X

Tiga Negara Tempat Tujuan Bekerja di Luar Negeri

Tiga Negara Tempat Tujuan Bekerja di Luar Negeri

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mempunyai tujuan bekerja di luar negeri. Setidaknya, tiga negara menjadi tempat tujuan, yaitu Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia. Negara Taiwan merupakan salah satu tempat tujuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bekerja di luar negeri. Tawaran gaji bekerja di Taiwan sangat tinggi.

Apabila bekerja di Taiwan, Anda akan mendapatkan gaji bersih 17.000 New Taiwan atau setara dengan Rp. 9.000.000 sembilan juta rupiah. Namun, sebelum bekerja di Taiwan, Anda harus menyiapkan dokumen yang telah ditentukan. Dokumen-dokumen tersebut, yaitu Kartu tanda Penduduk, Kartu Keluarga,Ijazah, Akta lahir, Surat nikah dan Surat Izin Keluarga.

Selain Taiwan, Korea Selatan merupakan salah satu tempat tujuan mencari kerja di luar negeri. Salah satu negara di kawasan Asia Timur itu menjadi pilihan, karena tawaran gaji yang menggiurkan. Pada 2017 ini, bayaran bekerja di Korea adalah di atas 16 juta rupiah, bahkan bisa mencapai 30 juta rupiah perbulan jika rajin ikut lembur.

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang menjanjikan sebagai tempat tujuan bekerja. Negara ini menjanjikan gaji lebih besar sehingga bisa menjadikan salah satu sebab bursa pasar kerja ke Korea menjadi rebutan. Namun, Anda harus berhati-hati supaya tidak tertipu orang-orang yang mencari keuntungan semata.

Untuk itu, Anda harus mencari informasi dengan cara membuka website WWW BNP2TKI.go.id, kemudian bisa berkomunikasi langsung dengan admin untuk mendapatkan informasi. Namun, permasalahannya, belum banyak tenaga kerja yang akrab dengan instrumen komunikasi seperti internet ini.

Selama ini, Korea Middleman sangat berperan, tetapi mereka cenderung melakukan kejatan, seperti penipuan. Middleman berupaya memberitahukan kepada orang-orang tertentu, lewat mereka calon TKI bisa berangkat. Sehingga, harus menyetor uang dengan jumlah tertentu. Ketika calon tenaga kerja Indonesia itu mendaftar dengan data yang lengkap disending langsung dari BNP2TKI kemudian diterima di Korea lalu ditampung pada sebuah bank data khusus untuk pekerja. Untuk bekerja di Korea, BNP2TKI tidak bisa memberikan jaminan seseorang CTKI bisa berangkat atau tidak.

Selain itu, hanya berstatus lulusan SMP-pun, Anda dapat mencoba bekerja di Negeri Gingseng tersebut. Tentu saja harus memenuhi syarat-syarat, diantaranya, yaitu berbahasa Korea dengan baik, calon TKI harus berbadan sehat tanpa riwayat penyakit kronis, memiliki skill yang bagus, dan beberapa persyaratan lain yang nanti akan dibahas secara rinci. Adapun, untuk jenis-jenis pekerjaan di Korea Selatan, adalah sektor perusahaan manufaktur (pabrik), bidang jasa, kontruksi, bidang pertanian dan perikanan.

Selain memenuhi syarat-syarat bekerja di Korea Selatan, Anda juga harus melamar kerja melalui jalur BNP2TKI (Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia) pada program Go 2 Go (g2g), yang merupakan jalur resmi milik pemerintah.

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sebagian besar memilih bekerja di Malaysia. Pilihan bekerja di Negeri Jiran itu dipilih, karena jauh lebih memungkinkan dibandingkan negara-negara lain, seperti Korea Selatan, Taiwan ataupun Jepang. Hal ini, karena faktor kedekatan antara Indonesia dengan Malaysia, sehingga memiliki kultur dan budaya yang tidak jauh berbeda, menjadikan negara ini diminati. Selain itu, tawaran menggiurkan lainnya datang dari pendapatan yang didapat berbeda jauh dibandingkan bekerja di dalam negeri. Namun, tetap saja sebelum memilih bekerja di negara itu, calon TKI harus memenuhi dan mematuhi sejumlah persyaratan yang telah ditetapkan.

Bagikan yuk!