Beranda Hukum PENGERTIAN HUKUM WARIS DAN MACAM MACAM HUKUM WARIS DI INDONESIA

PENGERTIAN HUKUM WARIS DAN MACAM MACAM HUKUM WARIS DI INDONESIA

PENGERTIAN HUKUM WARIS DAN MACAM MACAM HUKUM WARIS DI INDONESIA

Apakah anda tahu pengertian hukum waris dan macam-macam hukum waris di indonesia? Apakah anda tahu pemahaman waris serta 3 hukum waris di Indonesia? Beberapa orang meremehkan permasalahan waris, walau sebenarnya waris (distribusi kekayaan) meupakan suatu hal penting serta sangat sensitif. Kadang dikarenakan waris, satu jalinan keluarga dapat rusak.

Dr Muhammar Amin Hukum Waris Di Indonesia

Pemahaman atau pengertian Waris di Indonesia

Warisan adalah semua hal peninggalan (dapat asset serta dapat utang) yang dibiarkan atau ditinggalkan oleh pewaris (orang yang wafat) serta diwasiatkann pada Pakar waris atau biasa disebut ahli waris. Bentuk dari warisan itu bisa berbentuk harta (harta yang bergerak serta harta tidak bergerak) serta termasuk diwarisi utang yang merupakan kewajiban untuk di bayar.

Harta yang bergerak seperti kendaraan, logam mulia, sertifikat deposito dan lain-lain. Harta tidak bergerak seperti rumah serta tanah. Untuk kategori hutang bisa seperti utang pada pihak ke bank, saudara dan lain-lain.Jadi warisan tidak selamanya beberapa hal yang indah yang bisa mensejahterakan seseorang yang mewarisinya, tetapi berbentuk tanggung jawab yang belum usai yang perlu dituntaskan oleh pakar warisnya atau si ahli waris sebagai penerusnya.

Dr Muhammar Amin Warisan bisa mengahiri atau meningkatkan masalah

Warisan bisa mengakhiri permasalahan atau malah bisa meningkatkan permasalahan dalam keluarga besar. Hal itu bisa berlangsung sebab ketidaksamaan opini tentang pembagian tanggung jawab sampai pembagian harta waris.

Berbicara mengenai Waris, Harus Turuti Ketentuannya serta Hukum Waris

Berkaitan dengan pembagian warisan, pewaris tidak bisa seenaknya sendiri dalam membagi waris. Pakar waris pun tidak dapat tuntut untuk meminta sisi tersendiri atau semakin besar. Anda butuh tahu, waris ada juga ketentuan mainnya serta hukumnya. Saat membuat surat wasiat, pewaris harus tahu ketentuan pembagian waris menurut hukum waris.

Pembagian waris menurut hukum waris tetap berupaya membagi dengan adil. Kadang kata adil tidak sama juga dengan persamaan, contoh bila satu orang pewaris mempunyai 3 orang anak, mungkin saja anak yang satu memperoleh sisi semakin banyak dibanding dengan anak lain.

Bila pembagian waris telah mengiikuti tatanan hukum waris, diinginkan si ahli waris atau pakar waris bisa mengerti serta berlapang dada untuk menerima semua keputusannya.

Pengacara Hukum Waris

Pengertian atau definisi dari Hukum Waris adalah satu ketentuan yang mengendalikan harta kekayaan dan kedudukannya sesudah pewaris wafat sampai tata langkah berpindahnya harta itu pada pakar waris atau ahli waris, menurut Prof. Dr. Wirjono Prodjodikoro. Ketentuan itu tertera di dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata.

Jadi dengan hukum ketentuannya jelas serta bisa diperkarakan dipengadilan jika nyatanya tidak bisa menjumpai persetujuan dalam memutuskan tentang pembagian suatu Warisan tersebut.

Hukum Waris yang ada di Indonesia

Tahukah Anda di Indonesia ada tiga type hukum waris yang berlaku, yakni hukum waris perdata, hukum waris tradisi serta hukum waris menurut Ajaran Agama Islam. Masyarakat Negara Indonesia (WNI) harus pilih satu diantara hukum waris yang akan digunakannya serta dicatat dalam surat wasiat (testamen).

Ke-3 type hukum waris itu berlainan dalam mengendalikan atau mengatur mengenai ketentuan warisan, berikut ini uraiannya yang lebih jelas, diantaranya :

1. Hukum waris Tradisi ataupun adat

Hukum waris tradisi atau adat bisa diartikan suatu hukum waris yang dipercaya serta digerakkan oleh suku tersendiri di Indonesia. Beberapa hukum waris tradisi atau adat semua ketentuannya tidak tercatat, tetapi benar-benar dipatuhi oleh warga pada suku tersendiri pada suatu wilayah, apabila ada yang melanggarnya akan diberi sangsi.

Dr Muhammar Amin Hukum Waris Tradisi Atau Adat

Type hukum ini banyak dikuasai oleh jalinan kekerabatan dan stuktur kemasyarakatannya. Diluar itu type pewarisannya juga bermacam, diantaranya :

  1. Skema/ sistem Keturunan, pada sistem atau skema keturunan ini dibedakan jadi tiga jenis yakni garis keturunan dari bapak, garis keturunan dari seorang ibu, dan garis keturunan kedua-duanya
  2. Skema/ sistem Perorangan, adalah type pembagian warisan berdasar bagiannya semasing, biasanya banyak diaplikasikan pada warga yang tinggal di daerah pulau Jawa.
  3. Skema/ sistem Kolektif, Adalah sistem pembagian warisan dimana miliknya semasing si ahli waris atau pakar waris mempunyai hak untuk memperoleh warisan ataukah tidak menerima warisan sama sekali. Biasanya bentuk warisan yang dipakai dengan type ini ialah barang pusaka pada warga tersendiri.
  4. Skema/ sistem Mayorat, adalah sistem pembagian warisan yang diserahkan kepada anak paling tua yang bekerja pimpin keluarga. Misalnya pada warga lampung serta Bali.

2. Hukum Waris dalam Islam

Hukum Waris di dalam Islam cuma berlaku pada warga yang memeluk agama Islam saja, dimana skema pembagian warisannya memakai prinsip perorangan bilateral. Jadi bisa disebutkan pakar waris atau ahli waris harus datang dari garis ayah atau ibu.

Dr Muhammar Amin Hukum Waris Dalam Islam

Selain dari pada itu arti warisan ialah bila harta atau asset yang diberi orang yang memberi telah wafat atau meninggal, bila orangnya masih hidup istilahnya disebutkan Hibah bukan warisan. Hal yang penting ialah orang sebagai pakar waris atau ahli waris harus yang mempunyai jalinan keluarga atau jalinan keturunan. Jadi contoh paman, anak, cucu, dan lain-lain

3. Hukum Waris secara Perdata

Hukum waris perdata dapat diartikan bahwa hukum waris yang paling umum di Indonesia serta beberapa ketentuannya seperti dengan budaya barat. Warisan bisa diserahkan kepada pakar waris atau ahli waris yang ada surat wasiat atau keluarga yang mempunyai jalinan keturunan atau kekerabatan, dalam hal ini bisa seperti anak, orangtua, saudara, kakek, nenek sampai saudara dari keturunan itu.

Dr Muhammar Amin Hukum Waris Secara Perdata

Skema, sistem atau prinsip yang dipakai dalam hukum buat waris type ini memakai sistem perorangan yang berarti tiap individu pakar waris atau ahli waris memiliki hak memperoleh harta warisan berdasar bagiannya sendiri-sendiri. Tetapi jika memakai atau menggunakan surat wasiat maka seseorang itu yang memiliki hak jadi pakar waris atau ahli waris cuma yang ada atau ditentukan serta tertera dalam surat wasiat itu.

Ketentuan untuk membuat suatu surat wasiat ini memang seharusnya telah berumur lebih dari delapan belas tahun serta telah menikah.Dari beberapa macam hukum itu bisa diambil kesimpulan jika kehidupan warga di Indonesia tidak bisa memakai hukum waris perdata dengan nasional, sebab beragamnya suku serta budaya di Indonesia.

Namun dari semua type hukum itu semua memiliki sifat mengajak untuk membagi harta warisan dengan Adil serta rata supaya tidak ada kecemburuan sosial dengan prinsip-prinsip yang berlaku dengan tradisi sampai Agama yang diyakininya.

Pembagian Suatu Warisan

Pembagian waris memang memerlukan kesabaran, kehati-hatian serta sesuai dengan hukum yang berlaku. Oleh karena itu tetap tanyakan dengan beberapa orang yang pakar dibidangnya, bisa bertanya kepada notaris, pakar hukum (hukum perdata, hukum tradisi atau hukum Islam) serta perencana keuangan.

Sertakan semua bagian keluarga, paling tidak sertakan istri terkasih. Beberapa pakar atau ahli yang di sebutkan akan menolong membuat penghitungan yang tepat, adil dalam membagi harta serta legal dengan hukum. Warisan yang aman, adil serta legal tentunya bisa jadi karunia buat pakar waris. Sebaliknya warisan yang tidak disiapkan bisa jadi jadi bencana serta bom waktu buat pakar waris atau ahli waris.

Dr Muhammar Amin Warisan Bom Waktu Buat Pakar Waris

Tetap komunikasikan bermacam hal pada masing-masing pakar waris atau ahli waris untuk memperoleh pandangan yang sama. Dengan sama-sama jaga keyakinan itu tidak hanya akan sampai hasil mufakat tentang hak waris, akan selalu jaga jalinan bersilahturahmi yang masih erat di antara bagian keluarga yang lain. Dengan tetap dilandasi dengan kemauan baik akan membuahkan ketetapan yang baik untuk masing-masing dari pakar waris atau ahli waris.

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai hukum harta warisan 2 istri bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan HUKUM WARIS DI INDONESIA atau mengalami masalah :

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Lukman Azis, SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here