Beranda Ekonomi Syariah Tujuan Fungsi dan Produk Bank Konvensional

Tujuan Fungsi dan Produk Bank Konvensional

Tujuan Fungsi dan Produk Bank Konvensional

Tujuan, Fungsi , dan Produk Bank Konvensional – Industri Perbankan merupakan industri keuangan yang terdapat di Indonesia. Di Indonesia industri perbankan memiliki tingkat perkembangan yang cukup baik. Industri perbankan yang terdapat dalam Indonesia memiliki dua sistem yaitu berdasarkan sistem konvensional dan sistem syariah.

Dalam Produk-produk operasional yang di tawarkan oleh Perbankan juga semakin banyak dan beragam dengan menyesuaikan kebutuhan para nasabah. Industri Perbankan memiliki beragam keunggulan yang di tawarkan kepada masyarakat.

Tujuan, Fungsi , dan Produk Bank Konvensional

Keuntungan keuntungan yang ditawarkan oleh Perbankan adalah Selain lebih aman, bank juga menawarkan tingkat keuntungan-keuntungan lain bagi nasabah yang menabung pada Bank, misalnya di Perbankan Konvensional di tawarkan bunga dalam produknya.

Bank Konvensional adalah sebuah industri lembaga keuangan yang kegiatan sehari hari operasional nya meliputi, kegiatan funding (penghimpunan dana), financing (pemberian kredit), dan memberikan layanan tambahan (fee base income) dalam proses kelanacran arus tranksaksi keuangan.

Menurut Pernyataan PSAK  (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) Nomor 31, Bank adalah Lembaga yang berperan sebagai lembaga keuangan dari pihak yang memiliki dan lebih dan pihak yang membutuhkan dana , serta lembaga-lembaga yang mendukung lalu lintas pembayaran.

Tujuan Bank Konvensional.

Secara umum, Industri Perbankan Indonesia memiliki tujuan tujuan pencapaian. Perbankan Konvensional memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Membantu pelaksanaan pembangunan nasional.
  2. Membantu pemerataan ekonomi nasional.
  3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Dari beberapa tujuan di atas, Bank-Bank di Indonesia harus menjalankan tugas serta fungsi nya dengan berlandaskan prinsip demokrasi ekonomi. Untuk proses pembangunan di indonesia sangat dekat dengan sektor industri keuangan Perbankan.

1. Agent of Trust.

Aktivitas operasional perbankan dapat berjalan dengan baik ketika sektor perbankan dapat kepercayaan yang di berikan oleh pihak nasabah dan semua elemen masyarakat. Kepercayaan masyarakat secara luas kepada industri keuangan menjadi lahan modal yang dapat digunakan oleh bank untuk proses pengelolaan dana yang di hasilkan dari kerpacayaan masyarakat.

Masyarakat yang mempercayai industri Bank sebagai lembaga keuangan yang dapat di percaya untuk memegang dan mengatur keuangan yang diberikan masyarakat baik dalam bentuk simpanan tabungan , deposito dan mode yang lain akan menjadi sektor rill yang dapat di kelola secara baik dan akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

2. Agent of Development.

Industri Perbankan akan menjadi salah satu sumber potensi dalam proses pembangunan nasional. Proses pembangunan nasional tidak hanya berbicara mengenai kegiatan perekonomian, tetapi akan membahas mengenai pembangunan nasional. Sektor ekonomi akan tumbuh jika di dalam proses ekonomi tersebut terdapat pembangunan.

Industri Perbankan berperan aktif dalam membangun sektor ekonomi. Melalui berbagai moda pembiayaan yang di tawarkan dalam setiap proses kredit atau pembiyaan baik menggunakan sistem syariah maupun konvensional akan mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya pada bidang bidang ekonomi mikro dan makro.

Pembiayaan yang di salurkan bank dalam upaya membantu perekonomian masyarakat baik dalam aspek permodalan, jual beli, proses sewa dan proses lain nya akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dalam kegiatan ekonomi ada dua asepk yang tidak dapat dipisahkan, yaitu sektor riil dan sektor moneter.

Keduanya memiliki tingkat pengaruh yang signifikan dan berkaitan. Kegiatan Bank untuk menghimpun dana dan menyalurkan dana kepada masyarakat membuka peluang bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan aktivitas investasi, distribusi, dan kegiatan ekonomi lain yang berlandaskan pada proses pengelolaan uang.

3. Agent of Service.

Industri Perbankan juga memberikan proses layanan perbankan yang di tunjukan untuk memperlancar alur tranksaksi keuangan . Bank memberikan beragam layanan tambahan bank seperti dalam proses transfer, penyimpanan surat berharga dengan menggunakan save deposit box, mobile banking dan ragam lain nya yang dapat memudahkan masyarakat dalam proses tranksaksi keuangan nya.

Dengan beragam layanan yang di berikan bank sebagai industri perbankan akan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi.

Prinsip Bank Konvensional. Dalam mekanisme pengelolaan keuangan pada Bank, Aspek yang paling berpengaruh dalam operasional bank dalam tata kelola keuangan ialah Bunga.

Bunga merupakan fondasi bank konvensional dalam menjalankan semua aktivitasnya, selain memiliki pendapatan dari biaya administrasi lainnya yang terdapat dalam bank.

Terdapat dua metode yang digunakan oleh Bank Konvensional:

  • Menetapkan bunga sebagai harga, untuk produk produk seperti tabungan, deposito berjangka, dan produk pinjaman (kredit) yang di berikan berdasarkan tingkat bunga tertentu yang sduah di tentukan oleh Bank Sentral.
  • Selain bunga, Bank juga memberikan layanan bank lain, bank menerapkan berbagai biaya dalam setiap produk operasional baik dalam segi nominal atau berdasarkan persentase tertentu yang telah di tetapkan.

Produk – Produk Pada Perbankan Syariah.

Perbankan Konvensional dalam proses kegiatan operasional memiliki berbagai prpduk layanan dalam memenuhi ragam kebutuhan nasabah. Ragam kebutuhan yang ditawarkan dalam Bank di antaranya adalah produk penghimpunan dana, kredit, dan layanan tambahan.

1. Produk Funding (Penghimpunan Dana).

Produk Funding merupakan produk yang terdapat pada Bank Konvensional dalam proses penghimpunan dana masyarakat melalui seperti tabungan, giro dan deposito. Tabungan merupakan simpanan nasabah kepada pihak bank yang penarikannya dapat dilakukan melalui ATM dan buku tabungan.

Giro merupakan simpanan dari pihak nasabah kepada pihak bank yang penariknya dapat dilakuakn menggunakan cek dan bilyet giro. Deposito merupakn simpan berjangka dari pihak nasabah kepada pihak bank yang penariknya hanya dapat di lakukan sesuai jangka waktu yang disepakati diawal pembukaan.

2. Produk Financing.

Produk Financing dana atau kredit merupakan produk yang terdapat pada Bank Konvensional dalam proses penyaluran kredit kepada masyarakat luas. Produk Financing pada Bank Konvensional di salurkan dalam beberapa bentuk seperti Kredit Peermodalan, Kredit Jual Beli Kendaraan, Kredit Perumahan KPR dan lain sebagainya.

Memiliki berbagai keunggulan dalam setiap proses kredit nya. Salah satu kenggulannya adalah memiliki tingkat bunga yang beragam dalam setiap kredit yang di ajukan oleh nasabah.

3. Produk Fee Base Income.

Produk Fee Base Income aalah produk yang di terdapat pada Bank konvensional untuk memenuhi kebutuhan tranksaksi nasabah. Pada Produk Fee base Income ini terdapat berbagai layanan seperti Transfer, Letter Of Credit, Bank Garansi, Save Deposit Box dan ragam layanan lain nya yang di tawarkan oleh Bank Konvensional.

Berbagai macam produk ditawarkan Bank kepada masyarkat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam proses mekanisme nya memberikan kemudahan melalui berbagai produk yang ditawarkan.

Produk yang ditawarkan dalam perbankan konvensional berorentasi dengan sistem bunga. Bunga yang ditawarkan dalam Bank Konvensional memiliki tingkat persentase yang berbeda.

Bunga yang terdapat pada Bank Konvensional terdapat pada produk tabungan dan deposito. Selain dalam bentuk tabungan dan deposito Bunga yang terdapat pada Bank Konvensional terdapat pada produk kredit seperti Kredit Mobil, Motor, dan perumahan.

Dari berbagai produk kredit yang terdapat pada Bank Konvesnional memiliki syarat dan ketentuan dalam proses kredit yang diajukan. Nasabah akan melengkapi beberapa berkas sebagai persyaratan pembaiyaan.

Pengacara Syariah

Kami sangat mengerti permasalahan yang sedang anda hadapi adalah :

  1. Tidak mengerti hukum dengan baik
  2. Butuh penyelesaian dengan baik
  3. Ketidak tauan prosedur yang baik dan benar
  4. Tidak tau bagaimana membela diri di hadapan pengadilan
  5. Terkadang memerlukan saksi ahli
  6. Tidak mengerti istilah-istilah hukum
  7. Membetulkan dan melengkapi berkas-berkas dokumen sidang
  8. Butuh pendampingan selama pengajuan gugatan sidang
  9. Membutuhkan banyak waktu dan kesabaran selama masa persidangan
  10. Butuh pendampingan dana pinjaman kerjasama operasional syariah

Jangan khawatir, Serahkan semua permasalahan anda kepada kami karena :

  1. Perusahaan resmi dan terdaftar di kementrian hukum dan ham sejak tahun 2008
  2. Memiliki kredibilitas legalitas usaha
  3. Memiliki kantor yang jelas alamatnya
  4. Staff ahli yang akan memberikan pendampingan dan pelayanan
  5. Konsultan yang siap melayani konsultasi kapan saja
  6. Bisa dihubungi melalui email, whatsapp, dan telp di jam kerja
  7. Update informasi perkembangan kasus
  8. Lebih dari 1000 client telah menggunakan Klinik Hukum Jangkar sebagai partner

Bagaimana cara konsultasi hukum ?

Cara konsultasi mengenai Tujuan, Fungsi , dan Produk Bank Konvensional bisa datang langsung ke kantor LBH Jangkar atau bisa juga melalui saluran telp kantor kami.

Apabila anda memerlukan bantuan, segera hubungi Klinik Hukum Jangkar  untuk memberikan jasa konsultasi dan pendampingan Tujuan, Fungsi , dan Produk Bank Konvensional atau mengalami masalah :

peran fungsi tugas utama bank sentral

perhitungan bunga pada bank konvensional

akad mudharabah dan musyarakah bank syariah

kerjasama mikro bank syariah bersama umkm

produk operasional bank syariah

pembiayaan bank syariah meningkatkan kesejahteraan masyarakat

akad tijarah dalam perbankan syariah

Klinik Hukum dan LBH didirikan pada tanggal 22 mei 2008 dengan komitmen yang kuat dari advokat untuk menyediakan pelayanan terbaik, tercepat dan terpercaya kepada client. Silahkan hubungi :

Customer Service Fauzi SH HP/whatsapp XL: +6287727688883

Customer Service Akhmad SH HP/whatsapp Simpati : +6281290434111

Proses Dokumen Ida SH HP/Whatsapp Simpati : +6281282474443

Customer Service Lukman Azis SH HP/whatsapp XL: +6281289004086

Customer Service ABDURI SH HP/Whatsapp Simpati : +6281281247293

Hukum/Pengadilan Takim HP/Whatsapp XL: +6287784767914

Telp kantor : +622122008353 dan +622122986852

Atau bisa menghubungi kami via :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here