Beranda Hukum Tips Mengurus Surat Akta Tanah

Tips Mengurus Surat Akta Tanah

Tips Mengurus Surat Akta Tanah Mohan Se

Mempunyai tanah atas nama atau kepemilikan pribadi harusnya dibuktikan melalui surat tertulis. Tujuannya supaya hak tanah tersebut diakui berdasarkan hukum sehingga terhindar dari berbagai resiko permasalahan. Tidak cukup hanya dengan sebatas kwitansi atau lembar resmi jual beli tanah, ataupun hanya sekedar bukti saksi hidup saat terjadinya transaksi jual beli tanah pertama kali. Jika sebuah lahan tanpa surat akta resmi maka dipertanyakan keabsahannya kemudian menjadi sengketa pihak-pihak tertentu, misalnya masyarakat sekitar hingga pemerintah. Jadi sangatlah penting untuk mengurus surat akta tanah sebagai bukti legal kepemilikan atas tanah yang diakui oleh pemerintah.

PP Nomer 224 tahun 1997

Mendaftarkan tanah tersebut sifatnya wajib apalagi Anda menjadi pemilik sah sejak lama. Berbahaya sekali kalau tidak memiliki bukti, karena beresiko lahan dipertanyakan oleh pemerintah setempat serta berpotensi untuk memunculkan konflik. Menurut hukum PP nomer 24, 1997 mengenai Pendaftaran Tanah, berlakunya sertifikat akta menjadi bukti atas tanah maupun bangunan diatasnya.

Dalam proses pendaftaran tanah diselenggarakan oleh BPN, dimana dalam pelaksaannya dilakukan oleh Kantor Pertanahan yang dibantu oleh Pejabat Pembuat Kata Tanah. BPN (Badan Pertahanan Nasional) selaku pihak utama yang mengeluarkan izin kepemilikan tanah melalui kantor pelayanan masing-masing daerah. Bentuk akta berupa lembaran kertas rangkap dua yang diberikan kepada BPN serta dipegang diri sendiri. Buku tanah mengandung berkas tentang pertanahan secara detail termasuk data bersifat yuridis dan fisik.

Sertifikat tanah dibedakan menjadi beberapa macam seperti HGB (Hak Guna Bangunan), SHM (Sertifikat Hak Milik) atau HGU (Hak Guna Usaha). Bagi masyarakat Indonesia hanya bisa mempunyai bukti kepemilikan tanah SHM. Sedangkan warga asing diberikan jenis akta berbeda yaitu HGB atau HGU. Keduanya mempunyai jangka waktu tertentu untuk kemudian diperpanjang kembali.

Definis SHM ( Sertifikat Hak Milik) dan HGU

Sertifikat Hak milik merupakan sertifikat atas kepemilikan penuh hak lahan dan atau tanah yang dimiliki oleh pemegang sertifikat. Keuntungan memiliki SHM diantaranya adalah status legalitas yang paling kuat dari sertifikat lain seperti yang termaktub dalam pasal 20 UUPA, sebagai pemilik yang sah tentunya tanah yang sudah memliki SHM dapat diperjual belikan, dapat digunakan sebagai agunan saat mengajukan pinjaman, tidak memiliki batas waktu penggangguran dalam arti kapanpun tanah ini bisa dipergunakan untuk apa saja, dapat diwariskan secara turun-temurun.

HKB adalah kewenangan yang diberikan oleh pemerintah atau suatu hak yang didapatkan untuk menggunakan sebuah lahan yang merupakan bukan lahan milik sendiri. Masa kepemilikan 30 tahun dan dapat diperpanjang hingga waktu 20 tahun sesuai dengan pasal 36 ayat (1) UUPA. Tanah yang diberikan Hak Guna Bangunan adalah tanah negara. Ketentuan luas tanahnya minimal 5 hektar. Seandainya tanah yang akan digunakan memiliki luas minimal 25 hektar maka untuk oenggunaannya wajib menggunakan investasi modal yang layak dan pengelolaan perusahaan yang baik. Selain itu HGU juga bisa dialihkan kepada pihak atau instansi lain dengan jaul-beli, hibah, pewarisan, penyertaan modal atau tukar menukar, tentunya dengan melalui mekanisme dan prosedur yang sudah diatur sebelumnya. Untuk mempermudah dalam pengurusan surat tanah Anda tentunya wajib mengetahui langkah dan persyaratan apa saja yang diperlukan saat melakukan pengurusan pembuatan sertifikat tanah, simak ulasannya berikut ini.

Tahapan Mengurus Pembuatan Akta Tanah

Akta tanah bagi WNI (Warga Negara Indonesia) bisa meminta bantuan notaris supaya proses hukumnya cepat selesai. Namun tentunya jika ada melakkan pengurusan melalui notaris akan mengeluarkan biaya yang cukup besar, tergantung dari kesepakatan dan tarif yang dintentukan oleh notaris tersebut. Pertama-tama konsultasikan proses pembuatan sertifikat resmi tersebut, kemudian mempersiapkan berbagai dokumen penting. Yang diperlukan diantaranya SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan), Fotokopi IMB (Izin mendirikan Bangunan), KTP, KK, SPPT PBB  (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan) dan kepemilikan lahan.

Selanjutnya datanglah ke kantor BPN terdekat sesuai lokasi wilayah tanah Anda. Petugas akan menyuruh pendaftar membeli formulir terlebih dahulu, kemudian mengisi berbagai data sesuai prosedur berlaku. Tersedia map warna kuning serta biru untuk membedakan isi berkasnya. Pemilik lahan harus membuat janji bersama petugas guna mengukur tanah yang ingin dibuatkan akta.

Pengeluaran akta kepemilikan tanah dilakukan setelah lahan tersebut diukur. Kemudian petugas BPN memproses seluruh berkas termasuk formulir pendaftaran sebagai syarat wajib pemiliknya. Andapun hanya perlu menunggu dihubung kembali oleh petugas tentang keluarnya surat keputusan akhir yaitu sertifikat tanah. Anda juga diberikan BPHTB (BEA Perolehan Hak Atas Tanah) sebelum akta dikeluarkan.

Keluarnya akta paling lambat enam bulan dan paling lama setahun. Apabila petugas tidak kunjung memberikan informasi lanjutan, cobalah tanyakan status sertifikat Anda secara rutin ke kantor BPN, melacak penyelesaiian sertifikat tersebut dengan menggunakan PIN atau barcode yang sebelumnya sudah diberikan. Selain menggunakan pelayanan kantor BPN, pemilik lahan bisa mengunjungi PPAT sebagai alternatif. Walaupun notaris membantu pengurusan tersebut, Anda harus terus melakukan pemantauan langsung.

Tips Mengurus Pembuatan Akta Tanah Supaya Lancar

Terkadang kita mengalami berbagai kendala ketika membuat akta tanah, sehingga hak milik tidak kunjung keluar. Kasus fatal terjadi ketika seseorang menggunakan jasa makelar penipu yang memaslukan sertifikan tersebut. Alih-alih membantu masyarakat dapatkan hak resmi, malah mereka melakukan tindak kecurangan merugikan.

Tips mendapatkan akta harus dimulai dari status tanah yang dibeli. Usahakan Anda membeli lahan secara benar supaya tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Percuma mempunyai akta resmi jika terus terjadi konflik seperti perebutan batas lahan, sengketa antar penduduk sekitar, atau rawan terjadi bencana. Untuk meyakinkan bahwa tanah yang akan Anda beli bukanlah tanah sengketa. Buatlah Surat Keterangan yang menjelaskan bahwa tanah dengan koordinat yang akan dibeli tersebut bukanlah tanah sengketa, yang bertanda tangan minimal RT, RW atau tokoh masyarakat setempat.

Lakukan pengecekan dahulu tentang lokasi, kondisi permukaan tanah, serta keresmian akta sebelumnya. Anda bisa meminta saran salah satu badan hukum seperti notaris tentang tahapan pembuatan sertifikat tanah, supaya menghindari resiko terjadinya masalah. Lakukan semua pemenuhan syarat sendiri karena Anda pemilik sah lahan tersebut.

Jangan menggunakan jasa perantara jika tidak ingin mengalami hal-hal buruk seperti penipuan atau kecurangan. Terkadang mereka sengaja memanfaatkan kesempatan untuk memeras pemilik lahan, supaya menaikkan biaya jasa dan memperlambat proses pengurusan akta. Terlebih lagi pengurusan berkas-berkas penting seperti KK, KTP, surat bangunan, dan sebagainya.

Demikian segala informasi tentang tahapan pembuatan akta tanah resmi sekaligus tips melakukannya secara aman. Datanglah langsung ke kantor BPN untuk menerima penjelasan detail dari petugas profesional. Karena bertanya langsung, Andapun terhindar dari berbagai masalah selama tahapan pembuatan sertifikat tanah. Atau mendapatkan pengalaman orang terdekat yang pernah melakukan pembuatan akta lahan.  Biasakan untuk mempersiapkan semua berkas yang diperlukan iar semua proses yang akan dilewati berjalan dengan lancar.

Pengacara Pertanahan

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai hukum harta warisan 2 istri bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan HUKUM WARIS DI INDONESIA atau mengalami masalah :

perbedaan buku tanah dan sertifikat tanah di indonesia

syarat jual beli tanah yang bisa dijadikan patokan dasar

tips ampuh tangani sengketa pertanahan tanpa pengadilan

belajar dasar hukum dan peraturan tanah adat di indonesia

jenis dan penyebab tanah yang berhak dikuasai negara

syarat serta prosedur jual beli tanah di indonesia

hukum tanah swapraja dengan hak pemerintahan khusus

jangan main-main pidana masalah tanah

permintaan keberatan untuk mengganti kerugian dari pengadaan tanah

resiko menjual tanah tanpa disertai sertifikat tanah yang sah

sengketa tanah momok bagi bisnis properti di indonesia

proses balik nama sertifikat tanah

permohonan peralihan hak atas tanah 

hukum agraria indonesia beginilah dasar dan ruang lingkupnya

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Slamet HP/whatsapp XL :+6287776370033

Customer Service Akhmad HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Customer Service Lukman Azis, SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Proses Dokumen Ida HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Pickup Document Yatno HP/Whatsapp XL : +6287727356800

Complain HP/Whatsapp Simpati : +6281386251161

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here