Beranda Hukum TATA CARA UNTUK MENGUBAH SERTIFIKAT HAK GUNA MENJADI SERTIFIKAT HAK MILIK

TATA CARA UNTUK MENGUBAH SERTIFIKAT HAK GUNA MENJADI SERTIFIKAT HAK MILIK

TATA CARA UNTUK MENGUBAH SERTIFIKAT HAK GUNA MENJADI SERTIFIKAT HAK MILIK

SERTIFIKAT HAK GUNA, Dari beberapa macam sertifikat property, SHM atau Sertifikat Hak Punya ialah yang terkuat dari sisi otoritas. Sertifikat ini akan menetapkan pemilikan Anda pada satu property tanpa ada periode waktu tersendiri, plus mempermudah Anda untuk memindahtangankan baik diwariskan pada keluarga atau di jual pada orang.

Tetapi, fakta yang berlainan akan Anda dapatkan bila property yang dipunyai cuma bersertifikat Hak Untuk Bangun (SHGB). Karena itu, sebaiknya Anda cari tahu langkah merubah sertifikat hak guna jadi SHM sebelum terlambat.

Fakta Mengapa Harus Berubah Ke SHM

HGB punyai banyak kekurangan, diantaranya, sertifikat hak guna HGB tidak mengisyaratkan Anda pemilik tempat, tetapi cuma membolehkan Anda memakai tempat tersebut, seperti membuat bangunan di atas tempat untuk membuka usaha atau rumah. Sertifikat ini juga mempunyai periode waktu, yakni optimal 30 tahun. Sesudah masa aktif habis, Anda harus memperpanjangnya serta ada budget memperpanjang HGB.

Bila tidak, Anda harus kembalikan tempat ke pemilik, yakni negara, pengelola, atau perseorangan.  Property dengan status SGHB bukan sekedar diketemukan pada gedung perkantoran atau ruko, dan juga rumah. Umumnya, ini berlangsung saat Anda beli property dari perumahan baru yang masih dibuat pegembang.

Ini berlangsung sebab faksi pengembang ialah tubuh hukum yang tidak bisa mempunyai tanah dengan status hak punya. Bahkan juga, walaupun mereka membelinya dari tanah yang berstatus hak punya warga. Jadi jangan bingung bila di beberapa perumahan baru Anda merasakan rumah-rumah yang di jual masih berstatus SHGB.

Terkadang, developer memang menyiapkan layanan untuk merubah SHGB jadi SHM, tetapi sering juga mereka minta konsumen untuk mengurusnya sendiri. Bila Anda masuk kelompok paling akhir, atau Anda harus selekasnya mengolah pengerjaan SHM supaya status pemilikan Anda pada rumah itu lebih jelas. Tentunya, ada budget penambahan HGB ke SHM.

Sayangnya, ada banyak orang yang condong cuek dengan status property mereka. Satu diantara faktanya ialah kurangnya pengetahuan tentang mekanisme pengerjaan SHM. Untuk memberi deskripsi yang lebih jelas, tersebut cara-caranya.

Dokumen Yang Diperlukan Untuk Pengerjaan SHM

Dalam point ini, persiapan pengerjaan SHM akan dibagi dalam 2 type, yaitu persiapan dokumen untuk luas tanah tidak kurang dari 600 m2 serta persiapan dokumen untuk luas tanah lebih dari 600 m2. Langsung baca dibawah, ya.

Dokumen Yang Disediakan Untuk Luas Tanah Tidak Lebih Dari 600 M2

Tidak susah mengolah keinginan penambahan hak dari SHGB jadi SHM. Tidak hanya tempat tinggal, bangunan yang dapat dirubah statusnya jadi SHM ialah organisasi kemanusiaan, tubuh keagamaan, atau organisasi lain yang diputuskan Undang-Undang.

Buat Anda yang luas lahannya tidak kurang dari 600 mtr. persegi, karena itu Anda perlu mengurusnya di kantor pertanahan di ruang property Anda ada.

Berikut dokumen-dokumen yang dibutuhkan:

1. Sertifikat asli HGB

Tanpa ada sertifikat asli HGB, akan susah buat Anda untuk mendapatkan SHM. Janganlah lupa untuk bawa beberapa lembar fotokopinya.

2. Foto copy IMB (Izin Membangun Bangunan) rumah

Kenapa dokumen ini sangat penting? IMB ialah bukti dengan hukum jika tempat dipakai untuk membangun bangunan. Bila nyatanya belumlah ada IMB, Anda bisa jadi bawa surat info dari kelurahan yang mengatakan jika tempat itu dipakai jadi rumah. Tetapi semakin lebih baik bila Anda mengatur IMB lebih dulu di dinas tata ruangan serta bangunan ditempat sebelum mengolah SHM.

3. Foto copy SPPT PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi serta Bangunan) Tahun Berjalan

Ini penting untuk lihat reputasi pembayaran pajak serta keadaan tempat, seperti luas tanah serta luas bangunan yang terserang pajak.

4. Foto copy Kartu Sinyal Masyarakat serta Kartu Keluarga

Buat Anda yang perseorangan, sediakan KTP serta KK, tetapi bila Anda sebagai wakil tubuh hukum karena itu harus menyiapkan akta pendirian usaha.

Surat Kuasa

5. Surat kuasa serta jati diri diri penerima kuasa

Ini berlaku bila Anda tidak mengatur proses ini seseorang diri alias mewakilkannya pada orang, contohnya notaris.

6. Surat pengakuan tidak mempunyai tanah perumahan lebih dari 5 bagian

Surat pengakuan ini ada di Kantor Pertanahan ditempat. Sesuai dengan Ketetapan Menteri Agraria/Kepala BPN No. 6 Tahun 1998 mengenai Pemberian Hak Punya Atas Tanah untuk Rumah Tinggal, Anda harus mengatakan jika SHM yang Anda meminta tidak melewati 5 bagian atau luas optimal 5.000 m2. Surat ini akan diperlengkapi materai. Sesudah di tandatangani di atas materai, janganlah lupa untuk foto copy beberapa lembar.

7. Surat permintaan

Tidak hanya surat pengakuan, Anda pun diwajibkan isi surat permintaan pada kepala kantor pertanahan tempat tempat property ada. Nanti surat ini akan diikutkan dengan surat pengakuan serta dokumen-dokumen pelengkap di satu map.

8. Dokumen Yang Disediakan Untuk Luas Tanah Lebih Dari 600 M2

Dokumen yang dibutuhkan sama dengan di atas. Tetapi untuk luas property di atas 600 m2, Anda harus lakukan permintaan hak punya berbentuk konstatering report di BPN. Sesudah surat permintaan serta berkas diterima dengan komplet, seterusnya petugas pengukuran dari BPN akan lakukan pengukuran ke tempat. Hasil ukur ini akan tercantum dalam peta tanah yang berada di BPN. Sesudah melalui proses itu, BPN akan menerbitkan surat ukur yang di tandatangani kepala seksi pengukuran serta pemetaan.

Seksi Pemberian Hak Tanah (PHT) seterusnya akan mengolah pemberian hak dengan menerbitkan SK Hak berbentuk SK Hak Punya. Sertifikat akan diedarkan di seksi Pendaftaran Hak serta Info (PHI) berbentuk Sertifikat Hak Punya yang telah dibukukan.

Budget Merubah Sertifikat HGB Jadi SHM

Tentunya untuk merubah sertifikat ini ada ongkos serta dapat disebut banyak. Tersebut simulasi ongkos yang butuh diakui supaya Anda dapat memeriksa apa penuhi anggaran ataukah tidak:

  1. Budget Pendaftaran

Sediakan Rp50.000 untuk budget pendaftaran SHM dengan luas tanah optimal 600 m2.

  1. BPHTB (Bea Pencapaian Hak Atas Tanah Serta Bangunan)

Besaran BPHTB untuk merubah status HGB jadi SHM bergantung budget NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) serta luas tanah. Untuk rumus perhitungannya ialah seperti berikut:

2% x (NJOP Tanah – NJOPTKP ataupun NJOP engga Terkena Pajak)

Tersebut contoh ilustrasinya:

Harga tanah di NJOP: Rp2.000.000/m2

Luas tanah: 150 m2

Harga keseluruhan NJOP = Rp2.000.000 x 150 = Rp300.000.000

NJOPTKP: Rp60.000.000

Oleh karena itu BPHTP budget yang perlu dibayarkan antara lain:

2% x (Rp300.000.000 – Rp60.000.000) = Rp4.800.000

PPAT

  1. Budget Notaris Petinggi Pembuat Akta Tanah (PPAT)

Ini berlaku bila Anda tidak memprosesnya sendiri alias meminta pertolongan notaris. Umumnya, sich, layanan mereka dihargai di antara Rp1.000.000 – Rp2.000.000.

  1. Budget Pengukuran

Buat Anda yang mempunyai tanah dengan luas lebih dari 600 m2, maka dipakai budget ini dengan rumus:

{(Luas Tanah/500) x 120.000} + 100.000.

Contohnya, luas tanah Anda ialah 800 m2. Tersebut contoh perhitungannya:

{(800/500) x 120.000} + 100.000 = Rp292.000

  1. Budget Konstatering Report

, ini untuk Anda yang mempunyai tanah dengan luas lebih dari 600 m2. Ini rumusnya:

{(Luas Tanah/500) x 20.000 + 350.000} / 2

Rumus Perhitungan

Masih dengan luas tanah yang sama di point 4, karena itu tersebut rumus perhitungannya:

(800/500) x 20.000 + 350.000) / 2 hasilnya adalah Rp191.000

Proses penambahan dari hak untuk bangunan jadi hak punya memang perlu waktu, jika semuanya berjalan dengan lancar memerlukan waktu 1bulan, bahkan juga dapat bertambah cepat. Tetapi memang diperlukan kesabaran serta pengorbanan waktu saat mengurusnya seseorang diri.

Bila memang Anda merasakan tidak punyai banyaknya waktu, Anda memang semestinya meminta pertolongan Notaris PPAT yang telah memiliki pengalaman. Jadi, Anda tinggal tahu beres terima SHM. Tetapi hal yang perlu Anda ingat, tentu saja ada budget lebih untuk notaris ini. Jadi yakinkan Anda telah memasukkan ke anggaran.

Pengacara Pertanahan

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai hukum sertifikat hak guna bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan SERTIFIKAT HAK GUNA atau mengalami masalah :

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Lukman Azis, SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here