Beranda Hukum PERSIDANGAN BUKAN PEMECAHAN MASALAH MEDIASI

PERSIDANGAN BUKAN PEMECAHAN MASALAH MEDIASI

PERSIDANGAN BUKAN PEMECAHAN MASALAH MEDIASI

PERSIDANGAN BUKAN PEMECAHAN MASALAH MEDIASI – Seperti bunga layu sebelum berkembang, kelihatannya itu yang berlangsung pada mediasi. Jadi pilihan penyelesaian perselisihan di persidangan. Basuki Rekso Wibowo, Guru Besar Fakultas Hukum Kampus Airlangga. Yang memegang Kepala Pusat Riset serta Peningkatan Hukum serta Peradilan (Puslitbang Kumdil) Mahkamah Agung menjelaskan : jika data mediasi di persidangan yang sukses dengan nasional tidaklah sampai 4%. Mediasi yang diinginkan jadi jalan keluar pilihan nyatanya sepi prestasi.

Ini diterangkan Basuki di celah serangkaian Pertemuan Nasional Hukum Acara Perdata V yang diadakan Asosiasi Dosen Hukum Acara Perdata (ADHAPER) di Jember, Jawa Timur pada 10-12 Agustus kemarin. Walau sebenarnya menurut Basuki, usaha mediasi sebenarnya telah diketahui dalam ketetapan perdamaian yang ada di pasal 130 HIR.

Ketetapan yang sama ada di dalam pasal 154 RBg. Dan juga pasal 130 HIR memperjelas bila di hari yang dipastikan itu, kedua pihak menghadap, karena itu pengadilan negeri dengan mediasi ketuanya, akan coba memperdamaikan mereka. Ada di dalam pasal 154 RBg memperjelas Jika di hari yang sudah dipastikan beberapa faksi hadir menghadap, karena itu pengadilan negeri dengan perantaraan ketua berupaya mendamaikannya.

Ketetapan perdamaian ini dirasa kurang jelas bagaimana realisasinya. S/d diundangkannya UU No.30 Tahun 1999 mengenai Arbitrase serta Pilihan Penyelesaian Perselisihan (UU Pilihan Penyelesaian Perselisihan), bentuk perdamaian dengan mediasi sebenarnya masih belum mempunyai kepastian. mediasi cuma sebatas diterangkan dalam undang-undang itu.

Persidangan bukan pemecah masalah mediasi

Mahkamah Agung lalu keluarkan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) diikuti Ketentuan Mahkamah Agung (Perma) masalah perantaraan. Yang paling baru dikeluarkan pada tahun 2016 kemarin.

NO Bentuk Penataan Mahkamah Agung mengenai Perantaraan
1 SEMA No.1 Tahun 202 mengenai Pemberdayaan Pengadilan Tingkat Pertama Mengaplikasikan Instansi Damai

 

2 Perma No.2 Tahun 2003 mengenai Mekanisme Perantaraan di Pengadilan

 

3 Perma No.1 Tahun 2008 mengenai Mekanisme Perantaraan di Pengadilan

 

4 Perma No.1 Tahun 2016 mengenai Mekanisme Perantaraan di Pengadilan

 

Perma No 1 Tahun 2008

Semenjak Perma No.1 Tahun 2003, dalam melakukan mediasi ditekankan jadi keharusan sebelum meneruskan ke step litigasi dalam hukum acara perdata. Dalam Perma No.1 Tahun 2008 bahkan juga dikatakan bahwa melakukan mediasi terlebih dahulu jika gagal baru memasuki perantara hukum.

Di Perma paling baru, keputusan yang diserahkan banding atau kasasi tanpa ada melalui perantaraan akan dikembalikan ke pengadilan tingkat pertama untuk lakukan proses perantaraan. Jadi, mediasi itu sudah lama ada di dalam ataupun terintregasi sebagai bagian yang ada dari hukum acara perdata nasional.

Lalu apa yang membuat usaha perdamaian dengan mediasi di persidangan tidak kerja efisien sesuai dengan keinginan? Otto Hasibuan memberi keterangan singkat di depan peserta pertemuan berdasar pengalamannya jadi advokat. “Selama pengadilan tidak berjalan dengan baik, mediasi akan tetap disangsikan,” katanya.

Pandangan Otto berdasar pada anggapan jika warga ingin lakukan mediasi sebab mengharap win-win solution. Bila pengadilan mempunyai rekam jejak mengenai kestabilan serta ketegasan putusannya, faksi yang bersengketa akan pilih menghindarkan litigasi yang berbuntut kalah-menang.

Kenyataannya, menurut Otto telah jadi hal yang umum didapati jika masih ada mafia peradilan yang dapat memengaruhi keputusan hakim. Belum juga proses eksekusi keputusan yang tidak gampang.

Lain yang diutarakan Yaswirman. Guru Besar Fakultas Hukum Kampus Andalas ini memiliki pendapat usaha perdamaian telah lama tidak mempunyai daya tarik dalam peradilan sebab nilai-nilai budaya musyawarah serta mufakat warga Indonesia telah luntur semenjak masuknya mode peradilan skema kolonial.

Pendapat Yaswirman

Dengan anggapan demikian, Yaswirman lihat perdamaian tidak dipandang seperti penyelesaian. Warga memang hadir ke pengadilan untuk memperoleh keputusan kalah-menang dari hakim. Dia memperbandingkan dengan kesuksesan mediasi jadi pilihan penyelesaian perselisihan di Jepang sebab nilai budaya serta komunalisme yang terus terpelihara.

Opini Yaswirman ini sama juga dengan apa yang diterangkan Guru Besar Fakultas Hukum Kampus Airlangga, Yohanes Sogar Simamora. Yohannes yakini jika kesuksesan mediasi benar-benar berkaitan dengan budaya. Faktanya, budaya hukum yang dimengerti warga dalam bersengketa sampai kini tidak ingin kalah sedikitpun.

Tetapi dia tidak menolak peluang ada peranan advokat yang kurang menasehati hukum yang pas pada client-nya. “Tidak siap kalah, tiap ada kesempatan usaha hukum dicoba terus. Selain pengacaranya (juga) tidak memberi dukungan (damai), memiliki kepentingan masalah masih lanjut,” katanya.

Opini Yaswirman serta Sogar ini dikuatkan keterangan Basuki mengenai perubahan skema nilai nenek moyang warga Indonesia yang dulu diketahui memprioritaskan musyawarah mufakat jadi senang berperkara. “Kearifan lokal yang menyukai musyawarah telah berubah, wakai (proses mediasi-red.) di Jepang sukses sebab skema nilai mereka terpelihara. Ini masalah budaya,” tuturnya.

Walau demikian, Basuki memandang ada banyak peluang masalah tehnis yang membuat perantaraan di persidangan gagal. Pertama, mungkin saja mediator yang ada dari beberapa hakim mediator kurang ahli untuk mendamaikan beberapa faksi.

Mediator Profesional

Beberapa faksi condong akan pilih hakim mediator yang ada gratis daripada layanan mediator profesional berbayar untuk melalui step mediasi yang ada di persidangan. “Dia harus punyai softskill. Potensi tehnis saja kurang, harus punyai kepaiawaian segi psikologi, sosiologi budaya mengenai faksi yang dimediasi,” tutur Basuki.

Ke-2, kemungkinan besar jika perselisihan telah diusahakan berdamai di luar pengadilan tetapi gagal. Hingga waktu hadir ke pengadilan telah merencanakan tempuh jalan litigasi. Proses mediasi memang juga bisa dikerjakan di luar persidangan. Tetapi sepanjang belum dituangkan dalam Akta Perdamaian, masalah masih dapat diserahkan jadi tuntutan ke pengadilan. Sebab pada Akta Perdamaian tidak bisa dikerjakan usaha hukum .

Ketua Dewan Pembina Instansi Konsultasi serta Pertolongan Hukum Fakultas Hukum Kampus Indonesia (LKBH FHUI), Yoni Agus Setyono yang memiliki pengalaman mengatasi masalah lebih dari 20 tahun lewat LKBH FHUI membetulkan pandangan Basuki. “Kalau telah ke pengadilan bermakna telah coba perantaraan. Jika telah litigasi bermakna siap pasang tubuh,” kata Yoni

Berdasar pengalaman Yoni berpraktik memberi pertolongan hukum, tanda-tanda di warga Indonesia ialah masalah harga diri dalam hadapi tuntutan. Mereka pilih menyerahkan pada pengadilan yang putuskan kalah atau menang. “Lu jual, gue beli,” katanya.

Peluang paling akhir yang dikemukakan Basuki jika perantaraan tidak berhasil saat beberapa faksi diwakilkan oleh kuasanya. “Lawyer itu sebagan besar semangatnya litigator, bertanding sampai darah penghabisan,” kata Basuki.

Perma No 1 Tahun 2016

Dia menerangkan jika di Perma No.1 Tahun 2016 sudah mengendalikan supaya beberapa faksi hadir sendiri tanpa ada diwakilkan kuasanya. Harapannya mediator dapat dengar langsung apa yang diharapkan beberapa faksi. “Mereka merasakan sendiri, mengungkapkan apa yang ada. Jika lawyer kan beda pikirannya,” sambungnya.

Selanjutnya Basuki meyakini jika perantaraan cuma akan sukses bila skema nilai sosial warga kembali ke niat baik warisan kearifan lokal Indonesia. Sampai di sini, peranan beberapa pemangku kebutuhan diperlukan untuk menyosialisasikan pada warga jika ada jalan lain dalam mengakhiri perselisihan perdata. Ditambah lagi Akta Perdamaian dari pengadilan berkekuatan eksekutorial.

Sangat menarik untuk ditunggu petuah Yohanes Sogar Simamora waktu diberi pertanyaan mengenai langkah apa yang dapat diambil untuk menggerakkan kembali mediasi jadi jalan keluar penyelesaian perselisihan, “Lebih penting ada contoh teladan dari pemimpin. Jika contohnya ada konflik selekasnya dituntaskan lewat cara damai. Itu kanakan menyebar ke warga, terhitung di bagian politik, tidak cuma acara perdata.”

Pengacara Mediasi

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, PERSIDANGAN BUKAN PEMECAHAN MASALAH MEDIASI Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai PERSIDANGAN BUKAN PEMECAHAN MASALAH MEDIASI merupakan hak siapa bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan PERSIDANGAN BUKAN PEMECAHAN MASALAH MEDIASI merupakan hak siapa atau mengalami masalah :

hibah orang tua terhadap anak

jasa legalisir kemenkumham

jasa legalisir kementrian luar negeri kemenlu

jasa legalisir kedutaan besar

jasa pengurusan visa

jasa penerjemah tersumpah resmi

jasa kartu kredit untuk medical gamca

jasa lulus sensor film lsf

legalitas pt jangkar

pengurusan rptka imta kitas

perkawinan campuran wni wna

Hubungi Kami Untuk Info Dan Pemesanan

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi SH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad SH HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Customer Service Lukman Azis SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Customer Service ABDURI SH HP/Whatsapp Simpati : +6281281247293

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Kunjungi Media Sosial Kami :

Email: jangkargroups@gmail.com

Telegram : t.me/jangkargroups

Linkedin : Akhmad Fauzi Manpower

Produk Layanan PT Jangkar Global Groups :

Jasa Penerjemah Tersumpah :

  1. Penerjemah Tersumpah Arab
  2. Penerjemah Tersumpah Australia
  3. Penerjemah Tersumpah Austria
  4. Penerjemah Tersumpah Argentina
  5. Penerjemah Tersumpah Algeria
  6. Penerjemah Tersumpah Afganistan
  7. Penerjemah Tersumpah Belanda
  8. Penerjemah Tersumpah Bahrain
  9. Penerjemah Tersumpah Bulgaria
  10. Penerjemah Tersumpah Brazil
  11. Penerjemah Tersumpah Bosnia
  12. Penerjemah Tersumpah Bangladesh
  13. Penerjemah Tersumpah Belgia
  14. Penerjemah Tersumpah Colombia
  15. Penerjemah Tersumpah China
  16. Penerjemah Tersumpah Dominique
  17. Penerjemah Tersumpah English
  18. Penerjemah Tersumpah Egypth
  19. Penerjemah Tersumpah Ecuador
  20. Penerjemah Tersumpah Hungaria
  21. Penerjemah Tersumpah Italia
  22. Penerjemah Tersumpah Irlandia
  23. Penerjemah Tersumpah Irak
  24. Penerjemah Tersumpah India
  25. Penerjemah Tersumpah Iran
  26. Penerjemah Tersumpah Jepang
  27. Penerjemah Tersumpah Jerman
  28. Penerjemah Tersumpah Kuwait
  29. Penerjemah Tersumpah Kazhakstan
  30. Penerjemah Tersumpah Korea
  31. Penerjemah Tersumpah Libanon
  32. Penerjemah Tersumpah lithuania
  33. Penerjemah Tersumpah Mandarin
  34. Penerjemah Tersumpah Polandia
  35. Penerjemah Tersumpah Philipina
  36. Penerjemah Tersumpah Peru
  37. Penerjemah Tersumpah Panama
  38. Penerjemah Tersumpah Pakistan
  39. Penerjemah Tersumpah Qatar
  40. Penerjemah Tersumpah Rusia
  41. Penerjemah Tersumpah Rumania / Romania
  42. Penerjemah Tersumpah Spanyol
  43. Penerjemah Tersumpah Taiwan
  44. Penerjemah Tersumpah Turki
  45. Penerjemah Tersumpah Vietnam
  46. Penerjemah Tersumpah Zimbabwe

Biro Jasa Legalisir Dokumen :

  1. Legalisir Di Notaris
  2. Legalisir Dokumen Kemenag
  3. Legalisir Dokumen Kemenlu
  4. Legalisir Dokumen Kemenkumham
  5. Legalisir Dokumen Dikti
  6. Legalisir Di kedutaan UAE
  7. Legalisir di kedutaan Kuwait
  8. Legalisir di kedutaan Kazakhstan
  9. Legalisir di Kedutaan Australia
  10. Legalisir di Kedutaan Afrika Selatan
  11. Legalisir di Kedutaan aljazair
  12. Legalisir di kedutaan Austria
  13. Legalisir di Kedutaan Argentina
  14. Legalisir di Kedutaan Bahrain
  15. Legalisir di Kedutaan Bangladesh
  16. Legalisir di Kedutaan Brazil
  17. Legalisir di Kedutaan Bulgaria
  18. Legalisir Kedutaan Ceko
  19. Legalisir Kedutaan Canada
  20. Legalisir Kedutaan China
  21. Legalisir Kedutaan Denmark
  22. Legalisir kedutaan Ecuador
  23. Legalisir Kedutaan Hungary
  24. Legalisir Kedutaan India
  25. Legalisir Kedutaan Italia
  26. Legalisir Kedutaan Jerman
  27. Legalisir Kedutaan Jepang
  28. Legalisir Kedutaan Korea Selatan
  29. Legalisir Kedutaan Kroasia
  30. Legalisir Kedutaan Laos
  31. Legalisir Kedutaan Kamboja
  32. Legalisir Kedutaan Arab Saudi
  33. Legalisir Kedutaan Qatar
  34. Legalisir Kedutaan Brunei Darussalam
  35. Legalisir Kedutaan Belanda
  36. Legalisir kedutaan Belgia
  37. Legalisir Kedutaan Bolivia
  38. Legalisir Kedutaan Chille
  39. Legalisir Kedutaan Colombia
  40. Legalisir di Kedutaan Filipina
  41. Legalisir di Kedutaan Finlandia
  42. Legalisir di Kedutaan Iran
  43. Legalisir di Kedutaan Iraq
  44. Legalisir di Kedutaan Jordania
  45. Legalisir di Kedutaan Lebanon
  46. Legalisir di Kedutaan Maroko
  47. Legalisir di kedutaan malaysia
  48. Legalisir di Kedutaan mesir
  49. Legalisir di Kedutaan Mongolia
  50. Legalisir di Kedutaan Nigeria
  51. Legalisir di Kedutaan Oman
  52. Legalisir di Kedutaan Polandia
  53. Legalisir di Kedutaan Paraguay
  54. Legalisir di Kedutaan Peru
  55. Legalisir di Kedutaan Rumania
  56. Legalisir di Kedutaan Serbia
  57. Legalisir Kedutaan Srilanka
  58. Legalisir Kedutaan Swedia
  59. Legalisir Kedutaan Suriname
  60. Legalisir Kedutaan Tunisia
  61. Legalisir Kedutaan Turki
  62. Legalisir Kedutaan Taiwan
  63. Legalisir Kedutaan Uruguay
  64. Legalisir Kedutaan Ukraina
  65. Legalisir Kedutaan Uzbekistan
  66. Legalisir Kedutaan Venezuela
  67. Legalisir kedutaan vietnam
  68. Legalisir Kedutaan vatikan
  69. Legalisir Kedutaan Yaman
  70. Legalisir Kedutaan Zimbabwe

Biro jasa keimigrasian

PT Jangkar Global Groups juga mengurus jasa urus visa turisjasa urus visa bisnis jasa urus visa kerjajasa urus visa belajarjasa urus visa family . jasa urus visa pelautjasa urus visa transitjasa urus visa sosial budayajasa urus alih status visajasa urus kitasjasa urus kitap . jasa urus rptkajasa urus imtajasa urus telex visajasa kitas lansiajasa kitas pengajar agama . jasa urus dokumen expatriate/tenaga kerja asingjasa cabut blacklist warga negara asing , medical gamca dan jasa perpanjangan visa.

Jenis Pelayanan Jasa Urus Visa seperti :

Biro jasa visa Schengen , biro jasa visa afghanisthan , biro jasa visa algeriabiro jasa visa argentinabiro jasa visa australia . Biro jasa visa austria , biro jasa visa bangladeshbiro jasa visa belgiabiro jasa visa bosnia , biro jasa visa brazil . Biro jasa visa brunai darussalambiro jasa visa bulgariabiro jasa visa bahrainbiro jasa visa belanda . Biro jasa visa cambodiabiro jasa visa canadabiro jasa visa chilebiro jasa visa china . Biro jasa visa colombia, biro jasa visa croatiabiro jasa visa cuba .

Biro jasa visa cekobiro jasa visa costarikabiro jasa visa denmarkbiro jasa visa dominiquebiro jasa visa ecuador . Biro jasa visa eghyptbiro jasa visa finlandbiro jasa visa prancisbiro jasa visa hungaria . Biro jasa visa india, biro jasa visa iranbiro jasa visa iraqbiro jasa visa irlandia . Biro jasa visa italybiro jasa visa jepangbiro jasa visa jordaniabiro jasa visa kazaksthanbiro jasa visa korea . Biro jasa visa kuwaitbiro jasa visa libanonbiro jasa visa libyabiro jasa visa lithuania .

Biro jasa visa

Biro jasa visa malaysiabiro jasa visa malibiro jasa visa maltabiro jasa visa marshall islandbiro jasa visa mexico Biro jasa visa maroccobiro jasa visa mongoliabiro jasa visa mozambiquebiro jasa visa myanmar . Biro jasa visa neherlandbiro jasa visa new zealandbiro jasa visa nigeria . Biro jasa visa norwegiabiro jasa visa omanbiro jasa visa pakistanbiro jasa visa palestina . Biro jasa visa panamabiro jasa visa papua new guinea . biro jasa perubiro jasa visa philipinabiro jasa polandia.

Biro jasa visa portugalbiro jasa visa prancisbiro jasa visa qatarbiro jasa visa romaniabiro jasa visa rusia . biro jasa visa saudi arabiabiro jasa visa serbiabiro jasa visa singaporebiro jasa visa slovakia . Biro jasa visa somaliabiro jasa visa afrika selatanbiro jasa visa spanyol , biro jasa visa srilangka . Biro jasa visa sudanbiro jasa visa swediabiro jasa visa switzerlandbiro jasa visa syria Biro jasa visa taiwanbiro jasa visa thailandbiro jasa visa tunisiabiro jasa visa turki.

Biro jasa visa ukrainabiro jasa visa UAEbiro jasa visa UKbiro jasa visa amerikabiro jasa visa uzbekisthan . Biro jasa visa vatikanbiro jasa visa venezuelabiro jasa visa vietnam . Biro jasa visa yemeniabiro jasa visa yunanibiro jasa visa zimbabwe dan negara lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here