X
    Categories: Bisnis

Perbedaan Antara Perusahaan Lokal dan Asing di Indonesia

Ada beberapa perbedaan mendasar antara perusahaan lokal dan perusahaan asing di Indonesia dari sisi peraturan dan perundang-undangan, yaitu:

Pertama, modal minimum perusahaan lokal jauh lebih kecil dibandingkan untuk perusahaan asing. Perusahaan Indonesia hanya membutuhkan minimum modal sebesar Rp50 Juta, sementara perusahaan asing harus memiliki minimum modal di atas Rp10 miliar untuk memulai bisnis di Indonesia. Bahkan, jika perusahaan lokal juga ingin memenuhi syarat untuk mempekerjakan ekspatriat, perusahaan harus memiliki modal minimum di atas Rp 1 Miliar.

Kedua, perusahaan lokal memiliki lingkup bisnis yang lebih luas. Perusahaan lokal berhak untuk dilibatkan di semua area bisnis sepanjang tidak bertentangan dengan Hukum dan Peraturan yang berlaku. Sebaliknya, perusahaan asing tidak bisa masuk ke banyak area bisnis di Indonesia. Setiap tahun, Pemerintah Indonesia akan menerbitkan Daftar Investasi Negatif yang menyebutkan area bisnis yang tidak diperbolehkan untuk perusahaan asing.

Ketiga, perusahaan lokal dapat langsung menerima Surat Izin Usaha setelah menyerahkan dan mematuhi semua persyaratan. Sementara, perusahaan asing harus mengajukan permohonan Izin Prinsip terlebih dahulu, sebelum menerima Izin Usaha Tetap.

Ada satu lagi perbedaan yang paling penting antara perusahaan lokal dan perusahaan asing. Perusahaan Lokal diharuskan semua pemegang saham adalah warga negara Indonesia, jika perusahaan membolehkan orang asing atau entitas asing menjadi pemegang saham, maka ia disebut sebagai Perusahaan Penanaman Modal Asing atau lebih dikenal sebagai PMA (Penanaman Modal Asing).


BUTUH BANTUAN DAN PENDAMPINGAN?

Kami siap membantu dan memberikan pendampingan profesional dalam bidang hukum korporasi, termasuk masalah penaman modal asing, kepemilikian aset asing, dan sebagainya.

HUBUNGI PT. JANGKAR GLOBAL GROUPS
AKHMAD FAUZI MELALUI
TELP/WA: +62 877 2768 8883

Bagikan yuk!