Beranda Hukum Mengapa narkoba di butuhkan untuk kedokteran

Mengapa narkoba di butuhkan untuk kedokteran

Mengapa narkoba di butuhkan untuk kedokteran

Narkoba kedokteran di dunia farmasi obat-obatan yang mengandung  narkotika adalah obat yang memerlukan pengawasan khusus dan ketat dari apotik dan di awasi oleh badan pemerintah yaitu badan POM Pengawasan Obat dan Makanan, agar tidak disalahgunakan penggunaannya dan peredarannya.

UU No.22 tahun 1997

Kalau kita melihat dari sisi undang-undang narkotika UU No.22 tahun 1997 pengertian dari narkotika adalah sesuatu zat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semisintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan  yang di bedakan ke dalam golongan-golongan sebagaimana terlampir dalam undang-undang ini atau yang kemudian di tetapkan dengan keputusan Mentri Kesehatan.

Dari definisi di atas kita dapat memahami bahwa mengapa zat atau obat golongan narkotika ini di perlukan secara khusus. Ya betul karena narkotika dapat menyebabkan penurunan kesadaran dan menimbulkan ketergantungan.

Sebaliknya dari data definisi diatas kita juga bisa mengetahui bahwa narkotika juga memiliki kemampuan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri atau narkotika ini dianggap memiliki efek analgesic atau anti nyeri, nah efek analgetik ini yang di manfaatkan oleh dunia kedokteran.

Efek Analgesic

Narkotika memang memiliki efek analgesic namun yang perlu kita ketahui bahwa tidak semua narkotika bisa di gunakan dalam pengobata. Ada undang-undang yang membagi narkoba kedokteran menjadi tiga golongan dan narkotika yang bisa di gunakan untuk pengobatan atau pelayanan kesehatan adalah hanya narkotika golongan dua dan golongan tiga.

Untuk narkotika golongan satu hanya bisa digunakan untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan dilarang untuk digunakan untuk kepentingan lainnya.  Hal ini tentu saja di dasari oleh keamanan/security dan efektivitas yang sudah melalui berbagai tipe uji klinis.

narkoba kedokteran hanya boleh di gunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan atau pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di undang-undang peraturan Mentri Kesehatan Nomer 2 tahun 2017.

Narkotika yang sering di gunakan dalam terapi medis, ada beberapa obat golongan yang diizinkan seperti untuk pelayanan kesehatan dengan indikasi atau kegunaan sebagai analgesic. Obat golongan narkotika yang dapat digunakan adalah obat untuk mengurangi  atau penghilang rasa nyeri, karena sifatnya berkaitan dengan reseptor opioid yang ada di tubuh.

Neurotransmitter

Saat mekanisme ini berproses maka akan terjadi hambatan pelepasan neurotransmitter. Nah neurotransmitter ini berperan dalam menyampaikan pesan kepada otak bahwa ada nyeri yang terjadi di dalam tubuh. Alhasil otak pun akan mengolah pesan dan memberikan persepsi kepada kita bahwa ada nyeri yang akan terjadi di dalam tubuh.

Otak pun akan mengolah pesan ini dan memberikan persepsi atau gambaran pada kita bahwa nyeri sedang terjadi. Nah kita akan merasakan sakit. tetapi jika neurotransmitter ini di hambat otomatis pesan ini tidak akan pernah sampai, jadinya perasaan kita tuh gak akan pernah merasakan nyeri atau sedang mengalami nyeri.

Dalam menangani  kasus kasus yang terjadi di dunia kedokteran tentunya ada beberapa kondisi medis yang mengharuskan penggunaan analgesic yang sangat kuat, seperti golongan narkotika. Sebagai contoh adalah dalam menangani kasus nyeri akibat kanker alias cancer pain, obat narkotika digunakan juga untuk pasca operasi. Dimana dalam kondisi obat-obat pereda lainnya di rasa efeknya masih kurang.

UU No 22 tahun 2107 tentang narkotika

Narkotika dibedakan menjadi 3 bagian atau golongan yaitu :

  1. Narkotika golongan 1 ( satu )

Golongan narkotika ini hanya boleh digunakan untuk kepentingan pengobatan dan ilmu pengetahuan. Tanaman papaver somniferum L dan semua bagian bagian nya termasuk buah dan jeraminya terkecuali bijinya.

Opium mentah yaitu getah yang membeku sendiri dan diperoleh dari buah tanaman papaver sominiferum L yang hanya mengalami pengolahan sekedaruntuk pembungkus dan pengangkutan tanpa memperhatikan kadar morfinenya. Opium masak yang terdiri dari candu, jicing dan jicingko. Tanaman koka, tanaman dari semua genus erythoxylin.

Daun koka adalah  daun yang belum atau sudah dikeringkin atau dalam bentuk serbuk. Terakhir adalah kokain mentah yang di peroleh dari daun koka yang dapat di olah secara langsung untuk mendapatkan koma. Kokain mentah adalah hasil-hasil yang diperoleh dari daun koka yang di olah secara langsung untuk mendapat kokain.

  1. Narkotika golongan 2 ( dua )

Golongan narkotika ini dapat menggunakan obat ini , tetapi harus dengan resep dokter. Contoh narkotika dalam golongan 2 ini adalah : kokain, opium, heroin dan desomorfina.

  1. Narkotika golongan 3 ( tiga )

Narkotika golongan 3 ini merupakan narkotika yang berkhasiat dalam pengobatan khususnya dalam terapi yang mempunyai potensi ringan menimbulkan ketergantungan.

Contoh narkotika golongan 3 ini adalah : kodein, asetildihidrokodeina, pilokadina dan propiram.

Bisa kita lihat dari penjelasan dan di tarik suatu garis benang merah bahwa narkotika tersebut meskipun mengandung zat-zat yang sangat berbahaya akan tetapi memiliki manfaat di bidang medis atau pengobatan atau kedokteran meskipun memiliki efek tersendiri. Aturan main tentang penggunaan narkotika ini harus bener benar clear dan jelas, terutama dalam hal pendistribusian dan penggunaannya serta controlling yang harus ketat.

Kegunaan Narkoba di bidang kesehatan

Berikut ini adalah beberapa kegunaan narkotika dalam dunia kesehatan :

  1. LSD

Penggunaan narkotika jenis LSD adalah untuk mengobati ketergantungan, perawatan untuk depresi dan menghentikan sakit kepala. Di Maryland ada Spring Grove State Hospital, para peneliti disini memberikan LSD kepada pasien penderita kanker akut, yang di obervasi di sini adalah tingkat kecemasannya, apakah bisa berkurang?

Hasil dari penelitian klinis ini adalah 30% ada pengurangan perasaan tegang, depresi, takut dengan kematian. Sedangkan 30% yang lain menginformasikan bahawa kondisi pasien pasien ini tidak memburuk dan tidak juga membaik, alias sama saja.

  1. Jamur Psychedelic

Narkoba jenis ini untuk mengobati sakit kepala cluster dan OCD. Jamur ajaib ini memiliki efek sama dengan LSD, untuk kasus kasus pengobatan sakit kepala kronik menahun. Dalam penelitian yang dilakukan di sebuah universitas Arizona, bahwa pasien-pasien yang diberikan terapi jamur ini mendapatkan kondisi sakit kepala yang membaik, dan efek penyembuhannya berlansung selama 6 bulan.

  1. Ekstasi

Ekstasi ini bermanfaat untuk mengurangi kecemasan, meringankan gejala Parkinson dan perawatan untuk PTSD.

  1. Kokain dan tanaman Coca

Sebuah terobosan sebagai obat bius baru, juga obat pencahar dan sebagai obat motion sickness.

  1. Heroin

Heroin ini merupakan salah satu penghilang sakit terhebat di dunia.

Yang terpenting dari semua ini adalah bahwa penggunaan narkoba kedokteran di dunia medis kedokteran harus dengan sesuai petunjuk dokter dan menggunakan dosis yang tepat agar pengobatannya efektif. Namun apabila digunakan tidak sesuai dengan standar pengobatan dan di sertai dengan peredaran narkotika lewat pasar gelap akan menimbulkan akibat yang sangat merugikan semua pihak. Semua golongan baik yang muda, tua, pelajar , mahasiswa , pejabat, militer bahkan ibu rumah tangga terkena dampaknya.

Pengacara Narkoba

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Pengacara Narkoba

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai hukum narkoba kedokteran bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan narkoba kedokteran atau mengalami masalah :

asal usul di temukannya narkoba

bagaimana narkoba bekerja

efek narkoba terhadap badan

efek negatif narkoba terhadap bayi dalam kandungan

mengenal efek narkoba terhadap otak kita

narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa

narkoba yg lagi move on

seks bebas dan narkoba

apa sih narkotika itu

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi SH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad SH HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Customer Service Lukman Azis SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Customer Service ABDURI SH HP/Whatsapp Simpati : +6281281247293

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here