Beranda Ekonomi Syariah Pembiayaan Bank Syariah Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pembiayaan Bank Syariah Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pembiayaan Bank Syariah Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pembiayaan Bank Syariah Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Industri Perbankan  konvensional dan syariah merupakan industri yang melayani berbagai bentuk transaksi keuangan. Industri perbankan ini menghimpun dana dari masyarakat dengan  menyediakan  bentuk produk funding seperti melalui tabungan, giro, dan deposito. Dari Aktivitas  produk funding tersebut dunia Perbankan  mereka melakukan prosesi penyaluran dana  melalui berbagai bentuk pembiayaan mikro maupun makro untuk masyarakat.

Dari aktivitas pembiayaan mikro dan makro yang diberikan kepada nasabah  memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah menghasilkan pendapatan untuk bank dan khusus untuk nasabah diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembiayaan yang diberikan oleh bank kepada nasabah seperti aktivias penananaman modal, kerja sama, jual beli, maupun produk sewa yang diberikan kepada masyarakat.

Di era sekarang sangat banyak peluang usaha yang dibangun masyarakat secara individu ataupun kelompok dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari proses usahanya. Bank syariah sebagai salah elemen penting dalam industri perbankan ikut serta secara langsung dalam proses penghimpunan dana dan penyaluran dana dalam mode pembiayaan kepada masyarakat untuk usahanya.

Pembiayaan modal bersama

Masyarakat yang tidak memiliki modal banyak (besar) dapat mengajukan pembiayaan modal usaha bersama bank dan melakukan kerja sama bersama bank  untuk membiayai  usahanya. Dari kerja sama tersebut bank syariah akan mendapatkan bagi hasil atas keuntungan yang didapatkan oleh nasabah dari hasil usahanya tersebut, Sedangkan nasabah akan mendapatkan keuntungan dan dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.

Di Masa sekarang (covid-19) Bank Syariah sebagai salah satu pilar utama dalam penyaluran pembiayaan modal kepada masyarakat memberikan permodal guna menjaga kestabilan ekonomi di Indonesia. Hal ini dilakukan oleh salah satu Bank Syariah yaitu Bank Aceh Syariah.

Bank Aceh Syariah telah melakukan proses kerja sama dengan salah satu Koperasi Mitra Dhuafa, dimana  telah menyalurkan pembiayaan kepada sekitar 33.850 nasabah untuk mendorong usaha nasabah tersebut. Diharapkan dengan adanya pembiayaan tersebut dapat meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat.

Ragam jenis pembiayaan disediakan oleh Bank Syariah dalam memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat di Indonesia. Hal telah dibuktikan dan  dilakukan oleh salah satu Bank Syariah yaitu  Bank Aceh Syariah dengan memberikan pembiayaan dan menjadi salah satu bukti bahwa Bank Syariah menjadi pendukung pembangunan ekonomi masyarakat dalam menghadapi situasi sulit perekonomian.

Ragam Pembiayaan-pembiayaan yang disediakan oleh Bank Syariah dalam mencukupi kebutuhan nasabah diantaranya adalah :

1.Pembiayaan Modal Kerja.

Dalam rangka memfasilitasi perdagangan dan mencukupi kebutuhan dalam hal modal kerja bagi nasabahnya, Bank melakukan aktivitas fasilitas modal kerja seperti Pembelian/ Impor dan penjulan/ekspor barang,  Persediaan barang, suku cadang dan pergantian, serta  bahan baku dan barang setengah jadi dan lain sebagainya. Dari berbagai moda pembiyaan tersebut akan dipilih untuk memenuhi kebutuhan modal nasabah bank syariah melalui akad Murabahah, Musyarakah, dan salam.

2. Pembiayaan Modal Kerja dengan akad Musyarakah.

Moda musyarakah digunakan untuk kebutuhan membiayai modal kerja dengan menggunakan prinsip harian (Concept Daily Product) yang dilakukan sesuai dengan prinsip syariah. Dari kerja sama dengan meggunakan akad musyarkah ini bank akan menginvestasikan modal kerjanya bersama nasabah dalam proyek usahanya yang dijalankan oleh nasabah.

Porsi Keuntungan

Bank dan nasabah akan saling berbagi porsi modal dan akan saling menyepakati porsi presentase keuntungan yang akan didapatkan misalnya (30% :70 % , 40 % :60% 45:55%) dan lain sebagainya sesuai kesepakatan yang disepakati antara Bank dan Nasabah. Nanti nya pada saat usaha tersebut mendapatkan keuntungan hasil dari proses pengelolaan ushaanya maka bank dan nasabah akan berbagi keuntungan yang didapatkan dari usaha sesuai porsi presentase bagi hasil yang ditetapkan diawal.

3. Pembiayaaan Modal Kerja menggunakan akad Salam

Moda Salam digunakan dalam kebutuhan pembiayaaan pada komuditas dengan moda penyerahan jangka waktu dikemudian hari seperti. Pembiyaaan ini memiliki sektor pada bidang pertanian seperti membiayai indutsri gula, pupuk, dan minyak kelapa sawit.

Pembiyaan yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk usaha pertanian nasabah dengan metode salam ini dimana bank memberikan dana kepada nasabah diawal dalam proses pembiayaan tersebut dan hasil produksi akan dijual oleh nasabah dengan harga lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan dari usahanya tersebut dan mengembalikan modal yang diberikan oleh bank.

4. Pembiayaan Modal Kerja menggunakan akad Murabahah.

Moda Murabahah digunakaan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam proses produksi dengan pembelian barang atau mesin untuk pelakasanaan kegiatan usaha nasabah. Metode ini meruapakn proses jual beli atas barang atau komoditi  dimana Bank Syariah akan terlebih dahulu membeli barang (bahan baku) yang diperlukan oleh nasabah lalu menjual nya lagi kepada nasabah dengan menyepakati presentase keuntungan tambahan (Harga Pokok +Margin) bersama  nasabah.

5. Pembiayaan Investasi Proyek.

Pembiayaan project  atau (Project Financing) dapat diberikan melalui berbagai moda pembiayaan. Pembiayaan Investasi project merupakan pembiayaan yang disediakan oleh Bank dalam projek investasi dari pihak Bank kepada nasabah. Di saat sekarang ini, Ijarah merupakan pembiayaan yang dianjurkan untuk pembiayaan proyek.

Namun ijarah tidak dapat digunakan dalam pembiayaaan investasi proyek jika dalam proyek tersebut memerlukan proses pemasangan atau pembangunan  karena pembiyaaan investasi ijarah ini tidak akan jalan secara efektif.

Beberapa mode pembiayaan alternative dapat digunakan sebagai pengganti yaitu:

A.Pembiayaan Pabrik

Untuk proses pembangunan dapat dicontohkan dengan  pembiayaan pabrik . Dalam proses pembangunan pabrik tersebut bank dan nasabah tersebut akan melakukan proses kerja sama musyarakah dimana bank akan menanamkan modalnya pada pabrik semen dan nasabah juga akan menanamkan modal pada pabrik tersebut .

Bank dan Nasabah selanjutnya akan melakukan proses  perjanjian menggunakan metode akad istishna dengan berbagai pihak industri terkait dengan menunjuk nasabah sebagai agen atau kuasa dari bank untuk mengawasi jalannya proses pembangunan dari pabrik  yang sedang dibangun.

Nantinya Bank akan memperoleh dananya kembali dengan menjual bagian-bagian dari pabrik yang menjadi kepemilikian bank kepada nasabah pada harga pasar melalui peneimaan yang layak. Bank akan mengambil bagian tersebut sampai seluruh investasi bank atas pabrik tersebut diperoleh kembali.

B. Pembiayaan Sindikasi

Pembiayaan Sindikasi merupakan pembiayaan yang melibatkan banyak lembaga keuangan Bank untuk saling membiayai satu project dengan nilai yang besar. Dalam proses pembiayaan sindikasi ini pihak pihak yang saling bekerjasama yaitu bank bank yang saling bersyirkah akan memberikan modal untuk project tersebut.

Pembiayaan Sindikasi ini hanya diberikan kepada nasabah khusus yang memiliki rancangn kebutuhan yang nilai nya besar dan bank sangat selektif dalam pembiyaan jenis ini.

C. Pembiayaan Investor

Pembiayaan Investor merupakn jenis pembiyaaan yang dimana Bank akan menginvestasikan dananya 100% kepada nasabah lalu nasabah akan berpihak sebagai Mudharib (pengelola) dalam pembiyaaan ini. Dalam pembiayaan jenis ini akan mengggunakan akad Mudharabah di mana Bank dan nasabah akan berbagi keuntungan yang akan didapatkan dari hasil pengelolaan usahanya tersebut.

Ragam jenis pembiayaan tersebut memungkinkan pertumbuhan ekonomi dimasyarakat. Dengan adanya  penyediaaan  pembiayaan  tersebut secara langsung akan memberikan dampak positif dimasyarakat mulai dari roda ekonomi yang akan kembali berputar sehingga tingkat kesejahteraan akan semakin meningkat.

Pengacara Syariah

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan
  10. Butuh pendampingan dana pinjaman kerjasama operasional syariah

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai Pembiayaan Bank Syariah Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan Pembiayaan Bank Syariah Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat atau mengalami masalah :

Jual Beli Kendaraan

Akad Mudharabah dan Musyarakah

Kerjasama Mikro Bank

Produk Operasional Bank Syariah

Pembiayaan Bank Syariah

Akad Tijaroh

perumahan kpr syariah dengan metode akad murabahah ijarah muntahiya bit thamliq dan istishna

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Lukman Azis, SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here