Beranda Ekonomi Syariah Perhitungan Bunga pada Bank Konvensional

Perhitungan Bunga pada Bank Konvensional

Perhitungan Bunga pada Bank Konvensional

Lembaga Keuangan konvensional adalah lembaga keuangan yang menggunakan sistem Perhitungan Bunga pada Bank Konvensional dalam setiap produk penawaran yang di berikannya kepada nasabah. Lembaga keuangan konvensional menerpakan bunga sebagai sumber utama pendapatan pada proses lembaga tersebut.

Dalam setiap produk yang ditawarkan dalam memenuhi kebutuhan nasabah Lembaga keuangan akan mensyaratkan kepada nasabah atas tambahan yang harus di persyaratan dalam proses pengajuan secara kredit.

Perhitungan Bunga pada Bank Konvensional

Lembaga keuangan konvensional memiliki beribu ragam jenis penyaluran kredit yang di berikan kepada nasabah. Lembaga keuangan konvensional menawarkan fitur fitur keunggulan dalam proses penawaran produk seperti bunga yang ringan, sampai kepada cicilan atas kredit yang diajukan.

Lembaga keuangan konvensional menarik minat masyarakat dengan moda kredit yang di berikan dengan variasi produk yang terdapat di dalamnya. Sehingga nasabah atau masyarakat dapat lanngung memilih prpduk sesuai dengan kebutuhan.

Lembaga Keuangan Konvensional yang menerapkan sistem bunga pada produknya terdapat pada Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank. Bank Konvensional menerapakan sistem bunga di setiap produk yang ditawarkan pada nasabah seperti produk tabungan, kredit pinjaman modal, kredit kendaraan bermotor, kredit modal usaha dan produk kredit lainnya.

Sedangkan pada lembaga keuangan non bank dapat di praktikan pada pegadian konvensional yang menerapakan bunga pada proses gadai. Bunga menjadi pendapatan utama pada lembaga lembaga tersebut.

Bunga memiliki beberapa jenis yang terkandung didalamnya beradasarkan objek pengenaan atas bunga. Jenis bunga yaitu adalah bunfa flat, bunga efektif, dan bunga anuitas. Dari tiga jenis bunga tersebut memiliki metode perhitungan nya masing masing.

Bunga tersebut terkandung dalam pembiayaan pembiayaan yang terkandung didalam jual beli, kredit pinjaman, kredit usaha, dan lain sebagainya.

Penerapan Bunga Efektif.

Bunga efektif termasuk dalam bunga sliding rate . Pada proses nya bunga efektif memiliki perhitungan dengan berdasarkan pada sista pokok utang. Dalam proses penerapan angsurannya, bunga efektif meruapakan bunga yang berubah ubah pada setiap bulannya meskipun besarnya atas angsuran hutang tetap sama.

Bunga efektif ini diterapkan pada kredit kredit yang ditawarkan dengan masa waktu angsuran dan pembiyaan yang panjang. Bunga efektif di terapakan di salah satu moda pembiayaan seperti KPR Rumah Bank Konvensional yang memiliki jangkauan waktu pulanasan hingga 10 Tahun.

Bunga efektif memiliki keunggulan ketika pinjaman memiliki jangka waktu yang lama dalam proses pelunasan. Karena pada proses nya nilai yang akan terkadnung dalam bunga efektif tersebut akan lebih kecil dari pada menggunakan bunga flat. Perhitungan yang di lakukan dalam bunga efektif berdasarkan pada sisa utang pokok yang belum di lunasi yang menyababkan besaran bunga dapat berubah.

Besaran bunga yang berubah menjadi lebih kecil sehingga secara otomatis ansguran per bulan akan semakin menurun dari setiap waktu.

Rumus bunga efektif = SP X i X (30/360)
SP = saldo harga pokok pinjaman dari bulan ansguran sebelumnya
i = suku bunga per tahun yang disepakati
30 = jumlah hari dalam waktu sebulan
360 = jumlah hari dalam waktu setahun

Contoh kasus penerapan :

Tuan Adi mengajukan pembiyaan rumah sebesar Tipe 21 dengan luas rumah seluas 120 Meter seharga Rp 240.000.000 pada Bank Konvensional. Setalah proses pemberkasan dipenuhi dan disetujui. Tuan Adi Dan Pihak Bank menyepakati nilai Bunga 5 % Pertahun. Dan Masa Waktu pelunasan selama dua tahun. Maka perhitunggannya sebagai berikut:

Penyelesaian :
Pokok pinjaman: Rp 240.000.000
Bunga : 10 %/tahun
Jangka waktu kredit : 24 bulan
Besaran bunga efektif bulan 1
= Rp 240.000.000,00 x 5% x (30 hari/360 hari)
= Rp 1.000.000,00
Angsuran pokok dan bunga bulan 1  = Rp 10.00.000,00 + 1.000.000,00 = Rp 11.00.000,00
Besaran bunga efektif bulan 2
= Rp 230.000.000,00 x5% x (30 hari/360 hari).

= Rp958,333,33
Angsuran pokok dan bunga bulan 2 = Rp 10.000.000,00 + 958.333,33 = Rp 10.958.333,33.
Dari hal tersebut dapat tersimpulkan bahwa beban bunga yang dibayarkan pada termin pembayaran pertama dan kedua berbeda.

Penerapan Bunga flat Pada Kredit Motor.

Bunga flat memerupakan bunga yang terdapat atau sering di temui dalam ilustrasi pembiayaan pada brosur baik penawaran kredit motor, perumahan ataupun aspek kredit lainnya. Pada brosur yang tertera tersebut dijelaskan mengenai table besar pinjaman mulai dari kredit dan ansguran yang akan dikenakan.

Dari tabel tersebut dijelaskan juga mengenai lama masa pinjama kredit yang akan di pilih seperti 6 Bulan, 12 Bulan, 18 Bulan, sampai 60 Bulan tergantung kebijakan yang telah di tetapkan oleh Perusahaan. Dalam penerapan tersebut menjadi salah satu penerpana pada bunga flat yang memiliki ciri ansguran , bunga dan cicilan nya tetap ketika masa kredit.

Bunga Penerapan Bunga Flat Setiap Bulan Pada Cicilan = (P x I x t)/jb
P = Jumlah Pokok pinjaman
I = Besar Suku bunga per tahun
t = lama waktu pelunasan kredit
jb = jumlah bulan dalam jangka waktu masa kredit
Contoh kasus: Tuan Amir mengajukan pembiayaan kredit motor pada leasing konvensional. Harga motor yang di jual oleh dealer sebesar Rp 35.000.000 dan Tuan menyepakati besar bunga sebesar 10 %. Waktu pelunasan selama 1 Tahun.

Penyelesaian Besaran Angsuran adalah sebagai berikut :
Pokok pinjaman Kredit : Rp 35.000.000
Besar Bunga flat : 10 %/tahun
Jangka waktu Pinjaman : 12 bulan

Penghitungan bunga flat : Rp (35.000.000 X 10% X 2) / 12 = Rp 583.333.000.

Bunga Anuitas.

Bunga anuitas meruapakan bunga dengan Jenis bunga modifikasi dari bunga efektif dengan maksud mempermudah dan memperlancar kreditur dalam upaya proses pemmembayar angsuran tiap bulan karena besarannya pada bunga anuitas ini adalah sama.

Bunga anuitas memiliki angsuran bulanan yang dibayarkan selalu tidak tetap pada setiap ansguran perbulan yang akan dibayarkan tapi komposisi bunga dan pokok angsuran berubah secara teratur. Angsuran pokok yang akan dibayarkan pada setiap bulannya akan membesar besaran bunganya akan semakin mengecil per bulan.

Pada proses nya besaran bunga diawal proses peminjamana akan terasa besar tapi perlahan-lahan porsi atas bunga tersebuta akan mengecil di masa akhir pelunasan kredit.

Bunga = SP X i X (30/360)
SP = saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya yang dibebankan.
i = besaran suku bunga per tahun.
30 = jumlah hari dalam waktu sebulan.
360 = jumlah hari dalam waktu setahun.

Bunga merupakan tambahan biaya yang di bebankan di awal proses kredit yang diberikan kepada nasabah. Bunga menjadi salah satu sumber pendapatan pada Sistem Konvensional. Lembaga yang menggunakan atau berioritasi kepada bunga ini akan memberikan keunggulan dalam prosesi pembiayaan diantaranya dengan memberikan bunga pembiyaan lebih kecil kepada masyarakat.

Suku Bunga ditetapkan oleh Bank Sentral yaitu Bank Indonesia.

Bank Indonesia memiliki kebijakan moneter dalam mengatur kebijakan,peraturan, prosedure, mekanisme, dan syarat dalam dunia perbankan. Bank Indonesia menentukan standarisasi suku bunga untuk bank bank dalam memberikan kredit pinjamaan kepada nasabah.

Kebijakan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia ditetapkan agar setiap proses yang dilakukan oleh Bank Umum sesuai dengan ketentuan-ketentuan yag telah ditetapkan oleh pemerintah dan Bank Sentral. Syarat yang ditetapkan oleh Bank Indonesia yaitu sebagai syarat yang digunaan dalam proses pengajuan produk yang terdapat pada Bank Umum.

Selain hal tersebut, Bank  indonesia juga memiliki fungsi sebagai lembaga yang menjaga kestabilan nilai tukar rupiah dan menjaga nilai tukar barang dan jasa.

Pengacara Syariah

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan
  10. Butuh pendampingan dana pinjaman kerjasama operasional syariah

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai Perhitungan Bunga pada Bank Konvensional bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan Perhitungan Bunga pada Bank Konvensional atau mengalami masalah :

peran fungsi tugas utama bank sentral

tujuan fungsi dan produk bank konvensional

akad mudharabah dan musyarakah bank syariah

kerjasama mikro bank syariah bersama umkm

produk operasional bank syariah

pembiayaan bank syariah meningkatkan kesejahteraan masyarakat

akad tijarah dalam perbankan syariah

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi SH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad SH HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Customer Service Lukman Azis SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Customer Service ABDURI SH HP/Whatsapp Simpati : +6281281247293

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here