Surat Keterangan Ekspor Kopi BPOM – Jangkar Global Groups
Ekspor  

Surat Keterangan Ekspor Kopi BPOM

Surat Keterangan Ekspor Kopi BPOM

Cara Membuat Surat Keterangan Ekspor Kopi BPOM

Beberapa tahun terakhir bisnis kopi berkembang begitu pesat sehingga permintaan terhadap biji kopi dari luar negeri juga mengalami peningkatan. Bagi Anda para pelaku bisnis kopi yang ingin menjual produknya ke luar negeri tentu harus menyertakan surat keterangan ekspor kopi BPOM.

Cara Membuat Surat Keterangan Ekspor Kopi BPOM

Apa itu BPOM?

Alasan mengapa Indonesia mengalami peningkatan di sektor ekspor kopi karena Indonesia memang merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia dengan varietas yang sangat beragam. Tentu saja untuk menjaga mutu produk yang diekspor pemerintah juga memberlakukan beberapa peraturan yang harus dipenuhi oleh eksportir.

Salah satunya yaitu kewajiban eksportir untuk menyertakan dokumen dari BPOM. BPOM sendiri merupakan lembaga pemerintah yang bertugas untuk mengawasi semua produk obat dan makanan yang ada di Indonesia.

Apa yang di maksud BPOM

Sistem yang dijalankan oleh BPOM cukup efektif dan efisien karena mampu mengawasi, mendeteksi dan mencegah produk yang ada di pasaran dengan tujuan untuk melindungi kesehatan, keselamatan serta keamanan konsumen yang menggunakan produk tersebut.

Sistem pengawasan obat dan makanan dari badan BPOM memiliki beberapa prinsip diantaranya yaitu:

  • Tindakan pengamanan cepat, akurat, tepat serta profesional
  • Tindakan dilakukan berdasar pada tingkat resiko dan berdasar pada bukti-bukti ilmiah
  • Memiliki skala nasional yang jaringan kerjanya berskala internasional
  • Ruang lingkup untuk pengawasan yang bersifat secara menyeluruh termasuk di dalamnya semua siklus dan proses
  • Dilengkapi dengan jaringan sistem informasi mutu dan keamanan produk
  • Dilengkapi dengan laboratorium nasional yang kuat dan kohesi serta berkolaborasi dengan jaringan internasional

Mengapa Izin BPOM itu Penting?

Pengusaha produk-produk kosmetik obat-obatan dan makanan harus memiliki surat izin dari BPOM jika ingin memasarkan produknya di dalam negeri atau bahkan luar negeri.

Surat izin dari BPOM ini sangat penting karena merupakan bukti bahwa produk yang Anda jual sudah terjamin keamanannya dan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan terhadap konsumen.

Mengapa Izin BPOM itu Penting

Beberapa fungsi penting surat izin dari BPOM yaitu sebagai legalitas untuk menjamin produk kopi yang kamu jual, sebagai garansi keamanan terhadap produk kopi yang kamu jual, meningkatkan citra produk kopi yang kamu jual dan lebih mudah masuk ke pasaran. Bahan untuk pasar internasional surat izin BPOM merupakan dokumen wajib.

Syarat-Syarat Pengurusan Izin BPOM

Untuk mengurus surat izin BPOM tentu sebelumnya Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang diminta. Berikut adalah syarat-syarat yang harus Anda penuhi saat ingin mendaftarkan produk kopi ke lembaga BPOM.

  1. Formulir pendaftaran izin BPOM yang sudah diisi secara lengkap. Selanjutnya formulir tersebut difotokopi menjadi 4 rangkap.
  2. Fotocopy surat izin industri yang dikeluarkan oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan
  3. Hasil analisa dari laboratorium. Dokumen tersebut harus asli dan telah dikeluarkan tidak lebih dari 6 bulan sejak tanggal penerbitan.
  4. Rancangan label yang sesuai dengan produk yang akan diedarkan serta contoh produknya
  5. Karena kopi termasuk makanan fungsional maka berkas makanan dimasukkan ke map snelhecter warna biru

Selain syarat-syarat di atas, Anda juga harus melampirkan beberapa formulir yang dibutuhkan untuk permohonan izin BPOM produk makanan.

Formulir A

Formulir A  berisi sertifikat merek yang dikeluarkan oleh departemen kehakiman RI (jika ada), rancangan label, fotokopi surat izin industri yang dikeluarkan oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan

Selain itu berisi juga surat keterangan yang dikeluarkan oleh pabrik asal jika produk kopi yang Anda ajukan merupakan produk dikemas kembali serta surat keterangan dari pabrik asal jika produk kopi tersebut merupakan produk lisensi.

Syarat-Syarat Pengurusan Izin BPOM

Formulir B

Formulir B berisi tentang informasi mengenai sertifikat tutup dan wadah serta standar yang diberlakukan oleh pabrik tempat produksi kopi tersebut.

Formulir C

Formulir C berisi informasi tentang bagaimana proses produksi kopi tersebut dari bahan baku sampai siap untuk dijual, higiene dan sanitasi pabrik serta karyawan, dan yang terakhir denah atau peta lokasi pabrik.

Formulir D

Formulir D berisi tentang dokumen yang menjelaskan struktur organisasi, sistem pengawasan sarana, mutu dan peralatan, hasil analisa produk, metode prosedur analisa dan peralatan lab  (jika dicek di lab sendiri), metode yang digunakan (jika dicek di lab pemerintah atau lab terakreditasi) dan proses control.

Cara Mengurus Izin BPOM

Setelah semua persyaratan dilengkapi selanjutnya Anda bisa mendaftarkan produk kopi yang akan diekspor ke badan BPOM. Pertama-tama Anda harus mengajukan permohonan secara tertulis dengan mengisi formulir dan melampirkan data-data pendukungnya.

Setelah itu Anda serahkan surat permohonan tersebut sebanyak dua rangkap yang asli dan fotokopi ke badan BPOM. Hal-hal yang diperiksa dalam formulir pendaftaran disesuaikan dengan kriteria, penetapan biaya evaluasi dan persyaratan yang berlaku.

Cara Mengurus Izin BPOM

Setelah itu Anda tinggal menunggu izin BPOM terbit dan dokumen tersebut memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Setelah 5 tahun Anda bisa memperpanjangnya lagi dengan cara mendaftar ulang.

Daftar E-BPOM Secara Online

Tentu saja Anda bisa mengajukan permohonan izin BPOM secara online melalui E-BPOM. Hal ini akan sangat memudahkan orang-orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk datang langsung ke kantor BPOM karena pendaftaran bisa diakses melalui laman resminya.

Sebelum mendaftarkan produk makanan, Anda harus mendaftarkan perusahaannya dulu dengan cara berikut:

  1. Pertama-tama Anda harus mengunjungi website resmi BPOM di https://e-reg.pom.go.id
  2. Selanjutnya klik pada bagian “registrasi akun” lalu pilih dan klik “baru” untuk pembuatan akun baru
  3. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi identitas. Data yang diminta meliputi data penanggung jawab, data user dan data perusahaan. Pastikan Anda mengisi data-data tersebut secara valid dan lengkap baru menuju halaman selanjutnya
  4. Setelah selesai klik halaman selanjutnya
  5. Masukkan data PSB
  6. Upload semua data yang diminta
  7. Jangan lupa kirimkan juga syarat-syarat dokumen dalam bentuk fisik ke kantor BPOM yang tercantum di halaman registrasi
  8. Tunggulah hasil pemeriksaan selama beberapa hari. Biasanya permohonan yang disetujui atau ditolak akan dikirim melalui alamat email. Jadi pastikan kamu memberikan alamat email yang masih aktif dan lakukan pengecekan secara berkala

syarat Mengurus Izin BPOM

Setelah berhasil mendaftarkankan perusahaan selanjutnya Anda harus mendaftarkan produk pangannya melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi laman https://e-reg.pom.go.id
  2. Karena Anda sudah melakukan pendaftaran maka tinggal klik login lalu masukkan username, password dan captcha
  3. Setelah berhasil masuk isikan data-data secara lengkap meliputi data bahan baku, data produk, data hasil analisa, data klaim produk dan informasi nilai gizi
  4. Upload semua berkas yang diminta
  5. Jangan lupa kirimkan juga syarat-syarat yang diminta dalam bentuk print out ke kantor BPOM
  6. Tunggu sampai muncul proses verifikasi data rancangan label dan permohonan
  7. Selesaikan proses pembayaran dan unggah buktinya ke website e-BPOM
  8. Pembayaran akan diverifikasi oleh petugas dan Anda tinggal menunggu hasil validasi semua berkas-berkas yang diajukan
  9. Setelah surat persetujuan pendaftaran terbit biasanya Anda akan diminta untuk menyerahkan berkas fisik terkait dengan rancangan label serta bukti pembayaran secara langsung ke kantor BPOM.

Apa Saja Persyaratan Surat Keterangan Ekspor Kopi BPOM

Bagi Anda yang tidak ingin repot-repot mengurus surat keterangan ekspor kopi BPOM maka bisa mempercayakan hal tersebut pada Jangkar Group. Kami merupakan perusahaan yang bisa membantu Anda mengurus segala dokumen ekspor secara cepat dan tepat. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa langsung hubungi admin kami melalui kontak yang tersedia.

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  • Pertama Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  • Kedua Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  • Ketiga Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  • Selanjutnya Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  • Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  • Kemudian Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  • Selanjutnya Update informasi perkembangan order
  • Kemudian Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  • Selain itu Proses cepat dan akurat dan dijamin keasliannya.
  • Di sisi lain Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  • Terakhir Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Apa Saja Persyaratan Surat Keterangan Ekspor Kopi BPOM ?

Cara kirim dokumen persyaratan Surat Keterangan Ekspor Kopi BPOM bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Pertama Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Kedua Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan dikarenakan pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan dikembalikan apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

 

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : Jangkargroups@gmail.com

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »