Beranda Hukum PRINSIP PRINSIP DALAM MEDIASI

PRINSIP PRINSIP DALAM MEDIASI

PRINSIP PRINSIP DALAM MEDIASI

Prinsip-Prinsip dalam mediasi – Pada prinsipnya ide pilihan penyelesaian perselisihan lewat jalur mediasi patuh pada persetujuan beberapa pihak terkait. Ini bisa disaksikan dari karakter kemampuan mengikat dari persetujuan hasil perantaraan didasarkan pada kemampuan persetujuan berdasar yang terkandung dalam pasal 1338 KUH Perdata.

Dengan begitu, pada prinsipnya pilihan proses mediasi patuh pada kehendak atau pilihan bebas beberapa pihak terkait yang bersengketa. Proses mediasi tidak dapat dikerjakan jika satu diantara pihak terkait saja yang menginginkannya.

Mediasi Yang Berbentuk Suka-rela

Pemahaman suka-rela di dalam mediasi diperuntukkan pada persetujuan penyelesaian. Walau beberapa pihak terkait sudah memilih Prinsip-prinsip dalam mediasi jadi langkah penyelesaian perselisihan mereka, tetapi tidak ada keharusan buat mereka untuk membuahkan persetujuan dalam mediasi tersebut.

Karakter suka-rela yang demikian di dukung bukti jika mediator yang mengatasi perselisihan beberapa faksi cuma mempunyai peranan untuk menolong beberapa faksi temukan jalan keluar yang paling baik atas perselisihan yang ditemui beberapa faksi. Mediator tidak mempunyai wewenang untuk putuskan perselisihan yang berkaitan layaknya seperti seseorang hakim atau arbiter. Dengan begitu, tidak ada desakan buat beberapa pihak terkait untuk mengakhiri perselisihan mereka lewat jalur/ proses mediasi.

Seiring perkembangan zaman proses mediasi mengalami bentuk yang berbeda tergantung konteks-konteks tersendiri. Di Indonesia proses mediasi masih menjadi suatu proses yang wajib untuk perkara-perkara perdata yang sudah diserahkan ke pengadilan berdasar Ketentuan Mahkamah Agung Nomer 1 Tahun 2016 mengenai Mekanisme Proses mediasi di Pengadilan.

Pemakaian mekanisme proses mediasi harus dalam soal ini bisa saja sebab hukum acara perdata yang berlaku di Indonesia, terdapat dalam pasal 130 HIR serta ada dalam pasal 154 RBG mengatakan jika hakim diharuskan untuk terlebih dulu mengusahakan proses perdamaian. Dengan begitu, prinsip-prinsip mediasi yang berbentuk harus dalam hubungannya dengan proses peradilan perdata di Indonesia mempunyai basic hukum yang kuat di tingkat undang-undang, hingga tidak memunculkan masalah dari segi hukum.

Cakupan Perselisihan pada Prinsipnya Berbentuk Keperdataan

Bila disaksikan dari beberapa ketentuan satu tingkat Undang-undang yang mengendalikan mengenai kegiatan mediasi di Indonesia bisa diambil kesimpulan jika pada prinsipnya sengketa-sengketa yang bisa dituntaskan lewat proses mediasi ialah perselisihan keperdataan. Seperti terdapat dalam pasal 30 ayat (2) UU No. 23 Tahun 1997 mengenai Pengendalian Lingkungan Hidup mengatakan jika penyelesaian perselisihan di luar pengadilan tidak berlaku pada tindak pidana lingkungan hidup.

Proses Simpel

Karakter suka-rela dalam proses mediasi memberi keleluasaan pada pihak untuk memastikan sendiri proses penyelesaian perselisihan yang mereka kehendaki. Dengan langkah berikut beberapa pihak terkait yang bersengketa tidak terjebak dengan normalitas acara seperti dalam proses litigasi. Beberapa pihak terkait bisa memastikan beberapa cara yang lebih simpel dibanding dengan proses beracara resmi di pengadilan.

Penyelesaian perselisihan lewat litigasi bisa usai sekian tahun, bila masalah terus naik banding bahkan juga kasasi, sedang pilihan penyelesaian perselisihan lewat perantaraan lebih singkat, sebab tidak ada banding atau bentuk yang lain. Selain itu, keputusan dalam kegiatan mediasi berbentuk final serta mengikat. Pemahaman mengikat ialah memberi beban keharusan hukum serta tuntut kepatuhan dari subyek hukum.

Di Hukum Acara Perdata diketahui teori res adjudicata pro veritare habetur, yang berarti jika satu keputusan tidak mungkin diserahkan usaha hukum, karena itu dengan sendirinya keputusan itu sudah memiliki kemampuan hukum yang masih, serta oleh karena itu keputusan itu mengikat beberapa pihak terkait yang bersengketa.

Untuk mengetahui perbandingan dengan keputusan pengadilan karena itu keputusan yang berbentuk final serta mengikat, dikaitkan dengan teori res adjudicata pro veritare habetur, bermakna pada satu keputusan tidak bisa diserahkan usaha hukum untuk melakukan banding atau kasasi.

Dengan begitu keputusan itu mengikat beberapa faksi serta harus ditaati oleh beberapa faksi atau pihak terkait. Jadi mediasi merupakan langkah yang paling simpel, murah, membutuhkan waktu sedikit dibanding dengan proses litigasi atau berperkara di dalam pengadilan.

Proses Perantaraan Masih Jaga Kerahasiaan Perselisihan Beberapa Faksi

Kegiatan mediasi dikerjakan dengan tertutup hingga tidak tiap orang bisa hadiri sesi-sesi perundingan proses mediasi. Ini sangat berlainan dengan yang ada di dalam badan peradilan dimana sidang biasanya dibuka untuk umum.

Karakter kerahasiaan proses dari kegiatan mediasi adalah daya tarik tertentu, sebab beberapa pihak terkait yang bersengketa pada intinya tidak senang bila masalah yang mereka sengektakan diterbitkan pada umum. Akan tetapi, Persetujuan Perdamaian yang dikuatkan dengan akta perdamaian patuh pada keterbukaan info di pengadilan (Basic Hukum: Masalah 5 ayat (1) PERMA No. 1/2016).

Mediator Berbentuk Mengatasi

Dalam satu proses kegiatan mediasi, mediator jalankan peranan untuk mengatasi beberapa pihak terkait yang bersengketa. Peranan ini direalisasikan lewat pekerjaan mediator yang dengan aktif menolong beberapa pihak terkait dalam memberi pandangan yang benar mengenai perselisihan yang mereka mengmelawan serta memberi pilihan jalan keluar yang paling baik buat penyelesaian perselisihan itu.

Dalam soal ini ketetapan untuk terima penyelesaian yang diserahkan mediator seutuhnya ada serta dipastikan sendiri oleh kemauan/persetujuan beberapa pihak terkait yang bersengketa. Mediator tidak bisa memaksa gagasannya jadi penyelesaian perselisihan yang perlu dipatuhi. Prinsip ini, tuntut seseorang mediator supaya mempunyai pengetahuan yang lumayan luas mengenai bagian-bagian berkaitan yang dipersengketakan oleh beberapa faksi.

Unsur yang Menggerakkan Beberapa Pihak Terkait Perselisihan Lakukan Proses Mediasi

Ada dua pandangan komperatif yang bisa menerangkan apa unsur yang menggerakkan beberapa pihak terkait yang ada dalam perselisihan lakukan proses mediasi. Pandangan teoritis mengacu pada kebudayaan jadi unsur menguasai. Berdasar pandangan ini, beberapa cara penyelesaian konsensus seperti negosiasi serta kegiatan mediasi bisa diterima serta dipakai oleh warga sebab pendekatan itu sesuai langkah pandang kehidupan warga tersebut.

Warga yang mewarisi adat kebudayaan yang mengutamakan arti khusus keselarasan serta kebersamaan dalam kehidupan semakin lebih bisa terima serta memakai beberapa cara konsensus dalam penyelesaian perselisihan. Kebudayaan bisa dibuat atau dikuasai oleh beberapa unsur, diantaranya agama.

Bangsa Jepang yang dikuasai oleh kebudayaan Konfusius mempunyai pernyataan yang memvisualisasikan begitu utamanya keselarasan serta perdamaian dalam warga, yakni : “keharmonisan atau perdamaian ialah suatu yang paling berharga”. Unsur ini lah yang membuat hukum Jepang benar-benar maju membuat beberapa langkah perselisihan dengan damai.

Pandangan teoritis ke-2 lebih lihat kemampuan yang dipunyai oleh beberapa pihak terkait yang bersengketa jadi unsur menguasai. Sebab kemampuan yang dipunyai beberapa pihak terkait yang relatif serta imbang karena itu beberapa pihak terkait bersedia tempuh jalan perantaraan.

ditempuhnya jalan perundingan bukan lantaran merasakan belas kasihan kepada pihak musuh atau bukan lantaran terikat nilai spiritual atau nilai budaya, tetapi sebab beberapa pihak terkait memang memerlukan kerja sama dari faksi musuh supaya sampai arah yakni untuk wujudkan keperluannya.

Pendapat Moore

Menurut Moore, bila beberapa pihak terkait saling berkekuatan yang simetris serta imbang, mereka condong tempuh perundingan serta perundingan bisa berjalan lebih efisien. Bila beberapa pihak terkait tidak berkekuatan yang tidak imbang, perundingan dapat berjalan, tetapi pihak terkait yang kuat mungkin merekayasa serta mengeksploitasi beberapa pihak yang lemah.

Dalam proses kegiatan mediasi, ada yang dinamakan pihak penengah atau yang disebutkan dengan mediator yang bisa menolong satu diantara pihak terkait yang bermasalah untuk memandang, menganalisis, serta menilai kemampuan mereka hingga satu diantara beberapa pihak terkait tidak ambil rangkuman serta keputusan-keputusan yang salah, yang bikin rugi kebutuhan mereka serta gagalkan proses kegiatan mediasi.

Dalam satu negara yang skema hukum serta pemerintahannya korup serta instansi peradilannya bisa dengan gampang dibeli oleh pihak terkait yang berkekuatan finansial atau kemampuan politik, beberapa cara negosiasi serta proses mediasi tidak berjalan efisien sebab pihak terkait yang kuat merasakan meyakini jika lewat cara serta dalam komunitas apapun bisa memenangi perselisihan.

Karena itu peradilan yang mandiri serta pemerintahan yang bersih cendrung mempunyai karakter positif dengan pemakaian pola-pola negosiasi serta proses mediasi dalam penyelesaian perselisihan sebab beberapa pihak terkait tidak bisa merekayasa proses pemerintahan serta peradilan hingga tidak dengan gampang mereka meramalkan jika kemenangan akan ada kepada pihak mereka bila permasalahan dituntaskan lewat litigasi atau proses administratif.

Proses Litigasi

Dalam ketidakmampuan beberapa pihak terkait untuk meramalkan kalah menang dalam proses litigasi, karena itu beberapa pihak terkait akan menghitung-hitung budget, baik berbentuk finansial atau non-finansial dalam berperkara. Bila proses mediasi bisa wujudkan kebutuhan mereka dengan budget yang lebih rendah, karena itu beberapa pihak terkait cendrung pilih proses mediasi dibanding proses litigasi.

Proses mediasi dapat dijadikan pilihan utama untuk mengakhiri perselisihan perdata diantaranya : Penyelesaian lewat perantaraan bukan sekedar dikerjakan di luar pengadilan saja, namun Mahkamah Agung memiliki pendapat mekanisme proses mediasi pantas untuk ditempuh buat beberapa pihak terkait yang beracara di pengadilan.

Langkah ini dikerjakan saat sidang pertama-tama diadakan. Mengenai alasan dari Mahkamah Agung, proses mediasi adalah satu diantara jalan keluar dalam menangani menumpuknya masalah di pengadilan.

Proses ini dipandang bertambah cepat serta murah, dan bisa memberi akses pada beberapa pihak terkait yang bersengketa untuk mendapatkan keadilan atau penyelesaian yang memberi kepuasan atas sengketa yang dihadapai. Selain itu institusionalisasi suatu mediasi yang mengarah ke skema peradilan bisa menguatkan serta mengoptimalkan peran dari suatu instansi pengadilan dalam menyelesaikan suatu perselisihan di samping proses pengadilan yang berbentuk memutuskan (ajudikatif).

Proses Mediasi

Dari keterangan di atas karena itu kelihatan jelas jika proses mediasi adalah satu diantara usaha penyelesaian perselisihan yang mempunyai faedah yang besar sekali dalam mengakhiri perselisihan perdata di pengadilan. Kegiatan mediasi ini akan terasa sangat faedahnya jika dalam penerapannya sukses, bahkan juga jika proses mediasi tidak berhasil serta belumlah ada penyelesaian sengketanya proses mediasi yang awalnya berjalan bisa mempersempit masalah serta konflik.

Tidak hanya sebab terdapatnya pandangan teoritis, fakta kemampuan dari proses mediasi adalah satu diantara unsur yang memberi dukungan beberapa pihak terkait untuk lakukan proses mediasi. Kegiatan mediasi yang disukai oleh beberapa pihak terkait perselisihan ialah budget yang mudah serta waktu yang singkat. Dalam kata lain jika proses mediasi ini adalah penyelesaian perselisihan yang efisien, singkat serta dapat dijangkau.

Beberapa pihak terkait yang berselisih  mustahil ada yang ingin untuk mengakhiri perselisihan lewat cara yang basa-basi, yang menghabiskan waktu saja. Sebab masih banyaknya jumlah pekerjaan yang mesti dikerjakan oleh salah satu pihak atau  kedua pihak terkait untuk berperkara di pengadilan.

Sama dengan hal nya budget, beberapa pihak terkait perselisihan tentu tidak ingin keluarkan budget yang kebanyakan untuk mengakhiri perselisihan. Jadi untuk membuat semua masalah berjalan mudah dan cepat pilihlah jalur mediasi.

Pengacara Mediasi

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai PRINSIP PRINSIP DALAM MEDIASI merupakan hak siapa bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan PRINSIP PRINSIP DALAM MEDIASI merupakan hak siapa atau mengalami masalah :

hibah orang tua terhadap anak

jasa legalisir kemenkumham

jasa legalisir kementrian luar negeri kemenlu

jasa legalisir kedutaan besar

jasa pengurusan visa

jasa penerjemah tersumpah resmi

jasa kartu kredit untuk medical gamca

jasa lulus sensor film lsf

legalitas pt jangkar

pengurusan rptka imta kitas

perkawinan campuran wni wna

Hubungi Kami Untuk Info Dan Pemesanan

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi SH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad SH HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Customer Service Lukman Azis SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Customer Service ABDURI SH HP/Whatsapp Simpati : +6281281247293

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Kunjungi Media Sosial Kami :

Email: jangkargroups@gmail.com

Telegram : t.me/jangkargroups

Linkedin : Akhmad Fauzi Manpower

Produk Layanan PT Jangkar Global Groups :

Jasa Penerjemah Tersumpah :

  1. Penerjemah Tersumpah Arab
  2. Penerjemah Tersumpah Australia
  3. Penerjemah Tersumpah Austria
  4. Penerjemah Tersumpah Argentina
  5. Penerjemah Tersumpah Algeria
  6. Penerjemah Tersumpah Afganistan
  7. Penerjemah Tersumpah Belanda
  8. Penerjemah Tersumpah Bahrain
  9. Penerjemah Tersumpah Bulgaria
  10. Penerjemah Tersumpah Brazil
  11. Penerjemah Tersumpah Bosnia
  12. Penerjemah Tersumpah Bangladesh
  13. Penerjemah Tersumpah Belgia
  14. Penerjemah Tersumpah Colombia
  15. Penerjemah Tersumpah China
  16. Penerjemah Tersumpah Dominique
  17. Penerjemah Tersumpah English
  18. Penerjemah Tersumpah Egypth
  19. Penerjemah Tersumpah Ecuador
  20. Penerjemah Tersumpah Hungaria
  21. Penerjemah Tersumpah Italia
  22. Penerjemah Tersumpah Irlandia
  23. Penerjemah Tersumpah Irak
  24. Penerjemah Tersumpah India
  25. Penerjemah Tersumpah Iran
  26. Penerjemah Tersumpah Jepang
  27. Penerjemah Tersumpah Jerman
  28. Penerjemah Tersumpah Kuwait
  29. Penerjemah Tersumpah Kazhakstan
  30. Penerjemah Tersumpah Korea
  31. Penerjemah Tersumpah Libanon
  32. Penerjemah Tersumpah lithuania
  33. Penerjemah Tersumpah Mandarin
  34. Penerjemah Tersumpah Polandia
  35. Penerjemah Tersumpah Philipina
  36. Penerjemah Tersumpah Peru
  37. Penerjemah Tersumpah Panama
  38. Penerjemah Tersumpah Pakistan
  39. Penerjemah Tersumpah Qatar
  40. Penerjemah Tersumpah Rusia
  41. Penerjemah Tersumpah Rumania / Romania
  42. Penerjemah Tersumpah Spanyol
  43. Penerjemah Tersumpah Taiwan
  44. Penerjemah Tersumpah Turki
  45. Penerjemah Tersumpah Vietnam
  46. Penerjemah Tersumpah Zimbabwe

Biro Jasa Legalisir Dokumen :

  1. Legalisir Di Notaris
  2. Legalisir Dokumen Kemenag
  3. Legalisir Dokumen Kemenlu
  4. Legalisir Dokumen Kemenkumham
  5. Legalisir Dokumen Dikti
  6. Legalisir Di kedutaan UAE
  7. Legalisir di kedutaan Kuwait
  8. Legalisir di kedutaan Kazakhstan
  9. Legalisir di Kedutaan Australia
  10. Legalisir di Kedutaan Afrika Selatan
  11. Legalisir di Kedutaan aljazair
  12. Legalisir di kedutaan Austria
  13. Legalisir di Kedutaan Argentina
  14. Legalisir di Kedutaan Bahrain
  15. Legalisir di Kedutaan Bangladesh
  16. Legalisir di Kedutaan Brazil
  17. Legalisir di Kedutaan Bulgaria
  18. Legalisir Kedutaan Ceko
  19. Legalisir Kedutaan Canada
  20. Legalisir Kedutaan China
  21. Legalisir Kedutaan Denmark
  22. Legalisir kedutaan Ecuador
  23. Legalisir Kedutaan Hungary
  24. Legalisir Kedutaan India
  25. Legalisir Kedutaan Italia
  26. Legalisir Kedutaan Jerman
  27. Legalisir Kedutaan Jepang
  28. Legalisir Kedutaan Korea Selatan
  29. Legalisir Kedutaan Kroasia
  30. Legalisir Kedutaan Laos
  31. Legalisir Kedutaan Kamboja
  32. Legalisir Kedutaan Arab Saudi
  33. Legalisir Kedutaan Qatar
  34. Legalisir Kedutaan Brunei Darussalam
  35. Legalisir Kedutaan Belanda
  36. Legalisir kedutaan Belgia
  37. Legalisir Kedutaan Bolivia
  38. Legalisir Kedutaan Chille
  39. Legalisir Kedutaan Colombia
  40. Legalisir di Kedutaan Filipina
  41. Legalisir di Kedutaan Finlandia
  42. Legalisir di Kedutaan Iran
  43. Legalisir di Kedutaan Iraq
  44. Legalisir di Kedutaan Jordania
  45. Legalisir di Kedutaan Lebanon
  46. Legalisir di Kedutaan Maroko
  47. Legalisir di kedutaan malaysia
  48. Legalisir di Kedutaan mesir
  49. Legalisir di Kedutaan Mongolia
  50. Legalisir di Kedutaan Nigeria
  51. Legalisir di Kedutaan Oman
  52. Legalisir di Kedutaan Polandia
  53. Legalisir di Kedutaan Paraguay
  54. Legalisir di Kedutaan Peru
  55. Legalisir di Kedutaan Rumania
  56. Legalisir di Kedutaan Serbia
  57. Legalisir Kedutaan Srilanka
  58. Legalisir Kedutaan Swedia
  59. Legalisir Kedutaan Suriname
  60. Legalisir Kedutaan Tunisia
  61. Legalisir Kedutaan Turki
  62. Legalisir Kedutaan Taiwan
  63. Legalisir Kedutaan Uruguay
  64. Legalisir Kedutaan Ukraina
  65. Legalisir Kedutaan Uzbekistan
  66. Legalisir Kedutaan Venezuela
  67. Legalisir kedutaan vietnam
  68. Legalisir Kedutaan vatikan
  69. Legalisir Kedutaan Yaman
  70. Legalisir Kedutaan Zimbabwe

Biro jasa keimigrasian

PT Jangkar Global Groups juga mengurus jasa urus visa turisjasa urus visa bisnis jasa urus visa kerjajasa urus visa belajarjasa urus visa family . jasa urus visa pelautjasa urus visa transitjasa urus visa sosial budayajasa urus alih status visajasa urus kitasjasa urus kitap . jasa urus rptkajasa urus imtajasa urus telex visajasa kitas lansiajasa kitas pengajar agama . jasa urus dokumen expatriate/tenaga kerja asingjasa cabut blacklist warga negara asing , medical gamca dan jasa perpanjangan visa.

Jenis Pelayanan Jasa Urus Visa seperti :

Biro jasa visa Schengen , biro jasa visa afghanisthan , biro jasa visa algeriabiro jasa visa argentinabiro jasa visa australia . Biro jasa visa austria , biro jasa visa bangladeshbiro jasa visa belgiabiro jasa visa bosnia , biro jasa visa brazil . Biro jasa visa brunai darussalambiro jasa visa bulgariabiro jasa visa bahrainbiro jasa visa belanda . Biro jasa visa cambodiabiro jasa visa canadabiro jasa visa chilebiro jasa visa china . Biro jasa visa colombia, biro jasa visa croatiabiro jasa visa cuba .

Biro jasa visa cekobiro jasa visa costarikabiro jasa visa denmarkbiro jasa visa dominiquebiro jasa visa ecuador . Biro jasa visa eghyptbiro jasa visa finlandbiro jasa visa prancisbiro jasa visa hungaria . Biro jasa visa india, biro jasa visa iranbiro jasa visa iraqbiro jasa visa irlandia . Biro jasa visa italybiro jasa visa jepangbiro jasa visa jordaniabiro jasa visa kazaksthanbiro jasa visa korea . Biro jasa visa kuwaitbiro jasa visa libanonbiro jasa visa libyabiro jasa visa lithuania .

Biro jasa visa

Biro jasa visa malaysiabiro jasa visa malibiro jasa visa maltabiro jasa visa marshall islandbiro jasa visa mexico Biro jasa visa maroccobiro jasa visa mongoliabiro jasa visa mozambiquebiro jasa visa myanmar . Biro jasa visa neherlandbiro jasa visa new zealandbiro jasa visa nigeria . Biro jasa visa norwegiabiro jasa visa omanbiro jasa visa pakistanbiro jasa visa palestina . Biro jasa visa panamabiro jasa visa papua new guinea . biro jasa perubiro jasa visa philipinabiro jasa polandia.

Biro jasa visa portugalbiro jasa visa prancisbiro jasa visa qatarbiro jasa visa romaniabiro jasa visa rusia . biro jasa visa saudi arabiabiro jasa visa serbiabiro jasa visa singaporebiro jasa visa slovakia . Biro jasa visa somaliabiro jasa visa afrika selatanbiro jasa visa spanyol , biro jasa visa srilangka . Biro jasa visa sudanbiro jasa visa swediabiro jasa visa switzerlandbiro jasa visa syria Biro jasa visa taiwanbiro jasa visa thailandbiro jasa visa tunisiabiro jasa visa turki.

Biro jasa visa ukrainabiro jasa visa UAEbiro jasa visa UKbiro jasa visa amerikabiro jasa visa uzbekisthan . Biro jasa visa vatikanbiro jasa visa venezuelabiro jasa visa vietnam . Biro jasa visa yemeniabiro jasa visa yunanibiro jasa visa zimbabwe dan negara lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here