Menu Tutup

PELATIHAN BUDIDAYA LELE BIOFLOK KOLAM TERPAL

PELATIHAN BUDIDAYA LELE BIOFLOK KOLAM TERPAL

PT Jangkar Global Groups memberikan pelatihan budidaya lele bioflok kolam terpal. Dengan pelatihan ini diharapkan masyarakat bisa membuat kolam ikan lele di halaman rumah untuk ketahanan pangan. Kolam terpal ini tidak membutuhkan area yang luas dan proses budidayanya tidak begitu rumit. Sehingga masyarakat bisa ikut serta dalam ketahanan pangan sekaligus memiliki penghasilan.

Pelatihan budidaya lele bioflok kolam terpal

Dengan mengikuti pelatihan ini maka diharapkan anda bisa mengetahui analisa usaha dan bagaimana cara mengembangkan lele organik di lingkungan anda. Akan lebih hebat lagi jika anda mau investasi dan langsung praktek selama 2,5 bulan di kolam terpal milik kami. Dengan anda investasi dan praktek sendiri maka anda akan menguasai semua ilmu yang kami miliki dengan di dampingi langsung oleh praktisi. Cukup dengan lahan 350 Meter persegi maka kita akan punya 28 kolam terpal.

BUDIDAYA LELE BIOFLOK KOLAM TERPAL AKHMAD FAUZI SH MH

Banyak yang ikut workshop dan pelatihan tapi hasilnya gagal karena mereka hanya mendengarkan teorinya saja. Sementara kami mengharapkan anda yang serius untuk ikut investasi dan praktek langsung budidaya lele organik di unit usaha kami. Anda bisa menganalisa mulai dari pembelian bibit, cara mengurus kolam terpal sebelum anak lele di masukan kedalam kolam sehingga lele tidak stress. Cara mengolah lele dan cara memisahkan lele yang sakit dengan lele yang sehat dan lain-lain.

Begitu pula dengan penanganan air di dalam kolam terpal, jumlah ketinggian air dari anak lele sampai ketinggian air lele ketika akan panen serta belajar sirkulasi air sehingga lele bisa berkembang sesuai dengan harapan. Di pelatihan ini juga di ajarkan tentang bagaimana cara pemberian pakan supaya bisa irit pakan tapi lele bisa tumbuh dengan cepat dan rata pertumbuhan berat badan lele.

BELAJAR LELE BIOFLOK KOLAM TERPAL AKHMAD FAUZI SH MH

Apa itu budidaya lele bioflok ?

Budidaya lele bioflok adalah budidaya yang menggunakan mikro organisme sebagai pakan anak lele sehingga mengurangi jumlah pakan buatan. Biasanya petani lele akan membeli probiotik dan di campurkan ke air kolam yang akan di masukan anak lele. Proses ini memakan waktu 7 hari sehingga mikro organisme bisa tumbuh dan hidup di air kolam lele.

Kalau anda ada dananya, jangan lupa atap di bangun supaya teduh dan terhindar dari air hujan dan panasnya terik matahari. Dengan adanya atap maka air yang di dalam kolam terpal lele tidak menguap ataupun menjadi panas ketika musim. Ketika musim hujan pun kita tidak khawatir air dalam kolam lele mejadi luber/tumpah.

ANALISA USAHA LELE BIOFLOK KOLAM TERPAL AKHMAD FAUZI SH MH

Apa saja keuntungan budidaya lele bioflok ?

Keuntungan budidaya lele sistem bioflok adalah :

  1. Irit bahan pangan karena memakai probiotik sebagai pakan awal anak lele
  2. Memudahkan petani lele memberi makan lele karena daya tebar pakan menggunakan tangan.
  3. Sistem pengairan lele bisa di kontrol dan limbah airnya bisa di olah kembali dengan menggunakan bak kontrol air sehingga tidak ada air yang terbuang percuma
  4. Budidaya tidak bergantung alam karena air akan selalu ada di dalam kolam terpal, beda dengan budidaya di tanah ketika musim kekeringan maka tidak bisa produksi lele.
  5. Ketika lele besar, jumlah pakan lebih irit karena kita bisa mengatur waktu pakan dan tidak ada pakan lele yang terbuang percuma karena lele sudah kekenyangan.
  6. Bisa memonitor lele sehingga ukuran badannya sama semua jika ada lele yang ukuran badannya besar, bisa di pisahkan dari lele lainnya.
  7. Sifat kanibal lele adalah menelan lele ukuran lebih kecil dari badannya. Untuk itulah ketika kita memberi makan lele, sambil melihat perkembangan ukuran badan lele.
  8. Jika ada kumis lele yang putus, cepat di pisahkan dari lele lainnya. Buat kolam kecil untuk pertumbuhan kumis lele.
  9. Ketika panen lebih mudah diangkat daripada panen menggunakan lahan tanah. Daging lele rasanya tidak terlalu amis karena pakannya murni, tidak di campur dengan bangkai binatang ataupun pakan lainnya.
  10. Konsumen lebih menyukai lele organik sehingga kesan ikan lele memakan bangkai bintang lainnya bisa di hilangkan dan kita sebagai petani lele organik bisa kewalahan menerima order panen lele.
  11. Lele di puasakan setiap 1 minggu sekali sehingga lele bisa memakan mikro organisme yang tumbuh di air kolam terpal.
  12. Lahan atas kolam terpal bisa di maksimalkan dengan budidaya hidroponik
  13. Bisa mengatur masa panen dari setiap budidaya lele kolam terpal. Kalau kita mau panen setiap hari maka kita harus siapkan 75 kolam terpal. Siklus panen adalah 2,5 bulan (75 hari). Hari pertama mengisi anak lele di kolam nomer satu. Hari keduta mengisi anak lele di kolam nomer dua dan begitu seterusnya. Hasil panen satu kolam adalah 200 kilo (jika di isi 2000 anak lele) dengan ukuran 1 kilo sekitar 10-12 lele.

PROGRAM USAHA LELE BIOFLOK KOLAM TERPAL AKHMAD FAUZI SH MH

Program usaha pensiunan

Program budidaya lele bioflok ini sangat cocok di kembangkan untuk project di pedesaan ataupun untuk pegawai negeri yang mendekati usia pensiun. Ketika pensiunan berhenti bekerja maka ada kegiatan yang bisa dilakukan untuk menunjang ekonomi dimasa tua. Mereka tidak kaget ketika sudah tidak bekerja di pemerintahan, mereka bisa mengelola dana pensiunan atau dana PHK dengan budidaya lele yang tidak ribet dan tidak berbau tanah/kotor.

Selain itu, manusia usia lanjut bisa memanen tanaman pakcoy dan kangkung dari hasil hidroponik yang dibangun diatas budidaya lele kolam terpal. Atau bisa mengalirkan air buangan limbah lele ke selokan air yang di isi dengan ikan nila /gurame. Air limbah lele ini berisi sisa pakan dan pakan alami sehingga kita terlalu banyak biaya untuk memberi makan ikan nila /gurame. (Baca juga: Bisnis lele kolam tanah)

Berapa keuntungan dari budidaya lele satu kolam terpal ?

Menurut praktisi budidaya lele kolam terpal yaitu bapak arif dari cirebon : untuk satu kolam ukuran 1 meter X diameter 2 meter maka penghasilannya berkisar 2 juta sampai 2,5 juta. Waaah… keren juga ya kalau kita punya 25 kolam maka penghasilan bersih setelah di potong biaya pakan dan bibit anak lele setiap 2,5 bulan adalah : 50 juta sampai 62,5 juta.

Hasil ini akan lebih fantastis jika kita mampu mengolah lele pasca panen seperti membuka usaha warung makan lele seperti lamongan, membuka usaha filet lele, mengolah lele menjadi kerupuk lele dan abon lele. Serta masih banyak varian lainnya dari penanganan lele pasca panen. Dengan adanya usaha budidaya lele kolam terpal ini, diharapkan sektor ekonomi dapat tumbuh dari sektor kuliner dan bisa memutar ekonomi di daerah pedesaan.

PRAKTISI BUDIDAYA LELE AKHMAD FAUZI SH MH

 

Sektor ekonomi budidaya lele bioflok

  1. Industri besi pembuatan kolam lele
  2. Industri lantai Kon Blok untuk lantai sehingga lebih bersih dibandingkan dengan tanah liat
  3. Industri Terpal Plastik untuk budidaya lele kolam terpal
  4. Industri Baja Ringan untuk pembuatan atap kolam lele
  5. Industri Probiotik
  6. Industri Pakan ikan lele
  7. Industri Kuliner untuk pasca panen
  8. Industri Pengolahan Air Limbah Lele
  9. Industri Hidroponik untuk sayuran pakcoy dan kangkung
  10. Industri Keuangan untuk pembiayaan lele dan pasca panen
  11. Industri pelatihan budidaya lele bioflok kolam terpal

KEUNTUNGAN LELE BIOFLOK KOLAM TERPAL AKHMAD FAUZI SH MH

Inilah usaha yang bisa di kembangkan di seluruh pedesaan di indonesia. Koperasi pedesaan akan tumbuh dan berkembang dengan melibatkan anggotanya. Ekonomi kerakyatan yang bisa menghidupi hajat orang banyak sehingga kita bisa membangun ketahanan pangan dari desa, menumbuhkan perekonomian rakyat banyak apabila dikelola dengan baik.

Segera hubungi PT Jangkar Global Groups apabila anda ingin :

  1. Membuat Workshop dan pelatihan budidaya ikan lele kolam terpal
  2. Bekerjasama dan investasi budidaya lele kolam terpal
  3. Magang dan ikut pelatihan dari pengolahan air sebelum anak lele dimasukan ke kolam sampai lele tersebut di panen.
  4. Peninjauan lokasi usaha budidaya lele kolam terpal
  5. Kerjasama jual beli peralatan budidaya lele kolam terpal seperti : obat-obatan, pakan, terpal lele dan lain sebagainya.

KERJASAMA BUDIDAYA LELE KOLAM TERPAL AKHMAD FAUZI SH MH

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi, SH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad, SH HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Lukman Azis, SH HP/whatsapp Simpati: +6281289004086

Customer Service Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Customer Service Abduri, SH HP/whatsapp Simpati : +6281281247293

Proses Dokumen Ida, SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

Bagikan yuk!
Posted in Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »