Beranda Hukum SURAT KUASA AHLI WARIS UNTUK MENJUAL TANAH ATAU RUMAH

SURAT KUASA AHLI WARIS UNTUK MENJUAL TANAH ATAU RUMAH

SURAT KUASA AHLI WARIS UNTUK MENJUAL TANAH ATAU RUMAH

SURAT KUASA AHLI WARIS, Jika Anda merencanakan jual tanah atau rumah hasil dari warisan, sesaat Anda relatif pemula dalam soal hukum, karena itu Anda jadi satu diantara pakar waris pasti mencari info sekitar penjualan tanah atau rumah warisan ini.

Hal pertama yang dapat Anda kerjakan ialah menunjuk satu diantara pakar waris dari tanah atau rumah itu serta memberi kuasa pada seseorang pakar waris untuk menjualkan tanah atau rumah warisan yang berkaitan. Untuk kepentingan ini, karena itu butuh dibuatkan Surat Kuasa Pakar Waris untuk jual tanah atau rumah warisan.

Pakar waris sendiri ialah orang atau beberapa orang yang memiliki hak terima warisan (harta peninggalan) dari orang yang sudah wafat, baik sebab jalinan keluarga sedarah atau sebab pernikahan, yang dibuktikan dengan surat info waris. Sesudah pewaris wafat, karena itu harta peninggalannya seperti tanah serta rumah berubah pemilikan ke beberapa pakar waris, yang umumnya terdiri atas lebih dari seseorang.

Nah, sebab pemahaman kuasa itu mengacu pada kuasa, jadi pemberian kuasa bermakna melimpahkan kuasa dari pemberi kuasa pada penerima kuasa untuk sebagai wakil keperluannya, hingga surat kuasa pakar waris dibikin untuk memudahkan penjualan tanah atau rumah warisan hingga nanti hasil penjualan bisa dibagi ke semua pakar waris sesuai ketetapan yang berlaku, baik dengan hukum agama, perdata, atau tradisi.

Surat Kuasa

Anda seterusnya kemungkinan menanyakan, bagaimanakah cara tulisan surat kuasa pakar waris untuk jual tanah atau rumah? Surat kuasa yang dipakai ialah surat kuasa yang sejenis umum, bukan surat kuasa spesial atau spesial yang umumnya dipakai untuk masalah persidangan.

Kuasa umum ini ditata dalam Masalah 1795 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPer), dimana kuasa umum mempunyai tujuan untuk memberikan kuasa pada satu orang untuk mengatur kebutuhan pemberi kuasa tentang satu pengurusan, salah satunya pengurusan harta kekayaan pemberi kuasa, mencakup semua hal yang terkait dengan kebutuhan pemberi kuasa atas harta kekayaannya.

Contoh Format Surat Kuasa untuk Jual Tanah atau Rumah

Sebelum melihat contoh tulisan surat kuasa pakar waris untuk kepentingan jual tanah atau rumah warisan, ada banyak point yang perlu tertera di dalamnya. Beberapa poin itu ialah seperti berikut:

  1. Nama serta jati diri komplet beberapa pakar waris yang memberikan kuasa
  2. Nama serta jati diri komplet pakar waris yang dikasih kuasa
  3. Gambaran type kuasa yang diberi, yang dicatat dengan jelas serta tegas, seperti jual rumah atau tanah atau menghibahkannya, dan sebagainya
  4. Gambaran type harta kekayaan yang akan dikuasakan pengurusannya, yang dicatat dengan jelas serta tegas, contohnya bila berbentuk tanah karena itu harus diterangkan luas serta batas-batas tanah itu dan status miliknya
  5. Tanggal serta tempat penandatanganan surat kuasa
  6. Tanda-tangan beberapa pemberi kuasa

Sesudah Anda tahu beberapa poin yang perlu tercantum di surat kuasa yang akan Anda untuk buat memberi kuasa pada salah seseorang pakar waris untuk jual tanah atau rumah warisan, saat ini Anda bisa lihat contoh format dari surat kuasa yang disebut. Silahkan dibaca contoh yang kami beri berikut ini:

SURAT KUASA

Kami yang bertanda tangan berikut ini:

 

Nama :

Alamat   :

No. KTP      :

 

Nama :

Alamat   :

No. KTP      :

 

Nama :

Alamat   :

No. KTP      :

dengan bersama seterusnya jadi “Pemberi Kuasa.”

 

Pemberi kuasa bersama dengan ini memberi kuasa pada:

 

Nama :

Alamat   :

No. KTP      :

 

Seterusnya jadi “Penerima Kuasa.”

 

—————————-KHUSUS—————————-

 

Untuk bersama dengan Pemberi Kuasa jadi beberapa pakar waris dari saudara __________________ seperti yang disebut dalam Penentuan Pengadilan Agama ______________ No.: ______________, untuk lakukan penjualan harta warisan berbentuk tanah serta bangunan seperti yang disebut dalam Sertifikat Hak Punya (SHM) No. ________________, yang diketahui beralamat di Jl. _____________________, RT/RW ____________, Kelurahan _______________, Kecamatan ___________________, Propinsi _____________________, atas nama Saudara _________________.

Seterusnya untuk tujuan tertera di atas, Penerima Kuasa memiliki hak untuk tanda-tangani Akta Jual Beli Tanah, terima uang pembayaran serta membikinkan sinyal bukti pembayaran atau kwitansi, lakukan tidakan hukum dengan faksi ke-3 yang lain terkait dengan harta warisan berbentuk tanah/rumah, dan bertindak lain yang dipandang butuh serta pantas berkenaan dengan diberikannya kuasa ini.

 

Demikian surat kuasa ini dibikin untuk dipakai seperti harusnya.

 

Jakarta,_____________________                                             Pemberi Kuasa Penerima Kuasa,

 

 

(____________) (____________)                             (____________) (____________)

 

Dengan menggenggam kuasa berbentuk tercatat ini, pakar waris yang namanya tertera jadi penerima kuasa bisa sebagai wakil beberapa pakar waris yang lain untuk semua kepentingan pengurusan penjualan harta peninggalan atau warisan yang berbentuk tanah atau rumah itu, terhitung penandatanganan Akta Jual Beli (AJB). Janganlah lupa supaya surat kuasa di atas ditanda tangani di atas materai serta dilegalisasi oleh Notaris.

Jual-Beli Tanah atau Rumah Warisan

Penjualan tanah atau rumah yang disebut harta peninggalan atau warisan umumnya dikerjakan diantaranya supaya tidak jadi perselisihan di masa datang, baik perselisihan antara anak dengan anak atau pun anak dengan saudara atau saudara dengan ahli waris, jadi tanah atau rumah itu di jual hingga hasil penjualannya dapat dibagi pada semua pakar waris sesuai hukum yang berlaku.

Selintas tentang jual-beli tanah atau rumah warisan, pada intinya sama dengan proses jual-beli tanah atau rumah biasanya. Bedanya hanya bila dalam jual-beli tanah biasa, penjual tanah atau rumah atau orang yang namanya tertera pada sertifikat pemilikan tanah ada untuk tanda-tangani Akta Jual Beli.

Sesaat dalam proses jual-beli tanah atau rumah warisan, yang ada untuk tanda-tangani Akta Jual Beli serta semua pengurusan lain ialah beberapa pakar waris dari pemilik tanah sebagai penjual, yang jika ada yang berhalangan ada bisa diwakili oleh salah seseorang pakar waris yang sudah dikasih kuasa, dibuktikan dengan Surat Kuasa Pakar Waris.

Surat Info Waris

Sebelum surat kuasa ini dibikin, harus ada bukti terlebih dulu tentang siapapun ahli-warisnya. Bukti ini dibikin dengan tercatat berbentuk Surat Info Waris. Di surat info waris ini tertera semua nama serta jati diri dari semua pakar waris yang memiliki hak atas tanah yang di jual.

Untuk WNI asli di tandatangani oleh dua orang saksi serta disahkan oleh Lurah serta Camat ditempat, sesaat untuk WNI keturunan Tionghoa serta Eropa dibuatkan akta notaris. Nah, Surat Kuasa Pakar Waris dibutuhkan diantaranya bila ada pakar waris yang tinggal berjauhan dengan tanah atau rumah yang akan di jual serta susah untuk hadir ke tempat penandatanganan Akta Jual Beli.

Jadi dalam pengurusan penjualan tanah atau rumah warisan itu, semua pakar waris tak perlu ada serta cuma diwakili oleh satu pakar waris yang sudah dikasih kuasa itu.

Mengerti Hukum yang Berlaku

Demikian keterangan tentang Surat Kuasa Pakar Waris untuk jual tanah atau rumah serta selintas tentang jual-beli tanah atau rumah warisan. Mudah-mudahan artikel ini menolong Anda serta proses penjualan tanah atau rumah warisan yang akan Anda kerjakan berjalan dengan lancar sebab Anda suda penuhi kriteria dan hukum yang berlaku tentang penjualan atas tanah atau rumah warisan.

Pengacara waris

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai hukum harta warisan 2 istri bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan HUKUM WARIS DI INDONESIA atau mengalami masalah :

pajak untuk para ahli waris terkait warisannya

pembagian warisan tanah sesuai hukum perdata dan hukum islam

cara membagi suatu warisan ayah dan nenek

cara membagi warisan kepada istri dan juga 8 anak

cara untuk membagi warisan kepada anak bawaan

hak warisan dari saudara kandung pewaris

hati-hati jangan memberikan warisan tanpa surat wasiat

persyaratan dan prosedur pembagian harta warisan

hukum hibah yang tidak di setujui oleh pewaris

legalkah surat wasiat di tulis dengan tangan dan diberi materai

hibah yang diberikan kepada seorang ahli waris

anak angkat dari suatu keluarga apakah akan mendapatkan hak waris

perlu tahu beberapa batasan dalam membuat suatu surat wasiat

hak waris bagi istri yang telah wafat atau meninggal

persyaratan dan proses gugat waris

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi SH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad SH HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Customer Service Lukman Azis SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Customer Service ABDURI SH HP/Whatsapp Simpati : +6281281247293

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here