Beranda Hukum MENJUAL TANAH WARISAN TANPA PERSETUJUAN SI PEWARIS

MENJUAL TANAH WARISAN TANPA PERSETUJUAN SI PEWARIS

MENJUAL TANAH WARISAN TANPA PERSETUJUAN SI PEWARIS

MENJUAL TANAH WARISAN TANPA PERSETUJUAN PEWARIS – Tanah memiliki fungsi yang benar-benar penting dalam kehidupan manusia. Makin cepat lajunya perkembangan masyarakat, makin besar juga keperluan manusia akan tanah. Tanah bisa digunakan untuk rumah, bercocok tanam serta penuhi keperluan hidup manusia. Makin banyak manusia yang memerlukan akan tanah yang makin besar membuat manusia berlomba cari semua langkah untuk mendapatkannya baik melalui proses dengan legal atau ilegal.

Peperangan, pembunuhan, serta perkelahihan seringkali berlangsung ditengah-tengah warga karena persaingan perebutan atau sama-sama klaim pemilikan hak atas tanah.

Pembagian harta warisan yang tidak sesuai hak sisi semasing pakar waris yang dibiarkan pewaris sesudah wafat jadi momok yang menakutkan. Sama-sama saudara yang dahulunya sama-sama rukun serta damai, sekarang terpecah karena ketamakan serta keserakahan salah seseorang pakar waris. Pakar waris jual hak atas tanah warisan tanpa ada sepengetahuan serta tanpa ada kesepakatan dari beberapa pakar waris yang lain yang memiliki hak pada harta warisan itu.

Jual Beli Tanah

Pengalihan hak atas tanah serta hak punya atas unit rumah susun menurut Ketentuan Pemerintah Nomer 24 Tahun 1997 Mengenai Pendaftaran Tanah cuma bisa dibuktikan dengan akta yang dibikin oleh Petinggi Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang berkuasa menurut ketetapan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Seperti yang di uraikan oleh Ketentuan Pemerintah Nomer 24 Tahun 2016 Mengenai Pergantian Atas Ketentuan Pemerintah Nomer 37 Tahun 1998 Mengenai Ketentuan Petinggi Pembuat Akta Tanah, yang diberikan wewenang untuk membuat akta-akta ialah petinggi umum untuk akta-akta autentik tentang tindakan hukum tersendiri tentang hak atas tanah atau Hak Punya Atas Unit Rumah Susun.

Tindakan hukum yang disebut ialah jual beli, ganti menukar, hibah, pemasukan dalam perusahaan (inbreng), pembagian hak bersama dengan, pemberian Hak Untuk Bangunan/Hak Gunakan atas tanah Hak Miik, pemberian Hak Tanggungan serta pemberian Kuasa Membebankan Hak Tanggungan.

Dalam pengerjaan Akta Jual Beli (AJB) hak atas tanah di depan PPAT harus penuhi syarat-syarat yang dipastikan oleh ketentuan perundang-undangan. Tentang bagian tanah yang telah tercatat atau hak punya atas unit rumah susun harus dikatakan sertifikat asli hak yang akan dicocokan dengan buku tanah yang berada di Kantor Pertanahan letak bagian tanah yang berkaitan.

Persyaratan

Sedang tentang bagian tanah yang belum tercatat, padanya harus dikatakan:

1.  surat bukti hak atau surat info kades/kelurahan yang mengatakan jika yang berkaitan kuasai bagian tanah itu,

2. surat kuasa jika dikuasakan,

3. fotocopy jati diri beberapa faksi penjual serta konsumen (KTP,KK),

4. object tindakan hukum itu tidak dalam perselisihan,

5. fotocopy SPPT PBB Tahun berjalan yang sudah dicocokan dengan aslinya,

6. pembayaran pajak penjualan (Pph) serta pajak konsumen (BPHTB).

Jika kriteria itu sudah tercukupi karena itu PPAT yang berkaitan bisa membuat AJB hak atas tanah yang dilihat oleh dua orang saksi. AJB itu dibaca/diterangkan didalamnya pada beberapa faksi dengan didatangi oleh sekurangnya 2 (dua) orang saksi sebelum di tandatangani saat itu oleh beberapa faksi, saksi-saksi serta PPAT. Paling lambat 7 (tujuh) hari semenjak tanggal di tandatangani akta itu, PPAT harus mengemukakan akta yang dibuatnya tersebut dokumen-dokumen yang berkaitan pada kantor Pertanahan untuk didaftarkan.

Surat Info Waris

Spesial pengalihan hak punya atas tanah yang datang dari harta warisan karena itu sebelum dibuatkan AJB hak atas tanah harus dibuktikan dengan Surat Info Waris. Surat Info Waris ini digunakan jadi basic atau alas hak dalam pengerjaan AJB hak atas tanah yang datang dari pewarisan. Tidak hanya dipakai jadi basic atau alas hak, Surat Info Waris ini ditujukan supaya warga dengan pas serta tentu tahu siapapun yang memiliki hak atas harta yang dibiarkan oleh pewaris.

Berdasar Surat Edaran Direktorat Pendaftaran Tanah Tanggal 20 Desember 1969 Nomer DPT/12/63/69, yang memiliki hak menerbitkan surat info kewarisan didasarkan pada penggolongan masyarakat di Indonesia, yakni :

1.  untuk kelompok masyarakat Eropa, surat info kewarisan dibikin oleh Notaris,

2.  untuk kelompok masyarakat asli (bumiputera) surat info kewarisan dilihat oleh Lurah serta didapati oleh Camat (sekarang dibikin oleh beberapa pakar waris serta disahkan oleh Kepala Desa atau Lurah serta didapati oleh Camat),

3. untuk kelompok masyarakat Timur Asing Cina, surat info kewarisan dibikin oleh Notaris,

4. untuk kelompok masyarakat Timur Asing lain, surat info kewarisan dibikin oleh Balai Harta Peninggalan (BHP).

Surat Info Waris ini sebagai basic PPAT dalam pengerjaan AJB. PPAT akan membikinkan AJB yang nanti akan di tandatangani oleh beberapa pakar waris jadi sinyal persetujuannya (sebab yang saat ini menggenggam hak punya atas tanah itu yakni beberapa pakar waris).

Surat Kesepakatan

Bila sebab satu serta dua hal satu diantara pakar waris tidak bisa ada untuk memberi kesepakatan karena itu pakar waris itu bisa membuat surat persetujan dibawah tangan yang dilegalisasi oleh Notaris ditempat atau dibikin surat kesepakatan berbentuk Akta Notaris. Seringkali berlangsung saat harta warisan telah berubah dari penjual pada konsumen, di satu saat hadir seseorang yang akui jadi pakar waris yang tuntut harta bagiannya (Legitime Portie).

Legitime Portie (sisi mutlak) ini ialah sisi yang dipastikan berdasar Undang-Undang, dalam soal ini Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata). Berarti beberapa pakar waris dalam garis lurus mempunyai sisi dari harta peninggalan yang tidak bisa di ganggu tuntut yang perlu jadi bagiannya serta sudah dipastikan juga besar sisi itu (Pasal 913 KUH Perdata).

Untuk menghindarkan hal itu umumnya di dalam Surat Info Waris tercantum satu klausul jika semua info yang diberi berbentuk dokumen/surat/akta yang dipertunjukkan serta info dan dokumen/surat/akta yang tercantum dalam surat info waris ini jadi tanggungjawab beberapa penghadap sendiri.

Yang mengatakan jika tidak ada pakar waris yang lain serta info pakar waris ini beberapa penghadap buat dengan sebetulnya tidak lain daripada sebetulnya, hingga bila nyatanya dapat dibuktikan jika pengakuan ini tidak benar, semua jadi tanggungjawab beberapa penghadap sendiri.

Karena Hukum

Unsur yang bisa mengakibatkan AJB PPAT jadi cacat hukum, jika berlangsung penyelewengan pada ketetapan masalah 1320 KUH Perdata yang mengendalikan mengenai ketentuan sahnya satu kesepakatan serta Pasal 39 ayat (1) Ketentuan Pemerintah Nomer 24 Tahun 1997 mengenai Pendaftaran Tanah yang mengendalikan jika PPAT berkuasa menampik untuk membikinkan AJB jika tidak dipenuhinya kriteria atau dilanggar larangan yang dipastikan dalam ketentuan perundang-undangan.

Pelanggaran pada AJB yang dibikin tanpa ada kesepakatan satu diantara pakar waris maka berkonsekuensi rasional bisa tidak diterima pendaftarannya. Tetapi jika tindakan hukum yang dibuktikan dengan akta PPAT terjadi karena itu berdasar pasal 45 huruf f Ketentuan Pemerintah Nomer 24 Mengenai Pendaftaran Tanah bisa diurungkan oleh keputusan Pengadilan yang sudah mendapatkan kemampuan hukum tetap.

Sangsi yang di berikan kepada PPAT

Pada PPAT dalam membuat AJB yang memiliki kandungan cacat hukum yang dilandasi terdapatnya penyelewengan pada mekanisme atau tata cara membuat AJB PPAT bisa dipakai :

1. sangsi administrasi berbentuk penghentian dengan tidak hormat dari jabatannya serta pengenaan denda administrasi,

2. sangsi Kode Etik dari organisasi Ikatan Petinggi Pembuat Akta Tanah (IPPAT),

3. sangsi perdata yakni tindakan melanggar hukum berbentuk pergantian ongkos, ubah rugi serta bunga,

4. sangsi pidana jika aksi PPAT berkaitan dapat dibuktikan dengan menyengaja serta diperkirakan baik sendiri atau bersama dengan satu diantara pakar waris lakukan pengerjaan akta yang dibuatnya jadikan satu alat lakukan satu aksi pidana.

Pengacara Waris

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai MENJUAL TANAH WARISAN TANPA PERSETUJUAN PEWARIS bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan MENJUAL TANAH WARISAN TANPA PERSETUJUAN PEWARIS atau mengalami masalah :

hibah orang tua terhadap anak

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Lukman Azis, SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here