surat single dari Indonesia – Jangkar Global Groups
Biro Jasa Pembuatan Visa – Legalisir Dokument – Perkawinan Campuran -Dan Penerjemah Tersumpah

surat single dari Indonesia

surat keterangan single dari Indonesia

surat single dari Indonesia Ada banyak sekali alasan mengapa seseorang harus memiliki surat keterangan single dari Indonesia seperti untuk tujuan melamar pekerjaan, membeli rumah, mengurus beasiswa, syarat perjanjian tertentu, mendaftar sekolah atau bahkan sebagai syarat melangsungkan pernikahan di luar negeri.

Cara Membuat Surat Keterangan Single dari Indonesia

Jika Anda berencana untuk membuat surat keterangan single ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan langkah-langkah yang harus dilewati. Kali ini Jangkar Group akan membahas apa saja syarat-syarat dan bagaimana cara mengurus surat keterangan single dari Indonesia.

Syarat Pembuatan surat single dari Indonesia

Surat keterangan single bisa Anda peroleh dari kelurahan atau kantor kecamatan yang sesuai dengan domisili KTP Anda. Untuk membuat surat ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis, namun sebelum pergi ke kantor kelurahan persiapkan dokumen-dokumen berikut ini:

  1. Meminta surat pengantar pada RT atau RW
  2. Fotocopy kartu tanda penduduk Anda dan dua orang saksi
  3. Fotocopy kartu keluarga
  4. Surat keterangan single yang telah ditandatangani oleh kepala desa atau pejabat kelurahan
  5. Membuat surat pernyataan bahwa Anda belum menikah yang ditandatangani oleh orang tua atau wali dan diketahui oleh RT/RW setempat serta dua orang saksi. Tanda tangan harus di atas materai
  6. Setelah semua persyaratan lengkap bawalah ke kantor kelurahan dan serahkan pada pihak petugas kelurahan
  7. Anda bisa menunggu sampai surat tersebut jadi karena biasanya tidak memakan waktu terlalu lama
  8. Setelah surat jadi jangan lupa buat salinannya supaya mempermudah saat Anda ingin menggunakannya
  9. Setelah membuat beberapa salinan jangan lupa legalisir salinan tersebut

Syarat dan Cara Pembuatan Surat Keterangan Single

Jika Anda tidak bisa mengurus dokumen tersebut sendiri maka dapat di wakilkan oleh orang lain asalkan syarat-syaratnya lengkap. Biasanya setiap daerah memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk persyaratan yang harus di penuhi. Jadi Anda harus menyesuaikan dengan daerah tempat pembuatan dokumen tersebut.

Fungsi surat single dari Indonesia

Ada beberapa fungsi surat keterangan single atau surat keterangan belum menikah. Biasanya dokumen tersebut menjadi syarat seseorang yang ingin melakukan sesuatu atau mendaftarkan dirinya ke sebuah lembaga. Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi surat keterangan single.

surat single dari Indonesia Untuk Syarat Menikah di Luar Negeri

Agar bisa melangsungkan pernikahan di luar negeri secara sah biasanya Anda harus memenuhi beberapa persyaratan dan salah satunya yaitu surat keterangan single yang di keluarkan oleh pemerintah negara Indonesia melalui kantor kelurahan sesuai dengan domisili pemohon.

Fungsi Surat Keterangan Single

Tidak hanya syarat menikah di luar negeri saja, akan tetapi surat keterangan single juga menjadi syarat administrasi bagi warga negara Indonesia yang ingin melangsungkan pernikahan di Kantor Urusan Agama. Bagi warga yang pernah menikah dan telah bercerai pun tetap harus mengurus surat keterangan single.

Selain surat keterangan single, tentu saja masih ada dokumen lain yang harus Anda penuhi saat akan menikah di luar negeri. Sebenarnya dokumen-dokumen yang diperlukan untuk menikah di luar negeri tidak berbeda jauh dengan dokumen-dokumen yang diperlukan saat Anda akan menikah di Indonesia.

 

Dokumen untuk pengurusan surat single dari Indonesia

Yang menjadi pembeda adalah proses administrasinya di urus melalui kedutaan negara Indonesia tempat di mana pernikahan tersebut berlangsung. Berikut ini adalah dokumen yang harus di siapkan saat akan menikah di luar negeri.

  • Surat izin menikah dari orang tua atau wali
  • Surat Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Surat keterangan single baik bagi Anda yang masih lajang atau Anda yang sudah berstatus duda maupun janda. Surat keterangan single ini harus di atas materai 10.000 dan di lengkapi juga dengan akta cerai (bagi duda/janda)
  • Surat pengantar yang dibuat oleh RW atau RT sesuai dengan domisili yang ada di KTP
  • Surat pengantar dari kepala desa berupa formulir N1 (surat keterangan akan menikah), N2 (surat keterangan yang berisi nama orang tua atau asal usul) dan N4 (surat keterangan orang tua)
  • Akte lahir yang telah diterjemahkan
  • Fotokopi KK dan KTP
  • Visa negara tempat pernikahan berlangsung
  • Paspor
  • Bagi Anda yang beragama muslim maka harus ke KUA sesuai dengan domisili dengan membawa Fotokopi KK, KTP dan KTP orang tua. Lampirkan juga foto berwarna dengan latar biru berukuran 4 x 6, 3 x 4 dan 2 x 3 sebanyak 3 lembar.

Untuk Syarat Menikah di Luar Negeri

Setelah semua dokumen di atas Anda lengkapi maka prosedur pengurusannya adalah sebagai berikut, bagi calon pengantin yang beragama muslim maka pasangan harus melampirkan surat keterangan numpang nikah dan untuk calon yang beragama non muslim maka perlu mendapatkan diri ke kantor Capil.

Selanjutnya Anda bersama dengan pasangan harus berkunjung ke kantor kedutaan negara tempat pernikahan berlangsung dan nanti pihak kedutaan akan menerjemahkan semua dokumen di atas lalu mengeluarkan surat izin nikah baru setelah itu pihak kedutaan akan menghubungi lembaga pernikahan di negara yang di tuju.

 

Pengurusan surat single dari Indonesia untuk melaporkan pernikahan

Bagi Anda yang ingin menikah dengan WNA maka harus melaporkan pernikahan ke Konsulat Jenderal Indonesia negara tempat pernikahan akan berlangsung untuk mendapatkan surat keterangan bahwa semua persyaratan telah terpenuhi.

Agar tercatat, Anda juga harus melegalkan pernikahan yang Anda lakukan secara hukum Indonesia. Berikut ini adalah berkas-berkas yang dibutuhkan:

  • Akta perkawinan yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan telah di super legalisasi pihak perwakilan RI negara tempat pernikahan berlangsung.
  • Fotocopy akta kelahiran kedua mempelai
  • Surat keterangan menikah yang dikeluarkan oleh KBRI negara tempat Anda menikah
  • Fotocopy paspor
  • Fotokopi KK dan KTP
  • Foto ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang warna merah

Apa Saja Persyaratan surat keterangan single dari Indonesia

Setelah pernikahan di legalkan oleh Konsulat Jenderal Indonesia Anda bersama pasangan harus mendaftarkan pernikahan ke kantor dinas kependudukan tempat tinggal Anda dan pasangan.

Pencatatan pernikahan selambat-lambatnya di lakukan 30 hari sejak Anda kembali ke Indonesia dan jika tidak segera di lakukan maka pernikahan akan di anggap tidak pernah ada.

Mengajukan Beasiswa

Untuk mengajukan beasiswa ada beberapa perguruan tinggi yang memberi syarat pada calon penerima beasiswa untuk melampirkan surat keterangan single seperti UDINUS dan UNS. Namun tentu saja ada juga perguruan tinggi yang tidak meminta dokumen tersebut bagi mahasiswanya yang ingin mengajukan beasiswa.

Untuk Melamar Pekerjaan

Fungsi selanjutnya surat keterangan single yaitu untuk melamar pekerjaan karena ada beberapa perusahaan yang menginginkan karyawan dengan status lajang karena berbagai alasan seperti supaya memiliki fokus lebih baik atau pekerjaan mengharuskan karyawan untuk berpindah-pindah tempat.

Jadi untuk memastikan bahwa si pelamar belum terikat dengan status pernikahan maka perusahaan memberi syarat untuk melampirkan surat keterangan single.

Syarat Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Saat mendaftar sekolah kedinasan biasanya Anda di minta untuk melampirkan surat keterangan single. Contoh sekolah kedinasan yang mengharuskan pelamarnya melampirkan surat keterangan belum menikah yaitu Taruna TNI dengan alasan agar para taruna memiliki satu fokus dan tidak terpecah ke hal lain.

Syarat Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Karena surat keterangan single dari Indonesia proses pembuatannya bisa di wakilkan maka Anda bisa mempercayakan hal tersebut pada pihak yang sudah profesional dan telah berpengalaman di bidangnya seperti Jangkar Group.

 

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah:

  1. Tidak ada waktu karena kesibukan kerja
  2. Lokasi client yang jauh dari ibu kota jakarta
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Adanya surat asli tapi palsu
  5. Tidak mau antri, mondar mandir ke instansi dan terjebak kemacetan ibu kota
  6. Kerugian inmaterial dan waktu yang tidak bisa di beli akibat surat aspal
  7. Gaptek dan pusing bagaimana cara mengisi formulir online
  8. Bingung dan takut mencari alamat yang di tuju selama berada di jakarta
  9. Takut kirim dokumen asli ke agent yang tidak jelas dan takut dokumen hilang

 

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan surat single dari Indonesia anda kepada kami karena :

  • Pertama Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  • Kedua Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  • Ketiga Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  • Selanjutnya Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  • Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  • Kemudian Bisa menghubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  • Selanjutnya Update informasi perkembangan order
  • Kemudian Dapat menghemat biaya hotel, tiket pesawat dan transportasi bagi client yang jauh dari ibukota jakarta.
  • Selain itu Proses cepat dan akurat dan jamin keasliannya.
  • Di sisi lain Tidak perlu Down payment (DP) pembayaran setelah dokumen selesai, client dikirim soft copy dan invoice.
  • Terakhir Lebih dari 1000 client telah menggunakan PT Jangkar Global Groups sebagai partner

Apa Saja Persyaratan surat keterangan single dari Indonesia ?

Cara kirim dokumen persyaratan surat keterangan single dari Indonesia bisa melalui : JNE, TIKI, DHL Kantor pos atau Gojek dan Grab. Setelah dokumen sampai ke PT Jangkar Global Groups maka staff kami akan memberitahukan kepada anda bahwa paket sudah di terima dengan baik dan langsung di proses sesuai dengan keinginan client.

Garansi yang di berikan oleh PT Jangkar Global Groups :

  1. Pertama Kecepatan dan ketepatan waktu proses
  2. Kedua Terhindar dari masalah surat asli tapi palsu (Aspal)
  3. Terhindar dari unsur penipuan karena pembayaran setelah dokumen selesai
  4. Uang akan kembali apabila dokumen anda tidak di terima oleh kedutaan karena legalisir kemenkumham dan legalisir kemenlu di ragukan keasliannya

 

YUK KONSULTASIKAN DULU KEBUTUHAN ANDA,

HUBUNGI KAMI UNTUK INFORMASI & PEMESANAN

Perusahaan didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari karyawan dan kreativitas untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada pelanggan.

KUNJUNGI MEDIA SOSIAL KAMI

Email : Jangkargroups@gmail.com

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Pengaduan Pelanggan : +6287727688883

Google Maps : PT Jangkar Global Groups

Translate »