menjadi penting untuk melancarkan mobilisasi selama di luar negeri agar tidak terkendala.

5. Pelengkap Syarat Jika Ingin Berlibur Ke Luar Negeri

Pentingnya dan perlunya legalisir Kemenlu selanjutnya adalah berguna untuk pelengkap syarat jika ingin berlibur ke luar negeri. Jika ingin berlibur ke luar negeri selain menyiapkan mental, keuangan dan kesehatan diri juga destinasi tujuan perlu memperhatikan dokumen pelengkapnya. Dimana dokumen pelengkap untuk berlibur ke luar negeri ini sendiri lebih sederhana dibanding beberapa keperluan diatas.

Ketika akan melakukan kunjungan ke luar negeri perlu sekali untuk melegalisir Paspor, Visa, menunjukan bukti tiket perjalanan bahkan booking hotel. Selain itu perlu untuk melegalisir dokumen sipil pribadi untuk menunjang validasi data Kemenlu. Seperti diantaranya adalah KK, KTP, Akta Kelahiran juga dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan untuk lisensi perjalanan.

Legalisir Kemenlu ini untuk pelengkap syarat berlibur ke luar negeri memang perlu diperhatikan tiap detailnya karena berkaitan dengan kenyamanan perjalanan. Tidak ingin bukan perjalanan liburan menjadi terganggu karena adanya kendala validasi dokumen dan malah harus terhalang imigrasi. Oleh sebab itu ada baiknya untuk jauh-jauh hari sebelum merencanakan berlibur untuk segera mengurus legalisir Kemenlu untuk dokumen perjalanannya!

6. Pelengkap Syarat Kunjungan Keluarga di Luar Negeri

Jika memiliki keluarga atau kerabat yang berada di luar negeri dan ingin melakukan kunjungan keluarga bisa lho melegalisir dokumen di Kemenlu. Memang meski terkesan simple dan sederhana, namun ketika akan melakukan kunjungan keluarga bahkan untuk menginap beberapa waktu perlu pengurusan. Sehingga tidak bisa sembarangan saja misalnya WNI yang ingin mengunjungi keluarganya di suatu negara asal bepergian saja.

Hal ini dikarenakan pihak negara Indonesia wajib memastikan bahwa pengunjung yang akan datang ke suatu negara itu tidak memiliki permasalahan kriminal. Kemudian wajib jelas memberikan keterangan pula mengenai detail keluarga yang akan dikunjungi di suatu negara untuk divalidasi. Jika akan melakukan pengajuan dokumen kunjungan keluarga luar negeri perlu mempersiapkan dokumen sipil diri.

Seperti KK,KTP, Akta Kelahiran, bukti sipil yang bisa menunjang legalisir juga bukti keberadaan keluarga yang akan dikunjungi pada suatu negara.  Dokumen kunjungan ini nilainya seperti surat jalan yang sah dimata hukum. Sehingga untuk membuat perjalanan kunjungan keluarga menjadi lebih menyenangkan dan aman segera lakukan legalisir Kemenlu untuk dokumen tersebut ya!

7. Sebagai Syarat Pengajuan Izin Tinggal di Luar Negeri

Bagi seseorang yang ingin tinggal di luar negeri misalnya saja berkenaan dengan kegiatan bisnis, ikut suami atau istri atau bahkan karena pendidikan. Perlu sekali untuk melakukan legalisir Kemenlu terhadap dokumen-dokumen terkait untuk menunjang izin tinggalnya. Hal ini sudah tidak bisa diganggu gugat lagi dikarenakan WNI yang tinggal di luar negeri wajib menunjukan identitas diri yang sah.

Identitas diri yang sah dan bukti legalitas izin tinggal yang dikeluarkan Kemenlu RI akan menguatkan status WNI tersebut dimata hukum. Sewaktu-waktu jika ada pengecekan dari negara tempatnya menetap atau dari pihak keimigrasian tentu saja tidak akan menimbulkan permasalahan. Nah untuk mengajukan izin tinggal di luar negeri ini sendiri memang harus melewati beberapa tahapan yang harus dilalui.

Termasuk harus melampirkan dokumen sipil yang menunjukan keabsahan diri seperti kepemilikan bukti KK, KTP, Surat Keterangan Alasan Tinggal Di luar negeri. Kemudian wajib memiliki Paspor,Visa, Bukti Penjamin Selama Di luar negeri. Dokumen-dokumen tersebut nantinya harus diajukan pada Kemenlu untuk kemudian divalidasi keasliannya.

Jika misalnya izin tinggal dikarenakan urusan kerja wajib juga untuk memberikan keterangan perusahaan yang menyokong kehidupan di luar negeri. Jika untuk melanjutkan pendidikan maka harus bisa melampirkan bukti penerimaan atau bukti valid sebagai mahasiswa/i pada lembaga pendidikan terkait. Meski terkesan agak rumit dan memiliki banyak tahapan namun jangan khawatir karena Kemenlu akan membimbing proses legalisir dengan sebaik-baiknya.

8. Sebagai Syarat Legalisir Dokumen Sipil Anak Pernikahan Beda Negara

Jika seorang WNI atau warga negara Indonesia melakukan pernikahan dengan pasangan beda negara dan memiliki anak dari hasil pernikahannya. Maka perlu untuk si anak mendapatkan legalisir dokumen sipil anak atau lapor kelahiran anak di KBRI dari pernikahan beda negara tersebut. Pengurusan dokumen itu sendiri bisa dilakukan dengan tahapan melalui Kemenlu RI.

Untuk bisa mengurus legalisir dokumen sipil anak dari pernikahan beda negara ini sendiri memerlukan dokumen pendukung dari orangtua. Misalnya saja dokumen sipil seperti KK,KTP, Akta Pernikahan dan bukti sipil dari orangtua juga bukti kelahiran anak. Untuk kemudian dokumen-dokumen tersebut diproses melalui beberapa tahap verifikasi termasuk mencocokan dengan data akta anak.

Proses ini membutuhkan waktu yang cukup panjang sebelum nantinya terbit bukti legalisir dokumen sipil bukti kelahiran anak atau Akta Kelahiran. Ketika mengajukan bukti akta ini agaknya perlu berhati-hati mengenai lampiran nama anak dan orangtua pemohon legalisir. Jika ada pengisian data yang salah atau tidak valid, jelas Kemenlu RI tidak akan melakukan validasi dokumen yang diajukan.

9. Penunjang Pengajuan SIM Internasional

Untuk pekerja luar negeri atau WNI  yang sudah memiliki izin menetap di luar negeri, ingin legalisir sim lokal atau memiliki sim internasional bisa ke Korlantas Polri. Dimana pengurusan dokumen sim internasional bisa dilakukan oleh Kemenlu dengan tetap memperhatikan syarat yang berlaku. Penerbitan sim internasional ini sendiri menjadi sangat penting untuk dimiliki bagi yang lama menetap di luar negeri.

Hal ini dikarenakan kegiatan kerja misalnya atau kegiatan berkendara di luar negeri akan lebih terjamin dan dilindungi hukum. Jika di Indonesia sendiri kepemilikan SIM bisa membuat seorang pengendara bebas dari yang namanya aksi penilangan oleh polisi. Jadi jika ingin mengajukan sim internasional bisa saja melakukan kepengurusan ke Kemenlu dengan tetap melampirkan dokumen sipil dasar.

Seperti halnya KK,KTP, Akta Kelahiran, Bukti Kemampuan Cakap Berkendara, Keperluan Penerbitan SIM dan dokumen pendukung lainnya. Dimana kemudian dokumen-dokumen tersebut ditujukan pada kemenkumham dan diteruskan pada Kemenlu melalui tahapan yang sudah ditetapkan. Jika sudah mendapat persetujuan, bisa segera melakukan pembayaran dan menunggu penerbitan SIM internasional untuk bisa digunakan dengan bertanggung jawab.

10. Pelengkap Syarat Pembuatan Surat Keterangan Kelakuan Baik

Bagi para pekerja atau mahasiswa yang tinggal di luar negeri yang mungkin membutuhkan surat keterangan kelakuan baik agaknya bisa ke Kemenlu. Dimana surat keterangan kelakuan baik ini sendiri jika di Indonesia sendiri sama dengan SKCK dan menjadi penting untuk dimiliki. Kepemilikan surat keterangan ini sendiri bertujuan untuk menunjukan identitas bahwa WNI yang berada di suatu negara tidak bertindak kriminal.

Selain itu jika mengurus surat ini pada Kemenlu bisa memberikan bukti bahwa WNI yang mengajukan legalisasi ini berkelakuan baik. Alias tidak pernah terlibat tindak kriminal, kejahatan atau pernah menjadi narapidana suatu permasalahan. Sehingga jika memang  WNI itu mengajukan diri untuk melamar pekerjaan atau studi lanjutan sudah dijamin tidak memiliki permasalahan kriminal.

Namun perlu diperhatikan ketika mengajukan surat keterangan kelakuan baik ini sendiri memang harus dibuktikan bahwa tidak terlibat kriminalitas apapun. Dibuktikan dengan bukti dari lembaga kepolisian terkait, surat pengantar desa, kelurahan, kota juga harus melampirkan dokumen sipil yang aktif statusnya. Jika dirasa memenuhi syarat maka pengajuan legalisir Kemenlu untuk surat keterangan kelakuan baik ini akan diberikan, namun jika tidak dirasa valid tentu akan ditolak.

11. Penunjang Pengajuan Surat Kuasa Untuk Keperluan Penting

Nah perlunya legalisir Kemenlu yang terakhir dalam uraian pembahasan ini adalah sebagai penunjang pengajuan surat kuasa untuk keperluan penting. Jadi bagi yang mungkin berhalangan hadir mengurus akta perceraian, akta kematian, atau dokumen lainnya bisa membuat surat kuasa. Dimana surat kuasa ini kemudian ditandatangani instansi terkait yaitu Kemenlu untuk dapat digunakan dalam keperluan di luar Indonesia.

Namun perlu juga dijadikan perhatian bahwa surat kuasa ini harus dilengkapi juga dengan data sipil dari pemberi surat kuasa dan penerima kuasa. Seperti harus adanya kepemilikan KK, KTP,Akta Kelahiran, Bukti Penunjang Sipil bahkan Bukti Bermaterai pemberian kuasa. Hal ini berkaitan untuk meminimalisir penipuan atau tindak kejahatan yang mungkin terjadi dan dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Mengingat pentingnya sekali kegunaan dari legalisir Kemenlu untuk surat kuasa WNI di luar negara maka perlu menyiapkan dokumen terkaitnya dengan baik. Oleh sebab itu perlu menjadikan perhatian mengenai keaslian dan lisensi hukum atas dokumen-dokumen yang disiapkan untuk mendukung legalisasi Kemenlu. Jangan sampai keperluan kuasa untuk kerja, penangguhan pendidikan, masalah keluarga atau kunjungan lainnya ke luar negeri menjadi terkendala ya!

Biaya Legalisir Dokumen Pada Kemenlu RI

Mengingat ada banyak sekali ternyata dokumen yang bisa dilegalisir pada Kemenlu, maka agaknya perlu juga mengetahui besaran biaya kepengurusannya bukan. Hal ini menjadi penting untuk para calon pengunjung Kemenlu untuk mempersiapkan dana sesuai dengan yang dibebankan. Dimana ternyata untuk beban biaya legalisir dokumen di Kemenlu sendiri sangat murah, yaitu hanya Rp. 25.000,- per-dokumen legalisir.

Misalnya ingin melegalisir 5 dokumen terkait untuk pengurusan pernikahan beda negara yaitu KTP, KK, Akta, SKBM dan bukti perjanjian pra-nikah. Maka perlu untuk mengeluarkan beban biaya sebesar Rp. 125.000,- karena Rp. 25.000,- dikalikan 5 dokumen. Dan biaya ini berlaku kelipatan sesuai dengan banyaknya dokumen yang ingin di legalisir Kemenlu.

Namun meski berlaku kelipatan untuk nominal beban biaya yang harus dibayarkan agaknya tidak terlalu menguras kantong bukan. Meski untuk legalisirnya sendiri memang memerlukan berbagai pertimbangan dan tahapan yang harus dilalui. Dan ulasan mengenai tata cara legalisir Kemenlu akan dibahas pada bab uraian berikutnya, mari simak kembali.

Tata Cara Pembayaran Biaya Legalisir Kemenlu RI

Setelah mengetahui mengenai jumlah beban biaya yang harus ditanggung ketika melegalisir dokumen di Kemenlu pada bagian pembahasan di atas. Maka kini agaknya perlu untuk memahami tata cara pembayaran biaya legalisir Kemenlu RI yang wajib dilakukan mandiri, sebagai berikut.

1. Pilih Bank Untuk Sarana Pembayaran

Ada banyak sekali jenis bank yang menerima layanan untuk pembayaran dari legalisir dokumen di Kemenlu RI. Misalnya BCA, BRI, BNI, MANDIRI dan bank-bank lainnya yang bekerjasama dengan Kemenlu. Misalnya kasusnya disini ingin membayar dengan bank Mandiri maka pilih sarana pembayaran via bank Mandiri.

2. Masuk Ke Menu Bayar / Beli

Jika sudah memilih bank terkait untuk melakukan pembayaran. Langkah selanjutnya adalah masuk ke menu pembayaran pada tab utama. Pada menu utama nanti akan nampak pilihan Bayar atau Beli, maka  klik keterangan menu Bayar.

3. Memilih Penerimaan Negara

Jika sudah masuk ke menu bayar klik penerimaan negara. Namun untuk penerimaan negara tidak perlu diisi. Alias hanya perlu dilewati dan klik lainnya untuk masuk ke kode perusahaan.

4. Memasukan Kode Perusahaan / Institusi

Cara pembayaran selanjutnya adalah dengan memasukan kode perusahaan atau institusi Kemenlu. Dengan kode 88829 kemudian pilih benar.  Untuk kemudian masuk ke tahapan pembayaran selanjutnya.

5. Memilih Legalisasi Kemlu Nomor Referensi

Kemudian nanti akan dihadapkan pada bagian legalisasi kemlu nomor referensi. Pada bagian ini tidak perlu diisi dan klik benar saja. Untuk kemudian masuk pada tahap nominal tagihan atau pembayaran.

6. Masukan Nominal Pembayaran

Langkah selanjutnya dengan memasukan nominal pembayaran sesuai keterangan. Misalnya saja melegalisir dua dokumen maka dibebankan Rp. 50.000,-. Ketika nominal pembayaran kemudian pilih bagian benar untuk mengkonfirmasi pembayaran.

7. Pilih Ok dan Menyelesaikan Transaksi

Tahap dan langkah terakhir dengan pilih ok pada menu transaksi. Jika sudah selesai maka konfirmasi pembayaran dengan klik keterangan benar. Maka otomatis transaksi akan dianggap sudah selesai dan uang sudah masuk ke Kemenlu untuk segera diproses.

Jam Layanan Legalisir Di Kemenlu RI

Ketika akan datang berkunjung ke kantor pelayanan terpadu guna legalisir Kemenlu tentu saja tidak bisa datang dengan serampangan dan sembarangan bukan. Perlu untuk memahami dan mematuhi jam layanan operasional yang dibuat oleh Kemenlu RI itu sendiri. Hal ini berkaitan untuk memudahkan kinerja pegawai Kemenlu dalam melakukan pengurusan dokumen para calon pengaju dokumen legalisir.

Nah jadi bagi yang ingin datang berkunjung ke kantor layanan terpadu Kemenlu perlu memperhatikan jadwal berikut. Waktu pelayanannya dibuka pada jam kerja yaitu hanya pada hari senin sampai dengan jumat dan weekend tutup. Kemudian untuk jadwal pelayanan hari senin sampai kamis adalah pukul 08.30-12.00 siang dan buka kembali pada 13.00-16.00 WIB.

Jadwal tersebut berbeda dengan jam layanan legalisir pada hari jumat yang tutup agak lebih lama dari hari sebelumnya. Untuk pelayanan jam operasional hari jumat adalah dimulai pada 08.30-12.00 siang dan buka kembali pada 13.30-16.30 WIB. Nah bagi yang akan datang berkunjung apalagi dari luar Ibu Kota Jakarta agaknya harus memperhatikan jam layanan tersebut.

Lokasi Kantor Layanan Terpadu Kemenlu RI

Setelah membahas beberapa sub ulasan diatas, maka kini agaknya perlu juga untuk memahami dimana sebenarnya lokasi layanan Kemenlu RI berada. Sehingga nantinya bagi calon pengaju dokumen legalisir Kemenlu tidak akan bingung jika sewaktu-waktu dituntut untuk datang ke kantornya langsung. Apalagi bagi yang berada di luar daerah menjadi sangat penting sekali lho untuk mengetahui lokasi kantor layanan Kemenlu RI berada.

Nah untuk kantor layanan pusat terpadu Kemenlu RI sendiri berada di DKI Jakarta dan lebih merujuknya pada kawasan pusat Jakarta. Kementerian Luar Negeri Lt.3, Jl. Taman Pejambon Nomor 6, Senen, RT. 09/RW. 05, kecamatan Senen, Kota Jakpus, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110. Itulah diatas adalah lokasi kantor terpadu untuk pelayanan Kemenlu yang bisa didatangi pada jam kerja terkait.

Pastikan ketika datang ke kantor pelayanan terpadu ini untuk tetap bersikap sopan dan mengenakan pakaian yang rapi. Selanjutnya tidak membawa benda-benda yang dilarang, mengganggu ketertiban kerja kantor dan mematuhi jam layanan yang diberlakukan. Hal semacam itu perlu diperhatikan semata-mata untuk memudahkan calon pemohon legalisir dokumen untuk dimudahkan dalam pelayanannya juga memberikan kenyamanan kerja pegawainya.

Akibat yang Ditimbulkan Bila Tidak Melakukan Legalisasi Kemenlu

Mengingat pentingnya legalisir Kemenlu bagi yang ingin melakukan berbagai kegiatan luar negara maka ada akibat yang ditimbulkan jika tidak melakukannya. Tentu saja yang pertama adalah tidak akan validnya dokumen pemilik untuk bisa melakukan kunjungan keluar negeri selain Indonesia. Sehingga jika tidak memiliki dokumen yang valid seperti ini maka tentu saja akan mengalami masalah dengan pihak imigrasi luar negeri.

Selain itu tidak mungkin bisa melakukan penerbangan keluar negeri dan menghambat urusan kerja, pendidikan atau pernikahan jika dokumen tidak terlegalisir. Malah bisa-bisa jika dokumen yang dibutuhkan tidak dilegalisir dengan baik dari Kemenlu RI maka bisa saja menggagalkan kegiatan yang direncanakan. Jika memaksa melakukan kegiatan tanpa legalisasi dokumen tidak akan berguna apapun karena dianggap ilegal dan itu memberatkan secara hukum.

Mengingat pentingnya legalisir Kemenlu dalam melegalisasi dokumen yang dibutuhkan oleh sebab itu lebih baik untuk mempersiapkannya dengan baik. Apalagi jika menilik pada beban biaya yang dihadapkan, tidak begitu besar dan tergolong murah. Meski memang perlu untuk melakukan tahapan-tahapan dan menguras tenaga juga waktu, namun itu worth it untuk keamanan di luar negeri.

Cara dan Tahapan Legalisir Dokumen di Kemenlu RI

Nah setelah mengetahui berbagai uraian mengenai pengenalan Kemenlu lebih dalam, dasar hukum kerja Kemenlu, pentingnya legalisir Kemenlu. Kemudian dokumen apa saja yang bisa dilegalisir, biaya bahkan jam pelayananan maka berikut akan diulas mengenai tata cara legalisir dokumennya.

1. Menyiapkan Dokumen Terkait yang Akan Dilegalisir

Untuk tahapan dan cara legalisir Kemenlu yang pertama adalah menyiapkan dokumen terkait yang akan dilegalisir di kementerian luar negeri RI. Misalnya saja kasusnya ingin melakukan pengajuan tinggal guna melanjutkan pendidikan,maka perlu menyerahkan dokumen terkait pendidikan. Misalnya saja KK, KTP, Akta Kelahiran, Ijazah, Bukti Lembaga Pendidikan Negara Tujuan, Bukti Kemampuan Bahasa Asing dan lain-lainnya.

Dimana dokumen yang disiapkan tersebut nantinya bisa diproses dan diajukan pada Kemenlu. Meski perlu diperhatikan bahwa antar keperluan kegiatan luar negeri masing-masing jenis dokumennya akan berbeda. Misalnya saja antara pengajuan studi lanjutan ke luar negeri akan berbeda dengan pengajuan dokumen pernikahan atau bahkan sertifikasi kerja.

Oleh sebab itu menjadi sangat penting untuk memperhatikan masing-masing dokumen yang akan dilegalisir sesuai kebutuhan. Meski pada dasarnya sangat perlu untuk menyiapkan dokumen sipil dasar seperti KK,KTP dan Akta Kelahiran sebagai dokumen wajib. Kemudian dokumen lainnya dapat disesuaikan dan diperhatikan berdasarkan jenis kebutuhannya dan jangan lupa untuk meneliti keasliannya ya!

2. Download Aplikasi Legalisasi Kemenlu Pada Play Store

Dewasa ini karena modernisasi dan teknologi sudah semakin canggih maka pengurusan dokumen legalisir Kemenlu saja sudah menggunakan aplikasi. Dimana untuk bisa mengajukan permohonan legalisir dan pengiriman dokumen terkait untuk dilegalisir perlu mendownload aplikasinya di play store. Jadi untuk pengguna IOS sendiri memang belum bisa mendownload aplikasi ini, jadi diharapkan jika ingin mengajukan gunakan hp jenis android.

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah dengan install aplikasi Kemenlu pada playstore yang bernama Legalisasi DokumenJika  sudah berhasil terdownload maka langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke dalam aplikasi terkait. Klik bagian keterangan belum punya akun, kemudian masukan email terkait yang aktif untuk digunakan.

Selanjutnya adalah masukan password dan  login kembali pada akun yang sudah dibuat dengan memasukan email serta password yang ada. Kemudian klik pada bagian masuk, jika kata sandi dan email benar maka akun pengajuan Kemenlu akan menampilkan bagian utama pengajuan. Dimana untuk selanjutnya tinggal masuk pada bagian upload dokumen, sesuai dengan dokumen yang akan dilegalisir.

3. Melakukan Pendaftaran Online Melalui Aplikasi

Nah jika sudah berhasil mendownload dan membuat akun terkait maka langkah legalisir Kemenlu selanjutnya adalah dengan melakukan pendaftaran online. Pada bagian ini tahapannya adalah dengan mengisi data pribadi akun yang dibutuhkan dan melakukan verifikasi email jika dibutuhkan. Kemudian membuat pengajuan legalisasi dokumen dengan melampirkan dokumen terkait yang dibutuhkan untuk dilegalisir.

Setelah melakukan pendaftaran dan pengajuan online semacam ini nantinya pihak Kemenlu bisa merekap data masing-masing pengaju sehingga lebih praktis. Hal semacam ini dirasa lebih mudah dibandingkan dengan pengajuan langsung ke Kemenlu yang akan memakan waktu dan biaya. Pengajuan online ini jelas memudahkan para pengaju dokumen legalisir Kemenlu yang berada di luar kota Jakarta untuk menghemat waktu dan biaya.

4. Mengupload Dokumen yang Sudah Di Approve Kemenkumham

Untuk tata cara upload dokumen yang sudah di approve kemenkumham tidak terlalu sulit, meski ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebagai berikut. Untuk yang pertama adalah wajib masuk ke aplikasi legalisasi Kemenlu yang sudah didownload melalui play store. Jika sudah maka masuk ke bagian tab menu dan klik bagian buat permohonan dan masuk ke bagian daftar upload dokumen.

Jika sudah masuk ke menu yang dimaksud diatas maka langkah selanjutnya adalah klik bagian keterangan tambah foto juga klik bagian kanan untuk pilih dokumen.  Dimana pada bagian pilih dokumen disana akan tertera berbagai jenis dokumen yang bisa dilegalisir oleh Kemenlu. Misalnya seperti KK, KTP, Akta, Surat Keterangan, Ijazah, Surat Kuasa dan berbagai jenis dokumen sesuai yang sudah dijabarkan diatas.

Untuk kemudian langkah selanjutnya adalah memilih dokumen yang memang ingin untuk dilegalisir misalnya saja Ijazah dan tambahkan dokumen. Klik bagian panah kanan untuk menambahkan foto terkait atau dokumen scan yang ada untuk kemudian klik ok. Setelah memastikan dokumen yang diupload sudah jelas maka selanjutnya adalah masuk pada bagian keterangan dokumen.

Kemudian pastikan untuk mengisi keterangan foto atau dokumen  yang diupload meliputi nomor pengesahan dari stiker kemenhukam. Kemudian isilah bagian nama pengesah dari nama pengesah pada stiker kemenkumham. Selanjutnya isi instansi atau lembaga dan isi bagian keterangan dokumen misalnya dokumen bolak-balik atau keterangan tertentu.

Kemudian klik tanda panah kanan dibagian kanan atas dan buat tanda tangan  melalui tanda check mark dan klik contreng pada kanan atas. Pastikan juga untuk mengisi bagian kolom pertanggungjawaban dimana data yang diajukan sudah benar, kemudian klik upload. Langkah penguploadan ini membutuhkan koneksi internet yang stabil agar nantinya internet tidak terputus dan proses pengisian dimulai dari awal.

5. Menunggu Verifikasi yang Akan Masuk Ke Handphone

Tata cara pengurusan legalisir dokumen Kemenlu selanjutnya adalah setelah mengupload dokumen adalah menunggu verifikasi yang ada. Proses verifikasi sendiri biasanya tidak akan memakan waktu yang cukup lama dimana biasanya paling cepat adalah 30 menit. Meski bisa saja menunggu proses verifikasi sampai maksimal 1×24 jam.

Dimana proses verifikasi ini akan menjadi penentu apakah dokumen yang diajukan akan diterima atau bahkan ditolak untuk dilegalisir oleh Kemenlu. Jadi cukup mendebarkan sekali untuk menunggu proses verifikasi ini, dimana biasanya akan muncul pemberitahuan DITOLAK atau DITERIMA.

Jika misalnya saja dokumen yang diajukan ternyata mendapat balasan bahwa diterima maka calon pemohon legalisir bisa masuk ke tahap berikutnya yaitu pembayaran. Namun jika memang ternyata ketika muncul notifikasi adalah DITOLAK maka perlu untuk menganalisa permasalahan penolakannya.

Biasanya yang paling mendasar mengapa dokumen ditolak adalah dikarenakan dokumen yang dikirim tidak jelas. Kemudian masukkan nama pengesah pada dokumen, bukan pada stiker kemenkumham.

Kemudian kendala lain dokumen ditolak biasanya juga dikarenakan bukti scan atau foto dokumen kurang jelas atau blur. Oleh sebab itu pastikan untuk memberikan kualitas foto atau dokumen yang baik, nama dalam dokumen jaman sampai blur. Sebaiknya juga untuk foto stiker dari kemenkumham dibuat terpisah dengan data yang lain agar memudahkan proses verifikasi dokumen yang ada.

6. Melakukan Pembayaran dan Tunggu Notifikasi Lanjutan

Langkah dan tata cara selanjutnya dalam legalisir Kemenlu yang wajib untuk dijadikan perhatian adalah melakukan pembayaran sesuai nominal yang dibebankan. Dimana untuk masing-masing biaya dokumen yang harus dilegalisir pada Kemenlu adalah Rp. 25.000,- seperti yang sudah disinggung pada poin diatas.

Jika akan melegalisir dokumen lebih dari satu dokumen maka perlu untuk melipat gandakan biaya sesuai dengan jumlah dokumen. Semakin banyak dokumen yang dilegalisir maka akan semakin banyak jumlah nominal beban pembayaran yang perlu dibayarkan.

Dimana untuk pembayarannya sendiri bisa dilakukan melalui berbagai Bank terkait. Setelah melakukan pembayaran sejumlah dana tertentu maka langkah selanjutnya adalah mengirimkan bukti pembayaran pada pihak Kemenlu.

Setelah mengirimkan bukti pembayaran sesuai dengan jumlah dokumen yang akan dilegalisir maka langkah  selanjutnya adalah menunggu verifikasi. Dimana pihak Kemenlu nantinya akan melakukan pencocokan data dan jumlah pembayaran yang sudah dilakukan. Untuk kemudian nantinya mengirimkan notifikasi lanjutan perihal pengambilan dokumen yang sudah dilegalisir oleh Kemenlu secara langsung.

7. Mengambil Dokumen Legalisir di Kemenlu

Jika sudah melalui serangkaian tahapan diatas maka langkah selanjutnya dan menjadi tahapan terakhir adalah dengan mengambil dokumen legalisir secara langsung. Pengambilan ini dilakukan secara langsung pada kantor pusat Kemenlu RI yang ada di Jakarta sesuai dengan jam kerja yang ada.

Dimana biasanya ketika akan melakukan pengambilan dokumen legalisir Kemenlu akan diberikan angka urut pengambilan dan jam pengambilan. Yang biasanya sendiri keterangan tersebut akan diberikan berbarengan dengan adanya notifikasi pasca pembayaran yang akan dikirim via smartphone masing-masing.

Mengingat tata cara pengambilannya secara langsung ke kantor Kemenlu terkait maka akan lebih baik untuk menggunakan pakaian sopan formal. Selain itu datang tepat waktu sesuai dengan prosedur yang ada agar tidak mengganggu jalannya kinerja pegawai Kemenlu.

Namun agaknya memang pengambilan langsung ke kantor Kemenlu yang berada di Jakarta ini agaknya akan cukup menyita waktu yang berada di luar kota. Hal ini dikarenakan memang Kemenlu tidak mengisyaratkan pengambilan dokumen legalisirnya untuk diturunkan pada kantor pemerintah daerah. Sehingga bagi yang ingin melakukan pengurusan legalisir dokumen luar negeri memang harus menyiapkan diri dan waktu untuk mengunjungi ibu kota.

Nah itulah diatas merupakan uraian kupas tuntas mengenai pembahasan legalisir Kemenlu yang sangat membantu bukan? dan bisa dijadikan untuk menambah informasi.

Dimana diatas sudah dijelaskan secara detail mengenai lembaga Kemenlu,dasar hukum kerjanya, tata cara legalisir dokumen pada Kemenlu RI.  Pembahasan dokumen apa saja yang bisa dilegalisir, biaya legalisir, keuntungan melakukan legalisir hingga tata cara pembayaran dan jam buka pelayanannya.

Produk Layanan PT Jangkar Global Groups :

Jasa Penerjemah Tersumpah :

  1. Penerjemah Tersumpah Arab
  2. Penerjemah Tersumpah Australia
  3. Penerjemah Tersumpah Austria
  4. Penerjemah Tersumpah Argentina
  5. Penerjemah Tersumpah Algeria
  6. Penerjemah Tersumpah Afganistan
  7. Penerjemah Tersumpah Belanda
  8. Penerjemah Tersumpah Bahrain
  9. Penerjemah Tersumpah Bulgaria
  10. Penerjemah Tersumpah Brazil
  11. Penerjemah Tersumpah Bosnia
  12. Penerjemah Tersumpah Bangladesh
  13. Penerjemah Tersumpah Belgia
  14. Penerjemah Tersumpah Colombia
  15. Penerjemah Tersumpah China
  16. Penerjemah Tersumpah Dominique
  17. Penerjemah Tersumpah English
  18. Penerjemah Tersumpah Egypth
  19. Penerjemah Tersumpah Ecuador
  20. Penerjemah Tersumpah Hungaria
  21. Penerjemah Tersumpah Italia
  22. Penerjemah Tersumpah Irlandia
  23. Penerjemah Tersumpah Irak
  24. Penerjemah Tersumpah India
  25. Penerjemah Tersumpah Iran
  26. Penerjemah Tersumpah Jepang
  27. Penerjemah Tersumpah Jerman
  28. Penerjemah Tersumpah Kuwait
  29. Penerjemah Tersumpah Kazhakstan
  30. Penerjemah Tersumpah Korea
  31. Penerjemah Tersumpah Libanon
  32. Penerjemah Tersumpah lithuania
  33. Penerjemah Tersumpah Mandarin
  34. Penerjemah Tersumpah Polandia
  35. Penerjemah Tersumpah Philipina
  36. Penerjemah Tersumpah Peru
  37. Penerjemah Tersumpah Panama
  38. Penerjemah Tersumpah Pakistan
  39. Penerjemah Tersumpah Qatar
  40. Penerjemah Tersumpah Rusia
  41. Penerjemah Tersumpah Rumania / Romania
  42. Penerjemah Tersumpah Spanyol
  43. Penerjemah Tersumpah Taiwan
  44. Penerjemah Tersumpah Turki
  45. Penerjemah Tersumpah Vietnam
  46. Penerjemah Tersumpah Zimbabwe

Biro Jasa Legalisir Dokumen :

  1. Legalisir Di Notaris
  2. Legalisir Dokumen Kemenag
  3. Legalisir Dokumen Kemenlu
  4. Legalisir Dokumen Kemenkumham
  5. Legalisir Dokumen Dikti
  6. Legalisir Di kedutaan UAE
  7. Legalisir di kedutaan Kuwait
  8. Legalisir di kedutaan Kazakhstan
  9. Legalisir di Kedutaan Australia
  10. Legalisir di Kedutaan Afrika Selatan
  11. Legalisir di Kedutaan aljazair
  12. Legalisir di kedutaan Austria
  13. Legalisir di Kedutaan Argentina
  14. Legalisir di Kedutaan Bahrain
  15. Legalisir di Kedutaan Bangladesh
  16. Legalisir di Kedutaan Brazil
  17. Legalisir di Kedutaan Bulgaria
  18. Legalisir Kedutaan Ceko
  19. Legalisir Kedutaan Canada
  20. Legalisir Kedutaan China
  21. Legalisir Kedutaan Denmark
  22. Legalisir kedutaan Ecuador
  23. Legalisir Kedutaan Hungary
  24. Legalisir Kedutaan India
  25. Legalisir Kedutaan Italia
  26. Legalisir Kedutaan Jerman
  27. Legalisir Kedutaan Jepang
  28. Legalisir Kedutaan Korea Selatan
  29. Legalisir Kedutaan Kroasia
  30. Legalisir Kedutaan Laos
  31. Legalisir Kedutaan Kamboja
  32. Legalisir Kedutaan Arab Saudi
  33. Legalisir Kedutaan Qatar
  34. Legalisir Kedutaan Brunei Darussalam
  35. Legalisir Kedutaan Belanda
  36. Legalisir kedutaan Belgia
  37. Legalisir Kedutaan Bolivia
  38. Legalisir Kedutaan Chille
  39. Legalisir Kedutaan Colombia
  40. Legalisir di Kedutaan Filipina
  41. Legalisir di Kedutaan Finlandia
  42. Legalisir di Kedutaan Iran
  43. Legalisir di Kedutaan Iraq
  44. Legalisir di Kedutaan Jordania
  45. Legalisir di Kedutaan Lebanon
  46. Legalisir di Kedutaan Maroko
  47. Legalisir di kedutaan malaysia
  48. Legalisir di Kedutaan mesir
  49. Legalisir di Kedutaan Mongolia
  50. Legalisir di Kedutaan Nigeria
  51. Legalisir di Kedutaan Oman
  52. Legalisir di Kedutaan Polandia
  53. Legalisir di Kedutaan Paraguay
  54. Legalisir di Kedutaan Peru
  55. Legalisir di Kedutaan Rumania
  56. Legalisir di Kedutaan Serbia
  57. Legalisir Kedutaan Srilanka
  58. Legalisir Kedutaan Swedia
  59. Legalisir Kedutaan Suriname
  60. Legalisir Kedutaan Tunisia
  61. Legalisir Kedutaan Turki
  62. Legalisir Kedutaan Taiwan
  63. Legalisir Kedutaan Uruguay
  64. Legalisir Kedutaan Ukraina
  65. Legalisir Kedutaan Uzbekistan
  66. Legalisir Kedutaan Venezuela
  67. Legalisir kedutaan vietnam
  68. Legalisir Kedutaan vatikan
  69. Legalisir Kedutaan Yaman
  70. Legalisir Kedutaan Zimbabwe

Biro jasa keimigrasian

PT Jangkar Global Groups juga mengurus jasa urus visa turisjasa urus visa bisnis jasa urus visa kerjajasa urus visa belajarjasa urus visa family . jasa urus visa pelautjasa urus visa transitjasa urus visa sosial budayajasa urus alih status visajasa urus kitasjasa urus kitap . jasa urus rptkajasa urus imtajasa urus telex visajasa kitas lansiajasa kitas pengajar agama . jasa urus dokumen expatriate/tenaga kerja asingjasa cabut blacklist warga negara asing , medical gamca dan jasa perpanjangan visa.

Jenis Pelayanan Jasa Urus Visa seperti :

Biro jasa visa Schengen , biro jasa visa afghanisthan , biro jasa visa algeriabiro jasa visa argentinabiro jasa visa australia . Biro jasa visa austria , biro jasa visa bangladeshbiro jasa visa belgiabiro jasa visa bosnia , biro jasa visa brazil . Biro jasa visa brunai darussalambiro jasa visa bulgariabiro jasa visa bahrainbiro jasa visa belanda . Biro jasa visa cambodiabiro jasa visa canadabiro jasa visa chilebiro jasa visa china . Biro jasa visa colombia, biro jasa visa croatiabiro jasa visa cuba .

Biro jasa visa cekobiro jasa visa costarikabiro jasa visa denmarkbiro jasa visa dominiquebiro jasa visa ecuador . Biro jasa visa eghyptbiro jasa visa finlandbiro jasa visa prancisbiro jasa visa hungaria . Biro jasa visa india, biro jasa visa iranbiro jasa visa iraqbiro jasa visa irlandia . Biro jasa visa italybiro jasa visa jepangbiro jasa visa jordaniabiro jasa visa kazaksthanbiro jasa visa korea . Biro jasa visa kuwaitbiro jasa visa libanonbiro jasa visa libyabiro jasa visa lithuania .

Biro jasa Pembuatan visa

Biro jasa visa malaysiabiro jasa visa malibiro jasa visa maltabiro jasa visa marshall islandbiro jasa visa mexico Biro jasa visa maroccobiro jasa visa mongoliabiro jasa visa mozambiquebiro jasa visa myanmar . Biro jasa visa neherlandbiro jasa visa new zealandbiro jasa visa nigeria . Biro jasa visa norwegiabiro jasa visa omanbiro jasa visa pakistanbiro jasa visa palestina . Biro jasa visa panamabiro jasa visa papua new guinea . biro jasa perubiro jasa visa philipinabiro jasa polandia.

Biro jasa visa portugalbiro jasa visa prancisbiro jasa visa qatarbiro jasa visa romaniabiro jasa visa rusia . biro jasa visa saudi arabiabiro jasa visa serbiabiro jasa visa singaporebiro jasa visa slovakia . Biro jasa visa somaliabiro jasa visa afrika selatanbiro jasa visa spanyol , biro jasa visa srilangka . Biro jasa visa sudanbiro jasa visa swediabiro jasa visa switzerlandbiro jasa visa syria Biro jasa visa taiwanbiro jasa visa thailandbiro jasa visa tunisiabiro jasa visa turki.

Biro jasa visa ukrainabiro jasa visa UAEbiro jasa visa UKbiro jasa visa amerikabiro jasa visa uzbekisthan . Biro jasa visa vatikanbiro jasa visa venezuelabiro jasa visa vietnam . Biro jasa visa yemeniabiro jasa visa yunanibiro jasa visa zimbabwe dan negara lainnya.

Biro Jasa Legalisir Kemenlu

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Tidak Ada Waktu

2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Jauh dari Jakarta

3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Ketidak Tahuan Prosedur

4. Adanya surat asli tapi palsu

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Adanya Surat Asli Tapi Palsu ( Aspal )

5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Tidak Mau Antri, Mondar Mandir dan Macet di Jakarta

6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Kerugian Inmaterial dan Waktu Akibat Surat Aspal

7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Gaptek Mengisi Formulir Online

8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Bingung dan Takut Mencari Alamat di Jakarta

9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Takut Dokumen Asli Hilang

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Perusahaan Terdaftar di Kemenkumham Sejak 2008

2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Memiliki Kredibilitas Legalitas Usaha

3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Memiliki Kantor yang Jelas Alamatnya

4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Staf Ahli yang Memberikan Pelayanan

5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Konsultan yang Melayani Konsultasi Kapan Saja

6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Bisa Dihubungi Melalui Email, Whatsapp dan Telpon

7. Update informasi perkembangan order

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Update Informasi Perkembangan Order

8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Hemat Biaya Hotel & Pesawat Bagi yang Jauh Dari Jakarta

9. Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Proses Cepat, Akurat dan Dijamin Keasliannya

10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Tanpa Down Payment (DP)

11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Lebih Dari 1000 Client PT Jangkar Global Groups

Apa saja persyaratan legalisir dokumen ?

Cara kirim dokumen ke Biro Jasa Legalisir Kemenlu bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Cepat dan Tepat Waktu Proses

2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Terhindar dari Masalah Surat Asli Tapi Palsu (Aspal)

3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Terhindar dari Penipuan Karena Pembayaran Setelah Dokumen Selesai

4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Uang Dikembalikan Bila Dokumen Tidak di Terima oleh Kedutaan

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups Biro Jasa Legalisir Kemenlu:

Biro jasa resmi dan terpercaya

Biro Jasa Legalisir Kemenlu Biro Jasa Resmi dan Terpercaya

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Lukman Azis, SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here