Persyaratan Izin Rumah Pengemasan (Packing House)
Ekpor  

Persyaratan Izin Rumah Pengemasan (Packing House)

Persyaratan Izin Rumah Pengemasan (Packing House)

Salah satu standar produk pada komoditas pertanian pada proses ekspor yaitu mensyaratkan proses packing house. Sertifikat persyaratan izin rumah pengemasan (packing house) tersebut bisa diperoleh, jika sudah memenuhi ketentuan khusus. Sebagaimana protokol ekspor pemerintah Indonesia.

 

Mengurus sertifikat izin packing house memang tidak mudah, sebab harus memenuhi manajemen mutu tertentu. Itulah sebabnya, proses pengurusan sertifikat akan lebih mudah jika dibantu oleh penyedia jasa khusus yang menangani bidang tersebut. Berikut informasi seputar izin packing house sebagai referensi:

 

Apa Itu Packing House?

Rumah pengemasan (packing house), merupakan fasilitas khusus yang digunakan untuk menempatkan hasil panen sebelum didistribusikan ke pasar. Misalnya buah-buah berupa jeruk, apel, pir, dan hasil panen lainnya. Proses pengirimannya dilakukan menggunakan truk.

 

Apa Itu Packing House?

Packing house berfungsi sebagai tempat sortir berdasarkan kualitas dan ukurannya. Dalam kasus pengemasan buah, nantinya buah akan dibedakan berdasarkan tingkat kematangannya. Jika buah belum matang, maka akan diletakkan pada penyimpanan khusus menggunakan gas etilen agar warnanya lebih menonjol.

 

Buah yang siap dikemas akan dicuci dan dikeringkan dengan udara. Selanjutnya ditambahkan lapisan khusus untuk menjaga kelembaban permukaan buah supaya kualitasnya terjaga. Sementara buah yang cacat tidak akan dipakai atau digunakan sebagai jus untuk keperluan lain.

 

Saat ini kebanyakan pengemasan dilakukan secara manual menggunakan tangan. Hasil sortir akan diangkut menggunakan konveyor menuju meja penilaian. Untuk mengisi kotak, maka buah akan dikemas berdasarkan jumlah rata-rata dan batas ukuran tertentu.

 

Apa Itu Packing House?

Packing house menjadi tahap yang penting guna memastikan buah-buahan bebas dari zat kimia dan organisme perusak tanaman. Apalagi negara lain sebagai tujuan ekspor tentu menerapkan standar produk yang masuk. Dengan demikian, kualitas buah saat diterima di negara tujuan dalam kondisi yang baik dan layak jual.

 

Rumah pengemasan (packing house) juga menjadi salah satu poin yang perlu dipertimbangkan bila ingin berbisnis di bidang ekspor. Sebab, tempat tersebut menjadi titik pemeriksaan kualitas. Dengan demikian, eksportir juga harus memenuhi persyaratan untuk fasilitas sebelum mengajukan izin packing house.

 

Persyaratan Izin Rumah Pengemasan (Packing House)

Seperti yang telah disinggung di atas, agar memperoleh izin sertifikat packing house harus mematuhi ketentuan yang berlaku. Hal ini juga bertujuan untuk menjamin konsistensi sistem manajemen yang diterapkan pada pengemasan. Berikut persyaratan izin rumah pengemasan (packing house) yang perlu diketahui:

 

1. Fasilitas

Untuk menjamin mutu dari hasil panen yang akan diekspor, maka pengemasan harus dilakukan dengan fasilitas yang memadai. Sebab, fasilitas akan berpengaruh terhadap efisiensi dan kualitas bahan yang dihasilkan. Adapun bagian-bagian yang perlu diperhatikan pada fasilitas rumah pengemasan sebagai berikut:

 

Persyaratan Izin Rumah Pengemasan (Packing House)

  • Rumah pengemasan harus menyediakan akses jalan raya yang baik untuk memudahkan transportasi.
  • Lokasi yang digunakan harus tempat yang ideal, bebas dari debu, asap, bau, dan kontaminasi bahan berbahaya lain.
  • Menyediakan ruang kerja yang memadai dan memberikan kemudahan proses pengemasan.
  • Rumah pengemasan harus dibangun dengan konstruksi yang baik mengikuti standar denah khusus.
  • Memiliki pemisahan fisik antara lokasi pengemasan, supaya terhindar dari kontaminasi.
  • Area yang dipilih merupakan lahan bebas banjir.
  • Rumah pengemasan dibangun menggunakan lantai beton, sehingga sistem drainase lancar.
  • Terhindar dari hama dan jendela mempunyai layar anti serangga.
  • Memiliki langit-langit yang dapat mencegah akumulasi debu, sehingga udara terjaga kebersihannya.
  • Rumah pengemasan harus didirikan dengan sistem ventilasi yang baik.
  • Harus dilengkapi dengan sistem kebersihan umum di lokasi.
  • Mampu mengontrol suhu di dalam rumah pengemasan.

 

2. Sanitasi

Rumah pengemasan merupakan tempat khusus yang didirikan guna memproses komoditas pertanian. Supaya hasil panen dapat memenuhi persyaratan ekspor, maka aspek sanitasi juga patut diperhatikan. Berikut beberapa poin terkait sanitasi yang harus terpenuhi pada rumah pengemasan (packing house):

 

  • Bangunan harus memiliki sistem selang bertekanan tinggi.
  • Menyediakan pasokan air yang memadai untuk proses pengemasan hasil panen.
  • Ketersediaan air panas.
  • Harus mempunyai sistem pembuangan limbah yang memadai.
  • Dilengkapi dengan fasilitas kebersihan untuk para pekerja.
  • Menetapkan jadwal pembersihan dengan perlengkapan yang lengkap.
  • Rumah pengemasan harus memiliki toilet dan kamar mandi, yang dibangun jauh dari area pemrosesan produk hasil panen.

 

APA YANG DI MAKSUD Sanitasi

3. Quality Controller

Selain fasilitas dan sanitasi, persyaratan izin rumah pengemasan (packing house) selanjutnya ditinjau dari segi quality controller. Salah satunya dengan menciptakan rumah pengemasan dengan ruang inspeksi yang cukup. Aspek yang harus diperhatikan meliputi pencahayaan dan perlengkapan yang memadai.

 

Untuk memantau kualitas produk dibutuhkan lensa tangan yang memudahkan pemeriksaan. Quality controller harus mampu memastikan, jika komoditas bahan makanan benar-benar terhindar dari bahan kimia. Untuk itu, biasanya dibutuhkan pelatihan setiap tahun tanpa mempengaruhi operasi packing house.

 

Mengapa Sertifikat Izin Rumah Pengemasan Sangat Penting?

Mengenai persyaratan izin rumah pengemasan (packing house) diatur dalam PP No.5 Tahun 2021. Dalam peraturan tersebut juga mengatur perizinan berdasarkan resiko dan peringkat skala kegiatan usaha. Adapun resiko merupakan potensi terjadinya kerugian atau bahaya pada suatu usaha.

 

Mengapa Sertifikat Izin Rumah Pengemasan Sangat Penting?

Jika usaha yang dilakukan memiliki resiko lebih rendah, maka perizinan akan relatif lebih mudah. Sebaliknya usaha dengan resiko lebih tinggi juga memerlukan perizinan yang cukup kompleks. Seperti pembuatan sertifikat packing house yang perlu dilaksanakan melalui prosedur tertentu.

 

Mengurus persyaratan izin rumah pengemasan (packing house) sangat penting, sebab hal ini berkaitan dengan sertifikasi standar perizinan usaha. Adapun sertifikat izin rumah kemas bisa berlaku selama 3 tahun di bawah kewenangan Gubernur. Namun, nantinya bisa diperpanjang jika masa berlakunya telah habis.

 

Jasa Pengurusan Sertifikat Izin Rumah Pengemasan (Packing House)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pengurusan izin rumah pengemasan (packing house) membutuhkan persiapan yang cukup banyak. Mengurus sertifikat perizinan, baik perpanjangan, pengalihan kepemilikan, maupun perubahan ruang lingkup akan terasa berat jika diurus sendiri.

 

Jasa Pengurusan Sertifikat Izin Rumah Pengemasan (Packing House)

Apalagi bagi seorang pemula yang tidak tahu prosedur mengurus perizinan rumah kemas. Pekerjaan ini tentu memakan waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan persyaratan yang diminta. Mengatasi masalah tersebut, Jangkar Groups menyediakan solusi pengurusan berkas perizinan rumah kemas yang terpercaya.

 

Saat ini, Anda bisa fokus pada bisnis ekspor hasil panen yang dijalankan. Sementara pengurusan berkas untuk izin operasional rumah kemas, bisa ditangani oleh staf kami yang sudah profesional pada bidangnya. Proses urus sertifikat perizinan cepat, sehingga tidak akan menyita waktu Anda.

 

Jangkar Groups memberikan fasilitas berupa konsultasi online non berbayar bagi Anda yang jauh dari ibu kota. Proses pengurusan sertifikat perizinan cepat dan dijamin hasilnya akurat. Anda bisa memantau progress dokumen yang sedang diurus dengan menghubungi kontak kami pada jam kerja.

 

Proses pengurusan sertifikat perizinan

Salah satu kelebihan menggunakan layanan Jangkar Groups yaitu Anda dapat terbebas dari penipuan. Sebab, perusahaan kami resmi ditunjukkan dengan surat perizinan usaha yang jelas. Jika Anda membutuhkan bantuan terkait pengurusan dokumen izin rumah kemas, jangan ragu untuk menghubungi layanan Jangkar Groups.

 

Demikian informasi terkait persyaratan izin rumah pengemasan (packing house) yang dapat menjadi tambahan pengetahuan. Jika saat ini Anda berniat mengurus perizinan serupa, konsultasikan bersama Jangkar Groups. Segera hubungi admin kami untuk pengurusan dokumen melalui WhatsApp yang tercantum.

 

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

 

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa menghubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan menjamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

 

Bagaimana Cara Kirim Dokumen ?

Cara kirim dokumen  bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

 

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan karena pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan kembali apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

 

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups :

YUK KONSULTASIKAN DULU KE KAMI KEBUTUHAN ANDA

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

 

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : Jangkargroups@gmail.com

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : https://g.page/r/CfcbVXzVxnAWEB0/review

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »