Menu Tutup

PERSYARATAN GANTI NAMA

persyaratan ganti nama

Merubah identitas kependudukan atau persyaratan ganti nama bisa dilakukan di pengadilan setempat, sesuai dengan identitas ktp. Berdasarkan pasal 52 Undang-Undang No. 23 Tahun 2006. Setelah mendapatkan salinan keputusan dari pengadilan negeri, paling lambat 30 hari anda harus sudah mendaftarkan perubahan tersebut ke dinas kependudukan dan catatan sipil setempat.

sidang ganti nama

Disduk capil akan membuatkan catatan pinggir pada register akta pencatatan sipil atau kutipan akta pencatatan sipil. Dengan akta tersebut anda bisa merubah data : ktp, kartu keluarga (kk), sertifikat tanah, buku pemilik kendaraan bermotor (bpkb), surat izin mengemudi (sim), pasport, ijazah, buku tabungan bank dan lain-lain.

cara mengurus perubahan nama di akte kelahiran

Persyaratan ganti nama

Persyaratan ganti nama di pengadilan negeri setempat (sesuai dengan domisili ktp) :

  1. Mengajukan surat permohonan ganti nama dan di tanda tangani diatas materai

 

 

 

2. Foto Copy KTP Suami Istri

3. Foto Copy Kartu Keluarga

4. Foto Copy Akta Pernikahan / Buku Nikah

5. Foto Copy Akta Kelahiran.

6. Foto copy SKCK

7. Foto copy Ijazah

6. Membayar Biaya Perkara : Rp. 322.000 dengan rincian :

  • PNBP : Rp. 30.000
  • Redaksi : Rp. 5.000
  • Biaya Materai 2 Lembar : 12.000
  • Biaya Proses : Rp. 75.000
  • Biaya tidak tetap : Biaya panggilan 2 X 100.000 = Rp. 200.000

Catatan : Untuk setiap penambahan 1 (satu) pihak permohonan yang ada termohonnya dikenakan biaya tambahan : Rp. 300.000

merubah nama

Semua berkas (nomer 2 sampai 5) harus di beri materai dan di stempel kantor pos, kecuali nomer 1 hanya di tanda tangani diatas materai.

penggantian nama

Jangan lupa semua berkas di buat versi digitalnya termasuk surat permohonan ganti nama di masukan kedalam VCD/DVD karena pengadilan mempersyaratkan semua dokumen di masukan kedalam VCD/DVD untuk mempermudah pekerjaan juru ketik pengadilan serta data terekam secara digital.

ganti nama

7. Setelah anda menulis permohonan ganti nama dan melengkapi persyaratannya di pengadilan negeri setempat maka proses selanjutnya adalah menunggu jadwal sidang keluar. Untuk sidang ganti nama prosesnya dua kali sidang saja. Jarak antar sidang sekitar satu minggu. (Baca juga: ganti nama ikut suami)

jasa urus ganti nama

8. Jadi jangan lupa harus menghadiri sidang dan membawa dua saksi. waktu yang di perlukan untuk ganti nama sekitar satu bulan semenjak berkas di daftarkan di pengadilan negeri tapi terkadang tergantung kerumitan kasusnya. Tidak semua permohonan ganti nama di terima oleh pengadilan negeri, banyak kasus ganti nama di tolak oleh pengadilan negeri.

naseglen kantor pos

9. Setelah sidang ganti nama di gelar, maka anda akan ditanya seputar alasan kenapa mesti ganti nama ? Apabila hakim menyetujui pergantian nama anda maka anda akan diberikan surat keputusan pengadilan :

 

salinan penetapan ganti nama pn jaktim
salinan penetapan ganti nama pn jaktim

Apa langkah selanjutnya setelah ketetapan pengadilan ?

Setelah anda mendapatkan Surat Penetapan dari pengadilan negeri maka langkah selanjutnya adalah mengurus akta kelahiran ganti nama di disduk capil setempat. Percayakan lah semua urusan ganti nama dan pengurusan akte kelahiran kepada PT. Jangkar Global Groups karena anda akan terhindar dari pemalsuan dokumen yang asal cepat jadi dan instan. (baca juga: proses ganti nama di akta kelahiran)

biro jasa ganti nama

Khusus untuk ganti nama anak di bawah 21 tahun maka pemohon bisa di ganti menjadi orang tua kandungnya. untuk dua orang saksi di pengadilan, namanya tidak boleh tercantum dalam satu kartu keluarga.

jasa ganti nama

Apabila anda memerlukan bantuan untuk mengurus ganti nama di




Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Bagaimana caranya ?

Cara kirim dokumen persyaratan ganti nama bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client. Untuk update perkembangan proses dokumen bisa menghubungi Ibu Ida melalui sms/wa : 081282474443

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups untuk persyaratan ganti nama:

Biro jasa resmi dan terpercaya

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk meyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi fauzi PT. Jangkar Global Groups: di no hp/whatsapp xl: +6287727688883 hp/whatsapp simpati : +6281290434111  Telp kantor : +622122008353

Bagikan yuk!
Posted in Lain-lain

61 Comments

  1. dewi ristanti

    area mana saja ya..saya berniat mengganti nama anak saya wilayah gunungkidul DIY..bisa gak ya…biaya berapa mksh

  2. Imron fauzi

    Biaya brp y pak sya dijakarta. Saya mau ganti nama ke nama saya waktu kecil. Dari nama imron fauzi mau ganti ke imam izz fauzi. Karena faktor Lucky. Mhn penjelasannya

  3. Al fajri

    Untuk pergantian nama akta kelahiran diatas umur 21tahun, bolehkah membawa saksi seorang teman dekat (bukan keluarga)

  4. Ade

    Pagi pak, mau tanya kalau untuk perubahan tahun di akta bisa tidak pak ?
    Karena di KK, KTP, IJASAH berbeda dengan akte, mohon di infonya pak untuk biayanya, tks

  5. haikal

    Malam pak,saya dijakarta.nama di surat nikah dan ktp saya berbeda,,saya mau ganti nama di ktp sesuai surat nikah..kira kira bisa ga pak?

  6. Yenny

    Siang pak, saya di jakarta barat maaf mau tanya persyarat ganti nama apa saja ya utk yg kristen.?
    Nma saya di surat baptis,akte dan ijazah saya berbeda dgn ktp saat ini kan berbeda. Krn waktu kecil saya sakit2an.. Jdi di ganti nma nya,hanya tdk melalui pengadilan. Jdi saya mau pake nma sesuai ktp saja.

    • Akhmad Fauzi

      KTP Domisili mana ? Ganti nama harus sidang di pengadilan dan bawa 2 saksi. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan hubungi PT Jangkar Global Groups melalui sms/wa : 087727688883

  7. Salim

    Selamat pagi pak. Ijin bertanya, kalau mau ganti nama pada ijazah bagaimana ?

    Agar terang saya jelaskan kasus posisinya, dalam hal ini saya punya seorang adik yang sudah berusia 40 tahunan dan hanya sampai sekolah dasar (SD). Baru baru ini adik saya tsb ingin mengikuti program Paket B (sederajar SLTP) namun tidak diterima karena nama yang ada pada ijazah SD nya tidak sama dengan nama yang ada pada dokumen lainnya (KTP,KK,AKte dll).

    Nama pada Ijazah BAHARUDDIN, tanggal lahir 12 Juli 1976, ayah kandung SIRAM.

    Nama pada KTP SAMIRUL AKHYAR, tanggal lahir 29 Juli 1976, ayah kandung MIHAMMAD YUSUF. Nama serta data lainnya yg terdapat pada KTP ini sama dgn Nama yg ada pada dokumen lainnya, yaitu : Kartu keluarga, Akte Nikah, Akte Kelahiran, Paspor.

    Pertanyaannya : Bagaimana cara mengganti nama yang ada pada ijazah SD nya tsb ke nama yg terdapat pada KTP dan dokumen lainnya agar bisa mngkuti Paket B dan nanti ijazah Paket B nya bisa dinyatakan sah sebagai SAMIRUL AKHYAR.

    • Hany Jow

      proses dan prosedurnya sama saja pa. silakan ikuti panduan di atas. kami blm bisa membantu secara langsung untuk area luar jakarta.

  8. Salim

    Adik saya tsb diawal sekolah namanya Samirul namun hanya sampai sekitar 7 atau 8 bulan ia berhenti sekolah karena ikut org tua kami yg waktu itu mandah (merantau). Sekitar setengah tahun setelahnya oleh orang tua kami adik saya dikirim pulang kerumah dan oleh ibu angkatnya adik saya tsb masuk sekolah kembali disekolah yang sama, namun oleh ibu angkat namanya diganti menjadi Baharuddin sampai ia tamat dan mendapat ijazah dengan nama Baharuddin tsb.

    Setamat SD dia tdk melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya karena sering sakit sakit, lagipula ditempat tinggal kami kala itu sekolah SLTP sangat jauh. Karena adik saya tsb sering sakit sakit, menurut orang tua tua dikampung kami nama Baharuddin terlalu berat buatnya dan sebaiknya diganti, maka atas saran tetangga digantilah namanya menjadi Samirul Akhyar, dan sewaktu adik saya tsb menikah keluarlah akta nikahnya bernama Samirul Akhyar tsb, demikian pula kala ia mengurus KTP, KK, Akte Kelahiran serta paspor nya, selain beda nama juga terdapat beda tanggal lahir yang di ajazah tanggal 12 dan di KTP dan dokumen lainnya tanggal 29 serta nama ayah kandung. Panggilan ayah kami sehari hari dikampung SIRAM, namun di KTP Muhammad Yusuf.

    Sekiranya ada yang bisa bantu saran kami ucapkan terimaksih.

    Tambahan. bahwa sekolah SD yg dimaksud sampai hari ini masih ada, guru yg mengajar waktu adik saya sekolah dulu juga beberapa orang masih ada serta beberapa teman sekelasnya waktu itu juga masih bisa ditanyai andai dibutuhkan klarifikasi pihak terkait,

  9. ririn

    mas saya punya riwayat hidup yg rumit saya hbs selamat dri maut, saya koma 1 minggu alhamdulilah sya di ksh kesempatan kedua, mknya saya mau ganti nama sy hbs sakit keras mas kira2 bisa gk

  10. Bilva

    Sedikit cerita jika A menikah dengan B kmdian memiliki anak dan sdh dbuatkan akta kelahiran lalu keduanya brcerai dan ayahny sm s x tdk prnh mengurus ataupun menafkahi ank trsbut. Kmudian ibuny menikah lagi dan ingin mengganti nama ayh yg dlu d akta dgn ayh yg skrg syratnya apa saja? Biayanya brp? Trm ksh

    • Akhmad Fauzi

      Mohon maaf tidak bisa mengganti nama ayah kandung. Walaupun ibu menikah dan cerai 7 kali maka nama bapak kandung tidak bisa di ganti dengan nama ayah kandung nomer 7 karena itu adalah NASAB alias garis keturunan.

  11. Haula

    Anak sy sudah ganti nama pd akte melalui jasa peorangan2012. Dan sekarang berkas salinan pengadilan hilang krn banjir. Apa bisa minta salinan lagi ke PN jaktim? Untuk perpanjang paspor

  12. Amelia

    Permisi pak, saya ingin bertanya. Kalau ingin mengubah nama di akta kelahiran tapi dengan kasus nama di akta kelahiran itu sama dengan kartu keluarga. Akan tetapi di ijazah nya berbeda pak. Dan saya ingin mengganti nama akta kelahiran sesuai dengan ijazah, dan nama kartu keluarga juga diganti karena saya numpang di wali tetapi pak di kk tsb nama saya ditulis sebagai anak dari wali tersebut. Untuk kasus seperti itu sebaiknya bagaimana ya pak? Terima kasih sebelumnya pak.

  13. Nurfitriahla

    Saya umur 19th. Saya ingin mengganti nama, karena dari kecil sering sakit-sakitan. Dan orang tua saya juga telah menyetujui nya. Lalu saya harus bagaimana? Mohon solusinya, pak.

  14. Simon

    Selamat Siang…
    Saya mau tanya, jika kita sudah memiliki kutipan akte kelahiran (tahun 2006) nama sesuai di akte lahir, KTP semua sama, namun ingin menambahkan catatan pinggir saja agar lenih sah.
    Bisa urus kemana yah Pak? Cukup ke catatan sipil atau harus ke pengadilan negeri?
    Mohon infonya. Terima kasih

  15. Aidha

    Pak saya mau tanya?umur saya kan sudah 21 tahun ,trus saya ingin mengganti nama tetapi permasalahan nya di sini saya blm punya ktp,akta kelahiran dan buku nikah orang tua..bisa atau tidak ya pak mohon di jawab.
    Terimaksih

    • Akhmad Fauzi

      bisa, silahkan datang ke kantor kami supaya terjadi kepercayaan karena kami tidak memungut uang sebelum salinan putusan selesai. jadi anda tidak perlu keluar uang sebelum semuanya selesai.

  16. Devi

    Apakah bisa mengganti nama, jika nama kita memiliki arti yang buruk? Lalu bagaimana untuk E ktp yang belum jadi, apakah tetap bisa di proses di pengadilan. Mohon info nya, saya wilayah Jakarta Timur.

  17. Dwi Artono C M

    Pak mau tanya mengenai perubahan nama, tempat n tahun lahir di ktp berbeda dgn akte lahir, bisa di ubah sesuai akte lahir? Ktp domisili daerah bekasi. Kira2 biaya brp?

  18. Bukhori

    Selamat siang pak, saya berniat menganti nama anak diakte kelahiran syarat dan biayanya berapa pak
    Makasih

  19. eir

    Selamat malam pak. Saya ingin merubah tempat lahir di akte kelahiran dan di KK agar sesuai dengan Ijazah. Apakah bisa diubah sesuai ijazah pak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »