Beranda Ekonomi Syariah Perumahan KPR Syariah dengan Metode Akad Murabahah, Ijarah Muntahiya Bit Thamliq dan...

Perumahan KPR Syariah dengan Metode Akad Murabahah, Ijarah Muntahiya Bit Thamliq dan Istishna

Perumahan KPR Syariah dengan Metode Akad Murabahah Ijarah Muntahiya Bit Thamliq dan Istishna

Perumahan KPR Syariah dengan Metode Akad Murabahah, Ijarah Muntahiya Bit Thamliq dan Istishna

Saat ini pangsa pasar keuangan syariah telah tumbuh sebesar 9,03 %. Industri Perbankan Syariah (Bank Syariah ) sendiri memberikan kontribusi sebesar 6,07 % dari keseluruhan uang yang berputar di1 Indonesia. Dari data tersebut Industri Perbankan Syariah secara khusus melakukan inovasi–inovasi untuk meningatkan jumlah market share.

Inovasi yang dilakukan oleh Bank syariah salah satu nya yaitu dengan menawarkan berbagai produk produk yang terdapat pada Bank Syariah. Dengan konsep bagi hasil dan tidak ada nya bunga (riba) menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan dengan sistem konvensional.

Bank Syariah menyajikan ragam moda pembiayaan kepada nasabah. Ragam moda pembiayaan ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh Bank Syariah dalam memenuhi kebutuhan nasabah. Kebutuhan yang diperlukan oleh nasabah banyak macam nya diantaranya adalah Pembiayaan Modal, Pembiayaan Kendaraan Bermotor, Pembiayaan Kepemilikan Rumah dan Pembiayaan lainnya.

Hal tersebut mendorong Bank Syariah sebagai industri keuangan untuk menyediakan jenis fasilitas produk dalam upaya pemenuhan kebutuhan atau sebagai proyek usaha Bank. Pembiayaan Modal merupakan pembiayaan yang diberikan Bank dalam rangka ketersediaan dana yang diberikan bank dalam upaya kebutuhan nasabah dalam proses kegaitan usaha.

Mudharabah dan Musyarakah

Pembiayaan Modal ini menjadi salah produk yang banyak diajukan oleh Nasabah untuk kebutuhan operasional usaha. Bank Syariah memberikan solusi atas pembiayaan modal ini menggunakan sistem akad Mudharabah dan Musyarakah. Pembiayaan selanjutnya adalah Pembiayaan Kendaraan Bermotor. Hiruk pikuk perjalanan ikut mendorong nasabah dalam upaya penyediaan fasilitas kendaraan bermotor. Bank Syariah memberikan fasilitas pembiayaan tersebut menggunakan akad Murabahah.

Selain dari Pembiayaan-Pembiayaan diatas, Bank Syariah sebagai Industri Keuangan memiliki produk pembiayaan pada bidang sektor Perumahan. Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang dan menjadi salah satu komiditi yang memiliki nilai jual yang tinggi. Mengigat hal itu Bank Syariah menawarkan Produk Pembiayaan Rumah KPR Syariah yang memiliki ragam keunggulan dalam penerapannya.

Pembiayaan Rumah KPR Syariah pada Bank Syariah memiliki ragam keunggulan yang jauh lebih aman dibandingkan dengan KPR Konvensional yang memiliki ciri yaitu tingkat bunga tinggi, memiliki tingkat resiko pembiyaan tinggi dan jumlah angsuran pembiayaan yang tidak tetap tergantung dari besarnya suku bunga.

KPR Syariah merupakan pembiayaan yang digunakan dalam proses pembelian rumah secara di angsur. KPR Syariah menggunakan akad Murabahah dan Akad Ijarah Muntahi Bit Thamliq dalam proses jual beli dan sewa.

Ciri KPR Syariah :

  • Menggunakan konsep akad syariah dalam proses pembiayaan yang diberikan.
  • Cicilan pada KPR bersiat tetap dan tidak dapat dirubah sesuai dengan perjanjian diawal kesepakatan.
  • Tidak terdapat bunga di dalam proses tranksaksi nya.
  • Tidak terdapat denda yang di kenakan ketika nasabah terlamabat dalam proses pembayaran cicilan/angsuran.

Ciri KPR Konvensional :

  • Dalam proses pembiayaan nya menggunakan konsep kredit.
  • Cicilan pada KPR Konvensional bersifat fluktuati mengikuti bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.
  • Terdapat Bunga dalam proses pembiayaan.
  • Terdapat denda tambahan jika nasabah telat melakukan proses pembayaran (lewat jatuh tempo)

Penerapan Moda Pembiayaan KPR Syariah:

1). Pembiayaan KPR Syariah dengan Akad Murabahah.
Pembiayaann KPR Syariah dengan Akad Murabahah merupakan pembiayaan yang diberikan oleh bank dalam upaya pemenuhan kebutuhan pembiayaan rumah KPR yang diajukan oleh nasabah. Pada proses pembiayaan Murabahah ini, Bank akan membeli rumah sesuai dengan spesifikasi nasabah dengan membelinya terlebih dahulu dari penjual daj menjual nya kembali kepada nasabah dengan ditambahkan margin keuntungan didalamnya.

Contoh Penerapan :
Pak Aldi ingin membeli rumah kepada Bank Syariah dan mengajukan proses pembiayaan pada produk KPR Syariah. Selanjutnya, Bank Syariah lalu membeli rumah sesuai spesiikasi yang diberikan oleh Pak Aldi dengan harga pokok sebesar Rp 400.000.000 dari penjual.

Lalu Bank Syariah menjual kembali kepada Pak Aldi dengan menyepakati besarnya margin atas proses jual beli tersebut sebesar 20 % dari harga pokok.
(Hal ini merupakan contoh penerapan yang dilakukan oleh bank syariah dalam upaya pemenuhan kebutuhan nasabah menggunakan akad Murabahah).

2). Pembiayaan KPR Syariah dengan Akad Ijarah Muntahiya Bit Thamliq.
Pembiayaan KPR Syariah dengan akad Ijarah Muntahiya Bit Thamliq adalah pembiayaan yang diberikan oleh Bank Syariah yang menggunakan sistem sewa yang diakhiri dengan perpindahan kepemilkan di akhir masa sewa. Dalam proses Akad Ijarah Muntahiya Bit Thamliq Bank akan membelikan rumah sesuai kriteria nasabah dan menyewakan kembali kepada nasabah.

Dalam proses penyewaan tersebut akan ditambahkan nilai pokok pembelian atas rumah tersebut dan biaya sewa dari rumah yang disewakan. Nilai pokok pembelian merupakan nilai jual dari rumah tersebut. Nantinya setelah proses penyewaan selesai (masa sewa selesai) maka, Kepemilikan atas rumah tersebut menjadi milik nasabah 100 %.

Contoh Penerapan :

Bu Syfa mengajukan proses pembiayaan rumah KPR pada Bank Syariah dengan opsi menggunakan akad Ijarah Muntahiya Bit Thamliq. Lalu Bank membelikan rumah sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh ibu Syfa sebsar Rp 150.000.000. B

ank akan menyewakan rumah tersebut sebesar Rp 2.500.000/bln kepada ibu syfa selama jangka waktu yaitu 4 Tahun dengan ditambahkan nilai pokok sebagai pengganti atas nilai pokok saat pembelian tersebut. Setalah proses penyewaan selesai 4 Tahun maka rumah tersebut telah menjadi kepemilkan bu syifa.

3). Konsep Pembiayaan KPR Syariah menggunakan akad Istishna.
Konsep pembiayaan KPR Syariah yang menggunakan akad istishna dalam proses pelaksanaan nya sering di prakitikan oleh kalangan developer. Dalam Proses pembiayaan KPR Syariah menggunakan akad Istishna ini transaksi jual beli rumah tersebut di lakukan oleh pengembang dan pembeli dengan metode syariah.

Dalam metode pengembangan KPR Syariah dengan akad istishna ini terdapat dua opsi didalamnya yaitu, Nasabah dapat membayarkan Rumah KPR Syariah setelah proses pembangunan selesai ataupun dengan opsi kedua yaitu, mengangsur rumah KPR Syariah pada setiap proses pembangunan.

Perumahan KPR Syariah memiliki kelebihan dan keunggulan dibandingkan dengan perumahaan yang berdasarkan pada KPR Konvensional dengan sistem bunga. Perumahan KPR Syariah yang lebih aman dalam setiap proses nya, tidak adanya Bunga dalam proses pengembalian ataupun dalam proses pembayarannya.

KPR Syariah

Hal tersebut menjadi nilai lebih yang dapat menjadi lebih dan pertimbangan dalam memenuhi kebutuhan nasabah. Indonesia yang memiliki jutaan penduduk dan masyarakat nya bermayoritas muslim menjadi salah satu mangsa pasar dalam perumahan KPR Syariah.

Bank Syariah juga menjadi penggerak dalam proses pengembangan pembiayaan KPR Syariah memberikan fasilitas kemudahan kepada masyarakat. Masyarakat yang ingin mengajukan proses pembelian perumahan KPR Syariah ini dapat mengajukan pembiayaan kepada Bank Syariah. Nantinya Bank Syariah akan memberikan persyaratan –persyaratan pengajuan dalam proses pembiyaaan KPR Syariah ini.

Dokumen yang biasa nya dibutuhkan dalam proses pengajuan Pembiayaan KPR Syariah ini yaitu KTP, Kartu Keluarga, NPWP, Fotocopy Slip Gaji, Fotocopy rekening koran 3 Bulan terakhir, Pas Foto, Surat Keterangan Bekerja dan Surat Nikah (Apabila nasabah sudah menikah) dan dokumen lain yang diperlukan Bank dalam proses Administrasinya. Setelah proses pemberkasan selesai maka bank akan memproses tranksaksi yang diajukan oleh nasabah.

Jual Beli Kendaraan

Akad Mudharabah dan Musyarakah

Kerjasama Mikro Bank

Produk Operasional Bank Syariah

Pembiayaan Bank Syariah

Akad Tijaroh

letter of credit syariah

akad rahn dan akad wadiah

Pengacara Syariah

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan
  10. Butuh pendampingan dana pinjaman kerjasama operasional syariah

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai Perumahan KPR Syariah dengan Metode Akad Murabahah, Ijarah Muntahiya Bit Thamliq dan Istishna bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan Perumahan KPR Syariah dengan Metode Akad Murabahah, Ijarah Muntahiya Bit Thamliq dan Istishna atau mengalami masalah :

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Lukman Azis, SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here