Menu Tutup

PERSYARATAN PENDAFTARAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL HAKI

PERSYARATAN PENDAFTARAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL HAKI

Persyaratan pendaftaran hak kekayaan intelektual haki – Sesungguhnya sejak tahun 1947 secara multilateral telah disepakati pembentukan perdagangan multinasional yang di atur dalam General Agreement on Tariffs and Trade (GATT), yang kemudian disempurnakan dalam delapan putaran perundingan, mulai putaran Geneva (1947) sampai Uruguay Round (1986-1994). Dalam putaran Uruguay inilah disepakati Final Act dari perjanjian dagang multilateral oleh utusan Negara-negara yang ditandatangani pada 15 Desember 1993. Perjanjian utamanya adalah pembentukan WTO (Agreement the World Trade Organization).  

Persyaratan pendaftaran hak kekayaan intelektual haki

Seiring dengan pesatnya perdagangan karya intelek, maka sejak awal decade 80-an terdapat desakan dari Negara-negara agar kekayaan intelektual dimasukkan dalam putaran Uruguay. Karya-karya intelektual sebagai hasil pemikiran dan kecerdasan manusia sudah saatnya mendapat perlindungan, karena pada saat itu karya-karya yang dilindungi dengan hak cipta telah diperdagangkan secara internasional yang pada gilirannya memerlukan perlindungan hukum yang efektif dari segala pelanggaran. Atas desakan tersebut, didalam WTO tercakup Agreement on Trade – Related Aspects of Intellectual Property Rights (TRIPs).  Kesepakatan inilah yang menjadi cikal bakal perlindungan hak kekayaan intelektual.

pendaftaran hak kekayaan intelektual kurniati yusdono

Pelaksanaan Pendaftaran Gugatan Hak Cipta

  1. Penggugat melalui Kuasa Hukumnya mengajukan gugatan yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri sesuai Yuridiksi, dengan kelengkapan atau syarat yang harus dipenuhi antara lain:

a. Surat Perpohonan atau Gugatan

b. Surat kuasa dan kartu Identitas Advokat yang masih berlaku

c. Biaya panjar gugatan atau SKUM yang sudah ditentukan oleh Pengadilan Niaga sesuai Yuridiksi

2. Gugatan dan surat Kuasa Asli harus mendapat persetujuan dari ketua Pengadilan Niaga pada Pengadilan sesuai Yuridiksi

3. Kuasa Penggugat yang mengajukan Gugatan membayar biaya setelah Gugatan dapat persetujuan dari Ketua Pengadilan Niaga pada Pengadilan sesuai Yuridiksi, dan diberikan tanda terima tertulis yang ditandatangani oleh PANITRA atau SEKRETARIS Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri sesuai Yuridiksi, dan membayar biaya gugatan atau SKUM; Ket. (sesuai dengan aturan dalam Undang – Undang RI tahun. 2002 pasal 60 dan pasal 61 yang mengatur tentang Hak Cipta);

a. Penetapan Majelis Hakim (oleh Ketua Pengadilan Negeri sesuai Yuridiksi)

b. Penetapan Penitera Pengganti (oleh Panitera atau Sekretaris Pengadilan Negeri sesuai Yuridiksi)

c. Penetapan hari dan tanggal sidang (oleh Ketua Majelis Hakim)

d. Penunjukan Jurusita Pengganti (oleh Panitera Muda Perdata atau Niaga)

e. Pemanggilan para pihak dilakukan oleh Jurusita Pengganti

f. Pencatatan dalam buku Regester

g. Lampiran atau Contoh:

  • Tanda terima 
  • Penetapan Majelis
  • Penetpan Hari dan Tanggal Sidang
  • Bukti Biaya atau SKUM
  • Relaas panggilan sidang
  • Relaas Pemberitahuan Isi Putusan

PERSYARATAN PENDAFTARAN HAK CIPTA

Pendaftaran HKI wajib memenuhi beberapa persyaratan yang dibuat oleh Departemen Hukum dan HAM. Berikut ini adalah beberapa syarat umum yang harus dilengkapi saat melakukan pendaftaran antara lain:

  1. Nama, status kewarganegaraan, dan alamat lengkap pendaftar
  2. Nama, status kewarganegaraan, dan alamat lengkap pemegang hak cipta
  3. Judul karya
  4. Waktu dan lokasi karya diumumkan untuk pertama kali
  5. Uraian karya secara singkat
  6. Sample karya yang didaftarkan (format lengkapnya dapat anda temukan dilaman situs Ditjen HKI)

Dokumen hak cipta Kurniati Yusdono

Dokumen hak cipta

Adapun dokumen yang harus dilengkapi untuk mendaftarkan hak cipta atas nama perorangan terdiri atas:

  1. Surat kuasa ditandatangani di atas materai 6000
  2. Surat pernyataan keaslian karya 
  3. NPWP
  4. Sample karya

Dan dokumen untuk mendaftarkan hak cipta atas nama perusahaan antara lain:

  1. Surat pengalihan hak (dari pembuat karya kepada pemegang hak cipta)
  2. NPWP perusahaan
  3. Akta perusahaan
  4. Foto copy identitas pemohon dan pencipta karya (KTP)

Sehubungan dengan waktu yang ditempuh untuk pendaftaran HKI bisa memakan waktu hingga satu (1) tahun lebih karena proses verifikasi yang detail dan menyeluruh. Dengan demikian diperlukan kesabaran untuk menunggu. Tetapi hal tersebut dijamin sepadan dengan manfaat yang dihasilkan, apalagi hak cipta memiliki masa berlaku hingga 50 tahun setelah si pencipta wafat. Jangka waktu tersebut pastinya akan menguntungkan para pihak secara materiel maupun imateriel.

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan order
  8. Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  9. Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  10. Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  11. Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Apa saja Persyaratan pendaftaran hak kekayaan intelektual haki ?

Cara kirim dokumen Persyaratan pendaftaran hak kekayaan intelektual haki bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi PT Jangkar Global Groups untuk Persyaratan pendaftaran hak kekayaan intelektual haki:

Biro jasa resmi dan terpercaya

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Mame HP/whatsapp Simpati : +6282114441424

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

Bagikan yuk!
Posted in Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »